,

Keindahan Alam Situ Patenggang, Spot Romantis Bikin Jatuh Cinta! 

Buat sobat tiket generasi 90-an tentu masih ingat adegan romantis Acha Septriasa dan Irwansyah saat mengarungi danau di Film Heart, kan? Suasana romantis di Situ Patenggang yang terlihat di adegan itu begitu membekas dan berkesan di hati para penonton. 

Jika kamu ingin merasakan langsung suasana seperti di film itu, kamu bisa mengunjungi Situ Patenggang yang ada di Ciwidey, bandung Selatan. Ada Apa saja sih kira-kira di sana?. 

Cara Menuju Situ Patenggang

Sumber: shutterstock.com

Situ Patenggang berada di Jl. Raya Ciwidey – Patengan KM 39, Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung. Bagi sobat tiket yang berangkat dari kota Bandung harus menempuh jarak sekitar 48,5 km dengan waktu tempuh kurang lebih satu setengah jam saat tidak macet.

Untuk menuju ke lokasi, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Lokasinya sangat mudah diakses, jadi sobat tiket tidak perlu cemas dan takut tersesat ya! 

Kendaraan Pribadi 

Jika sobat tiket berencana membawa kendaraan pribadi bisa mengambil arah ke Ciwidey dan mengikuti petunjuk jalan yang mengarah kamu ke Situ Patenggang. Jika kamu berasal dari Jakarta, ada beberapa rute yang bisa kamu lewati. 

Pertama, kamu bisa lewat tol Cipularang dan keluar di Pintu Tol Kopo. Setelah itu arahkan kendaraan ke arah Soreang dan dilanjutkan sampai ke Ciwidey. Lokasi Situ Patenggang hanya berjarak kurang lebih 16 km dari Soreang. 

Selain lewat Pintu Tol Kopo, kamu juga bisa menggunakan Jalur Tol Buah Batu ke arah Banjaran, yang akan mengarahkan perjalanan ke Soreang. Opsi lainnya bisa ditempuh melalui Pintu Tol Leuwi Gajah. Dari Pintu Tol Leuwigajah, kamu bisa mengarahkan kendaraan ke arah Soreang, Ciwidey, dan mengikuti petunjuk jalan hingga sampai ke Situ Patenggang. 

Kendaraan Umum

Buat sobat tiket yang berencana memulai perjalanan dari kota Bandung bisa menaiki Bus jurusan Bandung-Ciwidey yang ada di Terminal Leuwi Panjang. Setelah sampai di Terminal Ciwidey, lanjutkan perjalanan dengan menaiki angkutan kota (angkot) jurusan Ciwidey-Rancabali yang berwarna kuning. 

Jika kamu datang dari luar Bandung, kamu bisa menaiki Bus antar kota ke arah Terminal Leuwi Panjang. Setelah sampai di Terminal Leuwi Panjang dan menaiki angkutan umum yang mengarahkan kamu langsung ke Situ Patenggang.

Pesona Indah Situ Patenggang yang Bikin Nyaman

Sumber: shutterstock.com

Terletak di Selatan Bandung, danau yang terletak di ketinggian sekitar 1.600 meter di atas permukaan laut ini menyajikan pemandangan yang tiada duanya. Kamu yang datang berkunjung akan langsung terpikat dengan pesona indah danau ini. 

Berada di dataran tinggi Ciwidey, wajar saja rasanya bila sobat tiket yang berkunjung langsung disambut dengan sapuan kabut dan sejuknya udara pegunungan. Selain itu, siapkan mata untuk melihat pesona hamparan kebun teh hijau dan deretan pohon pinus yang mengelilingi danau seluas kurang lebih 45.000 hektar ini. 

Pesona indah yang dimiliki oleh Situ Patenggang bisa jadi obat jitu untuk sobat tiket ya penat dengan kepadatan kota. Kamu bisa santai dan mengistirahatkan tubuh dan pikiran, untuk kembali segar dan siap melanjutkan aktivitas harian yang terkadang membosankan. Apa saja ya yang menarik? 

Santai Seharian di Situ Patenggang

Sumber: shutterstock.com

Menyegarkan kembali tubuh dan pikiran bisa jadi solusi tepat untuk sobat tiket yang lesu dan kurang semangat kerja, lho! Kalau sedang berkunjung ke kota kembang, destinasi yang bisa dijadikan pilihan adalah Situ Patenggang. Selain menikmati keindahan alam, kamu juga bisa melakukan hal lain di area wisata hits ini. Apa saja? Ayo simak ulasannya. 

1. Batu Cinta di Pulau Asmara

Selain terkenal dengan keindahan alam yang mempesona, nama Situ Patenggang juga terkenal karena mitos yang ada di balik namanya. Situ Patenggang berasal dari kata “Patengan” yang diambil dari istilah dalam Bahasa Sunda “Pateang-teangan” yang memiliki arti “Saling Mencari”. 

Nama ini juga dikaitkan dengan Legenda Batu Cinta, yang menjadi salah satu spot yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Batu Cinta terletak di Pulau Asmara, yang berada di tengah Situ Patenggang. Di pulau ini, sobat tiket dapat menemukan Batu Cinta, yang diyakini merupakan simbol dari kisah cinta Dewi Rengganis dan Ki Santang yang jadi kepercayaan masyarakat sekitar.

Selain karena mitos tersebut, kawasan Pulau Batu Cinta ini ramai pengunjung karena spot ini menyajikan pemandangan Situ Patenggang yang menakjubkan. Kalau ingin mendapat pemandangan yang lebih memukau, sobat tiket bisa menyewa jasa naik perahu yang disediakan di area pulau. Sambil mengarungi perahu di sekitar danau, kamu bisa menikmati momen romantis bersama orang terkasih. 

2. Restoran Pinisi

Restoran yang satu ini juga menjadi daya tarik yang membuat Situ Patenggang ramai pengunjung. Memiliki desain menyerupai kapal Pinisi yang berlayar di lautan, restoran ini justru berada di tengah perkebunan teh yang langsung menghadap ke Situ Patenggang. Pemandangannya nggak usah diragukan lagi, indah banget deh! 

Selain dapat menikmati pemandangan Situ Patenggang dari ketinggian, sobat tiket juga bisa mencicipi makanan khas kota kembang yang dijual di restoran ini. Berbagai macam menu mulai dari makanan pembuka, makanan utama, hingga makanan penutup bisa kamu nikmati dengan harga yang terjangkau. 

Setelah puas makan-makan, jangan lupa abadikan momen kamu di atas restoran unik ini. Hasil foto selfie kamu dijamin akan semakin sempurna dengan pemandangan indah Situ Patenggang sebagai latarnya. Pasang senyum dan pose terbaikmu ya, sobat tiket! Jika ingin mampir dan makan di Restoran Pinisi, ada baiknya melakukan reservasi terlebih dahulu, ya. 

3. Glamping Lakeside Rancabali

Aktivitas yang satu ini sedang hits dan populer di kalangan warga Bandung. Pengalaman berkemah di tenda yang mewah dengan fasilitas yang lengkap ternyata bisa membuat agenda liburan jadi semakin tak terlupakan. 

Glamping Lakeside Rancabali menawarkan pengalaman berkemah yang beda dari yang biasa. Selain tenda yang mewah dan dilengkapi dengan fasilitas seperti kasur, selimut, kamar mandi dalam, dan api unggun, area ini juga menawarkan indahnya pemandangan Situ Patenggang saat membuka mata. 

Terdapat empat tipe kamar yang bisa kamu pilih, yakni Sayang Heulang Resort, Lakeside Tent Resort, Family Tent Resort, dan Keong Tent Resort. Masing-masing tipe kamar memiliki kapasitas dari 2 hingga 8 orang. Cocok banget untuk kamu yang berlibur bersama teman maupun keluarga besar. 

Selain Glamping, masih banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sini. Mulai dari bermain di Taman Angsa dan Taman Pakis, berfoto di Jembatan Pinisi, hingga menikmati hamparan bintang dan lampu kota Bandung di Teras Bintang, semuanya bisa disesuaikan dengan itinerary kamu, kan? 

Liburan Sambil Santai di Kota Kembang

Selain cocok untuk liburan santai bareng keluarga, Situ Patenggang juga bisa jadi destinasi jalan-jalan bersama pasangan, lho! Selain itu, masih banyak Spot Romantis di Bandung yang bisa bikin hubungan dengan pasangan semakin harmonis. 

Liburan di Bandung lebih nyaman kalau bawa kendaraan sendiri. Nggak perlu repot, cukup sewa mobil di tiket.com aja! Tersedia berbagai pilihan mobil beserta supir yang siap mengantar sobat tiket keliling kota kembang Tunggu apa lagi? Ayo segera rencanakan liburan di kota ini.