,

10 Kuil Cantik di Thailand, Instagrammable dan Majestic! 

Ke Thailand akan terasa kurang lengkap kalau belum mengunjungi kuil-kuilnya yang cantik. Dengan mayoritas penduduknya beragama Buddha, kuil bisa ditemukan dengan mudah di seluruh penjuru negeri. Kuil indah nan megah di Thailand bakal bikin kamu terkagum-kagum.

Desain setiap kuil juga nggak monoton. Ukiran, patung-patung, gambar yang bernuansa religi bisa kamu temukan dan percaya deh, semuanya terlihat menarik dan tentu saja Instagramable!

Jadi, pastikan ada beberapa kuil di dalam rencana perjalanan kamu di Thailand. Biar nggak bingung, simak ulasan dibawah ini ya.

10 Kuil Terindah di Thailand, Unik dan Instagrammable! 

Ada ribuan kuil di Thailand dan ada banyak kuil indah yang nggak akan membuatmu menyesal saat mengunjunginya. Pemandangan indah, bangunan yang terlihat kokoh dengan pagoda menjulang tinggi berkilauan ditimpa sinar matahari tuh wow banget.

tiket.com udah merangkum nih kuil mana saja yang wajib kamu kunjungi saat liburan ke Negeri Gajah Putih. Silakan dibaca!

1. Sanctuary of Truth

Berlokasi di Pattaya, tempat ini lebih tepat dikatakan sebagai bangunan keagamaan dengan patung dan pahatan berdasarkan ajaran Buddha dan mitologi Hindu.

Bangunan Sanctuary of Truth terbuat dari kayu dan luar biasa megahnya dengan arsitektur yang rumit, pahatan-pahatan yang sangat artistik dengan detail yang akan membuat kamu nggak berhenti berdecak kagum. Bisa dibilang kalau sanctuary ini merupakan sebuah Maha Karya!

Dibangun sejak tahun 1981, bangunan ini tingginya 345 meter dan luasnya sekitar 2113 meter persegi. Pembangunan Sanctuary of Truth masih berlanjut sampai sekarang dan diperkirakan selesai pada tahun 2050.

Lokasi          : 206/2 Village No. 5, Pattaya-Naklua Road, Bang Lamung District, Chon Buri 20150, Thailand

Jam Buka     : 08.00-18.00

TIket Masuk : 500 baht

2. Wat Phra That Lampang Luang

Sumber: Shutterstock.com

Kuil ini merupakan salah satu kuil di Chiang Mai yang masih tradisional dan bisa membawa kamu serasa berada di zaman dulu. Bangunan Wat Phra That Lampang Luang dibangun di abad ke-15.

Saat masuk ke dalam kuil, kamu akan melewati sepasang patung singa dan naik ke tangga naga sampai ketemu sebuah gerbang yang besar. Halaman kuil juga masih berupa pasir lho, sobat tiket.

Atraksi utama di kuil ini adalah stupa setinggi 45 meter dengan dua kuil di kiri kanannya dan aula untuk berdoa di depan. Kamu pasti akan terkagum-kagum melihatnya!

Lokasi          : 271 Moo 2 Lampang Luang, Ko Kha District, Lampang 52130

Jam Buka    : 07.30-17.00

TIket Masuk : Gratis

3. Wat Rhong Kun

Kuil ini berbeda dari kuil yang lain di Thailand karena keseluruhan bangunan kuil berwarna putih dan arsitekturnya nggak biasa. It’s majestic, guys!

Kuil ini berlokasi di Chiang Rai, warnanya putih dengan arsitektur yang super keren banget. Pada saat kamu mau memasuki kuil kamu harus melewati jembatan dengan banyak patung-patung tangan dan tengkorak yang menggambarkan jiwa yang terperangkap di neraka.

Setelah itu kamu akan melewati patung dua iblis penjaga dan ada gambar Buddha melayang di atas teratai sebagai simbol kemurnian diri. Gimana? Mantap sekali kan konsepnya, sobat tiket.

Di sekeliling kuil juga ada danau yang memantulkan bangunan kuil ini. Luar biasa lah pokoknya. Artistik dan nggak seperti kuil pada umumnya!

Karena ke kuil, kamu harus berpakaian sopan ya dan ornamen-ornamen di kuil nggak boleh disentuh.

Lokasi       : Pa O Don Chai, Chiang Rai District, Chiang Rai 57000

Jam Buka : 08.00-17.00

Tiket          : 50 baht/orang

4. Wat Chalong

Merupakan kuil terbesar di Phuket, Wat Chalong ini kuil paling populer di kalangan wisatawan mancanegara yang lagi di Phuket. Ada beberapa bangunan dalam kompleks Wat Chalong yang bisa kamu jelajahi.

Ada stupa setinggi 60 meter yang melindungi bagian tulang Buddha. Konon, sepotong tulang Buddha itu dibawa dari Sri Lanka dan disimpan di dalam stupa pada tahun 2002.

Di kuil ini kamu juga bisa belajar banyak karena ada lukisan yang menggambarkan momen penting dalam perjalanan hidup Buddha. Luar biasak!

Lokasi      : 70 Moo 6, Chao Fah Tawan Tok Rd, Tambon Chalong, Amphoe Mueang Phuket, Chang Wat Phuket 83130

Jam Buka : 07.00-17.00

Tiket          : Gratis

5. Wat Pa Maha Chedi Kaew

Sumber: Shutterstock.com

Nama lain dari Wat Pa Maha Chedi Kaew adalah Temple of a Million Bottles. Seperti namanya, kuil Buddha ini dibangun dengan botol bir! Yes, beer!

Jadi, sekitar tahun 1984, para biksu Buddha di Sisaket gerah dengan banyaknya sampah berserakan di daerah tersebut. Nah, untuk mempromosikan daur ulang dan sekaligus membersihkan sampah di sana, mereka meminta orang-orang untuk menyumbangkan botol bir yang sudah kosong untuk membangun kuil.

Kuil ini terbuat lebih dari 1,5 juta botol! Luar biasa banget kan. Kuil ini berwarna hijau berkilauan karena botol bir yang disusun sampai membentuk bangunan.

Lokasi       : Si, Khun Han District, Si Sa Ket 33150

Jam Buka : 08.00-17.00

Tiket          : Gratis

6. Wat Phra Kaew

Terletak di dalam Grand Palace, kuil ini berwarna keemasan dan merupakan salah satu kuil terpenting di Thailand. Kalau lagi di Bangkok, harus deh eksplor istana dan kuil ini.

Ada lebih dari 100 bangunan lho di kompleks kuil. Ukiran-ukiran di bangunan terlihat rumit dan luar biasa. Kamu pasti kagum deh melihatnya. Di sini juga ada patung Buddha Zamrud yang dipakaikan baju yang terbuat dari emas murni!

Kamu bisa seharian lho jelajah Grand Palace dan Wat Phra Kaew ini. Tempat ini sangat populer di kalangan wisatawan. Banyak spot foto yang nggak akan habis-habis deh. Siapkan memori yang cukup yak!

Lokasi         : Na Phra Lan Rd, Khwaeng Phra Borom Maha Ratchawang, Khet Phra Nakhon, Krung Thep Maha Nakhon 10200

Jam Buka    : 08.30 – 15.30

Tiket Masuk : 500 baht

7. Wat Phra That

Ini adalah kuil yang letaknya di puncak gunung di Taman Nasional Doi Suthep di Chiang Mai. Berwarna keemasan, kuil ini merupakan salah satu kuil tersuci di utara Thailand.

Untuk mencapai kuil, kamu bisa naik sekitar 309 anak tangga. Kalau merasa tak sanggup, kamu bisa naik lift. Sampai di atas kamu akan terkagum-kagum melihat bangunan kuil yang begitu megah berkilauan tertimpa cahaya matahari.

Katanya sih kuil ini awalnya ditemukan tahun 1383! Terus diperluas dan diperbaiki sehingga bisa semegah sekarang. Dari sini kamu juga bisa melihat pemandangan Chiang Mai dari ketinggian. Sejuk dan hijau!

Lokasi          : 9 Moo 9, Mueang Chiang Mai District, Chiang Mai 50200

Jam Buka    : 05.00 – 21.00

Tiket Masuk : 30 baht

8. Wat Arun

Sumber: Shutterstock.com

Bangunan megah berwarna putih pucat ini berada di pinggir sungai Chao Phraya di Bangkok. Dibangun sejak abad ke-18, kuil ini sekilas akan mengingatkanmu akan Candi Prambanan.

Wat Arun memiliki pagoda tertinggi di Thailand yang mencapai 79 meter yang melambangkan Gunung Meru, pusat kosmologi dunia dalam kepercayaan agama Buddha. Kuil ini juga merupakan salah satu tempat ibadah utama bagi umat Buddha.

Selain berkeliling kuil, kamu juga bisa dong bersantai sambil melihat sungai Chao Phraya yang cukup bersih tanpa sampah!

Lokasi          : 158 Thanon Wang Doem, Khwaeng Wat Arun, Khet Bangkok Yai, Krung Thep Maha Nakhon 10600

Jam Buka    : 08.00 – 18.00

Tiket Masuk : 50 baht

9. Wat Rong Seur Ten

Merupakan kuil Buddha modern, Wat Rong Seur Ten ini berwarna biru cerah! Terletak di Chiang Rai, kuil unik ini merupakan karya seniman nasional Thailand yang merupakan murid arsitek Wat Rong Khun di Chiang Mai!

Wat Rong Seur Ten berlokasi di area yang dulunya merupakan habitat harimau makanya terjemahan nama kuilnya adalah Rumah Harimau Menari. Unik yah.

Bangunan kuil utamanya sendiri baru selesai dibangun tahun 2016. Warna dominan bangunannya adalah biru dan emas. Pokoknya beda dari kuil-kuil pada umumnya. Asiknya lagi, kuil ini belum banyak pengunjung. Jadi kamu bisa eksplor dan foto-foto sampai puas dengan lebih bebas.

Lokasi          : 306 Moo 2, Maekok Road, T Rim Kok, Chiang Rai

Jam Buka    : 06.00 – 18.00

Tiket Masuk : Gratis

10. Wat Pho

Wat Pho merupakan salah satu kuil tertua di Bangkok. Di sini ada patung Buddha yang sedang berbaring ke arah samping dengan menopangkan tangan kanannya di kepala seperti sedang bersantai.

Patung Buddha ini tingginya 15 meter dan panjangnya 46 meter berwarna keemasan. Banyak yang bilang Wat Pho sebagai kuil Buddha tidur! Kebanyakan wisatawan yang kesini pasti mau foto dengan latar patung Buddha yang posenya nggak biasa ini.

Kamu juga bisa menemukan 108 patung Buddha berukuran sedang berjajar dengan rapi di kuil serta 108 mangkuk perunggu yang mewakili 108 karakter mulia sang Buddha.

Lokasi          :  Sanam Chai Rd, Khwaeng Phra Borom Maha Ratchawang, Khet Phra Nakhon, Krung Thep Maha Nakhon 10200

Jam Buka    : 08.00 – 18.30

Tiket Masuk : 100 baht

Luar biasa kan kuil-kuilnya. Kalau kamu suka mengunjungi kuil, bisa nih saat ke Jepang mampir ke Kuil Shinto Fushimi Inari Taisha yang memiliki 10.000 gerbang merah. Tentu saja, kemanapun liburanmu pesan tiket pesawat di tiket.com ya. Happy holidays!