10 wisata anak dan keluarga di Singapore

,

10 Wisata Anak & Keluarga di Singapura, Bikin Liburan Bareng Makin Berkesan!

Singapura adalah surganya tempat liburan bersama keluarga. Negara ini memiliki beraneka tempat wisata dengan skala internasional yang wajib banget buat sobat tiket kunjungi selama berlibur.

Nggak harus pusing mau ke mana saat di Singapura, karena banyak tempat wisata keluarga yang seru, bahkan beberapa di antaranya gratis, lho! Negara ini memfasilitasi aktivitas edutainment bagi anak-anak. Jadi, si kecil pun bisa main sambil belajar, deh!

Rekomendasi 10 Wisata Anak dan Keluarga Seru di Singapura 

Liburan bersama keluarga di Singapura akan menjadi momen yang tak terlupakan saat sobat tiket mengunjungi berbagai tempat family-friendly berikut ini. Penasaran? Ini rekomendasi wisata anak dan keluarga dari tiket.com!

1. Sentosa Island, Surganya Taman Bermain

10 wisata anak dan keluarga di Singapore
Sumber: shutterstock.com

Sentosa Island adalah sebuah resort yang berada di bagian selatan Singapura. Dulunya pulau ini adalah benteng pertahanan Inggris pada tahun 1800-an yang terlantar. Sekarang, Sentosa Island menjadi destinasi populer di Singapura yang dikunjungi oleh jutaan turis. 

Sobat tiket yang berkunjung ke sini bisa menuju ke berbagai area wisata antara lain Universal Studios Singapore, SEA Aquarium, Madame Tussauds Singapore, Tiger Tower, dan Pantai Palawan. Beli tiket dahulu ya jika ingin masuk.

Pulau ini terkoneksi dengan mainland Singapura melalui boardwalk, bus, cable car, dan juga Sentosa Express Monorail. Kamu bisa pilih sesuai dengan bujet, yang paling murah tentunya berjalan kaki dengan melewati boardwalk.

Menuju Sentosa Island menggunakan MRT dan Monorail:

Menuju stasiun MRT terdekat dan ambil rute ke Harbourfront MRT Station. Setelah sampai, ikuti petunjuk jalan menuju VivoCity mall. Ketika kamu sampai di dalam mall, sobat tiket bisa naik ke lantai 3 dan menemukan area penjualan tiket Sentosa Express Monorail.

Tiket monorail menuju Sentosa Island ini dijual SGD4 per orang, berlaku pulang pergi. Kamu bisa membeli tiket ini menggunakan uang tunai dan juga kartu kredit. Sobat tiket juga bisa menggunakan EZ Link card untuk naik Sentosa Express Monorail.

Jika kamu ingin naik bus, harga tiket ke Sentosa Island menggunakan bus kurang lebih SGD2. Kalau kamu ingin menggunakan cable car biasanya harus merogoh kocek hingga SGD30. Namun, pasti seru banget bisa menikmati pemandangan dari atas, setuju?

2. SEA Aquarium, Kapal Karamnya Bikin Terpesona

Aquarium laut yang sangat keren dan terbesar di dunia! Si kecil pasti senang sekali diajak ke sini. Kamu akan serasa berada di bawah laut terlebih saat melihat pemandangan kapal karam.

Sobat tiket sekeluarga akan melihat berbagai jenis ikan yang memiliki bentuk lucu hingga aneh. Ada 800 spesies dan lebih dari 100 ribu hewan laut yg ditampung dalam akuarium berisikan 42 juta liter air laut, didistribusikan ke 17 kolam renang olympic. 

Alamat: 8 Sentosa Gateway, Resort World Sentosa, Sentosa Island

Jam buka: Senin- Minggu mulai pukul 10 pagi hingga pukul 7 malam

Tiket masuk: Dewasa SGD40 atau Rp410 ribu, anak-anak usia 4 -12 tahun dan Lansia di atas 60 tahun SGD29 atau Rp297 ribu

3. Universal Studios Singapore, Cobain Roller Coasternya!

10 wisata anak dan keluarga di Singapore
Sumber: shutterstock.com

Universal Studio Singapore adalah theme park yang berlokasi di Resort World Sentosa dengan 28 wahana di tujuh tema yang berbeda. Ini adalah Universal Studio Theme Park kedua yang dibangun di Asia setelah Jepang. Luasnya kurang lebih 20 hektar.

Sobat tiket bisa mengunjungi Hollywood, New York City, Sci-Fi City, Ancient Egypt, The Lost World, Far Far Away, dan Madagascar di sini. Sesuai dengan namanya, setiap tema berdasarkan film bioskop maupun televisi. Salah satu wahana yang paling diminati duelling roller coaster di Sci-Fi City, seru banget!

Nggak usah takut kelaparan saat bermain di theme park ini, food and beverages stalls ada di mana-mana. Selain itu, ada 30 restoran serta 20 minimarket atau penjual pernak pernik di taman bermain ini. Dijamin nggak bakal bosan!

Alamat: Resort World Sentosa, Sentosa Gateway No. 8, Sentosa Island, Singapore 098269

Jam buka: Senin – Minggu pukul 10 pagi hingga 6 sore

Tiket masuk Resort World Sentosa: Bagi turis internasional, tiket dibagi menjadi tiga tarif. Dewasa akan dikenakan harga SGD79 atau Rp810 ribu, Anak-anak SGD59 atau Rp605 ribu, dan Lansia SGD41 atau Rp421 ribu

4. Jurong Bird Park, Serunya Bermain dengan 5000 Burung

Ingin merasakan sensasi bermain bersama burung? Datang saja ke Jurong Bird Park yang memiliki luas 20,2 hektar! Lingkungan taman burung yang asri ini sangat cocok untuk menjadi destinasi liburan bersama keluarga. 

Jurong Bird Park adalah taman burung terbesar di Asia dan menjadi rumah bagi 5.000 burung. Si kecil pun bisa belajar mengenai keanekaragaman burung di 12 zona saat mengunjungi taman ini.

Alamat: 2 Jurong Hill, Singapore 628925

Jam buka: Senin – Minggu pukul 8.30 pagi sampai pukul 6 sore

Tiket masuk: Dewasa SGD27 atau Rp277 ribu, Anak-anak usia 3 – 12 tahun SGD18 atau Rp185 ribu

5. Jewel Cable Car, Menikmati Sunset di Ketinggian

10 wisata anak dan keluarga di Singapore
Sumber: shutterstock.com

Jewel Cable Car atau kereta gantung Singapura ini menghubungkan Mount Faber, Harbour Front, dan Pulau Sentosa. Naik Cable Car adalah salah satu pengalaman seru yang tidak boleh kamu lewatkan bersama keluarga, nih!

Kamu bisa melihat mainland Singapura dari ketinggian, termasuk pemandangan gedung bertingkatnya, sungai, serta lautan. Waktu paling tepat untuk untuk naik kereta gantung adalah pagi hari ataupun sore saat matahari mulai terbenam. 

Setiap kabin Jewel Cable Car muat untuk 4 hingga 8 orang. Desainnya pun sangat menarik, antara lain menggunakan Angry Birds. Si Kecil pasti senang sekali saat diajak naik kereta gantung ini. Jangan lupa untuk berfoto, ya!

Alamat: HarbourFront Tower 3, 3 Harbourfront PIace, Level 1; 109 Mount Faber Road, Faber Peak; atau 50 Imbiah Road, Basement 1 – 2, Sentosa Island

Jam buka: Senin – Minggu pukul 8.45 pagi hingga pukul 9.30 malam

Tiket: Dewasa SGD29 atau Rp298 ribu, adapun anak-anak SGD18 atau setara dengan Rp185 ribu

6. Snow City Singapore, Dingin-Dingin tapi Seru!

Sesuai dengan namanya, Snow City adalah arena bermain salju. Cocok bagi seluruh keluarga terutama si kecil yang belum pernah merasakan musim salju. Kamu bisa main seluncuran dengan bump ride salju hingga membuat manusia salju di sini.

Udaranya yang cukup dingin kurang lebih minus 5 derajat mengharuskan kamu sekeluarga untuk mengenakan pakaian yang cukup tebal supaya tidak masuk angin. Nggak seru banget apabila sepulang dari Snow City kamu jadinya sakit karena kedinginan, bukan?

Alamat: 21 Jurong Town Hall Rd, Singapore 609433

Jam buka: Senin – Minggu pukul 10 pagi hingga pukul 6 sore

Tiket masuk: Dewasa dan Anak-anak SGD24 atau Rp246 ribu untuk satu jam bermain salju dan sekali naik bumper car

7. Cloud Forest, Menikmati Sejuknya Kabut dan Air Terjun di Ketinggian 30 Meter

Sumber: shutterstock.com

Si kecil suka bertualang? Salah satu tempat yang cocok untuk memuaskan hasrat petualangannya adalah Cloud Forest Singapore. Hutan buatan yang berkabut ini dilengkapi dengan air terjun di dalam ruangan setinggi 30 meter, keren!

Kamu sekeluarga akan diajak untuk belajar mengenai keanekaragaman hayati melalui 9 zona uniknya. Layaknya hutan, sobat tiket bisa menemukan aneka vegetasi tropik seperti anggrek dan pakis. Kamu juga bisa berjalan-jalan mengelilingi gunung dan air terjun buatan ini menggunakan Treetop Walk ataupun Cloud Walk. 

Keunikan lainnya adalah, munculnya kabut yang sudah ditentukan yakni tiap dua jam sekali. Kamu yang ingin menikmati sensasi kabut di Cloud Forest bersama keluarga disarankan untuk datang di jam 10 pagi, 12 siang, 2 siang, 4 siang, 6 sore, atau 8 malam.

Alamat: Gardens By The Bay, 18 Marina Gardens Dr, Singapore 018953

Jam buka: Senin – Minggu pukul 9 pagi sampai pukul 9 malam

Tiket masuk: Dewasa SGD28 atau Rp288 ribu, Anak-anak usia 3 hingga 12 tahun SGD15 atau Rp154 ribu

8. River Safari Singapore, Menjelajahi Dunia Binatang dengan Perahu

Ayo belajar mengenai dunia binatang di River Safari Singapore! Wahana ini menampilkan hewan-hewan unik yang tersebar di jalur sungai-sungai besar di dunia. Sobat tiket dan seluruh keluarga pastinya akan sangat asyik melihat binatang dari dalam perahu.

Ada dua tur perahu yang disarankan di sini, yaitu Amazon River Quest dan River Safari Cruise. Si kecil pasti bersorak kegirangan saat melihat panda yang sedang bermain saat mengambil tur River Safari. 

Alamat: 80 Mandai Lake rd, Sinagpore 729826

Jam buka: Senin – Minggu mulai pukul 10 pagi hingga pukul 7 malam

Tiket masuk: Dewasa SGD30.60 atau Rp314 ribu, Anak-anak usia 3 – 12 tahun SGD20.70 atau Rp212 ribu

9. ArtScience Museum, Menengok Makarya Dunia

Sumber: shutterstock.com

Museum ArtScience terletak di resort Marina Bay Sands, tepat di jantung Singapura. Dibuka pada tahun 2011 oleh Perdana Menteri Singapura, bisa dibilang ini adalah museum ArtScience pertama di dunia. 

Museum ini luasnya kurang lebih 5.000 meter persegi dan memiliki 21 ruang galeri. Desainnya juga sangat unik, sobat tiket. Bentuknya menyerupai bunga teratai yang sedang mekar. Tempatnya pun Instagrammable, para millennials dijamin suka!

ArtScience museum adalah tempat yang pas buat kamu yang ingin belajar tentang seni, big data, fisika, biologi, hingga eksplorasi luar angkasa. Belum lagi koleksi seninya dari seniman kenamaan dunia seperti Leonardo Da Vinci, Salvador Dali, Andy Warhol, Vincent Van Gogh dan masih banyak lagi. Wajib banget dikunjungi!

Alamat: 10 Bayfront Ave, Singapore, 018974

Jam buka: Senin – Minggu pukul 10 pagi hingga 7 malam

Tiket masuk: Tiket masuk di museum ini dibagi menjadi tiga yaitu tiket untuk mengunjungi satu pameran, dua pameran, serta tiket terusan. Tiket terusan bagi dewasa harganya SGD40 atau Rp411 ribu dan SGD110 atau Rp1.128.000 untuk keluarga.

10. Children’s Garden di Gardens by The Bay

Taman bermain anak-anak ini terletak di Gardens by the Bay, taman botani yang bisa kamu kunjungi dengan gratis. Sobat tiket yang datang bersama si kecil langsung saja melipir ke area Children’s Garden yang dilengkapi dengan area bermain interaktif. 

Si kecil bisa puas bermain air di sini dengan water fountain dan water play features. Kamu juga bisa mengajak buah hati ke amphitheatre yang menyediakan berbagai program edukasi bagi si kecil. Seru banget, kan?

Saat sore ke malam hari, kamu dan keluarga bisa berfoto bersama dengan latar supertree yang berpendar indah dan berwarna-warni. Fotonya pasti keren banget jadi siapkan baterai kamera kamu, ya!

Alamat: 18 Marina Gardens Drive, Garden by The Bay.

Jam buka: Senin – Minggu pukul 9 pagi hingga pukul 9 malam

Tiket masuk: Gratis, kecuali ke Cloud Forest dan Flower Dome akan dikenakan tiket

Nikmati Serunya Liburan Keluarga di Tempat Favorit di Singapura

Segera pesan tiket pesawat ke Singapura dan rasakan pengalaman seru di berbagai tempat wisatanya. Jangan lupa juga untuk mencoba aneka kuliner yang ada Singapura selama liburan. Tidak sah ke Singapura kalau belum mencoba kuliner khas yang bikin ketagihan!