feature
Shutterstock.com

,

Liburan ke Semarang? Ayo, Berburu Jajanan Simpang Lima yang Bikin Ngiler!

Apakah kamu pernah berkunjung ke Semarang? Jika ya, kamu pasti tahu salah satu landmark kota yang menjadi pusat aktivitas masyarakat di Kota Lumpia ini, yaitu Simpang Lima. Sesuai namanya, Simpang Lima adalah pertemuan 5 ruas jalan protokol di Semarang. 

Karena akses transportasi yang sangat mudah, kawasan ini hampir setiap saat dipadati pengunjung. Namun, puncak keramaian terjadi pada akhir pekan. Banyak orang datang ke Simpang Lima sekadar untuk nongkrong atau cuci mata di mall.

Ragam Jajanan Simpang Lima

Simpang Lima
Sumber: Shutterstock.com

Selain pusat perbelanjaan, kamu juga akan menjumpai banyak penjual makanan yang menggugah selera mangkal di seputar area Simpang Lima. Mari cicipi satu-persatu, sobat tiket! Ini dia daftarnya.

1. Nasi Ayam Bu Sami

Salah satu kuliner Simpang Lima yang bisa kamu coba adalah Nasi Ayam Bu Sami. Tempat makan yang terletak di pojok Matahari Mall ini selalu ramai oleh pembeli. Warung nasi liwet bercita rasa lezat ini memang unik karena baru mulai buka pada pukul 11 malam dan tutup pukul 6 pagi.

Nasi ayam khas Semarang terdiri atas nasi liwet, pindang telur, dan opor ayam. Ada pula krecek, tahu, dan tempe. Kamu pun bisa memilih lauk ekstra seperti ceker dan kepala ayam, sate daging, sate telur puyuh, sate jeroan, dan aneka gorengan.

Nasi Ayam Bu Sami adalah kuliner legendaris yang telah ada sejak 1975. Bukan hanya penduduk lokal yang menggandrungi kuliner satu ini, banyak pula yang berasal dari luar kota. Untuk satu porsi lengkap, Nasi Ayam Bu Sami dibanderol seharga Rp20.000.

2. Tahu Gimbal Pak H. Edy

Sore hari, waktu yang paling tepat untuk mengisi perut dengan jajanan yang agak berat. Kamu bisa merapat ke Taman Indonesia Kaya atau dahulu dikenal dengan nama Taman KB. Jarak tempat ini dengan kawasan Simpang Lima tidak terlalu jauh. Anda hanya perlu berjalan kaki selama 5 menit.

Di Taman Indonesia Kaya, ada banyak penjual jajanan yang mangkal, mulai dari gerobak hingga warung tenda. Nah, salah satu kuliner khas Semarang yang menjadi favorit di sini adalah Tahu Gimbal Pak H. Edy. 

Tahu Gimbal Pak H. Edy cukup tersohor di Kota Semarang. Racikan menu berbahan lontong, tahu goreng, gimbal udang, kol dan seledri, serta bumbu kacangnya, tidak pernah gagal menggoyang lidah para pengunjung.

Dengan bujet Rp14.000, seporsi tahu gimbal dengan aroma menggugah sudah tersaji di meja. Jangan lupa juga untuk memesan es campur yang segar supaya pengalaman kulinermu kali ini semakin sempurna.

3. Tahu Petis Prasojo

Kalau kamu sedang jalan-jalan sore di Simpang Lima, jangan lupa untuk mampir ke area Pujasera yang cukup ramai. Ada salah satu kuliner khas Semarang yang menarik untuk dicoba, yaitu tahu petis.

Sebagian orang mungkin tidak begitu familiar dengan semacam saus berwarna hitam yang “diselipkan” di sela-sela tahu goreng. Saus ini disebut petis dan dibuat dari bahan udang dan cumi yang dihaluskan serta ditambah bumbu garam dan gula.

Tahu petis paling kondang, khususnya di kawasan Simpang Lima, adalah Tahu Petis Prasojo. Telah dirintis sejak 1980, bisnis tahu petis ini masih eksis hingga sekarang. Apalagi kalau bukan karena rasanya yang sedap dan bikin ketagihan.

Rahasia kelezatan jajanan seharga Rp2.000 per buah ini terletak pada cita rasa petis yang diproduksi sendiri. Jika masih kurang, kamu bisa membeli bumbu petis botolan untuk dibawa pulang. Disantap ketika masih hangat, Tahu Petis Prasojo lebih nikmat.

4. Pecel Mbok Sador

Menu recommended lain yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke kawasan Simpang Lima adalah Pecel Mbok Sador. Ini adalah salah satu pecel paling legendaris di Semarang. Tak heran jika warung yang berlokasi di area Pujasera tersebut selalu ramai tiap hari.

Warung Pecel Mbok Sador biasanya buka pada pukul 5 sore hingga pukul 12 malam. Namun, kalau pembeli super banyak, warung ini bisa tutup lebih awal karena kehabisan. Antrean pun biasanya sudah mulai mengular sejak sore.

Keunggulan Pecel Mbok Sador adalah bumbunya yang kental dan gurih.Selain itu, sayur yang disajikan cukup lengkap, bahkan ada daun pepaya. Sebagian orang mungkin tidak menyukai daun pepaya. Namun, dengan guyuran bumbu pecel, rasanya sangat enak.

Selain nasi pecel, kamu juga dapat menambah lauk, seperti daging, limpa, paru, sate usus, sate kerang, perkedel, tahu dan tempe bacem, dan sebagainya. Makanan yang satu ini akan terasa semakin segar dengan cita rasa yang pedas. Seporsi Pecel Mbok Sador dihargai Rp7.000. Murah banget, bukan? 

5. Es Puter Cong Lik

Selanjutnya, untuk menyejukkan tenggorokan di tengah gerahnya hawa Kota Semarang, kamu bisa mencicipi Es Puter Cong Lik. Ini merupakan salah jajanan legendaris yang tidak boleh dilewatkan saat kamu sedang berkunjung ke Semarang.

Es Puter Cong Lik telah dikenal sejak 1950-an. Bukan hanya menjadi favorit warga lokal, jajanan ini juga populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Semarang. Salah satu gerai Es Puter Cong Lik ada di Jalan K.H. Ahmad Dahlan. Jaraknya dari kawasan Simpang 5 hanya 3 menit berjalan kaki.

Diracik dari berbagai bahan, seperti durian, alpukat, kelapa, dan cokelat, Es Puter Cong Lik terasa menyegarkan. Untuk menambah kelezatannya, sejumlah topping ditaburkan, seperti roti tawar, meses, siwalan, dan sebagainya.

Nama “Cong Lik” sebenarnya berasal dari istilah “Kacung Cilik” (Pembantu Kecil), yaitu julukan untuk Sukimin, pemilik awal usaha kuliner ini, saat masih kecil. Sukimin memulai usahanya dengan berjualan membawa gerobak di kawasan Pecinan.

Harga seporsi es puter saat ini dibanderol Rp15.000. Kamu bisa datang mulai pukul 6 sore hingga 12 malam untuk mencicipinya.

6. Nasi Kucing

Di Semarang, kamu akan menemukan banyak penjual nasi kucing. Ini adalah istilah untuk menyebut gerobak yang menjual aneka nasi dengan porsi yang sedikit. Selain itu, ada pula berbagai menu tambahan seperti gorengan dan sate.

Bagi kamu yang ingin sekadar menikmati suasana Simpang Lima pada malam hari, mampirlah sejenak di salah satu gerobak nasi kucing. Sembari mengisi perut dan menyeruput susu jahe, kamu juga dapat bercakap-cakap dengan para pengunjung lain.

Pilih Menu Favoritmu!

Inilah beberapa pilihan jajanan favorit yang bisa kamu jumpai di Simpang Lima Semarang. Semuanya enak dan memancing selera. Beberapa di antaranya bahkan bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh. 

Nah, jika ingin traveling untuk berburu kuliner khas suatu daerah langsung dari daerah asalnya, manfaatkan saja layanan tiket.com. Salah satu keuntungan yang bisa kamu nikmati adalah biaya perjalanan yang lebih terjangkau. Rencana liburan pun pasti akan lebih mudah diwujudkan.