,

Berinteraksi dengan Gajah di Thailand, Momen Langka yang Mengesankan!

Bermain pasir di pantai atau mengabadikan momen saat camping di gunung sudah pernah dilakukan? Aktivitas bersama hewan berbadan besar yang satu ini patut dicoba. Berinteraksi dan melihat kebiasaan gajah di Thailand bisa jadi alternatif aktivitas wisata yang tidak terlupakan.

Souvenir berbentuk gantungan kunci dengan warna warni mencolok sering menjadi pilihan wisatawan sebagai buah tangan setelah liburan di Thailand. Julukan Negeri Gajah Putih juga terus mengiringi perjalanan Thailand. Penasaran bagaimana akrabnya masyarakat Thailand dengan gajah? Simak ulasan dari tiket.com ini ya!

Keistimewaan Gajah di Mata Masyarakat Thailand

Gajah dalam bahasa Thailand disebut Chang. Daya tahan tubuh, kekuatan serta umur panjang gajah dikagumi oleh masyarakat Thailand. Bahkan gajah putih menjadi simbol pada bendera Siam (negara yang paling kuat di Indocina dan negara lama Thailand terbesar) tahun 1855-1916. Hal ini membuat gajah, khususnya gajah putih sangat dihormati.

Agama raja yang disahkan secara hukum di Thailand adalah Buddha Theravada. Dalam tradisi Buddha saat malam kelahiran Sang Buddha, ibunya diberi bunga teratai oleh gajah putih dalam mimpi. Gajah menjadi kendaraan perang bagi masyarakat Thailand sejak tahun 1500-an. 

Sumber: Shutterstock.com

Jumlah gajah menurun sejak awal abad 20-an dari sekitar 100.000 menjadi lebih kurang 5.000 ekor. Semula gajah dimanfaatkan untuk membawa kayu, sekarang beralih mengangkut wisatawan, tampil memukau dalam beberapa festival gajah, dan aktivitas wisata lainnya.

Melihat fenomena yang terjadi di Thailand tentang menurunnya jumlah gajah, membuat sedih ya. Sobat tiket tentu sangat setuju dengan liburan menyenangkan tanpa merusak alam. Berinteraksi positif dengan gajah adalah salah satu cara untuk menjaga keseimbangan alam. 

Berinteraksi penuh cinta dengan gajah di Elephant Jungle Sanctuary

Kebanyakan gajah berlindung di taman nasional karena habitat alaminya hilang akibat aktivitas penebangan hutan dan perburuan gajah. Gajah masih sering ditunggangi, bekerja terlalu keras bahkan diperlakukan secara kasar untuk memenuhi kebutuhan manusia. Ada beberapa suaka margasatwa yang khusus merawat gajah di Thailand.

EJS (Elephant Jungle Sanctuary) adalah salah satu wadah yang merawat serta menjaga kesejahteraan gajah. Sejak tahun 2014, EJS aktif mengedukasi masyarakat untuk menjaga Gajah Asia khususnya yang berada di Thailand. Tempat tinggal gajah dibuat dengan nyaman dan sesuai dengan habitat asli gajah.

Gajah yang sebelumnya dianiaya, kini dapat hidup tenang dan bebas. Tidak hanya gajah yang mendapatkan manfaat. Selama tur berlangsung, masyarakat sekitar juga mendapatkan pekerjaan, pendidikan bahkan dukungan finansial. Ternyata dengan mengikuti tur ini, banyak manfaat bagi makhluk ciptaanNya.

Sumber: Shutterstock.com

Pemandu wisata berbahasa inggris dengan fasih dan lancar akan menjelaskan secara rinci tentang gajah. Sobat tiket bisa menanyakan tentang cara berkembang biak hingga makanan favorit gajah. Tentunya akan menjadi momen menyenangkan yang tak terlupakan ya!

Kabar gembira bagi sobat tiket pecinta fotografi, karena bisa membawa kamera dan mengabadikan langsung serunya momen bersama gajah. Selain itu, EJS memiliki fotografer yang mengambil foto kegiatan kemudian diunggah di laman media sosialnya secara gratis.

Pilih Lokasi Jungle Elephant Sanctuary Favoritmu

Melihat bahkan menyentuh kulit gajah bisa kamu lakukan di sana. Selain itu, kamu juga bisa memberi makan gajah serta memandikannya. Ternyata, tidak hanya manusia yang melakukan spa. Gajah juga spa lho! Spa lumpur sebagai perawatan tabir surya bagi kulit gajah bisa kamu lihat secara langsung.

Bertemu dengan gajah di habitat aslinya jangan lupa untuk membawa topi, memakai krim pelembab kulit dan membawa baju ganti. Sudah tidak sabar berinteraksi dengan gajah? Berikut ini lokasi Jungle Elephant Sanctuary yang bisa kamu kunjungi.

Sumber: Shutterstock.com

Chiang Mai

Kota di utara Thailand ini bisa sobat tiket tempuh dengan perjalanan sekitar 1.5 jam menggunakan pesawat dari Bangkok. Di Chiang Mai Elephant Jungle Sanctuary, selain memiliki tur pagi dan sore juga ada tur harian. Tur sehari penuh dan Tur 2 hari 1 malam bisa membuat kamu berlama-lama dengan gajah.

Jadwal tur: pagi 6.30 am-12.30 pm, sore 1.30 pm-6.30 pm

Harga tiket: Tur pagi/sore dewasa (sekitar Rp800.000*), anak usia 4-10 tahun (sekitar Rp600.000*)

Tur sehari penuh dewasa (sekitar Rp1.100.000*), anak usia 4-10 tahun (sekitar Rp800.000*)

Tur 2 hari 1 malam dewasa (sekitar Rp2.300.000*), anak usia 4-10 tahun (sekitar Rp1.800.000*)

*Harga saat tulisan ini dibuat dan bisa berubah sewaktu-waktu

Phuket

Berkendara menggunakan bus, pesawat atau kereta api bisa sobat tiket lakukan dari Bangkok menuju Phuket. Terletak di bagian selatan Thailand, EJS Phuket memberikan pengalaman berbeda dengan adanya program love care learn dan play with poop. Kamu bisa lebih mengenal gajah secara mendalam di sini.

Jadwal tur: pagi 6.30 am-12.30 pm, sore 12.30 pm-5.30 pm

Harga tiket: Dewasa (sekitar Rp1.150.000*), Anak usia 4-10 tahun (sekitar Rp700.000*)

Tur sehari penuh dewasa (sekitar Rp2.200.000*), anak usia 4-10 tahun (sekitar Rp1.600.000*)

Tur 2 hari 1 malam dewasa (sekitar Rp3.900.000*), anak usia 4-10 tahun (sekitar Rp3.450.000*)

*Harga saat tulisan ini dibuat dan bisa berubah sewaktu-waktu

Pattaya

Berbeda dengan 2 lokasi sebelumnya, program tur di Pattaya EJS tersedia pagi dan sore. Selain bisa memberi makan gajah, sobat tiket bisa membuat kertas dengan bahan dasar kotoran gajah. Wah, aktivitas yang jarang ditemui di tempat lain dan tentunya akan jadi pengalaman tak terlupakan.

Jadwal tur: pagi 6.30 am-12.30 pm, sore 12.30 pm-5.30 pm

Harga tiket: Dewasa (sekitar Rp1.150.000*), Anak usia 4-10 tahun (sekitar Rp900.000*)

*Harga saat tulisan ini dibuat dan bisa berubah sewaktu-waktu

Samui

Perjalanan selama sekitar 20 menit dari bandara internasional Samui mengantarkan sobat tiket menuju Samui Elephant Jungle Sanctuary. Tersedia paket pagi dan sore untuk berinteraksi dengan gajah. Tentukan jadwal yang cocok untuk sobat tiket berkunjung ke EJS Samui.

Jadwal tur: pagi 7 am-11 am, sore 12 pm-4 pm

Harga tiket: Dewasa (sekitar Rp1.400.000*), Anak usia 4-10 tahun (sekitar Rp900.000*)

*Harga saat tulisan ini dibuat dan bisa berubah sewaktu-waktu

Fasilitas masing-masing paket berbeda dan disesuaikan dengan kebutuhan. Semua paket sudah termasuk makanan gajah, air mineral dan transportasi menuju lokasi (syarat dan ketentuan berlaku). Menariknya, selama tur sobat tiket menggunakan Karen-pakaian khas Thailand.

Setelah memesan tiket pesawat dari Indonesia ke Thailand di tiket.com yang punya harga spesial, kamu bisa merasakan menyentuh kulit gajah secara langsung. Kesempatan menyenangkan untuk berinteraksi dengan gajah tentunya menjadi momen istimewa tak terlupakan. Mengenal hewan dengan belalai panjang ini memang mengasyikkan.  

Selain aktivitas ini, ada berbagai hal lain yang sobat tiket bisa lakukan di Thailand seperti shopping karena banyak tempat yang menjual souvenir unik dan murah di sana. Liburan ke Thailand memang mengasyikkan karena sangat ramah di kantong!