,

Pesona Indah Klenteng Eng An Kiong, Liburan Sambil Wisata Budaya

Pesona keindahan kota Malang tak lepas dari sejarah dan budaya yang dimilikinya. Salah satu tempat yang bisa jadi tujuan adalah Klenteng Eng An Kiong. Klenteng ini memiliki catatan sejarah dan budaya yang menarik untuk ditelusuri. Pas banget buat kamu yang mau liburan sambil belajar. 

Klenteng Eng An Kiong berada tepat di pusat kota, tepatnya di Jl. Laksamana Martadinata, Kota Lama, Malang. Posisi klenteng ini berdampingan dengan Pasar Besar, salah satu destinasi wisata belanja yang terkenal di kota ini. 

Bangunan bersejarah ini memiliki daya tarik yang terlihat dari struktur bangunannya yang khas. Saat sampai di kawasan klenteng, kamu akan disambut dengan sebuah gapura tinggi dengan warna yang mencolok dan berbeda dari bangunan lain di sekitarnya. 

Selain menjadi tempat ibadah, klenteng ini juga menjadi pusat kegiatan budaya Tionghoa yang ada di kota Malang. Mau tahu aktivitas seru yang bisa dilakukan di sini? 

Klenteng Tertua di Kota Malang

Sumber: shutterstock.com

Jika melihat struktur bangunannya yang masih kokoh, sobat tiket tentu takkan menyangka, usia klenteng ini sudah menginjak angka 193 tahun. Inilah mengapa, klenteng ini menjadi salah satu gedung lawas yang akan menjadi cagar budaya di Malang. 

Klenteng ini kabarnya didirikan pada tahun 1835 oleh Letnan Kwee Sam Hway, keturunan ketujuh dari Jenderal di masa Dinasti Ming, Tiongkok. Struktur dan bentuk bangunan klenteng ini sekilas mirip dengan bangunan yang ada di Tiongkok, lengkap dengan pilar pilar tinggi dan ornamen khasnya. 

Meski nuansa khas Tiongkok ini begitu terasa, Klenteng Eng An Kiong ini juga memiliki unsur Eropa di bagian kerangka bangunannya. Kamu yang datang ke klenteng ini juga akan dimanjakan dengan berbagai lukisan dengan nilai seni yang tinggi, yang membuat klenteng ini semakin indah.

Selain klenteng ini, masih banyak bangunan bersejarah di kota Malang yang bernilai sejarah dan budaya tinggi. Bangunan bersejarah ini bisa menjadi salah satu daya tarik dari kota Malang, agar semakin ramai didatangi pengunjung.

Tempat Ibadah Lintas Agama

Sumber: shutterstock.com

Selain struktur bangunannya yang khas, Klenteng Eng An Kiong juga terkenal sebagai Klenteng Tri Dharma. Ini artinya, klenteng ini bisa digunakan sebagai tempat ibadah untuk 3 agama berbeda, yakni Budha, Tao, dan Konghucu.

Keberagaman budaya dan agama di klenteng ini menjadi salah satu hal unik yang menarik perhatian pengunjung yang datang. Kamu bisa melihat tiga ritual keagamaan yang berbeda di dalam satu tempat. Nama Eng An Kiong sendiri memiliki arti yang cukup dalam, yakni Istana Keselamatan Abadi. 

Sebagai tempat ibadah lintas agama dan objek wisata budaya ikonik di Malang, klenteng ini dilengkapi dengan area parkir luas, yang cukup untuk menampung kendaraan dari pengunjung dan jemaat yang beribadah. Nggak perlu takut kehabisan parkir ya, sobat tiket! 

Pembangunan Klenteng Eng An Kiong dibagi menjadi dua periode. Periode pertama dilakukan pada tahun 1835, dengan membangun ruang tengah dan ruang ibadah ini, yang kemudian dilanjut dengan pembangunan unsur lain dari tahun 1895 dan 1934 yang dilakukan secara bertahap. Meskipun sudah berusia hampir 2 abad, struktur bangunan yang ada di klenteng ini masih kokoh dan terjaga. 

Suasana tenang dan sakral bisa kamu rasakan saat masuk ke area klenteng. Warna merah dan emas menjadi warna dominan yang menambah kesakralan bangunan seluas kurang lebih 5000 meter ini. Di salah satu sudut, terdapat kolam ikan dengan koleksi ikan koi cantik yang semakin memberikan nuansa khas dan unik di tempat ini. 

Tradisi Budaya di Klenteng Eng An Kiong

Sumber: shutterstock.com

Hingga saat ini, Klenteng Eng An Kiong masih menjadi tempat ibadah dan pusat kegiatan agama dan budaya Tionghoa di Malang. Selain beribadah, kamu juga bisa menikmati suguhan pertunjukkan unik, salah satunya Wayang Potehi.

Wayang Potehi adalah salah satu kesenian khas dari Tiongkok yang terbuat dari kain dan digerakkan dengan menggunakan tangan. Saat datang ke Klenteng Eng An Kiong, kamu bisa melihat area yang biasa digunakan untuk melakukan pertunjukkan ini. Terasa seperti menonton pertunjukkan wayang golek! 

Tak hanya menyaksikan pertunjukkan wayang khas Tiongkok, di sini kamu juga bisa diramal lho! Para pengunjung dan wisatawan yang datang bisa melakukan Chiam Si atau ramalan keberuntungan yang bisa jadi opsi unik dan menarik untuk dilakukan di area klenteng ini. Cocok banget untuk sobat tiket yang hobi wisata budaya.

Selain itu, klenteng ini juga memiliki ritual dan upacara keagamaan yang rutin diadakan di tempat ini. Salah satu yang menarik perhatian adalah upacara Sedekah Bumi yang diadakan setiap tanggal 7 bulan 15 di bulan Lunar. Selain mengucap syukur kepada leluhur, momen ini juga diisi dengan pembagian sembako kepada pengunjung yang datang beribadah hingga masyarakat sekitar. 

Pada perayaan Cap Go Meh, klenteng ini juga menyediakan makanan khas seperti lontong, ayam, telur, dan sayur rebung. Makanan ini akan dihidangkan untuk semua pengunjung yang datang dan merayakan hari terakhir dari masa perayaan tahun baru Imlek. 

Jika sewaktu-waktu hendak berkunjung, sobat tiket bisa langsung datang dan menikmati keindahan dan keunikan yang ada di klenteng ini. Untuk menjaga kekhusyuan ibadah di klenteng ini, pihak pengelola memberlakukan peraturan untuk tidak mengambil foto di sekitar area klenteng. 

Setelah puas berkeliling, kamu bisa melakukan banyak aktivitas seru di objek wisata yang ada di sekitar Klenteng Eng An Kiong seperti wisata belanja Pasar Besar, bersantai di Alun-Alun Malang, atau mencicipi kenikmatan Rawon Nguling yang legendaris. 

Rekomendasi Wisata Seru Malang di Akhir Pekan

Sumber: shutterstock.com

Berkunjung ke kota Malang nggak akan bikin kamu kehabisan ide liburan. Terdapat banyak pilihan objek wisata seru yang bisa dikunjungi bersama teman, keluarga, hingga pasangan. Segala jenis wisata bisa kamu nikmati di kota ini. Mulai dari wisata alam, wisata kuliner, hingga wisata budaya yang unik banget. 

Mengagumi keindahan alam di kota Malang juga bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kalau kamu suka dengan udara sejuk pegunungan, kamu bisa mengunjungi berbagai objek wisata seperti Coban Putri, Coban Rondo, dan lainnya. 

Untuk sobat tiket yang suka pantai, ada banyak pilihan Rekomendasi Wisata Pantai di Malang dengan panorama yang menakjubkan. Ke mana saja destinasinya, liburan ke Malang akan selalu menyenangkan. Apalagi kalau berlibur bersama keluarga besar. Liburan jadi lebih berkesan. 

Liburan bersama keluarga besar ke Malang jadi lebih mudah dengan menyewa mobil di tiket.com. Ada banyak pilihan mobil dengan berbagai kapasitas, yang bisa disesuaikan dengan jumlah keluarga yang ikut liburan. Tersedia juga jasa supir yang siap mengantar kamu ke berbagai destinasi seru di kota ini. Ayo segera agendakan liburan bersama keluarga!