Sumber: Shutterstock.com

,

3 Pantai di Jakarta yang Cantiknya Luar Biasa, Bikin Jadi Pengen Pelesiran!

Pantai di Jakarta – Jakarta terkenal sebagai kota yang punya banyak gedung tinggi. Namun sebenarnya, kota ini juga punya sejumlah pantai cantik yang menawarkan pemandangan alam keren! Apakah sobat tiket sudah pernah menjajal semua pantainya?

Kamu pasti sudah tahu, bahwa berlibur ke alam bebas bisa memberikan sensasi tenang yang menyenangkan. Bercengkrama dengan alam dapat membantumu menyerap energi positif yang semesta berikan.

Berbagai penyembuhan modern bahkan telah mengakui betapa kekuatan alam sangat berdampak positif dalam mengembalikan kesehatan, baik dari sisi mental, spiritual, maupun emosional.

Menikmati Cantiknya Alam di Pantai Kota Jakarta

Tak hanya berlibur ke daerah pegunungan atau taman yang hijau, kamu juga bisa berkunjung ke sejumlah pantai di Jakarta. Karena Jakarta punya banyak pantai indah yang eksotis lho, sobat tiket. Berikut ini beberapa pantai yang bisa kamu kunjungi di Jakarta.

1. Pantai Ancol

Sumber: Shutterstock.com

Suasana pantai yang bikin senang dan tenang bisa menjadi solusi untuk kamu yang ingin melepas penat dari padatnya kesibukan. Berlokasi di pesisir Jakarta sebelah utara, sudah sejak dulu Pantai Ancol menjadi salah satu obyek wisata favorit ibukota.

Saking terkenalnya, ada banyak turis dari berbagai kota yang berduyun-duyun datang demi menilik pesona pesisir pantai di Jakarta ini. Dengan pasir putihnya yang indah dan lautan yang keperakan saat senja, Pantai Ancol menyimpan pesonanya tersendiri.

Sejak resmi dibuka pada tahun 1966, Kawasan Ancol ini telah tumbuh dan berkembang dengan pesatnya. Panoramanya yang indah dan unik telah menjadikannya wilayah pariwisata kelas internasional.

Nuansa pantainya yang bikin terpana menyatu dengan kecantikan gedung pencakar langit yang begitu memukau. Beraneka wahana mengasyikkan dan permainan seru dapat dinikmati di sini. Dari Dufan, Sea World, hingga Alive Museum, semuanya mantap banget untuk dikunjungi.

Kamu bisa memboyong keluarga untuk pelesiran seru nan mengasyikkan ke kawasan pantai yang ramah anak ini. Pasalnya, ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di pantai dengan fasilitas terlengkap se-Indonesia ini.

Terbagi dalam 6 wilayah utama, Pantai Ancol terdiri dari Pantai Festival Ancol, Pantai Karnaval Ancol, Pantai Indah Ancol, Pantai Ria Ancol, Pantai Marina Ancol, dan Pantai Beach Pool.

Alamat: Jl. Lodan Raya, Pademangan, Jakarta Utara, Indonesia.

Harga* tiket masuk: Rp25.000 per orang, harga tiap wahana bervariasi.

Jam buka: Setiap hari, 24 jam.

2. Pantai Perawan

Sumber: Shutterstock.com

Ada salah satu quotes cantik yang mengatakan, “An ocean breeze puts a mind at ease.” Setuju nggak, sobat tiket? Menikmati angin sepoi-sepoi yang semilir di pantai bisa menenangkan pikiran. Seperti saat bersantai di Pantai Perawan ini nih, sobat tiket.

Berdekatan dengan Dermaga Marina Ancol, Pantai Perawan di Pulau Pari ini bisa dicapai dengan menggunakan speed boat kurang lebih 1 – 2 jam. Deburan ombak yang menentramkan di Virgin Sari Beach, Pulau Pari ini memang juara.

Tak hanya memberikan ketenangan, perairannya yang cukup bersih bisa membuatmu terpana menikmati panorama biru laut yang menakjubkan.

Untuk kamu yang ingin beraktivitas, ada beragam permainan air seperti kano, sofa boat, banana boat, hingga naik jet ski. Permainan air ini dibanderol dengan harga bersahabat, yakni mulai dari Rp35.000* untuk satu jenis permainan.

Setelah puas bermain air, kini giliran kamu menikmati indahnya mentari tenggelam di wilayah yang luasnya mencapai 40,32 hektare ini.

Kearifan lokal setempat menuturkan, Pantai ini disebut Pasir Perawan lantaran cerita seorang gadis yang jatuh cinta pada nelayan di Pulau Pari. Bahagia menjalin cinta, sang gadis harus merelakan kepergian nelayan untuk melaut pada suatu waktu.

Malangnya, pemuda itu tak pernah kembali lagi. Hingga ajalnya, sang gadis itu tetap setia menunggu sang kekasih pulang.

Namun yang ditunggu tak pernah kembali lagi dari lautan. Begitulah cerita yang beredar di masyarakat.

Kemudian, hutan bakau juga mengelilingi kawasan pantai ini. Kalau mau, kamu bisa menjelajahinya dengan menggunakan sampan dari tepi pantai.

Keberadaan hutan bakau ini tak hanya mempercantik kawasan pantai, tapi juga berfungsi sebagai pertahanan dari intrusi (perembesan) air laut ke daratan.

Alamat: Pulau Pari, RT 01/ RW 04, Pantai pasir Perawan, Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia, 14520.

Harga* tiket masuk: Rp40.000 per orang.

Jam buka: Setiap hari, 24 jam.

3. Pantai Sawarna

Sumber: Shutterstock.com

Satu lagi pilihan pantai paling keren di Jakarta ialah Pantai Sawarna. Suasananya yang menentramkan ini bisa membantumu untuk kembali bersinergi dengan alam.

Pantai Sawarna ini bisa menjadi spot tepat untuk sobat tiket yang mau menyepi. Tak seperti pantai lainnya yang cukup ramai berjubel pengunjung, Pantai Sawarna merupakan destinasi yang masih belum terjamah banyak orang.

Berlibur ke sini, sobat tiket bisa bermalam di homestay milik warga selama lebih dari sehari. Kamu bisa menjelajahi ketiga wilayah Pantai Sawarna yang indah.

Tiga wilayah ini terdiri dari Pantai Karang Taraje, Pantai Karang Ciantir, hingga Pantai Bokor.

Terdapat satu goa serta total tujuh pantai lainnya di kawasan Sawarna. Bukan hanya itu, ada juga beraneka macam jenis objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Konon, pantai ini disebut Sawarna karena berasal dari nama seorang pria yang jadi kepala desa Swarna. Sosok Swarna diperkirakan hidup di tahun 1900 silam.

Pantai Sawarna bertempat di desa Sawarna. Desa ini terletak di pinggir pantai Kecamatan Lebak, Banten. Dari Jakarta, kamu bisa tiba di pantai ini setelah menempuh jarak kurang lebih 183 sampai 234 kilometer.

Jaraknya memang cukup jauh. Meski demikian, ada semakin banyak wisatawan dan para peselancar yang berdatangan ke destinasi wisata yang satu ini.

Pantai ini bisa diakses dari jalur barat, timur, dan dari Bandung. Untuk jalur barat, start dari Jakarta ke Serang, Pandeglang, Saketi, Malingping dan Desa Bayah hingga tiba di Sawarna.

Alternatif lainnya bisa dilalui lewat Rangkasbitung ke Gunung Kencana, Malingping, Bayah sampai tiba di Sawarna.

Lewat jalur timur juga start dari Jakarta, Ciawi (Bogor), Cibadak, Pelabuhan Ratu, Cisolok sampai tiba di Pantai Sawarna. Opsi lainnya yakni lewat Bogor ke hingga melalui Pelabuhan Ratu untuk tiba di Sawarna.

Untuk perjalanan dari Bandung, lewati jalur menuju Cianjur, Sukabumi, lalu ke Cibadak, Pelabuhan Ratu dan Cisolok. Dari sini, ikuti petunjuk jalan untuk sampai di Sawarna.

Alamat: Jl. Sawarna Km. 12 No.1, Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten 42392.

Harga* tiket masuk: Rp5.000 per orang.

Parkir Sepeda Motor: Rp2.000 per unit.

Parkir Mobil: Rp5.000 per unit.

Jam buka: 24 jam.

Asyiknya Pelesiran ke Pesisir Pantai Jakarta

Oke punya, kan, pilihan pantai-pantainya? Sobat tiket yang mau pelesiran ke sini, yuk pesan tiket pesawat ke Jakarta di tiket.com agar perjalanan jadi lebih mudah dan nyaman. jangan lupa pastikan juga semua persiapan dan kebutuhanmu sudah lengkap sebelum berangkat.

Buat kamu yang mau eksplor lebih lanjut ibukota, Ayo ke Museum Macan, Museum Kekinian di Jakarta. Selamat bersenang-senang selama liburan!

*Harga saat artikel ditulis