,

Liburan ke Hong Kong dan Macau? Intip Contoh Itinerary Seru 5 Hari 4 Malam Ini!

Tidak terasa, akhir tahun semakin dekat ya, sobat tiket! Coba cek lagi, apakah target tujuan wisata kamu di tahun 2019 sudah tercapai? Untuk kamu yang masih belum menentukan rencana untuk liburan ke luar negeri, bisa coba mengunjungi Hong Kong!

Hong Kong menjadi negara yang banyak dikunjungi wisatawan, karena ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini. Baik itu mengunjungi tempat-tempat bersejarah, mencoba ragam kuliner, tidak ketinggalan juga lokasi asyik untuk berbelanja.

Kalau kamu berencana mengunjungi Hong Kong tetapi masih bingung dalam menyusun itinerary Hong Kong 5 hari 4 malam, berikut tiket.com kasih kamu contoh itinerary yang seru dan membuat liburanmu di Hong Kong makin berkesan!

Itinerary Liburan di Hong Kong Selama 5 Hari 4 Malam

Sebagai informasi, itinerary adalah catatan atau persiapan yang akan dilakukan sebelum liburan ke suatu tempat. Itinerary sangat berguna untuk menyusun perjalanan kamu selama liburan, supaya jadwal lebih tertata dan nggak bingung menentukan lokasi wisata.

Hari Pertama di Hong Kong, Menjelajahi Victoria Peak

  •     Mampir ke deck observasi Sky Terrace 428
  •     Foto-foto di Lugard Road Lookoutatau Lions View Point Pavilion
  •     Jalan-jalan santai di Peak Circle Walk
  •     Mengunjungi Museum Madame Tussauds

Ketika sampai di Hong Kong International airport, kamu bisa menaruh luggage kamu di hotel dan langsung menjelajah Hong Kong! Hari pertama, kamu bisa langsung menuju Victoria Peak yang menyajikan pemandangan gedung-gedung pencakar langit menakjubkan.

Lokasi Victoria Peak berada di puncak tertinggi Hong Kong, sekitar 525 m di atas permukaan laut di Hongkong Island. Alokasikan waktu sekitar satu jam dari bandara menuju Victoria Peak, dan sekitar satu jam untuk menikmati spot tersebut.

Di siang hari, kamu bisa melihat pelabuhan Victoria yang indah dengan latar belakang New Territories yang menyegarkan mata. Namun, bila kamu mengunjungi Victoria Peak di malam hari, akan tampak pemandangan gemerlap lampu kota Hong Kong yang mengagumkan. 

Untuk sobat tiket yang gemar mengabadikan foto, kunjungi beberapa tempat terbaik di Victoria Peak untuk mendapatkan angle menarik, seperti dek observasi Sky Terrace 428, Lugard Road Lookout, atau Lions View Point Pavilion. Khusus untuk Sky Terrace 428, kamu harus membayar tiket HKD 50 jika ingin berfoto-foto.

Rekomendasi aktivitas: Tidak hanya foto-foto dan melihat pemandangan kota Hong Kong, kamu bisa menikmati keindahan Victoria Peak dengan berjalan-jalan santai di Peak Circle Walk dengan jalur sepanjang 3,5 km.

Usai jalan-jalan, kunjungi Museum Madame Tussauds di Peak Tower yang terkenal akan patung lilin tiruan dari publik figur ternama di seluruh dunia. Kamu bebas berfoto di dalamnya, lho!

Lokasi: Akses menuju Victoria Peak bisa dengan menggunakan taksi atau bus, yang membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Kamu juga bisa menggunakan tram menuju ke sana.

Tips: Sebaiknya mengunjungi Victoria Peak adalah saat musim panas, sekitar bulan Juni-Agustus. Pemandangan akan terlihat sangat menawan saat semuanya terlihat jelas. Hindari musim hujan ya, sobat tiket.

Hari Kedua, Foto-foto di Choi Hung Estate

  •     Foto-foto di kawasan Choi Hung Estate

Puas mengunjungi bukit, kamu bisa kembali ke wilayah perkotaan dan mengunjungi Choi Hung Estate. Lokasi ini cocok terutama untuk sobat tiket yang gemar melakukan street photography atau mencari spot foto menarik.

Choi Hung Estate adalah sebuah kawasan perumahan tertua yang diresmikan sejak tahun 1963. Apa yang menjadi daya tariknya, bangunan ini memiliki deretan warna berbeda yang membentuk pelangi. Tidak heran bila tempat ini menjadi incaran kalangan fotografer. 

Lokasi: Kamu bisa ke Choi Hung Estate dengan menggunakan MTR Subway. Turun di tujuan akhir Stasiun MTR Choi Hung. Setelah keluar dari kereta bawah tanah, ikuti rambu keluar C4 atau Choi Hung Estate.

Tips: Jika sobat tiket ingin foto saat lokasi masih sepi, coba datang lebih pagi sekitar jam 8 pagi waktu setempat. Sudut terbaik untuk berfoto yaitu tepat di depan lapangan basket. Kamu bisa memasang tripod ketinggian rendah dan menghadap ke atas.

Hari Ketiga, Melihat Kemegahan Big Buddha Statue

  •     Menaiki Puncak Big Buddha Statue

Big Buddha Statue atau Tian Tan Buddha adalah patung Budha perunggu duduk terbesar di dunia, yang berlokasi di Pulau Lantau. Lokasi ini memperlihatkan patung Buddha duduk setinggi 10 meter, dengan berat lebih dari 250 ton.

Sobat tiket bisa mengunjungi dan memanjat bagian patung ini secara gratis, dengan menempuh 260 langkah yang mengarah ke patung Buddha itu sendiri. Ketika sudah sampai di puncak, kamu dapat menikmati pemandangan Pulau Lantau yang luar biasa dan Laut Cina Selatan yang berkilauan.

Tenang saja, kalau lelah, kamu bisa mengisi tenaga dengan makan dan minum di kantin biara. Namun, kamu harus membeli tiket makan dari konter di kaki tangga Big Buddha Statue.

Lokasi: Terletak di Pulau Lantau, transportasi ke Big Buddha Statue adalah dengan naik feri ke Mui Wo dari Central kemudian naik Bus No. 2 dari Dermaga Feri Mui Wo. 

Sementara, cara paling menyenangkan untuk mencapai Big Buddha adalah melalui Kereta Gantung Ngong Ping dari stasiun MTR Tung Chung. Namun, kamu perlu membeli tiket yang harganya sedikit mahal. 

Tips: Waktu paling ramai untuk berkunjung adalahi hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. Waktu terbaik untuk berkunjung yaitu pagi di weekdays agar terhindar dari desaknya tourist crowd di sana.

Hari Keempat, Shopping dan Mengunjungi Disneyland

  •     Mengunjungi Disneyland Hong Kong
  •     Belanja busana wanita murah di Ladies Market
  •     Beli barang harga miring di Stanley Market
  •     Beli barang elektronik di Ap Liu Street Electronics Market

Tentu saja, hal yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi Hong Kong adalah berbelanja dan mengunjungi Disneyland Hong Kong. Disneyland Hong Kong merupakan lokasi wisata yang terletak di bagian timur laut Pulau Lantau.

Untuk berbelanja, kamu bisa mampir ke lokasi belanja yang sesuai kebutuhanmu. Ada Ladies Market yang terletak di Tung Choi Street, Mong Kok, Kowloon, menjual banyak barang kebutuhan perempuan seperti tas, sepatu, aksesoris, kosmetik, hingga baju dengan harga yang murah.

Ada juga Stanley Market, yang menjual banyak barang murah seperti pakaian, sepatu, tas, jaket, aksesoris, perhiasan, gantungan kunci, pajangan, lukisan, bahkan perabotan rumah tangga dengan harga miring.

Ap Liu Street Electronics Market cocok untuk sobat tiket yang mencari barang elektronik dan gadget murah. Namun, kamu perlu teliti saat membeli agar dapat membedakan barang asli dan palsu. 

Lokasi: Ke Disneyland Hong Kong mudah diakses oleh transportasi umum. Di MTR, berpindah dari Sunny Bay di Tung Chung Line dan turun di Disneyland Resort. Perjalanan harus memakan waktu sekitar 30 menit dari stasiun Central atau Kowloon. 

Sobat tiket juga bisa menggunakan taksi, yang memakan waktu sekitar setengah jam dan biayanya sekitar HK$250 (Rp450.000) dari Central.

Hari Kelima, Macau

  •     Wisata budaya di Taipa
  •     Makan egg tarts di Lord Stow’s Bakery
  •     Menjelajahi Senado Square dan Ruin’s of St. Paul

Abadikan momen liburanmu di Macau pada hari terakhir. Macau adalah destinasi wisata yang unik, karena lokasi ini merupakan bekas jajahan Portugis dan dikelola oleh Portugal dari pertengahan abad ke-16 hingga akhir 1999. Kini, Macau menjadi ibu kota perjudian Asia. Terlihat dari banyaknya kasino lokasi-lokasi wisata di sana. 

Satu hari di Macau, sobat tiket dapat mengunjungi ragam lokasi menarik. Mulai dengan mengunjungi Taipa dan lakukan wisata budaya terlebih dahulu. Area kecil ini sarat dengan arsitektur Portugis, toko-toko dan kedai makanan. 

Selanjutnya, kamu bisa ke Coloane dan menghampiri Lord Stow’s Bakery dan mencicipi egg tarts khas Portugis.

Lalu, kamu bisa pergi ke kota besar dengan menjelajahi Senado Square dan mengunjungi landmark terkenal yaitu Ruin’s of St.Paul. Senado Square menyajikan banyak toko-toko yang menjual souvenir, makanan, pakaian dan masih banyak lagi. 

Lokasi: Sobat tiket bisa menggunakan kapal feri, atau bus antar-jemput via Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Macau (HZMB) yang baru dibuka. Namun, bus antar-jemput ini berada di Pulau Lantau yang jauh dari pusat kota. 

Liburan Seru ke Disneyland Hong Kong

Pergi ke Hong Kong berarti harus mampir ke Disneyland Hong Kong, dong. Taman bermain bertema Disney ini merupakan destinasi impian baik anak-anak maupun dewasa, lho. Nggak pernah sekalipun Disneyland sepi pengunjung.

Nah, kalau sudah membulatkan tekad untuk ke Disneyland Hong Kong, pastikan kamu mencoba semua wahananya, ya! Nggak akan menyesal, deh. Makanya buruan pesen tiket ke Hong Kong!