,

10 Makanan yang Bikin Kamu Kangen Bandung

Kota Bandung memang punya tempat tersendiri di hati pecintanya. Tidak hanya udara sejuk dan pemandangan indah, pesona kota yang mendapat julukan Kota Kembang ini juga bisa bikin sobat tiket yang berkunjung rindu, dan selalu ingin datang lagi. 

Keliling Bandung percuma banget rasanya, kalau belum berburu kuliner yang lezat dan bikin kangen terus sama Kota Bandung. Buat kamu yang hobi makan, harus baca selengkapnya di bawah ini ya! 

Makan Enak dan Kenyang di Kota Kembang

Berburu makanan enak sambil keliling kota Bandung nggak akan pernah salah deh! Ada banyak banget pilihan, buat sobat tiket yang mau icip-icip makanan enak yang belum tentu ada di ibukota. Apa aja sih makanannya? Lihat daftarnya di sini: 

1. Batagor

Sumber: shutterstock.com

Sobat tiket yang suka jajan pasti nggak asing sama jajanan yang satu ini. Sensasi renyah tahu dan pangsit goreng ditambah dengan gurihnya bumbu kacang, sungguh perpaduan yang menggoyang lidah. Batagor enak di Bandung nggak cuma dijual di satu tempat, lho! Ada banyak pilihan yang bisa kamu coba, salah satunya Batagor Kingsley. 

Berjaya dari tahun 1982, batagor ini masih jadi makanan kesukaan warga Bandung dan luar kota Bandung yang sengaja datang. Sobat tiket yang ingin berkunjung, kedai Batagor Kingsley terdiri atas dua lantai. Lantai satu khusus untuk para pengunjung yang memesan takeaway, sementara lantai 2 untuk dine in atau makan di tempat. 

Alamat: Jl. Veteran No.25, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung

Harga: Rp25.000,00* per porsi

2. Peuyeum

Kalau sobat tiket cari camilan manis khas Bandung, Peuyeum nggak boleh sampai lupa dan terlewatkan, ya! Terbuat dari singkong yang difermentasi, peuyeum mirip banget, lho sama tape singkong. Nggak heran, banyak orang salah dengan perbedaan peuyeum dan tape singkong

Buat kamu yang ada di daerah Cihampelas, bisa langsung datang ke Peuyeum Si Madu. Selain rasa peuyeumnya yang manis, harganya juga terjangkau banget. Pas banget buat ngemil sambil keliling kota Bandung. 

Alamat: Jl. Cihampelas Bandung (samping gerbang Teras Cihampelas)

Harga: Rp17.000,00*  per kg

3. Cilok

Sumber: shutterstock.com

Cari cilok enak ya udah pasti di Bandung, lah! Banyak banget penjual cilok, dari gerobak sampai toko yang siap memanjakan perut kamu yang kangen dengan kenyalnya aci gurih dengan siraman bumbu yang sedap rasanya. Salah satu cilok yang terkenal di Bandung adalah Cilok Goreng Setiabudi. 

Hal menarik yang membedakan Cilok Goreng Setiabudi dengan lainnya terletak pada komposisi bahan makanan yang pas. Selain cilok goreng, ada juga cilok kukus dengan 2 pilihan saus (pedas asin dan saus kacang) yang siap disantap selagi hangat. 

Alamat: Jl. Dr. Setiabudi No.148, Gegerkalong, Bandung (Depan Borma Setiabudi)

Harga: Rp500,00* per butir untuk cilok kukus dan  Rp.1000,00* per tusuk untuk cilok goreng

4. Kupat Tahu

Masih belum kenyang? Kalau begini, Kupat Tahu bisa jadi solusi. Perpaduan pas dari Ketupat, Tahu Goreng dan Tauge yang disiram oleh bumbu kacang gurih ini pas banget dimakan saat lapar. Kalau kamu mau coba kupat tahu yang legendaris di Bandung, Kupat Tahu Gempol bisa jadi rekomendasi tempat kuliner selanjutnya. 

Selain rasa bumbu kacangnya yang khas, yang bikin Kupat Tahu Gempol dari yang lain adalah tambahan kerupuk terasi di atasnya. Rasanya yang unik bikin rasa kupat tahu ini semakin susah dilupakan.

Alamat: Jl. Gempol Kulon No.53, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung,

Harga: Rp17.000,00* per porsi

5. Seblak

Sumber: shutterstock.com

Ingin mencoba makanan yang lebih menantang? Seblak bisa jadi pilihan yang tepat nih, sobat tiket. Eits! Jangan sembarangan icip, karena seblak sangat identik dengan rasa pedas yang bisa bikin kamu mandi keringat. Ini sih jadi tantangan seru buat sobat tiket gemar dengan kuliner pedas. Mau makan seblak yang pedasnya nggak karuan? Cobain deh Seblak Jebred. 

Dari namanya aja udah kebayang kan rasa pedas seblak di Seblak Jebred? Ada banyak banget pilihan topping dengan harga yang beragam, mulai dari tiga ribu rupiah hingga delapan ribu rupiah. Kamu juga bisa memilih tingkat kepedasan sesuai selera. Mulai dari level yang paling rendah, yakni level 1 hingga ke yang paling pedas di level 5 tersedia disini. Jangan lupa siapin air minum yang banyak ya, sobat tiket! 

Alamat: Jalan Buah Batu No.163, Lengkong, Bandung

Harga: Sesuai dengan topping yang dipilih

6. Tutut

Masih ngomongin makanan menantang, yang satu ini tentunya nggak boleh terlewatkan, sobat tiket! Tutut adalah sejenis keong yang banyak ditemukan di sekitar sawah dan danau. Walaupun kedengarannya aneh, tapi tutut ini salah satu makanan yang banyak dicari dan jadi kesukaan masyarakat Bandung, lho! 

Kalau mau coba yang enak, kamu bisa langsung aja ke Tutut Mang Oded. Bicara soal cita rasa, sobat tiket pasti bakal kaget, deh! Meskipun berukuran kecil, kamu bisa menikmati rasa yang enak dan pastinya bikin ketagihan. Tinggal tambah nasi panas, deh. Lengkap sudah! 

Alamat: Jl. Rereng Adumanis No.15, Sukaluyu, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung,

Harga: Rp40.000,00* per porsi

7. Cireng

Sumber: shutterstock.com

Selain Cilok, kuliner khas Bandung yang tak kalah enak rasanya adalah Cireng. Selain karena rasanya yang bikin nagih, harganya juga murah meriah nggak bikin kantong kering. Mau coba olahan Cireng yang jadi favorit warga Bandung? Coba saja datang ke Cireng Keraton. 

Berbeda dari cireng isi lainnya yang ada di kota Bandung, Cireng Keraton ini memiliki inovasi rasa baru yang bikin rasa cireng ini lebih unik. Ada berbagai pilihan rasa mulai dari ayam, sapi, keju, hingga pizza yang siap kasih rasa baru di lidah kamu. Selain di Bandung, kini kedai Cireng Keraton bisa sobat tiket temukan juga di daerah Jabodetabek.

Alamat (Bandung): Cihampelas Walk, Jl. Cihampelas No. 160, Bandung

Harga: Rp6.000,00* per pcs 

8. Surabi

Setelah puas mencicipi cita rasa makanan gurih di Bandung, ini saatnya kita cari makanan penutup yang manis. Nah, kalau mencari kuliner manis khas Bandung, Surabi jawabannya. Salah satu makanan tradisional dari Bandung ini terkenal dengan bentuknya yang mungil dan pilihan rasa yang beragam. 

Tempat makan Surabi paling strategis buat kamu yang lagi berburu kuliner di Bandung adalah Surabi Enhaii. Di kedai surabi ini, kamu bisa mencoba surabi dengan berbagai rasa mulai dari keju, coklat, durian, dan lainnya. Tidak lupa, sda juga surabi dengan tambahan es krim yang makin bikin perut adem dan kalem. 

Alamat: Jl. Setiabudi no. 186, Setiabudi, Bandung. 

Harga: Rp7.000,00  – Rp.20.000,00*

9. Siomay

Sumber: shutterstock.com

Kuliner yang satu ini bisa dibilang serupa tapi tidak sama dengan Batagor. Bentuknya hampir sama, bumbu juga nggak jauh beda. Tapi rasanya tetap menggugah selera, lho! Kamu yang mau coba salah satu siomay enak di Bandung, bisa langsung datang ke Baso Tahu Mang Ade

Meski dijual dengan gerobak di pinggir jalan, antrean pelanggan Baso Tahu Mang Ade ini lumayan panjang, lho. Selain siomay empuk dan bumbu kacang gurih, yang bikin siomay ini beda dari siomay di tempat lain adalah taburan wortel yang bikin rasanya jadi lebih unik dan nikmat.

Alamat: Jl. Veteran No.25, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung

Harga: Rp20.000,00* per porsi

10. Bandros

Nah, yang satu ini kayaknya nggak bakal sobat temukan, kalau bukan di Bandung. Terbuat dari tepung beras, Bandros punya campuran rasa manis dan gurih yang unik yang bikin jatuh hati. Tidak hanya rasa manis, kamu juga bisa cobain Bandros asin dengan berbagai rasa. 

Nah, salah satu kedai yang jual bandros yang unik ada di Jl. Cisangkuy. Bandros Cowboy Cisangkuy punya banyak varian rasa yang beda dari yang lain. Nggak cuma rasa keju atau cokelat, kedai ini juga menjual varian rasa baru seperti rasa Kit Kat, Green Tea, dan Nutella. Jangan lupa pesan yang original, ya! 

Alamat: Jl. Cisangkuy No. 56, Citarum, Bandung

Harga: Rp15.000,00 – Rp.40.000,00*

Mau Coba Kuliner di Atas?

Bagaimana, enak bukan? Kini ada banyak pilihan makanan yang bisa bikin perut kamu kenyang dan pastinya pengen balik lagi ke Bandung. Bagi sobat tiket yang gemar jalan-jalan sambil nostalgia di kota Bandung bisa mampir ke 5 Tempat Wisata Tempo Dulu di Bandung  yang bikin liburan makin seru.

Kini sobat tiket juga tidak perlu liburan harus macet-macetan ke Bandung. Kamu bisa beli tiket kereta ke bandung dengan tiket.com dan rasakan liburan seru tanpa macet apalagi repot! Kalau sudah puas jalan-jalan, jangan lupa beli oleh-oleh buat orang di rumah ya, sobat tiket! 

*Harga terakhir saat artikel ditulis