Kuliner Hong Kong

,

10 Kuliner Hong Kong yang Menggoyang Lidah, Wajib Cicip Selama Liburan

Kota yang tidak pernah tidur ini banyak sekali menyimpan kuliner lezat yang menggoyang lidah. Tidak dapat dipungkiri bahwa kuliner Hong Kong, banyak dipengaruhi oleh masakan Tiongkok. Namanya juga masih masih satu nenek moyang, jadi wajar saja apabila banyak kesamaan, ya nggak?

10 Rekomendasi Kuliner Khas Hong Kong

Selain enak, aneka kuliner Hong Kong ini cukup ramah di kantong warga Indonesia, lho. Kamu bisa menemukan aneka kuliner ini dengan mudah, baik itu di food court maupun di kafe dan restoran. Penasaran? Berikut rekomendasi dari tiket.com buat kamu!

1. Char Siu Buns, Roti Kukus Isi Daging yang Bikin Ketagihan

Kuliner Hong Kong
Sumber: Shutterstock.com

Roti kukus isi daging serupa bakpao jika di Indonesia. Isi roti ini adalah daging babi yang lezat yang sudah direndam dalam campuran kecap, saus hoisin, madu dan berbagai bumbu spesial lainnya.

Sobat tiket bisa mencoba roti kukus Char Siu Buns ini di restoran Yat Tung Hen. Jangan sungkan buat nambah lagi!

Alamat: Eaton HK, 380 Nathan Road, Jordan, Hong Kong

Jam buka: Senin – Minggu, pukul 11 siang sampai 3 siang, tutup sebentar dan buka lagi pukul 6 sore hingga pukul 11 malam.

Harga: mulai HKD60 atau Rp108.000

2. Yum Cha, Dim Sum dengan 2000 Rasa

Kuliner Hong Kong
Sumber: Shutterstock.com

Sobat tiket mungkin agak mengernyitkan dahi saat membaca Yum Cha. Nah, Yum Cha ini sebenarnya adalah nama lain dari Dim Sum. Hong Kong adalah surganya Dim Sum, di sini kamu bisa menemukan 2000 macam Dim Sum yang sangat enak dan bikin ketagihan.

Yum Cha alias Dim Sum ini kebanyakan cara memasaknya adalah dikukus. Namun, beberapa varian menggabungkan teknik memasak panggang serta goreng untuk menambah nikmatnya rasa. 

Ada berbagai macam isian Dim Sum di Hong Kong, antara lain daging ayam, daging babi, udang, hingga sayuran. Rekomendasi restoran untuk mencicipi Dim Sum terbaik adalah Tim Ho Wan, Sham Shui Po yang merupakan penerima Michelin Star.

Alamat: G/F, 9-11 Fuk Wing Street, Hong Kong 

Jam buka: Senin – Minggu, pukul 9 pagi sampai pukul 9.30 malam.

Harga: satu porsi mulai HKD10 atau Rp18.000

3. Lo Mai Gai, Wangi Daun Teratainya Bikin Nambah Lagi

Sobat tiket pernah makan bacang? Nah, Lo Mai Gai ini mirip dengan bacang, yaitu ketan kukus yang berisi daging dan kacang. Bedanya, Lo Mai Gai ini dibungkus menggunakan daun teratai.

Bumbu rahasia yang bikin Lo Mai Gai ini tak terlupakan adalah campuran jamur, kuning telur asin, daging ayam, serta cacahan bawang putih. Ingin mencoba Lo Mai Gai terenak di Hong Kong? Sobat tiket silahkan mampir ke restoran Fairwood.

Alamat: Shop 32, Sha tin Plaza, Hong Kong

Jam buka: Senin – Minggu, mulai pukul 7 pagi hingga pukul 9.30 malam

Harga: HKD27,5 atau Rp50.000

4. Clay Pot Rice, Nasi Tim Super Enak Setiap Hari

Kuliner nasi dalam mangkuk keramik ini dilengkapi dengan berbagai lauk yang lezat. Kamu bisa memilih tambahan daging babi, daging sapi, ayam, sosis, jamur, dan aneka sayur sebagai pelengkap. 

Bumbu utama untuk Clay Pot Rice adalah bawang putih, bawang bombay, kecap ikan, lada, serta kecap asin. Bumbu-bumbu ini dicampur jadi satu dan dimasak bersama nasi dengan cara di-tim. Hasilnya adalah Clay Pot Rice lezat yang jadi idola masyarakat dunia.

Penasaran dengan kuliner nasi dalam keramik ini? Sobat tiket bisa mencoba restoran claypot yang sudah mahsyur yaitu Four Seasons Claypot Rice di Yau Ma Tei.

Alamat: 46-58 Arthur Street, Yau Ma Tei, Hong Kong

Jam buka: Senin – Minggu, mulai pukul 6 sore sampai pukul 12 malam

Harga: mulai HKD65 atau Rp117.000

5. Roasted Goose, Daging Bebek Krispy yang Lezat

Kuliner Hong Kong
Sumber Shutterstock.com

Bebek panggang adalah salah satu makanan terpopuler di Hong Kong. Bebek panggang alias roasted goose ini mempunyai kulit krispi yang berwarna coklat berkilauan. Dagingnya juga sangat empuk dan kaya rasa.

Biasanya bebek panggang ini disajikan dengan kecap asin dan bumbu-bumbu spesial. Rekomendasi restoran untuk bebek panggang super lezat ini adalah Kam’s Roast Goose yang juga termasuk penerima Michelin Star. Ayo segera melipir ke sana!

Alamat: Ground Floor, Po Wah Commercial Center, 226 Hennessy Road, Wan Chai, Hong Kong

Jam buka: Senin – Minggu, pukul 11.30 siang hingga pukul 9.30 malam.

Harga: mulai HKD50 atau Rp90.000

6. Wonton Noodle, Mie Kuah Hangat untuk Musim DIngin

Wonton Noodle adalah mie kuah yang biasanya dimakan saat udara dingin dengan banyak toping di atasnya. Topping itu antara lain pangsit isi udang, irisan daging babi atau daging sapi, tauge, potongan daun bawang atau seledri. Kebayang kan lezatnya, pasti bikin kamu ngiler.

Sobat tiket bisa mencoba Wonton Noodle terenak di Mak’s Noodle yang berada di wilayah Central Hong Kong. Restoran ini sudah ada sejak tahun 1960-an. Buruan ke sana!

Alamat: 77 wellington St, Central, Hong Kong

Jam buka: Senin – Minggu, pukul 11 siang sampai dengan 9 malam.

Harga: Rp82.000 per porsi.

7. Siu Mai, Versi Asli Siomay ala Indonesia

Tampaknya Siu Mai ini adalah versi asli dari makanan siomay yang dijual di Indonesia. Siu Mai Hongkong biasanya ditusuk menggunakan bambu secara berjajar, jadi terlihat seperti sate.

Beberapa pedagang bahkan menaruh Siu Mai ini dalam sebuah wadah kemudian dicampur dengan kecap asin. Sobat tiket bisa menikmati Siu Mai ini di Ding Dim, restoran kecil di area Central. Rasa yang ditawarkan sangat otentik dan lezat.

Alamat: 14D Elgin St, Central, Hong Kong

Jam buka: Minggu – Kamis, pukul 11 siang sampai pukul 9.15 malam; Jum’at- Sabtu, pukul 11 siang sampai pukul 10.15 malam.

Harga: HKD34 atau Rp62.000

8. Street Fried Food, Tahu Hingga Testis Babi

Kuliner Hong Kong
Sumber: Shutterstock.com

Gorengan pinggir jalan alias street fried food paling terkenal di Hong Kong adalah testis babi dan stinky tofu. Rasanya sangat gurih, krispi, dan membuat orang selalu ketagihan untuk makan lagi dan lagi. Sobat tiket bisa memilih sendiri saus yang yang bisa dicocol di gorengan ini. 

Tempat terbaik untuk makan street fried food di Hong Kong adalah stand makanan yang bernama Ying Heong Yuen di daerah Causeway Bay. Selain testis babi goreng, kamu juga bisa menikmati Egg Waffle dan Curry Fish Balls di sini. Kuy, masukan ke dalam list wisata kulinermu!

Alamat: 3-7 Cannon Street, Causeway Bay, Hong Kong

Jam buka: Senin – Minggu, pukul 7 pagi sampai pukul 3 sore

Harga: mulai HKD10 atau Rp19.000

9. Fish Ball Noodle, Makanan Ringan Bagi yang Tidak terlalu Lapar

Kuliner Hong Kong
Sumber: Shutterstock.com

Fish Ball Noodle atau mie bakso ikan ini adalah makanan yang mudah ditemukan di Hong Kong. Rasanya yang tidak terlalu berat menjadi pilihan bagi masyarakat Hong Kong yang tidak ingin makan makanan berat.

Restoran fish ball noodle yang terkenal di Hong Kong adalah Chiu Hing. Restoran ini ada di beberapa tempat antara lain di Causeway Bay, Wan Chai, dan Quarry Bay. Perpaduan mie dan bakso ikannya yang lezat sangat nendang di lidah.

Alamat: G/F, 78-84 Hennessy Road, Wan Chai, Hong Kong

Jam buka: Senin – Minggu, pukul 5.30 sore sampai pukul 11.30 malam

Harga: HKD24 atau Rp44 ribu per porsi

10. Congee, Bubur Lembut yang bisa Disantap Kapan Saja

Bubur Hong Kong alias Congee sudah terkenal akan kelezatannya. Bubur ini bisa dimakan kapan saja, baik itu pagi, siang, maupun malam hari. Keunikan bubur Hong Kong adalah penambahan cakwe yang kriuk banget. 

Congee juga disajikan dengan beragam topping seperti potongan daging ayam ataupun daging babi, telur, bawang putih goreng, serta irisan daun bawang. Dijamin bikin kamu semakin ketagihan! Restoran Congee yang direkomendasi oleh tiket.com adalah Trusty Congee King penerima bintang Michelin di area Wan CHai.

Alamat: 7 Heard St, Wan Chai, Hong Kong

Jam buka: Senin – Sabtu, mulai pukul 11 siang sampai pukul 10.45 malam; Minggu, mulai pukul 11 siang sampai pukul 9.45 malam

Harga: mulai HKD71 atau Rp128.000

Kulineran di Hong Kong Makin Lengkap Bersama Keluarga

Jangan sampai kelewatan satu makanan pun, sobat tiket. Bisa-bisa kamu menyesal karena tidak mencicipi semuanya. Selain wisata kuliner, kamu pun bisa datang ke berbagai festival di Hong Kong yang membuat liburanmu semakin berkesan. 

Nah, supaya kamu tidak terlewat momen terbaik liburan dan kulineran di Hong Kong, segera pesan tiket pesawat, ya. Ajak juga seluruh keluarga untuk menjelajah Hong Kong sampai puas. Jadi, kapan nih ke Hong Kong-nya?