,

Ajak Anak ke Thailand? Ini Inspirasi Tempat Wisata di Negeri Gajah Putih Ini!

Tidak ada salahnya kok, mengajak anak liburan. Sesekali, buka wawasan yang lebih luas dengan mengajak mereka jalan-jalan ke luar negeri. Kalau butuh inspirasi, coba ke Thailand. Banyak banget kok, tempat wisata anak di Thailand yang bisa kamu tuju sama keluarga dan anak!

Kuy, Eksplor Tempat Wisata Anak di Thailand!

Siapa bilang luar negeri itu nggak ramah anak? Kamu pasti mainnya kurang jauh, deh, sobat tiket. Bahkan, kamu mungkin nggak nyangka kalau wisata anak di luar negeri itu keren-keren banget. Apalagi kalau kamu ke Thailand. Dekat dari Nusantara, nggak kalah ciamiknya! Mau bukti? Kuy, ikut!

1. Main di Sea Life Bangkok Ocean World, Akuarium Terbesar di Asia Tenggara

Pernah nggak, kamu mengira ada akuarium yang besar di dalam pusat belanja? Ada kok, kalau kamu main ke Sea Life Bangkok Ocean World. Tempat wisata anak di Thailand ini menempati dua lantai paling bawah Mal Siam Paragon.

Sea Life Bangkok Ocean World terbagi menjadi beberapa area, di antaranya Rocky Hideout, Seashore Kingdom, Penguin Ice Adventure, Tropical Rainforest, Ocean Tunnel, Shark Shirpwreck, Shark Walk, Coral Reef, dan masih banyak lagi. Jangan sampai terlewat untuk mengunjungi semuanya, ya!

Lokasi: Siam Paragon, B1-B2 Fl. 991 Rama I Road, Bangkok

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 10.00 – 21.00 waktu setempat

Harga Masuk: 990 Baht* (sekitar Rp456.300*) untuk dewasa dan 790 Baht* (sekitar Rp364.100*) untuk anak-anak.

2. Melihat Tiruan Tokoh Terkenal di Madame Tussauds Bangkok

Sumber: Shutterstock.com

Madam Tussauds Wax Museum adalah museum lilin yang memamerkan tiruan patung-patung tokoh terkenal dari seluruh dunia. Madam Tussauds Museum sendiri hanya ada di 6 negara di seluruh dunia, yaitu Thailand, Beijing, Hong Kong, Shang Hai, Tokyo, dan Wuhan.

Di Museum Madam Tussauds yang ada di Thailand ini, kamu dan keluarga serta buah hati tercinta bisa menyaksikan pajangan tokoh-tokoh Kerajaan Thailand dan artis dan aktor asli Thailand dan Asia. Tak lupa, patung Ir. Soekarno yang sangat fenomenal.

Lokasi: Siam Discovery Center, 6th Fl.

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 21.00 waktu setempat

Harga masuk: 790 Baht (sekitar Rp364.100) untuk pemesanan online. Harga tiket Paket Combo C adalah 1.990 Baht (sekitar Rp917.200)* dan Paket Combo B 1.950 Baht (sekitar Rp732.800)* untuk pemesanan online.

3. Melihat Dinosaurus di Dinosaur Planet Bangkok

Sumber: Shutterstock.com

Dinosaur Planet Bangkok adalah tempat wisata anak di Thailand berikutnya yang harus kamu tuju di Bangkok. Taman bermain ini memamerkan beragam hewan raksasa dari masa prasejarah, dari T-rex hingga kawanan Velociraptors.

Setidaknya, ada 200 model dinosaurus dengan beragam ukuran di Dinosaur Planet Bangkok ini. Peletakannya terbilang unik, karena disesuaikan dengan habitat asli masing-masing jenisnya. Bahkan, lengkap dengan gunung berapinya, lho!

Lokasi: Sukhumvit Road, Phrom Pong, Thailand

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 21.00 waktu setempat

Harga Masuk: 600 Baht (sekitar Rp276.550)* untuk dewasa, dan 400 Baht (sekitar Rp184.350)* untuk anak.

4. Safari Hewan di Chiang Mai Life Safari

Sumber: Shutterstock.com

Kalau Taman Safari Bogor ada di Indonesia, ada Chiang Mai Life Safari di Thailand. Konsepnya tidak jauh berbeda, yaitu mengenal lebih dekat aneka satwa liar yang ditempatkan berdasarkan lingkungan hidupnya.

Selain melihat langsung hewan-hewan buas, kamu dan keluarga bisa turut menyaksikan beragam atraksi yang pastinya sangat mengagumkan. Contohnya nih, ada The Tiger Show, Creatures of the Night Show, Night Predators, dan Time of the Night Show. Ada juga pertunjukan khusus di siang hari, lho!

Lokasi: 33 Moo 12, Nong Khwai, Hang Dong , Chiang Mai, Bangkok

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 11.00 sampai 22.00 waktu setempat. Masing-masing paket wisata punya jam operasional berbeda.

Harga Masuk: Bervariasi sesuai dengan jenis paket wisata yang dipilih. Paket wisata jaguar Trail Zone 100 Baht (sekitar Rp46.092)* untuk dewasa dan 50 Baht (sekitar Rp23.046)* untuk anak. Day and Night Safari 800 Baht untuk dewasa dan 400 Baht untuk anak.

5. Taman Bermain dan Tempat Belanja, Asiatique the Riverfront

Kalau di malam hari sobat tiket berencana mengajak anak jalan-jalan, Asiatique the Riverfront adalah rekomendasi tempat terbaik yang bisa dituju. Tempat ini adalah taman bermain sekaligus surga wisata belanja untuk membeli barang-barang dengan harga murah.

Menuju ke Distrik Chareonkung, ada pusat suvenir dan pakaian. Lalu, Cistrik Factory untuk semua barang teknologi dan elektronik, dan Distrik Waterfront untuk sentra kuliner. Pastinya, kamu nggak akan melewatkan makanan khas Thailand yang rasanya super enak itu, kan?

Lokasi: 2194 Charoenkrung Road, Wat Prayakrai, Bangkoleam, Bangkok

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 16.00 sampai 24.00 waktu setempat

Harga masuk: Gratis. Hanya dikenakan biaya untuk naik wahana.

6. Mengenal Dunia Lebih Baik di Children’s Discovery Museum

Jalan-jalan tidak melulu senang-senang tanpa alasan. Kalau mengajak anak, sebisa mungkin buat perjalanan lebih bermanfaat dengan adanya tujuan edukasi. Seperti kalau kamu mengajaknya main di Children Discovery Museum.

Di sini, anak akan diajari untuk tumbuh menjadi pribadi yang aktif, senang berpartisipasi dalam berbagai aktivitas. Masing-masing galeri menawarkan edukasi yang berbeda, tentunya dengan pengalaman seru yang tidak akan pernah terlupakan. Biarkan mereka berekspresi dan bereksperimen, menyimpulkan bagaimana dunia bekerja untuknya.

Lokasi: Soi 4, Kamphaeng Phet Road, Chatuchak, Bangkok

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 16.00 waktu setempat

Harga Masuk: Gratis.

7. Mengintip Indahnya Langit di Bangkok Science Museum and Planetarium

Tidak hanya mengenalkan anak dengan megahnya gunung dan eksotisnya pantai. Kenalkan juga mereka pada indahnya luar angkasa. Biarkan mereka mengetahui bagaimana pergantian waktu siang dan malam, serta bagaimana langit bertabur bintang.

Scienece Museum dan Planetarium juga menampilkan pameran teknologi beragam tema, termasuk dunia energi, teknologi robot, tubuh manusia, dan kehidupan pra-sejarah. Dari semua perlengkapan yang ada, Planetarium adalah bagian paling favorit. Dibuka pada tahun 1964, bagian ini adalah bagian yang tertua di Thailand.

Lokasi: 928 Sukhumvit Road, Ekkamai

Jam Buka: Setiap Selasa sampai Minggu mulai pukul 09.00 sampai 16.30 waktu setempat. Tutup setiap Senin

Harga Masuk: 30 Baht atau sekitar Rp13.700*.

8. Seru-Seruan dengan Superhero Marvel di Marvel Experience Thailand

Anak-anak lebih menyukai karakter superhero karena memiliki kemampuan super untuk menolong orang lain. Nah, kalau sedang main ke Thailand, mungkin kamu bisa mengajak mereka ke Marvel Experience Thailand.

Tempat wisata anak di Thailand ini terbilang belum lama beroperasi. Namun, siapa sih yang nggak suka Marvel? Orang tua saja suka, apalagi anak-anak ya, kan? Belum lagi kalau mereka bisa ikut bertarung melawan penjahat bareng karakter idola. Hanya lewat permainan, tapi serunya itu lho, nggak akan bisa dilupakan!

Lokasi: Mal Megabangna KM. 8, Bangna-Trad Road

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 22.00 setiap hari

Harga Masuk: Dewasa 1.500 Baht* dan anak-anak 1.350 Baht*

9. Bangkok Art and Cultural Center

Nggak hanya bermain saja, liburan bareng anak juga bisa kamu manfaatkan untuk menambah wawasan anak tentang seni. Di Thailand, ada kok tempat yang menawarkan beragam aktivitas seru dan menarik tentang seni, yaitu Bangkok Art Cultural Center.

Lebih uniknya lagi, kamu bisa membuat perhiasan sendiri dalam berbagai huruf, mulai dari Mandarin, Sansekerta, hingga Bahasa Jawa. Misalnya nih, kamu ingin buat liontin yang berasal dari namamu sendiri. Menarik banget kan?

Lokasi: 939 Rama Road 1, Wangmai, Pathumwan, Bangkok

Jam Buka: Setiap Selasa sampai Minggu pukul 10.00 sampai 20 waktu setempat. Hari Senin tutup

Harga Masuk: Gratis.

10. Siam Serpentarium

Wisata kali ini tujuannya mengenalkan anak dengan hewan melata yang paling banyak jenisnya selain ikan. Ya, ular, hewan yang memiliki bisa sebagai cara untuk melindungi diri dari musuh ini juga bisa dijumpai di Thailand, tepatnya di Siam Serpentarium.

Setidaknya, ada 70 koleksi ular yang benar-benar mengagumkan yang bisa kamu lihat di sini. Bahkan, ular paling panjang, paling eksotik, dan paling besar pun ada, lho! Konsep ruangan dibuat serupa dengan hutan, supaya ularnya tetap nyaman.

Lokasi: 969 Luang Phaeng Road, Lat Krabang, Bangkok

Jam Buka: setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 18.00 waktu setempat

Harga Masuk: Dewasa 550 Baht*, dan anak-anak 250 Baht*.

Kalau Sudah Jalan-Jalan, Sekarang Saatnya Makan!

Yes, bener banget. Pasti lapar kan habis puas jalan-jalan? Sekarang, waktunya ajak anak kulineran. Nggak tahu tempatnya? Nih, ada surga kuliner jajanan Thailand yang harganya super murah. Siapa bilang jajan makanan enak harus mahal?

Sudah tahu kan, harus ke mana kalau mau ajak anak jalan-jalan ke Thailand? Sekarang, saatnya sobat tiket cari tiket pesawat dan hotel untuk menginap. Coba deh pesan lewat tiket.com. pilihannya banyak, harganya murah, promonya melimpah!

*harga saat artikel ditulis