,

Hal Menarik yang Bisa Kamu Lakukan di Pantai Drini, Gunung Kidul

Deretan pantai di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta selalu menarik untuk dijelajahi. Apalagi setiap pantai punya daya tarik masing-masing yang menggoda, tak terkecuali Pantai Drini. Pantai ini unik dengan bukit karang menyerupai pulau yang tak jauh dari bibir pantai.

Sobat tiket bisa lho sekalian mampir ke pulau itu ketika sedang berkunjung ke Pantai Drini. Penasaran kan gimana caranya dan apa aja wisata yang ada di Pantai Drini? Berikut ini tiket.com punya ulasan lengkapnya buat kamu.

Pantai Drini, Pantai Berpasir Putih yang Masih Alami

Shutterstock.com

Sama seperti beberapa pantai lain di Gunung Kidul, pantai Drini juga berpasir putih. Di sisi pantai terdapat tebing karang. Makin keren dengan adanya Pulau Drini di seberang pantai.

Pemandangan indah ini ditambah kondisi pantai yang bersih bikin para wisatawan kangen untuk balik lagi ke Pantai Drini. Cukup membayar Rp10 ribu*, sobat tiket udah bisa melihat sendiri kecantikan pantai ini.

Apa Saja Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Drini?

Di Pantai Drini, pengunjung enggak cuma bisa berenang dan menyusuri garis pantai aja. Banyak pilihan aktivitas dilakukan. Jadinya kamu bisa mengajak pasangan, keluarga ataupun sahabatmu ke sini. Dijamin semua pasti senang deh dengan beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Drini berikut.

1. Berenang

Adanya pulau Drini menjadi pemecah ombak menuju pantai. Makanya ombak di Pantai Drini tidak terlalu tinggi sehingga pas untuk berenang. Bahkan untuk anak-anak sekalipun. Air laut yang biru akan menyegarkan tubuh.

Kamu juga bisa melihat batu karang, ikan-ikan kecil dan makhluk hidup lain berkat air yang jernih. Pastinya memanjakan mata dan bikin pikiran lebih rileks.

Tapi sobat tiket tetap harus waspada ya. Jangan berenang terlalu ke tengah laut terutama saat ombak besar. Karena menurut laporan berita, beberapa wisatawan pernah terseret ombak.

Pengunjung juga harus berhati-hati saat berenang karena adanya batu-batuan karang di pantai. Selalu dampingi anak kecil ya ketika berenang.

2. Berfoto di Atas Tebing Karang

Shutterstock.com

Kesempatan untuk mendapatkan hasil jepretan panorama pantai yang bagus tentu tak boleh ditolak. Salah satu caranya dengan mendaki bukit karang di sisi pantai. Pastinya butuh sedikit perjuangan dan tetap berhati-hati ya saat memanjat.

Sampai di atas bukit, kamu enggak akan berhenti berfoto. Soalnya pemandangan pantai dari atas bukit sangat memesona. Mampir ke pantai, mubazir ya kalau pulang sebelum matahari terbenam. Apalagi pemandangan Pantai Drini ketika senja patut diabadikan.

3. Menyeberang ke Pulau Drini

Cara lain memotret keindahan pantai dengan maksimal yaitu dari atas Pulau Drini. Sobat tiket cukup naik dan melintasi jembatan khusus untuk menyeberang. Jembatan ini baru selesai dibangun beberapa waktu lalu.

Dulunya, pengunjung harus menunggu air laut surut terlebih dulu. Karena harus menyeberang dari bibir pantai menuju pulau Drini dengan berjalan kaki melewati laut. Jadinya harus siap basah-basahan demi ke pulau karang.

Sesampainya di seberang, kamu tinggal naik tangga yang sudah tersedia. Nyaman banget ya sobat tiket? Tiba di atas pulau, kamu leluasa berfoto ria. Semua panorama pantai bisa tertangkap kamera. Kamu bisa melihat kapal-kapal nelayan di salah satu sisi pantai. Tentunya akan menjadi objek foto yang menarik.

Jembatan berwarna biru putih yang tadi dilalui juga tampak dari atas pulau. Kamu juga bisa melihat lautan yang lebih luas dari atas pulau. Biar fotomu makin kece, selalu bawa tongsis ya saat menjelajahi pantai. Karena berguna banget untuk jadi alat bantu selfie dan mengambil angle foto dari atas kepala.

4. Bermain kano

Mau menjelajahi lautan dengan cara lain? Sewa kano aja. Cukup membayar biaya sewa Rp50 ribu*, kamu sudah bisa mendayung sesuka hati. Aktivitas ini cocok buat kamu yang ingin bersantai di atas laut tanpa harus basah-basahan.

Kalau liburan bareng pasangan, sobat tiket bisa sekalian bangun momen romantis nih. Ajakin si dia mendayung bersama sambil ngobrol-ngobrol santai. Kamu yang liburan bareng anak kecil, juga seru nih mendayung kano bareng. Sobat tiket bisa mengenalkan anak pada alam sekalian bermain.

5. Mencicipi Makanan Laut

Sobat tiket enggak perlu repot-repot menyiapkan bekal makanan sebelum berangkat ke pantai. Banyak kok pedagang makanan di Pantai Drini. Menunya hidangan laut yang segar dan memuaskan selera. Masih segar karena berasal dari hasil tangkapan nelayan di pantai.

Aneka jenis dan masakan ikan, udang dan hewan laut lainnya akan mengusir rasa laparmu. Kamu bisa makan sambil duduk di gazebo pinggir pantai. Enak kan makan ditemani embusan angin pantai? Oh ya, beberapa makanan laut juga bisa kamu bawa pulang untuk disantap lain waktu atau sebagai oleh-oleh. Unik banget.

6. Berburu Spot Foto

Selain pemandangan alam yang indah, Pantai Drini juga punya beberapa spot foto buatan yang pastinya instagrammable. Sebagai kenang-kenangan, silakan berpose membelakangi tulisan Pantai Drini dengan hamparan laut biru. Di Pulau Drini juga terdapat spot foto berbentuk hati dengan pemandangan pantai.

Spot foto kece lainnya adalah bergaya dengan latar kapal-kapal nelayan. Warna-warni kapal bikin fotomu terlihat lebih ceria dan hidup. Latar warna-warni lain juga bisa kamu dapat dari payung-payung besar yang berdiri di pinggir pantai. Payung-payung ini biasanya untuk tempat pengunjung bersantai dan berjemur di pinggir pantai.

7. Berkemah di Bukit Kosakora

Letak bukit ini tak jauh dari Pantai Drini. Tepatnya sih di Pantai Ngrumput yang cukup dekat dengan Pantai Drini. Kamu yang berencana mengunjungi beberapa pantai di kawasan Gunung Kidul bisa bermalam dengan mendirikan kemah di sini. Kamu bisa menuju ke Bukit Kosakora menjelang sore dari Pantai Drini supaya kamu masih bisa mendirikan tenda saat langit masih terang dan sekalian menyaksikan matahari terbenam di atas bukit.

Cara Menuju Pantai Drini

Pantai Drini berada di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk menikmati pasir putih Pantai Drini, sobat tiket harus berkendara sekitar 24 kilometer atau sekitar 40 menit dari ibu kota kabupaten Gunung Kidul, Wonosari.

Jika berangkat dari pusat kota Jogja, tepatnya dari Alun-alun Kidul, kamu harus menempuh jarak sekitar 60 kilometer atau kurang lebih 90 menit berkendara.

Meskipun cukup jauh, enggak ada kata menyerah ya sobat tiket untuk membuktikan sendiri keindahan Pantai Drini. Biar perjalananmu terbayar lunas, sekalian aja berkunjung ke pantai di sekitar Pantai Drini.

Misalnya, Pantai Baron yang terkenal dengan mercusuarnya dan Pantai Krakal dengan bukit karang yang hijau. Masih pengen tahu apa aja pesona pantai-pantai di Jogja, artikel 8 pantai di Yogyakarta yang akan bikin kamu merindu ini bisa jadi referensi.

Luangkan waktumu sehari penuh ya sobat tiket untuk keliling pantai. Supaya enggak pusing cari transportasi, kamu bisa sewa mobil di tiket.com. Tenang, udah ada supirnya kok. Kamu tinggal tentuin aja jenis mobilnya. Tunggu supirnya datang dan kamu tinggal berangkat deh. Jangan lupa bawa pulang pengalaman manis dan pastinya koleksi foto ya yang banyak.

*Keterangan harga saat artikel dibuat