,

Megahnya Masjid Raya Bandung, Wisata Religi Unik di Kota Kembang

Ketika menyambangi Bandung, objek wisata apa yang biasanya sobat tiket datangi? Kalau sedang enggan berkeliling jauh, kamu bisa berkunjung ke Masjid Raya Bandung. Meski berada di tengah kota, wisata di sini dijamin tetap seru dan menyenangkan.  

Berada persis di tengah kota, Masjid Raya Bandung menawarkan pengalaman wisata yang unik banget. Selain tentunya bisa digunakan untuk beribadah, kawasan Masjid Raya Bandung juga cocok dijadikan tempat wisata untuk kamu yang ingin menikmati waktu santai di kota kembang. Apa sih hal unik di tempat ini? 

Sekilas Tentang Masjid Raya 

Sumber: shutterstock.com

Sebagai salah satu ikon kota kembang, Masjid Raya Bandung menjadi salah satu destinasi wisata kegemaran warga Bandung. Selain letaknya strategis, tempat wisata ini tidak memungut biaya sepeserpun. Cocok banget buat sobat tiket yang mau liburan tanpa banyak bujet.

Sejuknya suasana kota Bandung membuat kunjungan ke Masjid Raya Bandung semakin menyenangkan. Berada tepat di area Alun-Alun kota, masjid ini semakin jadi incaran para pengunjung yang datang.

Saat pertama kali dibangun di tahun 1812, masjid ini hanya berbentuk bangunan panggung bertiang bambu, dengan tembok anyam dan beratap daun sagu. Di sekitar masjid, dibangun juga kolam sumber air yang digunakan untuk mengambil wudhu. 

Corak khas budaya Sunda dapat terlihat dari desain masjid yang memiliki panggung dan atap berundak. Sejak mulai digunakan, masjid ini semakin berkembang menjadi pusat kegiatan agama di Bandung. 

Bersiaplah untuk mengagumi keindahan arsitektur masjid yang sebelumnya bernama Masjid Agung ini. Selain beribadah, kamu bisa melakukan banyak hal untuk membuat liburan makin seru dan menyenangkan. Apa saja sih daya tarik dari tempat ini? Simak ulasannya di bawah ini ya.

1. Masjid Raya Megah dan Kaya Sejarah

Daya tarik utama dari area Masjid Raya Bandung tentunya kemegahan masjidnya. Sejak resmi didirikan, masjid ini sudah mengalami banyak sekali proses perombakkan, 9 kali di abad 19, 5 kali di abad 20, dan satu kali renovasi besar-besaran di tahun dari 2001 hingga 2003. Pada tahun tersebut lah nama Masjid Agung resmi diubah menjadi Masjid Raya Bandung. 

Arsitektur Masjid Raya Bandung ini merupakan hasil kerja keras dan tangan dingin 4 arsitek Bandung, yakni Ir. H. Keulman, Ir. H. Arie Atmadibrata, Ir. H. Nu’man dan Prof. Dr. Slamet Wirasonjaya. Meskipun desainnya baru dan lebih modern, masjid ini masih mempertahankan sebagian unsur bangunan lamanya.

Perbedaan dapat langsung terlihat pada bagian atap masjid yang sebelumnya beratap joglo, kini berbentuk kubah utama besar, dan dilengkapi dengan dua kubah tambahan berwarna emas yang membuat tampilan masjid semakin mewah. 

Tak hanya indah dan megah dari sisi luar, bagian dalam masjid ini juga menakjubkan sekali untuk dilihat. Ruangan di Masjid Raya Bandung dibagi menjadi dua bagian: ruang depan dan ruang sholat utama. Keduanya dihubungkan oleh jembatan yang dibawahnya tersedia ruang untuk wudhu. 

Ruang depan berbentuk seperti aula yang bisa digunakan untuk berbagai acara seperti pengajian, akad nikah, atau sekadar dijadikan tempat pengunjung beristirahat. Berada terpisah dari ruang depan, ada juga ruang shalat utama yang tentunya dikhususkan untuk kegiatan ibadah. 

2. Uniknya Menara Kembar di Masjid Raya Bandung

Sumber: shutterstock.com

Hal lain yang menjadi daya tarik dari Masjid Raya Bandung adalah dua menara kembar di sisi kanan dan kiri masjid. Menara setinggi kurang lebih 81 meter ini dibuka untuk umum di hari Sabtu dan Minggu. 

Dari ketinggian setara dengan bangunan 19 lantai ini, kamu bisa melihat keindahan kota Bandung dengan sudut pandang 360 derajat. Selain pemandangan kota, kamu juga bisa melihat keindahan gunung Tangkuban Parahu yang terlihat dari menara ini. 

Untuk dapat menikmati pemandangan megah dan unik ini, kamu hanya perlu membayar uang infaq sebesar Rp7000* saja. Terjangkau banget, bukan? 

Masalah keamanan tidak perlu khawatir! Seluruh ruangan di kawasan  puncak menara kembar ini sudah dilindungi teralis, dijamin aman dan tidak berbahaya. Tapi, tidak ada salahnya tetap berhati-hati ya, agar keselamatan kamu selalu terjaga. 

3. Alun-Alun Bandung Nan Kekinian

Masjid Raya dan Alun-Alun Bandung adalah dua objek wisata yang berada dalam satu area. Setelah beribadah dan menikmati keindahan masjid, kamu bisa langsung keluar menuju Alun-Alun, yang berada di pelataran masjid. 

Sejak masa kolonial Belanda, Alun-Alun sudah dijadikan sebagai pusat aktivitas warga Bandung. Wajar saja, karena alun-alun ini sangat dekat dengan pusat pemerintahan kota Bandung kala itu. 

Setelah sempat tidak terawat, Alun-Alun diubah menjadi objek wisata yang keren dan kekinian di tahun 2014. Dengan wajah barunya, Alun-Alun Bandung jadi ikon wisata yang tak hanya murah, tapi juga nyaman dan tidak kalah seru dengan objek wisata lain di kota kembang. 

Keunikan dan daya tarik dari  Alun-Alun Bandung terletak pada lapangan berlapis rumput sintetis yang digelar di luasnya area pelataran masjid. Pengunjung bisa bersantai sambil menikmati udara sejuk kota Bandung tanpa harus takut kotor. 

Berkunjung ke Alun-Alun Bandung bersama keluarga akan semakin menyenangkan. Selain bisa duduk santai, sobat tiket juga bisa bermain bersama anak-anak di arena rumput ini. Jangan lupa abadikan momen keseruan di sini di handphone kesayanganmu, ya! 

Selain lapangan rumput unik, area Alun-Alun Bandung juga memiliki kompleks taman yang didesain unik jika dilihat dari atas. Tak hanya menyegarkan mata, taman dan spot lain di Alun-Alun juga bisa jadi latar belakang foto keren untuk dipajang di media sosial, lho!

Indahnya Masjid Raya Bandung di Malam Hari

Menikmati malam  di area Masjid Raya Bandung, kenapa enggak? Suasana malam di area ini cocok banget untuk kamu yang ingin santai bersama keluarga. Selain bisa duduk santai di area rumput sintetis, kamu juga bisa berkeliling ke spot menarik lainnya. 

Kawasan Masjid Raya yang berada di satu tempat dengan Alun-Alun Bandung membuat spot wisata ini semakin ramai didatangi pengunjung. Kamu juga bisa mampir dan foto-foto  di gedung-gedung bersejarah di sekitar Masjid Raya yang sarat akan gaya kolonial. 

Jangan lewatkan juga kesempatan berwisata kuliner di area Masjid Raya dan Alun-Alun Bandung. Terdapat banyak penjual jajanan khas Bandung yang bisa kamu coba satu per satu sampai kenyang. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan ya, sobat tiket!

Masjid Raya Bandung, Wisata Unik di Tengah Kota

Sumber: shutterstock.com

Informasi di atas sudah cukup lengkap, bukan? Bagi sobat tiket yang mencari agenda santai saat berkunjung ke Bandung, kamu bisa langsung datang ke sini, ya. Masih belum puas menikmati suasana malam di Bandung? Kamu bisa lanjutkan perjalanan ke Spot Wisata Malam di Bandung yang tentunya sayang bila dilewatkan. 

Setelah lelah mengelilingi kota Bandung, istirahatkan tubuh dan pikiran dengan menginap di hotel nyaman kota Bandung lewat aplikasi tiket.com. Ada banyak promo dan potongan harga menarik dan sayang kalau dilewatkan. Selamat bersenang-senang!