,

Tips Mengeluarkan Budget Minimal, untuk Liburan Maksimal di Thailand!

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan liburan, setiap negara berlomba-lomba menyajikan pengalaman berbeda untuk wisatawan. Thailand si negeri gajah putih ini tak mau kalah menunjukkan pesonanya. Tidak heran jika saat musim liburan, negara ini selalu dipenuhi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sobat tiket bisa mengajak teman, kerabat, atau berdua dengan pasangan untuk berlibur ke Thailand. Semakin banyak yang kamu ajak, bisa semakin menghemat pengeluaran. Akomodasi untuk 2 orang bahkan lebih setiap kamar membuat tarif lebih hemat, memesan menu makanan berbeda dan saling mencicipi, dan masih banyak lagi.

Pattaya dan Phuket yang terkenal dengan keindahan panorama alam dan pantainya ini sangat menarik untuk dikunjungi. Pecinta kuliner wajib deh mencicipi aneka street food di Bangkok. Penasaran bagaimana cara liburan menyenangkan di Thailand dengan budget minimal? Ikuti tips ini ya!

Berburu Tiket Pesawat Murah Meriah

Bulan Maret hingga September adalah waktu low season yang bisa jadi waktu terbaik liburan di Thailand. Penerbangan dari Indonesia ke Thailand bisa menggunakan penerbangan langsung. Beberapa wisatawan memilih transit di Singapura atau Kuala Lumpur terlebih dahulu.

Pesan tiket jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan adalah salah satu trik  untuk mendapatkan harga terbaik. Sekitar 11 penerbangan langsung dari Jakarta ke Bangkok bisa kamu gunakan. Cara mudah mendapatkan tiket pesawat dengan harga terbaik hanya dengan mengakses tiket.com di smartphone kamu.

Sumber: Shutterstock.com

Pilih kota keberangkatan dan tujuan di bagian pemesanan tiket pesawat, lalu ikuti instruksi. Dengan membeli tiket pesawat di tiket.com, kamu tidak perlu khawatir tentang cara pembayaran. Berbagai kemudahan cara pembayaran bisa sobat tiket lakukan dengan kartu kredit, ATM atau minimarket.

Akomodasi Tepat dan Hemat di Tengah Kota

Penerbangan selama sekitar 3 jam 30 menit cukup membuat punggung sobat tiket ingin diluruskan. Thailand termasuk dari 77 negara bebas visa yang memiliki akomodasi mulai dari murah hingga mewah. Tak perlu berkecil hati, akomodasi murah di Thailand bisa kamu temukan di Kota Bangkok.

Sumber: Shutterstock.com

Tarif akomodasi mulai dari Rp100.000* bisa sobat tiket temukan dengan mudah di Bangkok. Akomodasi di kawasan Khaosan Road banyak menjadi pilihan wisatawan low budget. Kamu juga bisa memilih akomodasi di Sukhumvit, lokasinya tidak tepat di tengah kota tetapi harganya terjangkau.

*Harga saat tulisan ini dibuat dan dapat berubah sewaktu-waktu

Pilih akomodasi yang dekat dengan stasiun atau terminal kendaraan umum. Sebelum melakukan pemesanan akomodasi di tiket.com, pastikan kamu sudah membaca ulasan tentang akomodasi tersebut. Teliti fasilitas akomodasi yang kamu dapatkan agar tidak terjadi pembengkakan budget secara tiba-tiba.

Jalan-jalan Kemana selama di Thailand?

Thailand memiliki segudang wisata yang tergolong murah. Dengan mengeluarkan biaya mulai dari Rp25.000* per orang, sobat tiket bisa mengunjungi  Wat Arun, Wat Pho, atau aneka kuil. Biaya agak mahal jika kamu ingin mengunjungi Grand Palace karena tiket masuknya sekitar Rp250.000* per orang.

*Harga saat tulisan ini dibuat dan dapat berubah sewaktu-waktu

Melihat keunikan barang imitasi di Museum of Counterfeit Goods, menikmati pemandangan hijau di Suan Rot Fai, atau menonton pertunjukan wayang khas Thailand di Silapin Artist’s House bisa sobat tiket nikmati secara gratis. Beberapa destinasi lain juga tidak menetapkan biaya masuk alias gratis.

Sobat tiket bisa membuat daftar destinasi tujuan wisata berdasarkan lokasi yang tidak berjauhan. Pastikan sobat tiket memilih lokasi yang mudah dijangkau dengan kendaraan umum untuk menekan budget. Selain itu, jangan ragu untuk menawar harga saat berbelanja di pasar oleh-oleh tradisional Thailand.

Cicipi Makanan Unik di Street Food

Kalau kamu pernah melihat gorengan serangga, Thailand salah satu negara yang banyak pedagang menjajakan gorengan serangga. Thai tea yang terkenal di Indonesia juga bisa sobat tiket nikmati langsung di negara asalnya. Roti Gluay Hom, Krapo Pla, Red Ruby, Khanom Bueang, dan sederet makanan lain siap memanjakan lidahmu.

Perbedaan daerah biasanya membuat rasa makanan asing di lidah orang Indonesia. Di Thailand, cita rasa beberapa makanan bisa diterima lidah orang Indonesia, sehingga kamu tetap bisa mencicipi aneka kuliner khas negeri seribu pagoda ini. Street food adalah pilihan yang tepat untuk liburan dengan low budget.

Di Thailand, pedagang street food berkumpul pada satu kawasan. Bisa dibilang seperti pasar malam kalau di Indonesia. Beragam makanan dengan cita rasa yang berbeda akan dengan mudah ditemui dalam satu lokasi street food. Tak perlu bingung, coba aja semua yang menarik dan tentunya sesuai dengan budget.

Harga yang ditawarkan mulai Rp10.000* saja. Selain itu, juga banyak pilihan tempat street food di Thailand seperti kawasan Sukhumvit Soi 38, Chinatown Yaowarat, dan Convent Road. Masing-masing lokasi memiliki jam buka berbeda-beda. Sebelum mengunjungi lokasi street food, cari tahu informasi sebanyak-banyaknya ya!

*Harga saat tulisan ini dibuat dan dapat berubah sewaktu-waktu

Rasakan Sensasi yang Berbeda saat Naik Kendaraan Umum

Berpindah tempat dengan taksi memang menyenangkan, tapi bisa membuat isi kantong menangis haru. Liburan dengan budget minimal paling cocok menggunakan kendaraan umum. Berikut ini beberapa pilihan transportasi yang bisa kamu manfaatkan selagi liburan di Thailand.

Melayang dengan Skytrain

Dengan merogoh kocek mulai Rp6.000* (tarif sesuai jarak), kamu bisa menikmati keindahan Bangkok dari atas. Kendaraan ini berupa kereta dengan rel layang (overpass) yang menghubungkan beberapa daerah di Bangkok. Skytrain atau BTS (Bangkok Mass Transit System) adalah salah satu transportasi andalan di Bangkok.

*Harga saat tulisan ini dibuat dan dapat berubah sewaktu-waktu

Menyusuri Bawah Tanah Thailand dengan MRT (Metropolitan Rapid Transit)

Sumber: Shutterstock.com

Kereta bawah tanah yang beroperasi dari jam 6 pagi hingga 12 malam ini bisa jadi alternatif transportasi pilihan sobat tiket. Tarif yang terjangkau membuat MRT sering digunakan oleh masyarakat Thailand maupun wisatawan.

ARL (Airport Rail Link), Transportasi Khusus Bandara

Sudah jelas dari namanya, kereta ini mengangkut penumpang dari bandara Suvarnabhumi menuju kota Bangkok. Jika sobat tiket mengakhiri perjalanan di bandara Don Mueang, bisa menggunakan jasa taksi atau bus untuk menuju pusat kota

Gunakan Bus Umum untuk Bercengkrama dengan Masyarakat

Transportasi yang hampir ada di seluruh dunia ini bisa kamu manfaatkan saat dompet tipis. Tarif bus umum di Thailand mulai Rp3500* saja. Sayangnya, bahasa yang digunakan lebih banyak menggunakan bahasa Thailand. Tetapi kamu tetap bisa melihat angka-angka pada tarif masing-masing trayek

*Harga saat tulisan ini dibuat dan dapat berubah sewaktu-waktu

Tuk-tuk, Bajajnya Thailand

Tawar menawar harga sebelum naik moda transportasi yang satu ini adalah hal yang biasa. Tak perlu sungkan atau ragu, lakukan negosiasi harga setelah mengutarakan tempat tujuan kepada sopir tuk-tuk. Tuk-Tuk yang memiliki bentuk seperti Bajaj di Jakarta ini, bisa kamu gunakan untuk menjelajah dan menyusuri jalanan kota Bangkok.

Wah sudah tidak sabar nih liburan ke Thailand. Ajak teman dan kerabat, kosongkan jadwal, siapkan budget, dan jangan lupa untuk mengabadikan semua kegiatan liburan selama di Thailand. Tidak hanya Thailand, coba liburan di 5 negara ini yang bisa kamu nikmati dengan budget minimal.