,

Berburu Kuliner Khas Surabaya di 10 Spot Ini, Dijamin Maknyus!

Apakah sobat tiket berencana main ke Surabaya dalam waktu dekat? Kalau kamu hobi makan, ayo sempatkan waktu untuk berburu aneka kuliner lezat di kota ini. 

Banyak banget rekomendasi makanan khas yang nggak hanya enak, tapi juga murah meriah. Mulai dari makanan utama, jajanan pasar, sampai aneka cemilannya siap bikin kamu jatuh hati sama kota Surabaya. Kira-kira apa saja ya kulinernya?

Wisata Kuliner Khas di Surabaya

Wisata keliling Surabaya belum lengkap nih, kalau belum mencoba aneka makanan khasnya. Soal rasa nggak perlu ditanya, sudah terjamin enak dan menggoyang lidah. Daripada diam membayangkannya, mending langsung datang dan buktikan sendiri cita rasanya. Di mana saja, sih? Ini dia informasinya:

1. Lezatnya Menyantap Semangkuk Rawon

Sumber: shutterstock.com

Alamat: Jl. Embong Malang No. 78I, Genteng, Surabaya

Makanan khas Surabaya pertama yang bisa kamu coba adalah Rawon. Kuliner yang satu ini khas dengan warna kuah yang kehitaman, serta cita rasa yang tentunya menggugah selera. Semangkuk rawon hangat ditambah sepiring nasi panas dan kerupuk bisa jadi makanan yang pas banget dimakan saat lapar, nih! 

Bicara soal rawon yang populer di kota Surabaya ya tentu Rawon Setan pemenangnya. Kenapa namanya Rawon Setan? Katanya sih, karena hanya buka di malam hari. Selain keunikan namanya, Rawon Setan juga terkenal karena rasa rawon yang unik dengan bahan baku yang berbeda dari dari kedai lainnya. Kamu yang lagi di Surabaya harus mampir, ya! Karena kedai Rawon Setan hanya ada satu dan tidak buka cabang di tempat lain. 

2. Rujak Cingur yang Segar dan Gurih

Alamat: Jalan Achmad Jais No.40, Peneleh, Genteng, Peneleh, Genteng, Surabaya

Meski banyak yang kurang menyukai makanan ini, tapi Rujak Cingur tetap memiliki tempat tersendiri di hati penikmatnya. Rasa unik yang berasal dari penggabungan cingur/moncong sapi, sayur-sayuran, serta bumbu dengan rasa khas menjadikan makanan ini sebagai salah satu makanan favorit di Surabaya.

Kalau kamu mau mencicipi rujak cingur yang enak dan pas di lidah, sobat tiket bisa datang ke Rujak Cingur Ahmad Jais. Satu porsi rujak cingur di kedai ini memang terbilang mahal, tapi dijamin kamu akan dapat rasa yang nikmat banget deh. Siap-siap nunggu lama ya, karena pengunjung yang datang ke kedai ini cukup banyak setiap harinya. 

3. Gurihnya Sate Klopo Khas Surabaya

Sumber: shutterstock.com

Alamat:  Jalan Walikota Mustajab Nomor 36, Surabaya

Kuliner satu ini juga nggak kalah unik, lho! Sesuai namanya, Sate Klopo ini berarti Sate Kelapa. Makanan ini menawarkan gabungan rasa nikmat daging sapi atau ayam yang dilumuri oleh bumbu kelapa yang dibakar. Perpaduan tersebut semakin memberikan rasa unik dan nikmat banget! 

Sate klopo yang wajib banget kamu coba kalau di Surabaya adalah Sate Klopo Ondomohen Bu Asih. Kedai sate yang sudah buka sejak 1945 ini punya resep rahasia yang bikin rasa satenya semakin mantap jiwa! Penasaran sama rasanya? Langsung datang dan rasain sendiri ya. 

4. Pecel Semanggi, Kuliner Langka Khas Surabaya

Alamat:  Jl. Taman Bungkul, Darmo, Wonokromo, Darmo, Wonokromo, Surabaya

Punya rasa yang hampir sama dengan Pecel Madura, Pecel Semanggi ini bisa jadi makanan yang wajib kamu coba juga saat berada di Surabaya. Ciri khas dari makanan ini adalah daun semanggi kukus yang dijadikan salah satu bahannya. 

Pecel semanggi juga dikenal sebagai makanan yang sering dimakan oleh pejuang di zaman dahulu. Campuran sayuran rebus, saus kacang, dan taburan bawang goreng diatasnya, membuat rasa pecel ini cocok di lidah banyak orang.

Pedagang Pecel Semanggi saat ini semakin sulit ditemui. Tapi jangan khawatir, karena sobat tiket masih bisa menikmati kelezatan makanan ini di penjual yang biasanya ada di sekitar Taman Bungkul. Jangan sampai nggak dicoba ya, sobat tiket! 

5. Mencicipi Kelezatan Tahu Tek

Sumber: shutterstock.com

Alamat: Jalan Dharmahusada No. 112, Mojo, Gubeng, Mojo, Gubeng, Surabaya

Masih tentang makanan khas Surabaya, Tahu Tek bisa jadi makanan yang wajib kamu coba selanjutnya. Satu porsi tahu tek biasanya berisi potongan lontong, tahu berlapis telur goreng, taburan kecambah, dan siraman kuah kacang bercampur kuah petis yang bikin rasanya tiada duanya.

Salah satu kedai Tahu Tek yang terkenal di Surabaya adalah Tahu Tek Pak Jayen. Di kedai ini, sobat tiket bisa cobain tahu tek yang rasanya nggak perlu diragukan lagi. Kalau satu porsi masih kurang, kamu bisa nambah sampai kenyang, lho! 

6. Cita Rasa Unik Sate Karak

Alamat: Jl. Ampel Lonceng No.60, Ampel, Kec. Semampir, Surabaya

Menjajal sate dengan tambahan nasi atau lontong mungkin sudah biasa Nah, pernah nggak, kamu makan sate dengan tambahan ketan hitam? Pasti belum pernah kan! Kalau mau cobain cita rasa unik ini, kamu bisa cobain Sate Karak di Surabaya. 

Meski keberadaannya sudah semakin jarang ditemui, masih ada kedai sate karak legendaris di Surabaya yang bisa kamu kunjungi, yakni Karak Sate Ampel. Di sini, kamu bisa mencoba sendiri cita rasa unik sate usus yang berpadu dengan ketan hitam dan siraman bumbu di atasnya. Penasaran sama rasa uniknya?

7. Asyiknya Menyantap Lontong Balap

Sumber: shutterstock.com

Alamat: Jalan Prof. Dr. Moestopo 11, Surabaya

Sepiring Lontong Balap udah pas banget nih, untuk mengusir rasa lapar kamu! Kamu bisa dapat kombinasi rasa unik dari potongan lontong, tauge, lento (perkedel yang terbuat dari kacang tolo/kacang hijau), dan siraman bumbu petis yang bikin rasa makanan ini semakin sempurna. 

Apabila ingin mencicipi rasa lontong balap khas Surabaya, kamu harus mampir ke Lontong Balap Garuda Pak Gendut. Kedai lontong yang satu ini legendaris banget, lho! Sejak dibuka  tahun 1956, kedai Lontong Balap ini jadi pilihan banyak orang di Surabaya karena kualitas rasa yang selalu dipertahankan. 

8. Kenikmatan Khas Nasi Cumi 

Alamat: Jl. Waspada No. 2-4, Bongkaran, Pabean Cantian, Surabaya

Terserang rasa lapar saat malam hari? Nasi cumi bisa jadi solusi buat kamu yang dilanda lapar tengah malam di Surabaya. Memiliki hasil laut yang lumayan melimpah, wajar saja kalau makanan ini jadi salah satu yang cukup mudah sobat tiket temukan di Surabaya.

Tapi kalau bicara soal rasa, Warung Nasi Cumi Waspada (Ibu Atun) nggak ada lagi deh tandingannya. Warung kecil yang sudah buka dari tahun 1917 ini menjual Nasi Cumi dengan rasa nikmat dan original banget. Kamu yang lapar malam nggak perlu khawatir, karena warung makan ini buka 24 jam, lho! Tapi kamu harus rela nunggu ya, karena pelanggan warung ini tidak sedikit. 

9. Es Krim Zangrandi, Rasa Manis yang Melegenda

Sumber: shutterstock.com

Alamat: Jl. Yos Sudarso No.15, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya.

Setelah puas cobain berbagai makanan khas Surabaya, semangkuk es krim bisa jadi penutup yang pas banget buat menyegarkan lidah kamu. Kamu yang ingin cita rasa klasik a la es krim italia bisa coba mampir ke Es Krim Zangrandi, nih! 

Es Krim Zangrandi adalah kedai es krim yang cukup legendaris di Surabaya. Sejak berdiri di tahun 1930-an, kedai es krim ini terkenal dengan cita rasa es krim italia yang enak dan menyegarkan banget. Ada banyak banget pilihan rasa yang bisa kamu pilih ke kedai ini, tapi yang paling ngetop ya Banana Split dan es krim soda nya yang unik banget. 

10. Renyah dan Manisnya Almond Crispy

Alamat: Jl. Raya Jemursari Nomor 164, Surabaya.

Selesai keliling dan berwisata kuliner enak di Kota Pahlawan, ini saatnya beli oleh-oleh untuk keluarga di rumah, nih. Nggak usah bingung, karena sobat tiket bisa bawain Almond Crispy, cemilan khas yang bisa kamu dapat di Surabaya,

Kudapan dengan tekstur renyah dan rasa yang manis ini, bisa jadi oleh – oleh yang pas banget. Karena bisa tahan lama, kamu bisa beli banyak dan kasih ke semua orang terdekat. Tersedia tiga varian dari Almond Crispy yang bisa kamu coba, yakni rasa Original, cokelat, dan teh hijau. Semuanya enak dan cocok buat kamu yang suka ngemil manis!

Makanan Khas Surabaya yang Bikin Jatuh Cinta

Lezat bukan beragam kuliner di atas? Selain wisata kuliner, masih banyak lagi, lho, kegiatan seru yang bisa dilakukan ketika berada di Surabaya. Kamu yang suka belanja bisa mampir ke 7 Mall Terbesar di Surabaya dan puas belanja oleh-oleh untuk orang rumah. 

Bagi sobat tiket yang penasaran dan ingin datang ke Surabaya bisa langsung cari tiket pesawat atau tiket kereta api ke Surabaya, ya! Cari waktu libur yang cukup panjang, agar kamu bisa jalan-jalan dan wisata kuliner sampai puas dan kenyang!