,

Berlibur di Pantai Siung, Bisa Berkemah dan Panjat Tebing Lho!

Kalau sobat tiket berwisata ke kabupaten Gunung Kidul di Yogyakarta, pastinya tak lupa mampir ke pantainya. Wajar sih soalnya kabupaten ini punya sederet pantai indah.

Salah satunya Pantai Siung. Pantai ini punya keunikan tersendiri. Bedanya apa dong dengan pantai lain di Gunung Kidul? Penasaran kan? Lanjut baca penjelasannya di bawah ini, ya.

Pantai Berpasir Putih dengan Karang Raksasa

Pantai Siung merupakan pantai berpasir putih dengan bukit karang raksasa di kedua sisinya. Pantai ini cukup luas dan masih alami. Untuk menikmati Pantai Siung, kamu cuma perlu mengeluarkan Rp10 ribu*. Terjangkau banget kan?

Wisatawan yang datang juga sering memuji kebersihan Pantai Siung. Saking nyamannya, sobat tiket pasti betah deh berlama-lama di sini. Selain karena panorama yang cantik, segudang aktivitas bisa dilakukan di sini. Memangnya apa aja aktivitas yang bisa dilakukan di sini? Simak ulasan tiket.com berikut ini.

Aktivitas Seru di Pantai Siung

Sumber: Shutterstock.com

Pantai ini enggak cuma untuk pencinta senja, lho. Kamu yang suka olahraga esktrem juga bisa main ke sini. Mau bermalam di pantai juga bisa, kok. Sobat tiket pasti makin pengen tahu kan tentang Pantai Siung? Langsung aja deh baca pilihan aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Pantai Siung berikut.

1. Leha-leha di Pantai

Salah satu cara terbaik menikmati pantai adalah dengan duduk atau berbaring di atas pasir pantai. Kamu bisa menggelar tikar dan merebahkan diri di atasnya. Duduk manis di tikar sambil bermain pasir boleh juga tuh. Pasir putih yang halus bisa kamu bentuk sesuka hati.

2. Mendaki Bukit Karang

Bukit karang di Pantai Siung menunggu untuk ditaklukkan. Setiap pengunjung yang datang pasti tertantang untuk mendaki bukit karang di Pantai Siung. Tapi sebelum mendaki, ayo pemanasan dulu dengan menyusuri garis pantai.

Angin pantai yang sejuk bikin suasana terasa makin nyaman. Sambil berjalan-jalan di pantai yang cukup lapang ini, kamu bisa bermain air dan memandang ombak pantai yang cukup besar.

Saat pantai surut, kamu bahkan bisa berjalan lebih dalam ke tengah pantai. Tapi pastikan selalu waspada, ya. Batu karang yang tersebar di pinggir pantai makin menambah cantik Pantai Siung. 

Kamu juga bisa melihat perahu-perahu nelayan yang terparkir di pinggir pantai. Barisan perahu ini bisa jadi objek foto yang bagus.

Sumber: Shutterstock.com

Menjelang sore, tiba waktunya berburu pemandangan matahari terbenam. Sobat tiket ingin mendapatkan pemandangan matahari terbenam yang sempurna? Kerahkan tenaga untuk mendaki bukit karang di pantai terlebih dulu ya. Dari atas bukit, tentunya kamu lebih leluasa melemparkan pandangan.

Mengabadikan momen lewat jepretan kamera juga lebih mudah karena tak terhalang apapun. Tapi pastikan selalu berhati-hati ya saat mendaki bukit. Bila berkunjung saat musim hujan, jalanan tebing tentunya lebih licin dan kamu rentan tergelincir. Kalau berniat mendaki bukit, pakailah sepatu yang nyaman dan aman.

3. Menyeberangi Jembatan Gantung

Beberapa pantai di Gunung Kidul memiliki jembatan gantung, tak terkecuali Pantai Siung. Jembatan ini membentang sepanjang 10 meter. Kamu takut dengan angin kencang yang berembus pada saat menapaki jembatan? Jadikan laut biru dan panorama pantai sebagai motivasinya.

Di atas jembatan, kamu juga bisa berpose dan menjepret pemandangan pantai dan laut yang luas. Sayang banget lho kalau sampai kamu enggak naik jembatan gantung ini.

4. Memanjat Tebing

Sobat tiket yang ingin berwisata sambil memacu adrenalin, silakan menjajal olahraga panjat tebing. Tebing di Pantai Siung jadi salah satu favorit pencinta olahraga ekstrem ini.

Bahkan Pantai Siung pernah menjadi lokasi acara panjat tebing internasional. Tebing karst di pantai ini mencapai ketinggian hingga 15 meter. Sobat tiket baru pertama kali memanjat tebing? Jangan khawatir. Total ada 250 jalur panjat.

Tinggal pilih jalur yang sesuai dengan kemampuan diri. Masih ragu untuk mencoba? Bayangkan deh betapa indahnya pemandangan laut dari atas tebing dan pengalaman yang tak akan terlupakan.

5. Berkemah

Selepas matahari terbenam biasanya para pengunjung pantai akan bersiap pulang. Beda halnya dengan sebagian pengunjung di Pantai Siung lho. Mereka akan bersiap berkemah di camping ground yang tersedia di kawasan pantai. Asyik ya? Nah, sobat tiket yang terlanjur kerasan dengan suasana Pantai Siung bisa mengajak keluarga berkemah di sini.

Pantai ini cukup memadai kok dari segi fasilitas. Tersedia toilet umum, parkir yang luas, dan beberapa pedagang makanan. Jadi kalau tak ingin memasak saat berkemah, kamu bisa membeli makanan dari penjual yang ada.

Gimana, tertarik dong untuk tidur ditemani suara ombak pantai? Oh ya, pastikan tetap menjaga kebersihan selama berada di pantai. Jangan sampai kamu meninggalkan sampah ya.

6. Mampir ke Bukit Pengilon

Sobat tiket yang hobi trekking bisa sekalian mampir ke Bukit Pengilon yang letaknya tak jauh dari Pantai Siung. Meski cukup melelahkan karena harus trekking menaiki bukit, kamu enggak bakal nyesel pas lihat pemandangan asri Bukit Pengilon. Dari atas bukit yang dipenuhi tanaman hijau ini, kamu bisa menyaksikan beberapa pantai di Gunung Kidul.

Pantai Siung, Pantai Wediombo, dan Pantai Watu Lumbung adalah pantai yang bisa kamu lihat dari Bukit Pengilon. Lelah dan masih ingin bersantai di padang rumput? Sekalian aja kamu berkemah di sini. Pasti seru kan terbangun di pagi hari dengan menghirup udara yang segar.

Cara Menuju Pantai Siung

Pantai Siung terletak di Dusun Duwet, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Jika berangkat dari Alun-alun Kidul Yogyakarta, sobat tiket harus menempuh jarak sekitar 75 kilometer untuk tiba di Pantai Siung atau selama 2 jam berkendara.

Jika kamu sudah berada di ibu kota kabupaten Gunung Kidul, Wonosari, kamu bisa memangkas setengah jarak perjalanan jika dibandingkan berangkat dari pusat kota Jogja. Jarak dari Wonosari menuju Pantai Siung sekitar 33 kilometer atau 1 jam berkendara.

Meski perjalanan ke Pantai Siung tergolong cukup jauh, jangan sampai mengurungkan niatmu untuk berlibur ya. Soalnya, kamu bisa sekalian menjelajahi beberapa pantai lain di kawasan Gunung Kidul. Ada Pantai Nglambor dan Pantai Muncar yang dekat dengan Pantai Siung. Selain itu, masih banyak lagi pantai-pantai lain dan wisata alam di Gunung Kidul.

Kalau kamu takut kelelahan ketika berkendara jauh, sewa mobil aja di tiket.com. Praktis dan kamu bisa pilih sendiri mobilnya. Sudah tersedia supir juga kok yang siap mengantar kamu dan orang terdekatmu menciptakan memori manis di Pantai Siung.

Gimana udah siap-siap kan berangkat ke Jogja sobat tiket? Tapi belum tahu mau naik apa? Langsung aja ya pesan tiket kereta di tiket.com. Bersama tiket.com, liburan kamu pasti akan berkesan.

*Keterangan harga saat artikel dibuat.