Sumber: Shutterstock.com

,

Cari Kuliner Non Halal di Makassar? Ayo Mampir ke 3 Tempat Makan Enak Ini!

Kuliner Non Halal Makassar – Keragaman suku bangsa dan budaya Indonesia membuat kulinernya senantiasa kaya akan cita rasa yang beraneka. Soal kuliner, dapat dipastikan seluruh wilayah Nusantara punya ciri khasnya masing-masing.

Mulai dari cara mengolahnya, hingga resep rahasia yang tersohor sebagai warisan nenek moyang. Tak terkecuali juga dengan kuliner non halal di Makassar. Menjelajahi kota yang dulunya bernama Ujung Pandang ini akan kurang berkesan jika belum menjajal kulinernya.

Cita rasanya yang luar biasa lezat umumnya didapatkan dari resapan bumbu sarat rempah-rempah nan menggoda. Belum lagi dengan tampilannya yang menggugah selera saat disajikan, membuat wisata kuliner di Makassar menjadi satu hal yang patut untuk dicoba.

Hunting Kuliner Menggoyang Lidah di Makassar

Nggak bisa dipungkiri, wisata kuliner emang bisa bikin tambah happy! Dan di Kota Daeng ini, selain menu non halal, ada juga beragam makanan unik yang menjadi ciri khasnya. Pas banget deh buat kamu yang doyan kulineran.

Baik yang berkuah maupun keringan, kamu bisa coba Pallu Basa, Coto Makassar, Sup Saudara, Juku Pallu Ce’la, Buras, Kapurung atau Mie Titi. Untuk minumnya, sobat tiket udah pernah coba Sarabba, belum?

Selain rasanya yang lezat, Sarabba juga berkhasiat untuk menyembuhkan banyak penyakit lho! Minuman tradisional yang terbuat dari jahe, telur, santan dan gula merah ini juga terbukti dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Setelah puas makan besar, coba juga camilan setempat yang rasanya tak kalah menggoyang lidah. Untuk jajanan khasnya, ada banyak varian yang terkenal lho selain Es Pisang Ijo. Di antaranya seperti Barangko, Pisang Epe, hingga Es Palu Butung, Gogoso.

Ada juga Baje Canggoreng, Kue Dange, Kue Baruasa, Doko-doko Cangkuliang, serta Putu Cangkiri. Kamu bisa memilih sesuai selera. Dari yang asin sampai yang manis, semua ada.

Kalau sobat tiket mau liburan dan bingung mau kulineran ke mana, Kota Makassar bisa menjadi alternatif yang oke punya. Dan biar liburanmu tambah nyaman, yuk pesan hotel di Makassar melalui tiket.com sekarang!

Kuliner Non Halal di Tana Toraja, Siap Cicipi Kelezatannya?

Buat sobat tiket yang lagi hunting kuliner non halal di Makassar, kamu bisa coba mampir ke beberapa tempat terfavorit ini. Untuk menu-menu yang berbau porky, biasanya akan lebih mudah ditemukan di kawasan pecinan atau kampung China yang terdapat di Kota Makassar. 

Bertandang ke sini, kamu akan disuguhi dengan beragam daging olahan yang diracik dengan bumbu rempah lezat nan menggiurkan. Rasanya? Nggak perlu ditanya lagi, dijamin yummy dan bikin lidah asyik bergoyang!

1. Rumah Makan Toraja

Sumber: Shutterstock.com

Salah satu rumah makan yang menyajikan menu khas Sulawesi adalah Rumah Makan Toraja. Tana Toraja di Provinsi Sulawesi Selatan dikenal dengan kesakralan upacara adat yang unik berdasarkan kepercayaan suku Toraja. Tapi ternyata, soal kulinernya pun nggak kalah menarik untuk disimak. Pasalnya, warga di Tana Toraja Kota Makassar mengolah masakannya dengan cita rasa tinggi yang lezat nan memikat. 

Menu khas yang disajikan pun beragam, seperti daging babi panggang atau bakar yang gurih, empuk dan lembut. Makassar dikenal dengan pangrarang, yakni olahan daging sate khas Toraja. Di sini, makan paranggang hanya ditaburi dengan sedikit garam serta ulekan cabai yang diberi perasan jeruk nipis.

Atau daging babi yang diolah dengan bumbu rica-rica dan tinoransak, serupa dengan resep dari Sulawesi Utara. Kaya akan racikan rempah termasuk sereh, cabe dan lengkuas, menu masakan ini punya cita rasa pedas dan aroma yang khas yang sangat enak.

Sedikitnya terdapat tiga rumah makan Toraja yang menjadi favorit di Makassar. Rumah makan tersebut yaitu Warung Makan Kandiang Dulang, RM. Buntu Torpedo dan Warung Makan Toraja.

– Warung Makan Kandiang Dulang

Buka mulai pukul 8 pagi, rumah makan ini beroperasi setiap hari hingga pukul 10 malam.

Warung Makan Kandiang Dulang ini terletak di Jl. Dirgantara No. 79. Dan di sini sobat tiket juga bisa mencoba minuman khas Makassar, yakni Sarabba yang punya banyak khasiat.

Alamat:Jl. Dirgantara No. 79, Paropo, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, 90233.

– RM. Buntu Torpedo

Rumah makan ini menyediakan banyak menu menggiurkan seperti daging RW, babi rica-rica, babi kecap, pam marrasang. Selain itu terdapat juga menu daging ayam dan bebek dengan bumbu rica, usus babi dan sayur pangi.

Tersedia juga sayur tutu, sayur paria, sayur mayana hingga tumis daun singkong yang terkenal (disebut sebagai “daun ubi remas” oleh warga lokal). Setiap harinya, RM. Buntu Torpedo buka mulai pukul 8 pagi hingga 10 malam. 

Alamat: Jl. Buntu Torpedo No. 8, Pisang Utara, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, 90157.

– Warung Makan Toraja

Di rumah makan ini, sobat tiket bisa mencicipi bakso daging babi dengan pangsit yang nikmat dan lezat. 

Sebagai tips, jangan lupa untuk menyediakan cash ya, sobat tiket. Karena untuk pembayarannya, rata-rata rumah makan yang semua harganya terjangkau ini hanya menerima cash only

Alamat: Jl. Telkomas No. 18, Paccerakkang, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, 90245.

2. Pangsit Mie 90

Sumber: Shutterstock.com

Tempat ini merupakan warung bakmi dengan topping daging babi yang terkenal dan favoritnya warga lokal. Pangsit Mie 90 ini beralamat di Jl. Lembeh No 64. D, Melayu Baru, Kecamatan Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, 90172. Buka setiap hari mulai pukul 07.30, kamu bisa sekalian sarapan di sini, sobat tiket. 

Untuk menunya, terdapat pangsit mie, pangsit bihun, pangsit mie sua hingga nasi tim ayam, bubur ikan, bubur ayam dan bakso ikan. Tak ketinggalan, ada juga santapan mie kenyal dengan kuah yang gurih dan limpahan daging babi bertumpuk di atasnya. Wuih, sudah pasti sedap! 

Untuk porsinya, kamu bisa minta sesuai selera karena tersedia dalam tiga ukuran yakni porsi kecil, sedang dan jumbo. Kamu juga bisa request untuk opsi daging topping-nya, karena Pangsit Mie 90 ini menyediakan topping daging babi, ayam dan juga daging merah.

Alamat: Jl. Lembeh No 64. D, Melayu Baru, Kecamatan Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, 90172.

Waktu operasional: Buka setiap hari, mulai pukul 07.30.

3. Kios Surya (Kios Surya Baru)  

Sumber: Shutterstock.com

Kios Surya yang kini berganti nama menjadi Kios Surya Baru bertempat di Jl. Lombok No. 19 A, Pattunuang, Kecamatan Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, 90174. Buka setiap hari mulai jam 7 pagi hingga 9 malam, 

Lantas, apa aja nih menu menarik yang ada di sini? Pilihannya banyak lho, sobat tiket. Mulai dari menu sederhana tapi menggugah selera hingga yang khas, semua ada. Seperti nasi campur, nasi goreng yancou, nasi goreng Jakarta, mie goreng kering (Canton), mie Hokkian, serta capcay, nyuknyang, gado-gado, rawon dan ayam goreng/panggang.

Selain itu, ada juga lumpia goreng/basah serta daging babi rica, lo mie babi hingga sambal roa yang sedap, pedas dan nikmat. Semua tersedia dalam dua ukuran penyajian yakni porsi kecil dan besar dengan harga yang tentunya terjangkau.

Sebagai informasi, Kios Surya Baru ini kerap ramai pengunjung pada jam makan siang, sehingga para pemburu kuliner harus rela mengantri datangnya orderan kurang lebih satu jam. Nah demi kenyamanan, ada baiknya sobat tiket datang lebih awal supaya nggak mesti menunggu lama. 

Alamat: Jl. Lombok No. 19 A, Pattunuang, Kecamatan Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, 90174.

Waktu operasional: Buka setiap hari, pukul 07.00 pagi hingga 09.00 malam.

Manjakan Perut dengan Menyantap Menu Sedap

Gimana, sobat tiket, sudah siap berwisata kuliner ke Makassar? Liburan kali ini pasti bakal tambah seru. Selain refreshing biar pikiran tenang, kulineran ke sini tentu bakal bikin hati senang dan perut kenyang! Untuk rekomendasi, baca juga artikel 7 Kota Destinasi Wisata Kuliner Indonesia buat kamu yang hobinya kulineran. Bon appetit!