,

Tips Liburan Menyenangkan Sambil Menjaga Kelestarian Lingkungan

Belakangan ini, sudah semakin banyak wisatawan yang semakin sadar dengan betapa pentingnya menjaga kelestarian alam. Semakin sering melihat keindahan dunia, semakin sadar pula bahwa keindahan itu harus bisa diwariskan ke generasi yang akan datang.

Kalau sobat tiket bagaimana? Apakah kamu juga termasuk orang yang peduli dengan kelestarian lingkungan? Nah, kali ini tiket.com mau kasih beberapa tips mengenai apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kelestarian alam sambil liburan.

Cara Mudah Menjaga Kelestarian Alam Sambil Menikmati Liburan

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap menjaga keindahan dari tempat yang kamu kunjungi selama liburan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan dan bagikan ke teman-teman seperjalanan kamu. Kuy, simak!

1. Bawa Barang Seperlunya

Jadwal keberangkatan buat liburan sudah semakin dekat. Sobat tiket mulai packing dan memasukkan semua barang yang kamu butuhkan ke dalam tas atau koper. Tapi perlu diketahui nih, banyaknya barang yang kamu bawa bisa berpengaruh sama lingkungan. Lho, kok bisa?

Kamu mungkin ingin memasukkan seluruh isi lemari ke dalam koper. Tapi nyatanya, semakin banyak barang yang kamu bawa, maka efisiensi bahan bakar dari kendaraan yang kamu tumpangi pun akan berkurang, alias bakal lebih boros.

Solusinya adalah dengan membawa barang-barang yang benar-benar kamu perlukan. Selain mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan, barang bawaan yang tidak terlalu banyak juga pastinya mengurangi beban bawaan saat kamu sedang berkeliling tempat wisata.

2. Menginap di “Green Hotel”

Untuk urusan penginapan, kamu sudah tak perlu khawatir karena sekarang sudah ada pilihan Green Hotel yang ramah lingkungan. Hotel ini memang memiliki visi yang sangat baik bagi lingkungan dengan mengurangi penggunaan barang-barang yang bisa merusak lingkungan.

Kalau sayangnya di kota tempat kamu liburan tidak tersedia Green Hotel, kamu masih bisa membantu menjaga kelestarian lingkungan dengan banyak cara seperti tidak terlalu sering mengganti handuk, mengurangi penggunaan plastik, dan lain sebagainya.

3. Membeli Makanan dan Barang Buatan Warga Setempat

Wisata kuliner tentu saja harus jadi satu kegiatan yang wajib kamu lakukan saat kamu pergi liburan. Menariknya, mencicipi kuliner lokal bukan hanya membantu ekonomi para penjaja makanan itu, namun juga membantu menjaga lingkungan.

Para penjual makanan dan barang menjual hasil dari buatan sendiri biasanya membeli bahan baku dari tempat yang dekat. Itu artinya, bahan baku tersebut tidak harus melalui perjalanan panjang menggunakan transportasi yang menghasilkan emisi gas buang.

4. Menghindari Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Daripada menggunakan kantong plastik yang hanya digunakan sekali saja, alangkah lebih baiknya jika kamu menggunakan tas untuk membawa barang belanjaan, baju kotor, dan lain sebagainya.

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi penggunaan plastik adalah dengan membawa sendiri botol minum. Dengan begitu kamu tidak perlu lagi membeli minuman dalam kemasan botol plastik, dan kamu bisa mendapatkan air minum dari tempat kamu menginap.

Kalau kamu mau tau lebih jauh, kamu bisa baca artikel Cara Mengurangi Sampah Plastik saat Liburan.

5. Tepat Memilih Cara untuk Berkeliling Tempat Wisata

Ada banyak sekali cara untuk berkeliling kota tempat kamu pergi liburan. Tapi, cara yang paling ramah lingkungan untuk itu adalah dengan berjalan kaki. Selama destinasi yang ingin kamu tuju masih bisa dijangkau dengan jalan kaki, kenapa tidak? Mungkin saja kamu bisa menemukan banyak hal menarik di sepanjang jalan.

Opsi transportasi lain yang juga ramah lingkungan adalah dengan bersepeda. Sekarang sudah banyak tempat di kota-kota besar yang menyediakan layanan untuk menyewa sepeda. Kamu bisa berkunjung ke banyak tempat dengan menggunakan sepeda itu.

Nah, kalau tempat yang ingin dituju terlalu jauh, kamu bisa gunakan transportasi umum seperti bus atau kereta. Kamu bisa juga menggunakan layanan rental mobil jika itu adalah opsi yang paling efektif untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Ayo Kita Rawat Bumi Ini!

Gimana, sobat tiket? Nggak susah kan dapetin liburan yang berkesan sambil menjaga kelestarian alam yang kita nikmati? Kamu bisa banget berkontribusi dalam hal ini agar semua keturunan kita nanti bisa juga menikmati keindahan dan keajaiban dunia yang ada sekarang.