Oleh-Oleh Khas Bali

,

Rekomendasi 10 Oleh-oleh Khas Bali Paling Unik Dibawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Bali – Pulau Bali merupakan salah satu tujuan wisata paling populer di Indonesia baik itu bagi kalangan wisatawan lokal maupun asing. Ke mana pun tujuan kamu selama berlibur di Bali, baik itu berselancar di pantai, bermain wahana air, mengagumi adat dan budaya setempat, dan lain sebagainya, pasti kamu ingin membawa secuil bagian dari Bali untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Tapi apa yang sebaiknya kamu beli di Bali?

Apa Saja Oleh-Oleh Khas Bali?

Pastinya kamu bosan untuk membeli oleh-oleh berupa coklat, gantungan kunci, hiasan magnet, kaos, dan lainnya sebagai oleh-oleh. Nah, di pulau yang terkenal dengan julukan Pulau Dewata ini, ada banyak sekali pilihan barang atau makanan yang bisa kamu beli untuk dibawa pulang. Langsung saja, yuk simak ini dia daftar oleh-oleh khas Bali paling terkenal yang bisa kamu beli supaya kamu tidak kebingungan memilih.

1. Pie Susu

Oleh-Oleh Khas Bali

Ini dia oleh-oleh khas Bali yang paling legendaris, Pie Susu. Salah satu toko yang bisa kamu kunjungi untuk membeli makanan ini adalah Pie Susu Asli Enaaak yang terletak di Jalan nangka Selatan No. 163, Dangin Puri Kaja, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali. Memang untuk bisa mendapatkan pie susu di sini kamu harus mengantri cukup panjang terlebih dahulu, tapi dijamin kamu pasti bisa mencicipi kue yang sesuai dengan nama tokonya, enaaak!

2. Pia Legong

Pia Legong adalah sebuah kue kecil yang di dalamnya diisi dengan tiga pilihan rasa yakni kacang hijau, coklat, dan keju. Toko Pia Legong berada di kompleks Kuta Megah di Jalan Bypass Ngurah Rai. Oleh-oleh khas Bali yang satu ini dibuat tanpa menggunakan mesin sama sekali, agar rasa kue yang dihasilkan bisa terjaga dengan baik kualitas dan rasanya. Pia yang sudah dimasak langsung dikemas dan dijual di toko ini.

3. Kopi Kintamani

Oleh-Oleh Khas Bali

Oleh-oleh khas Bali berikutnya ini bisa kamu beli jika kamu adalah seorang penikmat kopi. Biji kopi yang berasal dari kawasan Kintamani di Bali memiliki rasa yang sangat unik. Hal tersebut membedakan biji kopi Kintamani dengan biji kopi dari tempat lain. Kintamani adalah sebuah kawasan di Bali yang terkenal dengan iklim dingin dan kering serta memiliki tanah vulkanik. Hal tersebut membuat kopi Kintamani memiliki rasa istimewa dengan karakter yang halus dan sedikit lebih ringan.

4. Kacang Disco

Oleh-Oleh Khas Bali

Dengan nama dan rasa yang unik, kacang disco sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Bali. Kacang ini diolah dengan cara digoreng kering setelah sebelumnya dibungkus dengan adonan tepung dan bumbu tambahan sehingga memiliki rasa yang gurih dan renyah ketika dimakan. Selain itu, kacang disco juga tersedia dalam beberapa pilihan rasa mulai dari manis, pedas manis, barbekyu, dan rasa udang. Untuk membelinya, kamu bisa datang ke toko pusat oleh-oleh yang banyak tersedia di Pulau Bali.

5. Keripik Ceker Ayam

Bagi kamu yang belum pernah mencicipi makanan yang satu ini mungkin akan terdengar sedikit aneh. Ceker ayam? Dimakan? Betul sekali, dan nyatanya makanan ini bisa membuatmu ketagihan dengan rasanya yang sangat gurih. Rasanya hampir sama seperti keripik kentang rasa ayam, asalkan kamu tidak membayangkan bentuk kaki ayam ketika menikmati cemilan ini. Dengan harga yang sangat terjangkau, makanan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas Bali.

6. Joger

Oleh-Oleh Khas Bali

Joger memiliki slogan yang sangat terkenal yakni “pabrik kata-kata”. Hal tersebut dikarenakan setiap barang yang diproduksi oleh Joger mengandung kata-kata yang lucu dan kadang-kadang sedikit menyentil. Joger memproduksi berbagai macam barang yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh khas Bali mulai dari kaos, sandal, tas, gantungan kunci, dan lain sebagainya. Toko Joger terletak di Jalan Raya Denpasar – Bedugul KM 37,5.

7. Batik Bali

Oleh-Oleh Khas Bali

Batik merupakan kain tradisional yang berasal dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia. Beberapa kota asal batik yang sangat terkenal antara lain adalah Solo dan Jogja. Akan tetapi di Bali kamu juga bisa menemukan desain batik khas pulau dewata yang beda dari batik daerah lainnya. Kain ini tentu sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas Bali.

8. Topeng Bali

Oleh-Oleh Khas Bali

Banyak wisatawan yang datang ke pulau dewata dan ingin membawa pulang topeng Bali sebagai oleh-oleh khas Bali untuk dijadikan sebagai hiasan dinding di rumahnya. Topeng Bali ini bisa terus mengingatkan tentang kekayaan budaya serta sejarah yang panjang mengenai Pulau Bali. Tak hanya itu, topeng Bali bisa juga dijadikan sebagai kenang-kenangan karena sudah pernah datang ke pulau yang indah ini.

9. Dupa

Oleh-Oleh Khas Bali

Satu hal yang bisa membuatmu tahu bahwa kamu telah tiba di Pulau Bali adalah aroma yang bisa membuatmu merasa lebih tenang. Aroma tersebut berasal dupa yang dibakar. Hampir di setiap tempat di Bali, kamu bisa menghirup aroma dupa yang menenangkan. Oleh karena itu dupa ini bisa dijadikan sebagai pilihan oleh-oleh khas Bali yang bisa kamu bawa pulang sehingga kamu bisa merasa seperti tengah berada di Bali ketika di rumah. Dupa yang dijual di sini tersedia dalam berbagai macam pilihan aroma yang bisa kamu pilih sesuai selera.

10. Kerajinan Kayu

Oleh-Oleh Khas Bali

Karena Pulau Bali dikelilingi oleh pesona alam yang sangat memikat dan sangat subur, maka tak aneh jika ada banyak masyarakat setempat yang berprofesi sebagai pengrajin ukiran kayu. Banyak sekali pengrajin yang mahir dalam profesi tersebut dan membuat karya yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh khas Bali. Ada banyak bentuk karya ukiran yang bisa kamu beli mulai dari topeng, puzzle, mainan, dan lain sebagainya.

Lengkapi Liburan dengan Serunya Berburu Oleh-Oleh

Itulah tadi 10 pilihan oleh-oleh khas Bali yang bisa kamu bawa pulang ke rumah. Jika kamu tidak punya cukup waktu untuk datang ke toko oleh-oleh, kamu masih bisa menemukan beberapa benda tersebut di bandara Ngurah Rai Bali. Simak contoh itinerary Bali 3 hari 2 malam berikut ini agar liburanmu di pulau dewata bisa makin seru. Jangan lupa, tiket murah untuk terbang ke Bali bisa kamu dapatkan di tiket.com.