Tips Mendaki Gunung

,

10 Tips Mendaki Gunung Paling Penting untuk Pemula

Mendaki gunung telah menjadi kegiatan yang semakin populer seiring berjalannya waktu. Mungkin sobat tiket yang belum pernah, ingin mencoba kegiatan yang satu ini agar bisa mengetahui bagaimana serunya mendaki gunung sampai puncaknya.

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, naik gunung juga memiliki dampak positif untuk kesehatan mental kamu. Contoh manfaatnya antara lain adalah mengurangi tingkat stres, hingga mencegah osteoporosis.

Simak Tips Berikut Supaya Kamu Tenang Mendaki Gunung

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba melakukan kegiatan ini untuk pertama kalinya, maka ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan nih, sobat tiket. Karena tidak seperti berjalan kaki pada umumnya, mendaki gunung melibatkan lebih banyak hal yang tak bisa diprediksi.

Meskipun demikian, kamu tetap bisa menikmati keseruan dalam usaha untuk mencapai puncak gunung, asalkan kamu melakukannya dengan penuh persiapan. Berikut ini adalah tips mendaki gunung bagi pemula yang wajib kamu perhatikan. Simak, ya.

1. Mulai dengan Gunung yang Bersahabat

Tips Mendaki Gunung

Mungkin kamu punya ambisi besar untuk bisa menaklukkan gunung paling tinggi yang ada di Indonesia. Boleh saja. Tapi kalau kamu adalah seorang pemula dalam hal mendaki gunung, maka sebaiknya kamu mulai dengan gunung yang lebih “bersahabat” terlebih dahulu.

Sebagai permulaan, kamu bisa mencoba mendaki perbukitan seperti Telaga Biru di Jawa Barat, Candi Selogriyo di Jawa Tengah, atau Kawah Wurung di Jawa Timur. Pilihlah yang dekat dengan tempat tinggal kamu sekarang.

Kamu juga bisa googling untuk menemukan gunung mana yang memiliki pemandangan bagus, namun dengan tingkat kesulitan yang rendah bagi pendaki pemula. Kamu bisa baca review yang ditulis oleh para pendaki sebelumnya.

2. Persiapkan Kekuatan Fisik dan Mental

Setelah kamu memilih gunung mana yang mau didaki, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan kekuatan fisik kamu. Pada umumnya, kamu bisa merasakan peningkatan kekuatan fisik pada tubuh selama tiga minggu hingga tiga bulan berlatih.

Apa saja latihan fisik yang perlu dilakukan sebelum mendaki gunung? Kamu bisa berlatih kardio dengan berjalan kaki selama 30 menit sehari. Jangan lupa juga kekuatan kaki dan kekuatan punggung agar kamu bisa tahan membawa barang bawaan selama mendaki.

Tak kalah penting, lakukan juga persiapan mental kamu. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk melatih kekuatan mental yang sangat diperlukan agar kamu bisa kuat dan bersabar mendaki hingga ke puncak gunung.

3. Perhatikan Cuaca

Tips Mendaki Gunung

Sebelum berangkat untuk menaklukkan gunung pertama yang ingin kamu daki, sebaiknya kamu mencari tahu dulu bagaimana kondisi cuaca saat itu. Kamu bisa lakukan beberapa hari hingga beberapa jam sebelum berangkat.

Dengan mengetahui kondisi cuaca, maka kamu bisa lebih mempersiapkan soal pakaian seperti apa yang semestinya kamu gunakan serta barang apa saja yang seharusnya kamu bawa untuk mendaki gunung.

Jika ternyata ramalan menunjukkan cuaca yang tidak bersahabat, maka sebaiknya kamu urungkan niat dan mengganti jadwal berangkat. Jangan sampai kamu malah sakit karena cuaca yang buruk.

4. Beritahu Orang Terdekat ke Mana Kamu Pergi

Ini poin yang sangat penting. Kamu harus beritahu orang terdekat ke mana dan berapa lama kamu akan pergi untuk mendaki gunung. Dengan begitu orang tersebut bisa memperkirakan, kapan harus mulai khawatir dan meminta pertolongan.

Tapi bukan berarti kamu harus memberitahukan kapan waktu tepatnya untuk meminta pertolongan. Karena ada banyak faktor yang mungkin membuat kamu terlambat untuk pulang seperti ingin menikmati pemandangan dengan lebih lama atau mungkin kaki keseleo.

5. Bawa 10 Barang Wajib ini

Ada setidaknya 10 barang yang wajib kamu bawa ketika mendaki gunung. Barang-barang tersebut penting untuk dibawa agar kamu tetap aman ketika berada di gunung, termasuk jika kamu harus bermalam di sana.

Jumlah dari setiap barang yang disebutkan di bawah tergantung pada beberapa hal seperti seberapa jauh jalur pendakian dan kondisi di sana. Nah, ini dia 10 daftar barang yang harus dibawa saat mendaki:

  • Alat navigasi seperti peta, kompas, dan GPS satelit
  • Perlindungan matahari seperti kacamata hitam dan tabir surya
  • Beberapa baju tambahan untuk cuaca dingin
  • Penerangan seperti headlamp dan lampu senter
  • Peralatan P3K
  • Pemantik api tahan air, korek, dan lilin
  • Makanan
  • Minuman
  • Tempat berteduh atau tenda
  • Repair kit untuk memperbaiki peralatan yang bermasalah

6. Gunakan Kaos Kaki dan Sepatu yang Tepat

Rasa sakit di kaki yang diakibatkan oleh salah memilih sepatu bisa merusak keseruan mendaki gunung. Untuk itu tidak ada salahnya jika kamu membeli sepatu gunung yang memang dirancang untuk kegiatan ini.

Tidak perlu membeli sepatu berbahan kulit yang mahal. Saat ini sudah tersedia banyak pilihan sepatu gunung yang harganya lebih terjangkau tapi tetap memberikan rasa nyaman di kaki dan daya tahan yang kuat.

Kaos kaki juga faktor penting. Sebaiknya kamu hindari menggunakan kaos kaki berbahan katun. Gunakan yang terbuat dari wol atau bahan sintetis. Jangan lupa bawa kaos kaki tambahan jika yang kamu gunakan basah oleh keringat.

7. Gunakan Pakaian yang Tepat

Setelah kamu menggunakan alas kaki yang tepat, selanjutnya perhatikan juga pakaian yang kamu kenakan selama mendaki gunung. Gunakan pakaian yang nyaman, dan sekali lagi hindari bahan katun, baik itu atasan ataupun bawahan.

Karena bahan katun sangat mudah menyerap air dan susah kering, dan perjalanan dengan pakaian yang lembab sangat tidak enak. Bawa juga pakaian yang mudah dikenakan dan dilepas agar kamu bisa menyesuaikan suhu tubuh dengan suhu di sekitar.

Tak kalah penting, bawa juga baju hangat karena udara malam di gunung bisa jadi sangat dingin dan kamu perlu menghangatkan badan agar tidak sakit dan bisa melanjutkan perjalanan ke puncak gunung.

8. Packing Seringan Mungkin

Setelah mengetahui semua barang yang perlu kamu bawa saat mendaki gunung, perlu diketahui juga bahwa kamu harus bisa packing dengan efektif dan jangan terlalu berat. Artinya, sebisa mungkin bawa semua barang penting namun pilih yang bobotnya ringan.

Sebagai contohnya, kamu tak perlu membawa botol tabir surya yang paling besar yang kamu beli saat ada diskon. Kamu bisa memindahkannya ke botol yang lebih kecil agar bawaanmu tidak terlalu berat dan mengganggu.

9. Jangan Terburu-Buru

Mungkin kamu sangat senang dengan pendakian pertamamu. Mendaki gunung dengan semangat yang menggebu-gebu dan tak sabar untuk bisa sampai di puncak. Boleh saja merasa senang, tapi kamu juga harus menghemat energi.

Lebih baik kamu usahakan untuk berjalan dengan kecepatan yang konsisten. Selain itu jika kamu berjalan terlalu cepat kamu juga tidak bisa menikmati pemandangan atau mungkin seluruh pengalaman mendaki kamu bisa rusak.

Mungkin kamu berpikir bahwa lebih cepat lebih baik, tapi nanti setelah beberapa kilometer di mana jalan sudah mulai menanjak, kamu bisa berjalan lebih jauh karena sudah menghemat energi sebelumnya.

10. Jaga Keindahan Gunung

Poin terakhir sekaligus penutup, selama kamu mendaki, jalan setapak yang kamu lewati, pemandangan gunung yang cantik, hamparan rumput yang indah, jangan sampai rusak karena kamu membuang sampah sembarangan.

Karena kelestarian dan keindahan gunung ada di tangan para pengunjung yang datang. Bawalah kantong sampah untuk menyimpan semua sampah, kemudian buanglah ketika kamu sudah menemukan tempat untuk membuang sampah.

Jangan Lupa Safety First, Ya!

Itu tadi tips singkat bagi kamu yang baru pertama kali mau mendaki gunung. Satu hal lagi yang tak boleh kamu lupakan adalah berdoa sebelum berangkat. Simak juga tips liburan murah biar kamu bisa langsung berangkat. Nah, kalau kamu cari tiket kereta harga murah menuju ke gunung yang ingin didaki, kamu bisa pesan langsung di tiket.com.