Oleh-Oleh Khas Bandung

,

6 Oleh-Oleh Khas Bandung Wajib Beli (Murah Dapat Banyak)

Oleh-oleh Khas Bandung – Sudah menjadi rahasia umum bahwa oleh-oleh adalah salah satu barang yang harus kamu bawa pulang jika kamu berlibur ke suatu tempat. Meskipun oleh-oleh telah menjadi satu tradisi yang kuat di Indonesia, namun tetap saja masih ada beberapa orang yang kesulitan untuk mendapatkan pilihan oleh-oleh yang bagus dari tempat yang dikunjungi. Akhirnya kamu malah melewatkan tempat-tempat yang menjual oleh-oleh terbaik di kota tersebut.

Oleh-Oleh Khas Bandung yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Jika kamu ingin berlibur ke kota Bandung, kamu tak perlu khawatir karena di sini kamu bisa menemukan banyak sekali pilihan oleh-oleh khas Bandung yang murah tapi tidak murahan. Selain keunikan yang dimilikinya, kota Bandung juga menawarkan berbagai macam oleh-oleh untuk kamu bawa pulang, mulai dari makanan, minuman, atau barang-barang lainnya. Berikut adalah daftar oleh-oleh khas Bandung yang wajib kamu bawa pulang ke rumah.

1. Peuyeum

Oleh-oleh khas Bandung

Peyeum adalah singkong yang telah difermentasikan dan sering sekali digunakan sebagai bumbu masakan. Beberapa makanan yang terbuat dari peyeum antara lain adalah kue-kuean, colenak, dan es campur.

Tak hanya itu, kamu juga bisa memakannya langsung tanpa dimasak atau ditambah dengan apapun. Oleh-oleh khas Bandung ini sangat mudah untuk ditemukan karena banyak sekali yang menjualnya. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi adalah jalan Cihampelas. Di sini kamu akan menemukan banyak pedagang yang menjualnya di pinggir jalan.

2. Brownies

Oleh-oleh khas Bandung

Salah satu oleh-oleh khas Bandung yang paling terkenal adalah brownies. Kamu juga tidak akan kesulitan untuk menemukan tempat yang menjual kue ini. Salah satu toko brownies yang terkenal di Bandung adalah Prima Rasa yang terletak di jalan Kemuning. Selain itu kamu juga bisa beli brownies Amanda dan Kartika Sari yang ada di jalan Juanda.

Prima Rasa terkenal dengan rasa lezat brownies panggangnya. Kemudian brownies Amanda terkenal dengan brownies kukusnya yang sangat enak ditambah dengan topping spesial. Nah, sedangkan Kartika Sari terkenal tak hanya akan browniesnya, namun juga beberapa macam makanan oleh-oleh khas Bandung lainnya.

3. Batik Sunda

Oleh-oleh khas Bandung

Batik adalah kain yang dibuat secara khusus dengan motif tertentu menggunakan metode menempelkan malam pada kain tersebut. Meskipun dengan metode pembuatan yang sama, namun batik di beberapa daerah berbeda di Indonesia memiliki kekhasannya sendiri. Beberapa batik tersebut dibuat dengan teknik, warna, motif, dan pola yang berbeda-beda.

Batik sunda bisa kamu jadikan sebagai salah satu pilihan oleh-oleh khas Bandung. Memang kamu bisa membeli berbagai macam model batik di mall. Namun kebanyakan dari batik tersebut adalah batik Jawa. Untuk mendapatkan batik khas Sunda, kamu bisa datang ke Batik Komar yang berada di jalan Sumbawa.

4. Tas dan Sepatu Cibaduyut

Oleh-oleh khas Bandung

Memang akan sangat memuaskan jika kamu bisa membeli tas atau sepatu dari merek terkenal. Tetapi beberapa merek tersebut menjualnya dengan harga yang sangat tinggi. Nah, solusinya bisa kamu temukan di kawasan Cibaduyut, Bandung. Di sini kamu bisa menemukan banyak sekali pedagang tas dan sepatu produk lokal.

Kebanyakan tas dan sepatu di sini terbuat dari kulit dan sangat cocok dijadikan oleh-oleh khas Bandung. Dibuat oleh pengrajin lokal, produk yang dijual di sini tersedia dalam harga yang sangat terjangkau. Untuk urusan kualitas, kamu tak perlu ragu karena kamu bisa membandingkannya dengan produk yang jauh lebih mahal.

5. Pakaian dari Factory Outlet

Oleh-oleh khas Bandung

Bandung sangat terkenal akan factory outlet-nya yang jumlahnya sangat banyak dan tersebar hampir di setiap tempat. Bagi para wisatawan yang datang ke kota ini dan ingin melengkapi liburannya dengan berbelanja, maka kamu bisa datangi salah satu factory outlet tersebut. Di sini kamu bisa menemukan banyak sekali model pakaian dengan harga yang terjangkau.

Beberapa tempat favorit yang sering dikunjungi antara lain adalah kawasan Dago, Cihampelas, dan jalan Riau. Pakaian-pakaian yang dijual di sini kebanyakan didesain oleh perancang lokal. Nah, kamu juga bisa membelikan beberapa pakaian sebagai oleh-oleh khas Bandung.

6. Wayang Golek

Oleh-oleh khas Bandung

Wayang golek adalah wayang khas dari kebudayaan Sunda. Wayang ini terbuat dari bahan kayu yang kemudian dicat dengan penuh warna serta dipasangi berbagai macam aksesoris seperti pakaian dan perhiasan.

Wayang terdiri dari dua macam, yakni wayang golek dengan bentuk 3 dimensi yang berasal dari Sunda, dan wayang kulit dengan bentuk 2 dimensi yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Wayang golek bisa kamu pilih sebagai oleh-oleh khas Bandung untuk dijadikan pajangan di rumah.

Belinya Mudah, Harganya Murah

Terkenal dengan julukan “Paris van Java”, kota Bandung menawarkan banyak pilihan baik itu makanan ataupun benda untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Bandung. Beberapa pilihan oleh-oleh di atas bisa kamu dapatkan dengan mudah dan murah tentunya. Jangan lewatkan juga artikel mengenai tempat wisata di Bandung yang sangat seru berikut ini. Untuk urusan penginapan, kamu bisa pesan hotel murah di tiket.com.