,

6 Kuil Terkenal di Hong Kong Yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan

Sebenarnya, agama mayoritas di Hong Kong adalah Kristen, tapi sebagian penduduknya ada yang masih memegang teguh ajaran Taoism, Buddha, dan Konfusius (Konghuchu).

Jadi saat berkunjung ke sini, jangan kaget jika ada banyak sekali kuil dan kelenteng yang menarik untuk dikunjungi. Bahkan di beberapa kawasan, kuil-kuil ini menjadi salah satu ikon yang menarik minat banyak wisatawan.

Meskipun diperuntukkan untuk ajaran agama tertentu, tetapi kebanyakan kuil di Hong Kong terbuka untuk umum. Nah, sebagai rekomendasi kamu juga bisa loh memasukkan kuil di Hong Kong sebagai salah satu daftar kunjung.

Karena selain menarik, bangunan kuil dan pemandangan di sekitar akan memberikan pengalaman berlibur yang seru dan menyenangkan.

6 Kuil Terkenal di Hong Kong

Bagi sobat tiket yang berminat untuk melakukan wisata religius di Hong Kong, berikut 6 kuil terkenal yang bisa dikunjungi. Yuk, kita simak ulasan menariknya di bawah ini,

1. Wong Tai Sin

Kelenteng atau kuil ini dikenal sebagai tempat beribadah tiga kepercayaan, yaitu Taoisme, Buddha, dan Konghucu. Bangunan religius ini memiliki sentuhan arsitektur khas kuil-kuil di China daratan.

Nama Wong Tai Sin sendiri diambil dari nama seorang biksu yang menjadi dewa di Bukit Pinus Merah (Heng San). Kuil Wong Tai Sin sendiri dikenal sebagai tempat di mana “setiap permohonan akan menjadi kenyataan.”

Mungkin inilah yang menjadi alasan mengapa Wong Tai Sin ramai dikunjungi meskipun yang berdoa dan meminta harapan di sini tidak beragama Buddha, Taoisme, atau bahkan Konghucu.

Dilihat dari desainnya, bangunan-bangunan yang ada di kuil ini melambangkan 5 unsur yang ada di dunia.

Yaitu paviliun perunggu yang melambangkan unsur logam, gudang arsip (kayu), air mancur Yuk Yin (air), Yue Heng (api), dan dindingnya yang melambangkan unsur tanah.

Alamat                        : 2 Chuk Yuen Village, Wong Tai Sin, Kowloon, Hong Kong

Jam operasional           : 07.00 – 17.00

2. Man Mo Temple

Dibangun pada tahun 1947, Kelenteng Man Mo atau Man Mo Temple merupakan yang terbesar di Hong Kong. Kelenteng ini merupakan bagian dari kompleks peribadahan Lit Shing Kung dan Kung Sor.

Lit Shing Kung dibangun untuk memuja dewa kahyangan, sementara Kung Sor digunakan sebagai area diskusi atau musyawarah masyarakat setempat. Man Mo merupakan kuil untuk menyembah Dewa Sastra (Man) dan Dewa Perang (Mo).

Jika berkesempatan mampir ke sini, jangan lupa untuk berhenti sejenak di bawah gulungan dupa raksasa yang menggantung. Aroma dupa akan memberi ketenangan yang membuat kita lupa sedang berada di tempat yang ramai.

Ya, tidak jauh dari kawasan kuil memang terdapat area gedung perkantoran yang senantiasa dipadati dengan para pekerja yang beraktivitas.Meskipun begitu, berkunjung ke Man Mo tentu akan memberikan pengalaman seru tersendiri.

Alamat                         : 124 – 126 Hollywood Road, Sheung Wan, Hong Kong

Jam operasional            : 07.00 – 17.00

3. Ten Thousand Buddhas Monastery

Berada di kawasan Sha Tin, Ten Thousand Buddhas Monastery merupakan kawasan religius umat Buddha paling unik di Hong Kong. Sebelum sampai ke bangunan utama, kamu akan disambut oleh patung-patung berwarna emas.

Patung Buddha seukuran manusia ini memiliki ragam ekspresi dan pose yang berbeda satu sama lainnya. Setelah melewati 430 anak tangga dan puluhan patung Buddha, sampailah kita di Ten Thousand Buddhas Monastery.

Selain beribadah dan melihat 12.800 patung Buddha dari dekat, kamu bisa menaiki pagoda yang ada di area utama dan menikmati lanskap Sha Tin dari ketinggian.

Pemandangan hijau pegunungan dan hutan ini tentu akan membuat kita lupa pada rasa lelah setelah mendaki ratusan anak tangga.

Ditambah udara sejuk yang bisa dirasakan selama berada di sini, berkunjung ke Ten Thousand Buddhas Monastery tentu dapat memberikan rasa tenang yang biasanya dicari di setiap tempat peribadahan.

Alamat                    : Sha Tin Territories, Pai Tau, Hong Kong

Jam operasional      : 09.00 – 17.00

4. The Big Buddha and Po Lin Monastery

The Big Buddha merupakan ikon Hong Kong yang cukup dikenal dunia internasional. Patung Buddha raksasa yang terbuat dari perunggu ini berada di Ngong Ping Village, Pulau Lantau.

Dari Hong Kong, kita bisa menaiki cable car untuk sampai ke Pulau Lantau. Begitu turun di halte cable car, sobat tiket masih harus berjalan kaki dan mendaki 268 anak tangga untuk melihat patung keren ini.

Apabila berkunjung ke sini, jangan lupa untuk mengunjungi Po Lin Monastery juga ya. Tempat tersebut merupakan bangunan untuk para biksu beristirahat sekaligus tempat maka siang lezat bagi kamu yang senang dengan menu vegetarian.

Alamat                    : Ngong Ping Village, Lantau Island, Hong Kong

Jam operasional      : 10.00 – 17.30

5. Tin Hau Temple

Merupakan salah satu bangunan tertua di Hong Kong, kelenteng atau kuil Tin Hao dibangun pada tahun 1774 dan berlokasi di Sai Wan, Hong Kong. Pada festival Tin Hau, tempat ini selalu ramai dengan para wisatawan.

Dibandingkan kelenteng di Hong Kong lainnya, bangunan dan arsitektur Tin Hao termasuk yang paling sederhana. Didominasi warna abu-abu dan merah, Tin Hao merupakan tempat beribadah para penganut Konghucu.

Karena keunikannya, Tin Hao tidak hanya populer sebagai tempat ibadah, kuil ini juga sering digunakan sebagai latar belakang foto bernilai seni tinggi. Jadi jika berkesempatan ke sini, jangan lupa untuk berfoto.

Alamat                         : 56 – 58, Temple Street, Yau Ma Tei, Hong Kong

Jam operasional         : 09.00 – 17.00

6. Ching Chong Koon

Tempat beribadah ini pertama kali dibuka pada tahun 1961 dan bukan sekadar kuil biasa. Setelah melalui beberapa renovasi, Ching Chong Koon telah berkembang menjadi rumah peristirahatan dengan pemandangan yang rupawan.

Bagian utama bangunan merupakan tempat beribadah dan rumah bagi lampion bersejarah dari istana raja di Beijing. Di sini, kamu juga bisa menikmati keindahan kaligrafi khas China dan lukisan cantik lainnya.

Tidak hanya itu, Ching Chong Koon juga dikelilingi oleh bangunan berarsitektur menarik lainnya seperti pagoda, paviliun, pailaus, dan menara. Semuanya dilengkapi dengan pemandangan dari kebun dan kolam di dekatnya.

Ditambah restoran dengan menu vegetarian, berkunjung ke sini tentu menjadi kegiatan yang akan membuat liburan ke Singapura lebih berwarna.

Alamat                         : Tsing Chung Koon Road, Tuen Mun, Hong Kong

Jam operasional           : 11.30 – 16.30

Ayo Berangkat ke Hong Kong!

Kamu sekarang udah tahu kan mau ke mana saat ke Hong Kong? Jangan lupa ya, satu hal yang perlu menjadi perhatian selama menjelajahi tempat beribadah atau wisata religius di Hong Kong, berpakaian dan berlakulah yang sopan. Bahkan di beberapa tempat, sebaiknya minta izin dulu jika ingin berfoto.

Biasanya di kelenteng terdapat ruang untuk meramal dan mengajukan permohonan. Spot menarik ini tentu jangan sampai terlewatkan meskipun mungkin hasilnya tidak sepenuhnya bisa kita percaya.

Menarik bukan? Jadi, bukan hal yang tidak mungkin bukan berlibur sambil mengunjungi tempat beribadah? Karena di Hong Kong, bangunan kelenteng bukan hanya digunakan untuk mengajukan permohonan, tetapi juga untuk dinikmati keunikan arsitektur dan bangunannya.

Jangan lewatkan juga pengalaman seru belanja di Nathan Road, ya. Tapi pastikan, kamu sudah membeli tiket pesawat dari jauh-jauh hari untuk liburan yang nyaman dan menyenangkan. Selamat menjelajahi eksotisme Hong Kong!