,

Asli Bikin Nagih! 8 Kuliner Legendaris di Bandung Wajib Dicoba

Pergi ke tempat baru, rasanya belum lengkap nih kalau kamu tidak mencicipi berbagai kuliner legendarisnya, apalagi kalau pergi ke Bandung. Kota ini dikenal sebagai salah satu surganya para pencinta kuliner di Indonesia. Kamu yang hobi makan pasti betah liburan di sini, deh!

8 Kuliner Legendaris di Bandung

Memilih Bandung sebagai lokasi wisata kuliner emang nggak salah. Selama di sini kamu akan menemukan sejumlah makanan legendaris yang masih eksis sampai sekarang. Beberapa di antaranya bahkan menjadi oleh-oleh khas Kota Kembang. Nggak sabar buat menikmati kelezatannya? Berikut 8 kuliner legendaris di Bandung ini siap memanjakan lidahmu:

 1. Seblak

Sumber: Shutterstock

Pasti sobat tiket tahu kan makanan yang satu ini? Ya, belakangan seblak menjadi makanan legendaris Bandung yang sedang tenar di kalangan pencinta kuliner.

Dikenal memiliki cita rasa pedas, seblak merupakan olahan kerupuk rebus yang ditumis bersama bumbu yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, cabai rawit, kunyit, dan tak ketinggalan adalah kencur.

Kencur merupakan kunci utama dari kelezatan seblak Bandung. Selain kerupuk, sekarang ini seblak banyak hadir dengan tambahan topping yang menggugah selera seperti ceker, tulang, sosis, mie, dan bakso.

Salah satu kedai seblak paling enak di Bandung yang bisa kamu coba adalah Seblak Sultan. Lokasinya berada di Jl. Sultan Agung No.10. Dengan merogoh kocek sebesar Rp12.000*, kamu sudah bisa menikmati seblak dengan beragam isian yang bikin kenyang dan nagih. 

2. Surabi

Surabi adalah jajanan tradisional Bandung yang terbuat dari campuran tepung beras, santan kelapa, dan tepung terigu kemudian dimasak dan dibentuk menyerupai pancake. Terdapat dua macam surabi yang bisa kamu coba yaitu surabi manis dan surabi asin. 

Surabi manis menggunakan kinca yaitu larutan gula aren sebagai topping-nya. Sementara bagi kamu yang lebih suka kudapan dengan rasa asin, surabi dengan topping oncom bisa menjadi pilihan. 

Meski tergolong sebagai makanan jadul, namun kini surabi banyak dimodifikasi dengan pilihan topping yang lebih beragam seperti cokelat, keju, sampai topping durian yang lumer di mulut. Yummy!

Penasaran dengan rasa surabi? Kamu bisa datang ke Kedai Surabi Sukur yang berlokasi di Jl. Lombok No.47, Citarum, Bandung. Di sana tersedia surabi unik dengan topping warna biru dan putih yang dikenal sebagai Surabi Persib. Patut dicoba nih!

3. Siomay

Sumber: Shutterstock

Jalan-jalan ke Bandung, paling enak makan siomay. Kalau dilihat dari asal-usulnya, siomay memang bukan makanan asli Bandung, melainkan berasal dari Mongolia. Namun, keberadaan siomay sebagai salah satu makanan khas Kota Kembang sudah terkenal dari dulu. 

Siomay terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan daging atau ikan cincang kemudian dibungkus menggunakan pangsit dan dikukus sampai matang. 

Dalam penyajiannya, rasa siomay yang gurih akan berpadu dengan saus kacang yang cenderung manis sehingga menciptakan cita rasa lezat sampai bikin kamu kangen main ke Bandung.  

Kalau mau coba siomay enak di Bandung, kamu bisa langsung datang ke Kedai Baso Mang Ade yang beralamat di Jl. Ternate No.3, Kota Bandung. 

4. Cireng

Cireng merupakan singkatan dari aci goreng. Makanan dengan tekstur renyah ini termasuk kuliner legendaris Bandung yang sudah ada sejak tahun 1980-an. Bahan utama untuk membuat cireng adalah tepung kanji. 

Nggak hanya berbentuk bulat, cireng kekinian punya bentuk lebih beragam seperti kotak sampai bentuk hati. Isiannya pun dibuat lebih variatif. Ada cireng isi keju, daging, dan abon. Rasa cireng asli aja udah bikin nagih, apalagi cireng pakai isi!

Buat kamu yang ingin mendapatkan cireng dengan cita rasa terbaik, kamu bisa datang ke Jl. Cipaganti No.143, Pasteur. Di sana ada penjual cireng favorit seantero Bandung yaitu Cireng Cipaganti Abah. 

Selain menjual cireng matang siap makan, tersedia cireng mentah yang bisa dibawa pulang. Wah, cocok banget buat oleh-oleh nih!

5. Batagor

Sumber: Shutterstock

Serupa tapi tak sama. Kuliner legendaris Bandung yang wajib kamu coba selanjutnya adalah batagor. Cara membuat adonan batagor tidak jauh berbeda dengan siomay.

Perbedaanya terletak di cara memasak. Siomay dimasak dengan cara dikukus, sementara batagor diolah dengan cara digoreng sehingga menghasilkan tekstur lebih renyah. Sama halnya dengan siomay, batagor juga disajikan bersama dengan bumbu kacang yang mampu menggoyang lidah.

Di Bandung, ada banyak pedagang batagor yang bisa kamu pilih. Salah satu kedai batagor populer di Bandung adalah Batagor Riri yang beralamat di Jl. Burangrang No.41, Bandung. Kabarnya, kedai ini sering menjadi langganan para artis yang ingin menyantap batagor.

6. Tahu Susu Lembang

Bingung mau bawa oleh-oleh apa setelah liburan dari Bandung? Kamu bisa beli tahu susu Lembang untuk keluarga di rumah. Mulai populer sejak tahun 2008-an, tahu susu Lembang menjelma sebagai salah satu oleh-oleh khas Bandung yang banyak diburu oleh wisatawan. 

Kamu pasti penasaran apa bedanya tahu susu Lembang dengan tahu biasanya, kan? Jadi selain kedelai, tahu jenis ini menggunakan susu sapi murni sebagai campurannya. Alhasil, rasanya pun lebih gurih dan lezat. Selain itu, tekstur tahunya juga lebih lembut. 

Tahu susu Lembang paling enak saat disantap dalam kondisi hangat. Apalagi jika ditemani bersama cabai rawit, rasanya bisa makin maknyus. 

Pom Tahu Lembang yang ada di Jl. Raya Lembang No. 177 bisa menjadi lokasi terbaik buat kamu yang mau berburu tahu susu Lembang. 

7. Pisang Bolen

Selain tahu susu Lembang, Bandung juga punya oleh-oleh khas yang tak kalah nikmat yaitu pisang bolen. Salah satu toko yang menyediakan jajanan ini adalah Kartika Sari. Lokasinya berada di Jalan Haji Akbar, Cicendo. Kabarnya, toko ini juga yang menjadi pelopor melejitnya pisang bolen di Bandung.

Walaupun namanya terdengar mirip, tapi pisang bolen itu berbeda dengan pisang molen. Pisang bolen dibuat dari inovasi resep pastry asal Belanda dan umumnya berbentuk kotak. Tambahan keju dan cokelat sebagai isian membuat pisang bolen memiliki rasa yang tidak monoton.

8. Es Goyobod

Bukan hanya Garut yang terkenal dengan es goyobod, minuman segar ini juga populer di kalangan masyarakat Bandung, lho!

Kamu yang nggak familiar dengan es goyobod mungkin akan mengira minuman ini sebagai es campur. Mirip sih, tapi es goyobod punya ciri khas sendiri yakni menggunakan adonan tepung hunkwe sebagai isiannya. Selain itu ada juga potongan roti tawar, alpukat, pacar cina, dan kelapa muda.

Menggunakan campuran santan dan susu sebagai kuahnya, membuat es ini terasa gurih-gurih manis. Cocok banget disantap saat cuaca sedang terik. Benar-benar sebuah kesegaran yang tiada duanya! 

Nggak sabar untuk mencicipinya? Kamu bisa melipir ke Jl. Kliningan B9, Lengkong, di sana ada warung es goyobod yang ramai oleh pengunjung, namanya Goyobod Kliningan. 

Kuliner Mana yang Menggugah Seleramu?

Gimana? Apakah 8 daftar kuliner legendaris di Bandung tadi mampu membuatmu semakin lapar? Nggak pakai lama, ayo rencanakan perjalananmu sekarang juga! Kalau perginya bareng pasangan, sambil icip-icip kuliner legendarisnya sekalian aja berkunjung ke sejumlah tempat romantis di Bandung.

Untuk lokasi menginap, kamu bisa gunakan tiket.com buat cari hotel di Bandung yang sesuai bujet tapi tetap nyaman. Nikmati juga berbagai promo menarik untuk kebutuhan liburanmu. Ayo berburu kulinernya sekarang!

 * harga saat artikel ditulis