,

Mendaki Gunung Tertinggi di Jepang, Seru dan Menakjubkan!

Mendaki gunung bagi sebagian orang adalah proses untuk memahami kehidupan. Saat mendaki gunung, sobat tiket akan bertemu dengan pendaki lain. Apalagi jika mendaki gunung Gunung Fuji, gunung tertinggi di Jepang. Pendakian mulai dari lereng hingga kembali ke lereng tentu memberikan berbagai pengalaman yang luar biasa.

Kamu bisa memasukkan nama Gunung Fuji dalam daftar tujuan liburan ke Jepang. Jalur mana yang bisa ditempuh? Apa saja yang perlu dibawa? Ada apa saja di Gunung Fuji? Simak ulasan dari tiket.com dan jangan lupa unduh aplikasinya untuk mendapatkan harga promo penerbangan ke Jepang.

Gunung Berapi yang Menawan

Jika di Indonesia sobat tiket bisa mendaki Gunung Tangkuban Perahu yang terkenal dengan legenda Dayang Sumbi, mendaki Gunung Fuji di Jepang akan memberikan pengalaman tak terlupakan. Gunung Fuji dikelilingi oleh 5 danau yaitu Shoji, Yamanaka, Kawaguchi, Sai, dan Motosu. Wah, keren ya!

Gunung Fuji yang terletak di Pulau Honshu ini bisa dibilang sebagai identitas Jepang. Bagaimana tidak, gunung tertinggi di Jepang ini bisa terlihat dari Hamamatsu yang berjarak sekitar 100 km dari Gunung Fuji. Terletak di prefektur Shizuoka dan Yamanashi, sekitar 200 ribu pendaki menjelajah Gunung Fuji setiap tahunnya.

Sejarah tentang Gunung Fuji

Sebelum tahun 1868, wanita dilarang mendaki Gunung Fuji. Hal ini karena gunung dengan ketinggian 3.776 mdpl ini dianggap sakral. Pada tahun 1869, Lady Fanny Parkes menjadi  wanita pertama yang mendaki Gunung Fuji. Sebagai istri duta besar inggris, beliau mendapat kehormatan karena mendaki Gunung Fuji pertama kali.

Diperkirakan, Gunung Fuji terbentuk sekitar 10 ribu tahun yang lalu. Gunung yang masih menyandang status gunung berapi aktif ini pernah meletus pada tahun 1707-1708. Gunung dengan nama resmi Fujisan ini merupakan situs warisan budaya dunia UNESCO. Kota Gotemba, Fuji Yoshida dan Fujinomiya berada di sekeliling Gunung Fuji.

Gunung Fuji, Pemikat Wisatawan

Puncak bersalju yang putih dan menawan sering menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun internasional. Ratusan ribu pendaki menjelajah Gunung Fuji setiap tahun dan 30% diantaranya adalah wisatawan internasional. Gunung dengan tipe strato (berbentuk simetris) ini termasuk satu dari tiga gunung suci di Jepang.

Masyarakat Jepang menganggap Gunung Fuji adalah gunung yang sakral dan dihormati. Jangan heran jika kepadatan pengunjung selalu menghiasi Gunung Fuji karena masyarakat ingin berterima kasih. Favorit kunjungan pendaki ke Gunung Fuji adalah saat cuaca cenderung hangat dan tenang yaitu pada bulan Juli hingga Agustus.

Sobat tiket bisa menggunakan kereta dari Stasiun Shinjuku menuju Stasiun Otsuki. Setelah itu gunakan kereta lagi ke Stasiun Kawaguchiko dan naiklah bus untuk mencapai Fuji Subaru atau Yoshida Trail. Jika waktu liburanmu lama, kamu bisa menggunakan bus dari Tokyo ke Stasiun Kawaguchiko.

Ayo kosongkan jadwal, pilih akomodasi di tiket.com dan kunjungi Gunung Fuji yang menakjubkan. Meski Gunung Fuji adalah gunung tertinggi, sejumlah pendaki bukan berasal dari pendaki profesional saja tetapi juga diminati pendaki pemula.

Saatnya Mendaki!

Pemandangan matahari terbit yang biasa disebut dengan goraikou ini selalu menjadi incaran pendaki gunung. Pendakian dimulai sejak sore hari hingga malam. Kemudian beristirahat sejenak dan berjalan menuju puncak saat tengah malam. Panorama matahari terbit yang menawan akan langsung melenyapkan lelah tubuh sobat tiket.

Sumber: Shutterstock.com

Pendakian sekitar 8 jam harus kamu tempuh untuk menikmati keindahan panorama puncak Gunung Fuji. Setahun sebelum wanita pertama non Jepang berhasil mendaki Gunung Fuji, Sir Rutherford Alcock menjadi pendaki non Jepang pertama. Jadi semakin penasaran bagaimana kemegahan lukisan alam dari Sang Pencipnta ini ya!

Sebenarnya, Gunung Fuji terdiri dari tiga gunung tipe strato yaitu Komitake, Kofuji dan Fuji yang paling tinggi. Kamu bisa mendaki Gunung Fuji melalui jalur Gotemba, Kawaguchi, Subashiri, dam Fujinomiya. Selama mendaki Gunung Fuji, siapkanlah uang tunai karena di daerah ini banyak yang hanya menerima pembayaran tunai.

Pendakian jalur Fujinomiya adalah jalur paling padat pendaki karena jalannya yang tergolong mudah. Berbeda dengan jalur Gotemba yang paling sedikit pendakinya. Hal ini dikarenakan jalur Gotemba termasuk jalur yang sulit dan membutuhkan waktu ekstra dari jalur lainnya,

Gunung Fuji dibuat beberapa tingkatan dengan titik-titik pemberhentian sebelum mencapai puncak. Menggunakan mobil hingga tingkat lima bagi wisatawan yang tidak ingin mendaki Gunung Fuji adalah solusi yang menarik. Di tingkat lima, sobat tiket akan disuguhi pemandangan khas gunung yang menyejukkan dan menenangkan.

Cafe dengan makanan yang menghangatkan perut, toko souvenir yang siap untuk diborong dan teropong yang bisa menampilkan panorama Jepang dari atas bisa kamu jumpai di tingkat lima. Selama perjalanan ke tingkat lima, telinga akan dimanjakan oleh alunan musik dari sensor yang dipasang sepanjang jalan. Singing Road, itulah namanya.

Kegiatan Menakjubkan di Sekitar Gunung Fuji

Bermalam di dekat Gunung Fuji yang sejuk dan damai bisa kamu lakukan saat mengunjungi kawasan gunung tertinggi ini. Beberapa hotel dengan fasilitas istimewa bisa kamu dapatkan. Kemudahan pemesanan hotel di tiket.com akan membawamu ke hotel favorit selama bermalam di Gunung Fuji.

Sumber: Shutterstock.com

Shibazakura adalah sebutan salah satu lereng Gunung Fuji yang menawan. Hamparan keindahan sekitar 800 ribu bunga dengan warna cantik bisa kamu gunakan untuk mengabadikan momen yang indah. Kamu bisa selfie sekaligus menikmati keindahan yang nyata di Shibazakura.

Selain hamparan bunga sakura yang menawan, kamu bisa mengunjungi Taman Bunga Grinpa. Bunga yang ditampilkan pada taman ini akan berbeda setiap musim seperti tulip di musim semi dan dahlia di musim gugur. Kecantikan bunga-bunga akan membuat sobat tiket ingin terus berada di sana.

Samurai Jepang dengan busur dan panah berkeliling menggunakan kuda saat Festival Yabusame adalah salah satu acara yang dinanti masyarakat Jepang. Kamu bisa melihat festival ini pada bulan Mei di Kuil Fujisan Hongu Sengen Taisha. Terletak di kaki Gunung Fuji, kuil ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 10 menit dari Stasiun Fujinomiya.

Usai mendaki Gunung Fuji butuh oleh-oleh? Kamu bisa pergi ke Oshino Hakkai. Kolam bening yang terhubung dengan air bawah tanah Gunung Fuji ini dikenal sebagai air yang suci. Deretan bangunan tradisional Jepang yang masih dipertahankan difungsikan sebagai toko oleh-oleh, restoran, dan sebagainya.

Tips Mendaki Gunung Fuji

Sobat tiket bisa melakukan beberapa tips jitu dari tiket.com sebelum mendaki Gunung Fuji. Pertama, lakukan latihan fisik yang cukup beberapa hari sebelum mendaki. Istirahat cukup juga diperlukan agar tubuh tetap segar apalagi sehari sebelum pendakian. Tidak terburu-buru selama pendakian juga penting agar kamu tidak mudah lelah.

Sumber: Shutterstock.com

Berikutnya, gunakan pakaian sesuai dengan musim dan cuaca yang sedang berlangsung. Karena puncak Gunung Fuji adalah salju, bawa pakaian tebal dan hangat saat mendaki ke puncak. Tidak hanya pakaian, kaos kaki yang menyerap keringat dan sepatu nyaman wajib kamu gunakan selama mendaki ke Gunung Fuji.

Terakhir, bawalah peralatan penting yang akan kamu gunakan selama perjalanan seperti P3K, makanan, alat navigasi, dan senter. Kemas semua barang bawaan di dalam tas yang mudah kamu bawa. Jangan lupa untuk tetap menjaga keasrian dan kesejukan alam dengan membawa turun sampah yang kamu hasilkan selama di Gunung Fuji.

Gunung Suci yang Ramai Dikunjungi

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi salah satu dari gunung suci di Jepang? Gunung Fuji, Gunung Haku, dan Gunung Tate adalah tiga gunung suci di Jepang. Pengalaman yang tidak terlupakan akan tercipta saat kamu mendaki Gunung Fuji. Kamu juga bisa berkeliling di sekitar Gunung Fuji untuk mendapatkan momen liburan terbaik.

Pemandangan alam yang menawan akan membuat sobat tiket lupa dengan lelahnya perjalanan menuju puncak Gunung Fuji. Tunggu apalagi? Pesan akomodasi terbaik hanya di tiket.com dan dapatkan penawaran menarik khusus untuk sobat tiket. Ayo unduh aplikasinya atau akses melalui website.