,

10 Kuliner Bali yang Kelezatannya Sulit untuk Ditolak

Jalan-jalan ke Bali tak cukup hanya mengunjungi pantai dan tempat-tempat menarik lainnya yang ada di sana. Kamu juga wajib banget mencicipi berbagai kuliner khas pulau dewata ini.

Apalagi masakan Bali terkenal dengan berbagai bumbu dari rempah-rempah asli Indonesia. Sekali mencoba, kamu pasti bakalan ketagihan.

Dimana di mana

10 Makanan Bali yang Bikin Perut Bunyi

Mungkin sobat tiket sudah sering mendengar beberapa menu masakan khas Bali. Tapi soal rasa, kamu harus tahu kalau makanan Bali menjanjikan cita rasa yang lezat dan unik. Sobat tiket yang sedang mencari rekomendasi kuliner Bali, baca deh ulasan berikut.

1. Menjajal Hidangan Bebek di Lawar Kuwir Pan Sinar

Lawar merupakan sayuran yang dicampur dengan kelapa, mirip dengan urap. Biasanya lawar dibuat dengan campuran daging babi.

Tak perlu khawatir, kamu yang tak mengonsumsi daging babi bisa menyantap lawar kuwir di rumah makan Pan Sinar. Lawar ini dicampur dengan daging bebek atau disebut Lawar Kuwir.

Sayur dan daging ini dimasak dengan base genep atau bumbu khas Bali. Seporsi lawar kuwir pasti ampuh menenangkan perut yang rewel karena lapar. Soalnya, kamu akan mendapat nasi, lawar sayur, lawar daging, dan sayur kuah.

Jam buka: 07.00 – 16.00.

Harga: Rp30 ribu*

Alamat: Jl. Kroya Gang Cemapaka No. 1 Denpasar.

2. Perpaduan Manis dan Pedas Dalam Sepiring Sate Plecing Arjuna

Selain sate lilit, Bali juga punya sate plecing. Cuma dari aromanya saja, sate dengan bumbu pedas ini pastinya bikin perutmu keroncongan dan ingin segera menyantapnya. Penasaran seperti apa rasanya? Langsung aja datang ke kedai Arjuna.

Sobat tiket mungkin bertanya-tanya apa yang membedakan sate ini dengan sate lain. Rahasianya, ada di bumbu sate yang merupakan perpaduan cabai, tomat, terasi dan beberapa bumbu dapur lain.

Sate babi jadi menu primadona di kedai ini. Tapi kamu yang tak mengonsumsi babi, jangan khawatir. Ada pilihan sate ayam dan kambing juga kok.

Jam buka: 09.00 – 19.00.

Harga: Rp35 ribu*

Alamat: Jl. Arjuna No. 47, Denpasar.

3. Istimewanya Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Nasi campur merupakan makanan yang umum ditemui di Bali. Kamu yang penasaran, bisa langsung mencoba nasi ayam kedewatan Ibu Mangku.

Kamu mungkin bertanya apa yang spesial dari nasi ayam ini? Bedanya, nasi ini tidak hanya berisi ayam. Ada sate lilit, telur, kacang goreng, dan sayuran.

Bagi kamu yang suka makanan pedas, nasi ayam ini akan memuaskan seleramu. Oh ya, tempat makan ini juga memiliki cabang di Seminyak dan Denpasar.

Jam buka: 08.00 – 18.00.

Harga: Rp25 ribu*

Alamat: Jl. Raya Kedewatan No. 18, Ubud.

4. Asyiknya Nongkrong Sambil Makan Nasi Jinggo Wikowi

Sumber: Shutterstock.com

Nasi jinggo merupakan nasi berporsi kecil yang dibungkus dengan daun pisang dan berisi berbagai macam lauk. Kamu yang ingin mencobanya, bisa mampir ke warung Wikowi.

Dengan modal Rp5 ribu*, sobat tiket sudah mendapat nasi dengan telur, ayam suwir, mi dan beberapa lauk lainnya.

Soal rasa, tak sedikit yang memuji lezatnya nasi jinggo wikowi. Tersedia juga beberapa pilihan camilan. Dijamin, cukup untuk mengganjal perut yang lapar.

Lokasi warung tenda ini terbilang nyaman untuk makan atau sekadar nongkrong. Apalagi warung ini buka dari pagi sampai larut malam.

Jam buka: 06.00 – 00.00.

Harga: Rp5 ribu*

Alamat: Jl. By Pass Ngurah Rai, Benoa, Badung.

5. Menyantap Bubuh Bali di Bubur Bali

Sesuai dengan namanya, restoran ini menyajikan bubur Bali atau akrab disebut bubuh bali. Bubur Bali sedikit berbeda dengan bubur ayam biasa.

Meski sama-sama disiram dengan kuah ayam, bubur ini dimakan bersama urap dan telur pindang. Bentuknya juga cukup unik. Bubur tampak seperti mengambang di atas kuah kaldu.

Menariknya lagi, posisi restoran terletak di tengah area persawahan. Jadi, kamu bisa makan sambil memandang alam terbuka yang hijau.

Jam buka: 09.00 – 17.00.

Harga: Rp7 ribu*

Alamat: Jl. Bukit Buluh, Desa Beng, Gianyar.

6. Mencicipi Sate Lilit Ikan di Warung Be Pasih

Sumber: Shutterstock.com

Warung Be Pasih terkenal akan hidangan daging ikannya. Salah satu menu favoritnya adalah sate lilit ikan yang gurih.

Kalau makan di sini, sobat tiket bisa memesan paket pesinggahan yang berisi olahan ikan. Isinya mulai dari sate lilit, sup, pepes, nasi, kacang dan sambal matah.

Pencinta daging ikan pasti enggak mau pulang dari warung ini. Didukung pula suasana warung yang asri dan adem dengan pemandangan yang hijau.

Jam buka: 09.00 – 22.00.

Harga: paket pesinggahan Rp26,5 ribu*

Alamat: Jl. Pemuda III No. 24, Denpasar.

7. Segarnya Rujak Kuah Pindang di Warung Bu Putu

Berbagai menu rujak bisa ditemui di warung Bu Putu. Tapi ada satu jenis rujak yang paling diburu yaitu rujak kuah pindang.

Wajar aja karena rujak ini termasuk salah satu kuliner khas Bali. Rujak kuah pindang berisi buah-buahan segar yang disiram dengan kuah segar dari ikan, terasi, cuka, dan cabai.

Kamu bisa makan rujak kuah pindang dengan sepiring tipat cantok yang juga dijajakan di warung ini. Hidangan mirip ketoprak ini akan melengkapi petualangan kuliner kamu.

Jam buka: 08.00 – 20.00.

Harga: Rp15 ribu*

Alamat: Jl. Blambangan No. 4X, Legian, Badung.

8. Nasi Campur Ayam Betutu Ala Warung Liku

Sumber: Shutterstock.com

Melahap ayam betutu pastinya enggak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Bali. Untuk menikmatinya, kamu bisa memesan nasi campur ayam betutu di warung Liku.

Paduan ayam suwir betutu dan urap Bali, kacang tanah dan lauk lainnya menambah cita rasa nasi campur ini. Di sini, kamu juga bisa beli ayam betutu satu ekor, lho. Pas untuk kamu yang belum puas makan ayam betutu.

Warung Liku memiliki 2 outlet, yaitu di kawasan Legian dan Kesiman. Usahakan kamu datang lebih awal ya soalnya pengunjung yang kesiangan sering kehabisan makanan.

Jam buka: cabang Kesiman buka pukul 07.00 – 22.00 dan cabang Legian buka pukul 10.00 – 22.00.

Harga: nasi campur ayam betutu Rp15 ribu*

Alamat: Jl. Nakula No. 19 A, Legian dan Jl. Gandapura III F, Kesiman, Denpasar.

9. Sedapnya Babi Guling di Warung Bu Oka

Hidangan babi guling termasuk salah satu kuliner populer di Bali. Kalau kamu lagi di Ubud, silakan melipir ke warung Bu Oka. Banyak yang berucap makanan babi di sini jempolan.

Seporsi nasi guling terdiri dari nasi, sosis, lawar, daging dan kulit babi. Kamu masih belum kenyang? Daging dan kulit babi super renyah bisa dipesan terpisah kok.

Takut enggak kebagian tempat? Tenang, warung ini punya 2 cabang dan semuanya bertempat di Ubud.

Jam buka: cabang Suweta buka pukul 10.00 – 21.00. Dua cabang lainnya buka pukul 11.00 – 18.00.

Harga: mulai dari Rp55 ribu*

Alamat: Jl. Suweta No. 1, Jl. Tegal Sari No. 2, dan Jl. Raya Mas No. 191, Ubud.

10. Menikmati Olahan Ikan di Warung Mak Beng

Menu di warung ini memang hanya satu, berupa paket nasi, ikan goreng, dan sup kepala ikan. Menu yang sebenarnya tak sulit ditemukan di tempat lain selain Bali.

Tapi semua yang datang setuju kalau makanan ini menggoyang lidah. Berkat sup ikan segar kaya rempah dan ikan goreng garing tentunya.

Tempat ini juga sering direkomendasikan untuk para wisatawan. Kamu yang berencana ke Bali, tak ada salahnya membuktikan sendiri kelezatan kuliner ini.

Jam buka: 19.00 – 22.00.

Harga: Rp55 ribu*

Alamat: Jl. Hang Tuah No. 45, Denpasar.

Ayo Makan Enak di Bali!

Bali kaya dengan kuliner yang lezat dan menggugah selera. Enggak heran, banyak wisatawan yang kangen untuk balik lagi ke Bali. Kalau kamu, kapan nih berangkat ke Bali? Kuy cari tanggal liburan yang pas dan langsung aja pesan pesawat di tiket.com. Jangan ragu, ayo liburan dan bebaskan lidah kamu menjelajah rasa.

*keterangan harga saat artikel dibuat