Kuliner Lontong Balap Surabaya

,

Gurih dan Mempunyai Sejarah Lucu, Lontong Balap Wajib Dicoba!

Khazanah kuliner nusantara sangat kaya, sehingga setiap kota di Indonesia memiliki kuliner khas. Secara tidak langsung, hal tersebut menjadi identitas tersendiri dan mampu menarik pengunjung dari luar untuk ikut menyantap. Kamu setuju, kan?

Nah, sobat tiket pasti sudah tidak asing dengan rujak cingur. Makanan khas Surabaya ini bahkan bisa ditemui di luar Kota Pahlawan. Namun, sudah pernahkah kamu mendengar tentang lontong balap? Kudapan gurih tersebut tidak kalah populer, lho! Selain mampu menggoyang lidah, sejarah penamaan ternyata cukup lucu. Mau tahu lebih lanjut? Berikut ulasan untuk kamu.

Mengenal Lontong Balap

Sumber: Shutterstock

Lontong balap merupakan sajian petis berkuah dengan isian irisan tahu goreng dan setumpuk tauge rebus. Sensasi gurih dan segar akan berpadu dengan pas di mulut. Apalagi, ada bahan pelengkap lain bernama lentho.

Mungkin sobat tiket belum terlalu familier. Lentho adalah semacam comro berbahan dasar kacang tolo, lalu dicampur dengan adonan tepung, parutan singkong, dan beberapa bumbu lain. Setelah dibentuk menyerupai perkedel, pelengkap lontong balap ini digoreng hingga kecokelatan. Meski sudah bercampur dengan kuah, tidak akan lembek, karena sangat renyah.

Kalau kamu menyukai pedas, tambahkan sambal saat memakan lontong balap. Kesegaran makanan ini pun akan semakin meningkat, sehingga tidak membuat enek. Tidak ketinggalan, taburan bawang goreng mampu menggugah selera makan.

Sejarah Lontong Balap

Ada banyak versi tentang penamaan makanan khas ini. Misalkan, dulu penjual harus saling beradu sampai ke tempat tujuan untuk mengejar pembeli. Atau, tempat menjajakan lontong balap hanya terpusat pada satu area, sehingga mereka harus menggunakan alat makan secara bersamaan dengan sistem siapa cepat dia dapat.

Sedangkan versi yang lain menyebutkan bahwa penamaan lontong balap disebabkan oleh jalan cepat si penjual. Hal ini disebabkan mereka memikul gentong besar berisi kuah serta bahan-bahan lain, sehingga harus demikian agar tidak terlalu merasa berat. Kalau dilihat, mereka pun tampak seperti sedang adu cepat.

Teman Makan Lontong Balap

Penjual lontong balap biasa menyediakan sate kerang sebagai teman makan. Untuk mengimbangi rasa gurih, olahan seafood ini dibumbui kecap, sehingga terasa manis. Selain itu, ada pula telur puyuh tusuk dan aneka pendamping lain.

Menyantap lontong balap paling asyik ditemani es kelapa muda. Kesegaran minuman ini dapat menetralisir aroma petis, sehingga tidak enek. Dijadikan pencuci mulut pun cocok, karena bisa berfungsi sebagai buah.

Kandungan Gizi dalam Lontong Balap

Sumber: Shutterstock

Dilansir dari sebuah situs kesehatan, dalam satu porsi lontong balap mengandung energi, protein, lemak, karbohidrat, beberapa jenis vitamin, asam folat, natrium, kalsium, magnesium, pospor, zat besi, dan zinc. Jadi, dapat disimpulkan kalau kudapan khas ini tinggi akan kandungan gizi.

Bahan makanan paling banyak di lontong balap adalah tauge. Sayuran satu ini sangat baik bagi kesehatan, lho! Misalkan, menjaga kesehatan jantung dan mencegah kenaikan tekanan darah. Kandungan dalam lentho tidak kalah berkhasiat. Si cokelat ini mampu menjaga kesehatan janin, mencegah sembelit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menguatkan gigi.

Manfaat lontong balap untuk kesehatan cukup disadari oleh penjual, sehingga terkadang mereka menempelkan informasi perihal kandungan gizi dalam seporsi makanan ini. Salut!

Rekomendasi Tempat Makan Lontong Balap di Surabaya

Sumber: Shutterstock

Lontong balap memang mudah ditemukan di Surabaya baik sekelas penjual pinggir jalan sampai rumah makan. Agar sobat tiket tidak bingung memilih, berikut enam rekomendasi penjual si gurih ini untuk kamu.

1. Lontong Balap Pak Gendut Asli

Tempat makan lontong balap ini sudah ada sejak 1958 dan didirikan oleh Bu Saunah. Dulu sempat dijual dengan cara berkeliling, sekarang melegenda di kalangan masyarakat Surabaya, sehingga kalangan artis dan pejabat pun mampir ke sini. Soal harga tidak perlu khawatir, masih aman di dompet, kok!

Lokasi: Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo nomor 11, Pacar Keling, Tambaksari, Surabaya, Jawa Timur 60131

Jam buka: Setiap hari (09.00-21.00 WIB)

Telepon: 08155116202

2. Lontong Balap Cak No

Lontong balap satu ini cukup legendaris, karena sudah berdiri hampir puluhan tahun. Dalam sehari, penjualan bisa mencapai 350 porsi, lho! Apalagi, saat akhir pekan atau hari libur. Omzet bisa melonjak. Di sini sobat tiket bisa menemukan sate kerang sebagai teman makan. Nikmat sekali!

Lokasi: Jl. Bromo nomor 7, Sawahan, Kec. Sawahan, Surabaya, Jawa Timur 60251

Jam buka: Setiap hari (07.00-12.00 WIB)

3. Lontong Balap Pak Hasyim

Tempat makan lontong balap satu ini tidak kalah melegenda. Cita rasa bumbu pun dijaga sedemikian rupa agar terasa lebih otentik. Mau dijadikan menu sarapan, makan siang, atau makan malam pun tetap membangkitkan selera.

Lokasi: Jl. Raya Rungkut Madya nomor 79, Rungkut Kidul, Rungkut

Jam buka: Setiap hari (10.00-22.30 WIB)

4. Lontong Balap Mbah Ato (Patua)

Kedai lontong balap Mbak Ato (Patua) terletak tepat di depan SMKN 2 Surabaya. Dikenal murah dan nikmat, pembeli akan memadati tempat makan ini saat jam pulang kerja. Di sini sobat tiket akan disuguhi pendamping berupa sate kerang, kerupuk, dan segelas teh hangat.

Lokasi: Jl. Argopuro, Sawahan, Kec. Sawahan, Kota SBY, Jawa Timur 60251

Jam buka: Setiap hari (07.00-16.00 WIB)

5. Lontong Balap Artomoro

Tempat makan ini tidak hanya menyediakan lontong balap, melainkan lontong kupang. Makanan khas Surabaya lain dan sama-sama menggugah selera. Kuah di sini terkenal enak, lho! Apalagi, tersedia pula es kelapa muda. Bersantap menjadi lebih nikmat, bukan?

Lokasi: Jl. Raya Manyar nomor 5J, Manyar Sabrangan, Kec. Mulyorejo, Kota SBY, Jawa Timur 60117

Jam buka: Setiap hari (09.00-20.00 WIB)

Telepon: 085733725713

6. Lontong Balap Rajawali

Kedai ini tidak kalah legendaris, karena sudah ada sejak 1956. Pada saat itu, lokasi Lontong Balap Rajawali merupakan pusat perkantoran dan perdagangan, sehingga mudah dikenal luas oleh masyarakat. Bahkan, Jusuf Kalla dan Bondan Winarno pernah berkunjung ke sini, lho! Penasaran bagaimana soal cita rasa? Jangan lupa mampir ya kalau ke Surabaya.

Lokasi: Jl. Krembangan Timur 32A (depan SPBU Rajawali), Surabaya

Jam buka: Senin-Sabtu (06.00-17.30 WIB)

Telepon: (031) 70093973

Ke Surabaya? Ayo, Berburu Kuliner Lainnya Juga!

Julukan paling terkenal dari Surabaya adalah Kota Pahlawan. Namun, surga kuliner cocok juga lho disematkan untuk ibu kota Jawa Timur ini! Selain lontong balap, masih ada aneka kudapan khas lain dan dijamin mampu menggoyang lidah. Ada pula makanan kekinian seperti Nasi Goreng Jancuk. Berkunjung ke sini memang menyenangkan, karena perut selalu kenyang.

Sudah melihat-lihat kalender untuk menjadwalkan keberangkatan ke Surabaya? Sekarang kamu perlu rekan perjalanan terbaik agar kunjungan dapat terencana secara matang. Gunakanlah aplikasi tiket.com sebagai sarana pemesanan kamar hotel, tiket kereta api atau pesawat, sewa mobil, dan kebutuhan akomodasi lain. Selamat berburu kuliner, sobat tiket!