oleh-oleh makanan singapore

,

Oleh-oleh Makanan dari Singapura, Jangan Lupa Beli Sebelum Pulang!

Melancong ke Negeri Singa akan lebih lengkap saat membawa oleh-oleh. Buah tangan istimewa yang kamu bawa pastinya akan sangat disukai oleh keluarga ataupun teman-teman.

Nah, buah tangan khas dari Singapura yang paling ditunggu biasanya adalah makanan enak yang membuat perut bahagia. Sudah kebayang kan lezatnya? Wajib beli banyak untuk dibawa pulang, nih!

8 Rekomendasi Oleh-oleh Makanan dari Singapore

Singapura memiliki banyak souvenir atau cinderamata yang bisa kamu bawa pulang, sobat tiket. Ada gantungan kunci, kaos, bahkan balsem tiger balm yang sudah legendaris. Namun semua itu bisa dibilang oleh-oleh mainstream

Ingin membawa oleh-oleh yang berbeda dari yang lain? Coba deh bawa kudapan lezat yang mungkin hanya bisa kamu temukan di Singapura. Berikut list lengkap aneka camilan nikmat yang wajib masuk daftar oleh-oleh kamu!

1. Coklat Merlion, Unik dan Enak

sumber: shutterstock.com

Coklat dengan bentuk patung singa ikonik Singapura ini adalah salah satu oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang. Tempat paling pas untuk belanja coklat merlion adalah Mustafa Centre yang terletak di Little India.

Harga 1 kemasan coklat di sini biasanya SGD4 atau Rp41.000. Kalau mau murah, sobat tiket bisa beli 3 bungkus dengan harga SGD10 atau Rp103.000.

Rasa yang ditawarkan juga cukup banyak. Sobat tiket bisa membeli aneka coklat dengan rasa vanila, stroberi, hingga rasa yang cukup kekinian yaitu greentea. Di Mustafa Centre kamu bisa menemukan berbagai jenis coklat, buka 24 jam!

2. Pasta Laksa, Membuat Cita Rasa Laksa Rumahan Lebih Otentik

Sudah tahu kan kalau laksa itu adalah salah satu makanan khas dari negara Singapura? Rasanya yang pedas gurih dan sedikit asam membuat kamu selalu terbayang-bayang akan kelezatannya. Nah, kamu bisa kok membawa makanan ini sebagai oleh-oleh.

Caranya dengan membeli pasta laksa dan membuat laksa rumahan dengan bumbu ini. Tekstur pasta laksa ini kental seperti kari dan terasa gurih karena ada campuran santan kelapa. 

Kamu bisa membeli pasta laksa ini di supermarket terdekat dan juga berbagai gerai oleh-oleh di bandara Changi. Ada berbagai merk pasta laksa yang bisa kamu beli. Harga satu botol berkisar SGD5 – SGD10 atau Rp52.000 – Rp103.000 dengan ukuran 180 gram.

3. Irvins Salted Egg Chips, Snack Telur Asin yang Terkenal

oleh-oleh makanan singapura
sumber: shutterstock.com

Sekali coba keripik Irvins ini dijamin bikin sobat tiket langsung ketagihan. Baluran telur asin dalam setiap keping keripik yang kriuk membuat kamu tidak bisa berhenti makan.

Irvins awalnya adalah keripik kulit ikan yang dibumbui dengan telur asin dan memiliki aroma daun kari. Cemilan hits ini adalah buah karya dari pengusaha keturunan Indonesia yang bernama Irvin Gunawan, lho!

Selain keripik, Irvins juga menjual mooncake yang juga banyak diburu oleh wisatawan. Varian rasa keripik yang paling banyak diminati adalah Irvins potato chips, fish skin, dan juga cassava chips. Pilih yang sesuai dengan selera kamu, dengan rasa original atau spicy.

Harga sebungkus Irvins Salted Egg antara SGD7.5 – SGD16 atau Rp77.000 – Rp164.000. Boleh banget beli banyak, karena camilan ini belum masuk ke Indonesia jadi keluarga atau teman-temanmu pasti suka, deh!

4. Bak Kwa, Dendeng Nikmat Pembangkit Selera

Wisatawan Indonesia gemar menjadikan Bak Kwa sebagai buah tangan dari Singapura. Alasannya tak lain dan tak bukan karena Bak Kwa mudah dibawa di dalam pesawat dan tahan lama. Rugi dong kalau beli makanan yang cepat kadaluarsa dari negeri tetangga.

Bak Kwa sendiri adalah daging asap atau lebih dikenal sebagai dendeng di Indonesia. Selain daging babi, kamu juga bisa membeli Bak Kwa yang terbuat dari daging ayam. 

Sobat tiket bisa membeli Bak Kwa di Bee Cheng Hiang, salah satu toko Bak Kwa terkemuka di Singapura. Kalau tidak sempat ke sana, kamu juga bisa membeli oleh-oleh ini di bandara Changi, jadi bisa beli pas banget sebelum pulang!

Harga per kemasan Bak Kwa kurang lebih Rp135.000 hingga Rp250.000. Daging asap ini tahan hingga 1 bulan apabila disimpan dalam wadah yang tertutup rapat. Ayo masukkan Bak Kwa dalam daftar belanja oleh-olehmu!

5. Garrett, Berondong Jagung Asal Chicago

oleh-oleh makanan singapura
sumber: shutterstock.com

Sobat tiket bisa menemukan berondong jagung asal Chicago, Amerika Serikat, di Singapura. Popcorn enak ini memiliki berbagai variasi rasa, Chicago Mix adalah favorit sepanjang masa! Rasa ini kombinasi dari rasa manis karamel dan keju yang asin.

Kamu bisa beli popcorn atau berondong jagung super lezat ini di area Orchard Road, VivoCity Mall, dan Wisma Atria Shopping Centre. Satu bungkus kecilnya dibanderol seharga SGD9 atau Rp93.000. Harga bakal sebanding deh dengan rasanya!

Garrett Popcorn ini anti kempes karena kemasannya sangat rapi dan kedap udara. Tahan 1 minggu dan anti melempem saat dibawa ke Indonesia. Cocok banget buat menikmati saat santai bersama teman atau keluarga.

6.  Kaya, Sangat Nikmat Disantap di Pagi Hari

Kuliner yang wajib santap di Singapura ini bisa kamu bawa pulang juga ke Indonesia, sobat tiket. Selai dari bahan dasar srikaya, santan, telur dan gula ini menjadi salah satu makanan favorit warga Singapura dan juga para wisatawan. 

Sobat tiket yang sedang plesiran di Singapura bisa membeli selai kaya ini di supermarket terdekat. Pilih salah satu merk yang terkenal, contohnya Ya Kun Kaya Toast. Harganya kurang lebih Rp120.000 untuk satu botol selai dengan ukuran 250 gram.

Selai kaya yang lembut dan lumer di lidah membuat suasana hati langsung hangat, makanya cocok banget buat oleh-oleh saat pulang kampung ke Indonesia!

7. Royal Pudding, Tekstur Lembutnya Lumer di Lidah

oleh-oleh makanan singapura

Royal Pudding adalah salah satu oleh-oleh wajib dari Singapura yang harus kamu bawa pulang. Ada tiga rasa yang ditawarkan oleh Royal Pudding yaitu, Our Royal Pudding Original, Our Yuzu Royal Pudding, dan Our Lychee Rose Royal Pudding.

Puding khas Perancis ini memiliki tekstur yang lembut namun nendang di lidah. Bikin kamu seketika jatuh cinta dengan makanan bercita rasa manis ini. Oleh-oleh anti mainstream ini bisa sobat tiket temui di Paris Baguette Cafe yang terletak di Wisma Atria di Orchard Road. 

Harga satu toples kecil puding manis ini adalah SGD4 atau Rp41.000, cukup terjangkau! Namun, kudapan ini tidak tahan lama, maksimal 3 hari dalam keadaan dingin. 

Oleh karenanya, kamu dianjurkan membeli puding ini sesaat sebelum kembali ke Indonesia. Jangan lupa untuk segera memasukkannya ke dalam lemari pendingin supaya bisa lebih awet.

8. Singapore Sling, Minuman Ringan dengan Desain Vintage

Minuman ringan paling populer di Singapura ini kabarnya dibuat sejak tahun 1915. Adalah Ngiam Tong Boon yang pertama kali meracik minuman ini saat menjadi seorang bartender di Raffles Hotel.

Racikan minuman ringan ini awalnya dibuat untuk kaum perempuan, lho! Warnanya merah muda dan rasanya pun manis. Bahan pembuat utamanya adalah gin, soda, nanas, dan lemon. 

Sobat tiket bisa membawa minuman ringan ini pulang dalam sebuah botol 1 liter yang didesain dengan gaya vintage. Kamu bisa membelinya di pusat oleh-oleh Singapura ataupun di bandara Changi.

Sobat tiket kurang lebih harus merogoh kocek Rp618.000 untuk setiap botolnya. Ayo segera merapat ke toko oleh-oleh terdekat di Singapura dan beli Singapore Sling untuk kamu bawa pulang!

Selain Belanja Oleh-Oleh, Jangan Lupa Kulineran di Singapura

Segera pesan tiket pesawat ke Singapura, kuy! Tapi jangan cuma ingat untuk beli oleh-oleh aja, lho. Kamu pun harus banget untuk kulineran saat liburan ke Singapura. Karena traveling tidaklah lengkap tanpa wisata kuliner!

Cek top 10 kuliner di Singapura yang wajib kamu coba, dijamin makanan-makanan lezat campuran budaya India, Melayu, Cina, Indonesia, hingga Portugis ini bakal bikin ketagihan dan memuaskan perut kamu tentunya 😉