,

Bercengkrama dengan Satwa di Kebun Binatang Tertua Jepang, Seru!

Apa yang pertama kali terlintas saat mendengar kata kebun binatang di Jepang? Apakah monyet liar yang masuk ke onsen (pemandian alam air panas)? Panda merah lucu dengan lingkaran mata hitam? Atau harimau Sumatera yang jadi daya tarik dunia? Semua satwa tersebut bisa kamu jumpai di Kebun Binatang Ueno.

Terletak di bagian utara kota Tokyo, kebun binatang ini memiliki koleksi hewan yang lengkap dibandingkan kebun binatang lainnya di Tokyo. Kebun binatang ini juga dikenal menempatkan beruang panda pertama di Jepang. Penasaran bagaimana serunya liburan di Kebun Binatang Ueno? Baca sampai habis, ya!

Tempat Berkumpulnya Satwa Langka dan Lucu

Dibuka pada tahun 1882, Kebun Binatang Ueno kerap menjadi tujuan wisata yang banyak diminati turis lokal maupun internasional. Lebih dari 3 juta orang mengunjungi tempat ini setiap tahunnya. Kebun binatang ini mencapai jumlah pengunjung tertinggi di Jepang ini adalah kebun binatang yang pertama kali dibangun di Jepang.

Sekitar 460 spesies dengan sekitar 2600 satwa dimiliki oleh Kebun Binatang Ueno. Kebun binatang dengan luas sekitar 14 hektar ini dibagi menjadi 2, bagian timur dan barat. Gerbang depan terletak di bagian timur. Pada bagian timur kamu akan menemukan pagoda berlantai 5 yang dibangun pada tahun 1631.

Sumber: Shutterstock.com

Bagian timur dilengkapi dengan burung Jepang dan satwa liar. Sedangkan di bagian barat adalah tempat satwa reptil hidup dan tumbuh, Kolam Shinobazu dan kids zoo. Menjelajah Kebun Binatang Ueno bisa dengan berjalan kaki atau menggunakan monorel. Monorel di tempat ini adalah monorel pertama di Jepang, lho. 

Satwa Spesies Endemik Jepang

Beberapa satwa di Kebun Binatang Ueno adalah spesies endemik Jepang, artinya satwa tersebut hanya ada di Jepang. Nihon Kamoshika atau serow Jepang adalah salah satunya. Mamalia dengan kuku genap ini termasuk dalam kategori langka dan dipandang sebagai simbol nasional Jepang.

Dari kelompok unggas, Tancho menjadi primadonanya. Sejenis burung bangau dengan mahkota merah memiliki mata yang tajam bisa kamu lihat langsung di Kebun Binatang Ueno. Berikutnya adalah oosansho-uo. Itu adalah ikan dengan ukuran besar yang biasa disebut salamander. 

Sumber: Shutterstock.com

Kera Jepang populer karena tingkahnya saat di onsen (pemandian air panas alam). Kamu juga bisa menemukan kera Jepang di Kebun Binatang Ueno. Kera dengan wajah kemerahan dan bulu coklat muda ini sering disebut monyet salju. Tertarik untuk melihat langsung? Unduh aplikasi tiket.com sekarang dan pesan tiket pesawat ke Jepang.

Satwa Langka di Dunia

Kuda nil, panda, dan okapi adalah tiga satwa langka yang ada di Kebun Binatang Ueno. Kuda nil dengan tubuhnya yang besar mampu bertahan hidup dan dikembang biakkan di kebun binatang ini. Panda lucu ternyata juga termasuk dalam barisan satwa langka di dunia karena semakin menipis populasinya.

Sumber: Shutterstock.com

Bagi sobat yang penasaran dengan okapi, okapi adalah mamalia dengan sebagian kulit belang mirip zebra. Okapi juga mirip dengan jerapah yang memiliki leher panjang. Satwa langka ini berasal dari hutan hujan Ituri di Afrika Tengah. Jika kamu ingin berinteraksi dengan gajah, coba kunjungi elephant sanctuary di Thailand.

Waktu terbaik untuk mengunjungi kebun binatang ini adalah pukul 11-12 siang. Pada waktu itu petugas sedang memberi makan panda. Sebuah momen langka yang patut diabadikan. Satwa lain seperti harimau, burung, gajah, dan zebra bisa sobat tiket lihat langsung saat mengunjungi kebun binatang Ueno. 

Cara ke Kebun Binatang Ueno

Memanfaatkan kereta di Jepang adalah cara terbaik menuju Kebun Binatang Ueno. Sobat tiket hanya perlu berjalan kaki sekitar 5 menit dari Stasiun Ueno jalur JR tenggara atau Stasiun Keisei Ueno. Kamu bisa menggunakan rute Tokyo ke Metro Ginza, Hibiya ke Stasiun Ueno, atau Toei Oedo ke Stasiun Okachimachi Ueno.

Jika terpaksa menggunakan kendaraan pribadi, kamu harus menggunakan tempat parkir berbayar di sekitar Kebun Binatang Ueno. Kamu juga bisa memanfaatkan tempat parkir di Taman Ueno dengan biaya sebesar 400* yen untuk satu jam pertama dan 200* yen pada setiap 30 menit berikutnya.

*Harga saat tulisan ini dibuat dan dapat berubah sewaktu-waktu

Informasi Penting Kebun Binatang Ueno

Sebagai oleh-oleh, sobat tiket bisa membeli barang-barang khas Kebun Binatang Ueno di dekat pintu keluar. Jangan lupa untuk tetap mematuhi peraturan yang berlaku selama di kebun binatang untuk menciptakan kenyamanan bersama. Berikut ini beberapa informasi penting tentang Kebun Binatang Ueno yang bisa kamu manfaatkan.

Lokasi: 9-83 Ueno Koen, Taito-ku, Tokyo-to

Harga tiket masuk: mulai dari 200 yen hingga 600 yen (harga saat tulisan ini dibuat dan dapat berubah sewaktu-waktu)

Jam operasional: 9.30 am-5.00 pm

Hari libur: Senin (jika hari senin adalah hari libur nasional, maka libur menjadi hari berikutnya), serta pada akhir tahun dan akhir tahun (29 Desember-1 Januari) tempat ini tutup.

Bahasa di peta Kebun Binatang Ueno: bahasa Inggris, Mandarin, dan Korea

Stasiun terdekat: Stasiun Ueno jalur JR tenggara atau Stasiun Keisei Ueno

Informasi lengkap dari tiket.com ini bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Sobat tiket bisa menanyakan kepada biro perjalanan atau mencari informasi terkini tentang Kebun Binatang Ueno saat akan berangkat ke Jepang. 

Aktivitas Menarik di Ueno

Setelah bercengkrama dengan satwa di Kebun Binatang Ueno, sobat tiket masih bisa menikmati keindahan Ueno dengan berbagai aktivitas menyenangkan. Sobat tiket bisa memesan hotel di daerah Ueno melalui tiket.com untuk harga yang terjangkau. Berikut ini beberapa aktivitas yang patut dicoba ketika liburan di Ueno.

Nikmati Pandama. Cemilan populer Pandama dari Funama hanya bisa didapatkan di Stasiun Ueno. Berbentuk panda lucu yang terinspirasi dari bentuk panda di Kebun Binatang Ueno, kue ini rasanya manis. Selai dibungkus dalam adonan agar-agar yang berkilau dikemas mewah cocok sebagai oleh-oleh.

Belanja di Takeya. Terdapat 8 bangunan di kawasan ini. Untuk memudahkan pengunjung, setiap bangunan diisi sesuai kategori produk yang dijual. Bagi wisatawan asing, layanan free tax diberikan untuk kamu yang doyan belanja. Buka mulai pukul 10 pagi, kawasan ini hampir tidak pernah sepi pengunjung. Siapkan daftar belanja kamu!

Mengunjungi Kuil Hanazono Inari Jinja. Kuil yang bisa ditempuh dengan waktu 5 menit berjalan kaki dari Stasiun Ueno ini dipercaya kuat sebagai kuil perjodohan. Senbon torii (seribu buah torii atau gerbang kuil) berwarna merah dipadu hitam menyambut kedatangan sobat tiket. Penasaran?

Melihat langsung hewan di Kebun Binatang Ueno adalah hal yang menyenangkan. Ditambah wisata menarik lain di Ueno yang sayang jika dilewatkan. Bagaimana? Sudah menyiapkan tiket pesawat untuk liburan ke Jepang? Pesan tiket pesawat hanya di tiket.com dan nikmati berbagai fasilitas yang nyaman.

Banyak spot menarik di Jepang khususnya Ueno menanti kedatangan sobat tiket. Selain di Ueno, Jepang juga memiliki tempat romantis yang cocok untuk kamu dan pasangan yang sedang bulan madu. Jadwalkan mulai sekarang perjalanan ke Jepang dengan agenda yang menyenangkan!