, , ,

Inilah Beberapa Kuliner Yang Cuma Muncul Saat Bulan Puasa

Bulan Ramadhan memang menjadi bulan yang dinanti oleh banyak orang. Tidak hanya bagi umat muslim, mereka yang tidak beragama islam pun banyak yang menantikan bulan ini. Selain bulan penuh berkah, ternyata ada hal lain yang dinantikan dari bulan ramadhan.
Apalagi kalau bukan soal kuliner. Ya, selain iklan sirup yang selalu muncul di awal bulan puasa, kuliner khas juga menjadi hal yang menandakan datangnya bulan baik ini. Di beberapa tempat di Indonesia, bulan puasa menjadi bulan munculnya berbagai kuliner istimewa. Berikut ini adalah beberapa kuliner khas yang hanya muncul saat bulan puasa.

kicak
Kicak Mbah Wono via tempo.co

1. Kicak
Apa tajil favorit Sobat Tiket saat bulan puasa? Warga Yogyakarta punya tajil istimewa yang enak. Yuk kenalan, namanya kicak. Kicak adalah cemilan khas Yogyakarta yang terbuat dari jaddah (ketan yang ditumbuk halus), gula,pandan,vanili, parutan kelapa, dan nangka. Bahan-bahan tersebut dicampur menjadi satu, dan dibakar menggunakan kayu bakar. Karena hanya ditemui saat bulan puasa, kicak sangat digemari di Yogyakarta. Bahkan kamu harus datang lebih awal untuk mendapatkan makanan ini. Telat sedikit, kamu pasti kehabisan.

a9d34e63ceb2012d1e79a8a51f69019e_XL
Pakat Tapanuli. via sayangi.com

2. Pakat
Jika Sobat Tiket berkunjung ke Tapanuli, Sumatera Utara, jangan heran kalau kamu menemukan banyak pedagang makanan yang sedang membakar rotan. Ya, warga sekitar menyebutnya dengan pakat. Pakat adalah kuliner khas Tapanuli yang hanya ada saat bulan puasa tiba. Pakat pada dasarnya adalah rotan utuh yang dibakar, kemudian isinya diambil untuk disajikan dengan kuah santan. Tapi, rotan yang dibakar bukan rotan sembarangan, melainkan rotan yang masih muda. Sobat Tiket bisa menemukan kuliner ini di sekitar Jl. Letda Sujono, Medan, dengan kisaran harga 8ribu-10ribu rupiah.

s1
Sate susu via uniknya.com

3. Sate Susu
Jangan berpikir kalau sate susu adalah susu murni yang dibikin sate yah, Sobat Tiket. Ya, sate susu bukanlah susu murni yang dibikin sate, melainkan sate biasa yang dibuat dari payudara sapi. Makanan khas ramadhan yang berasal dari Bali ini tidak hanya menghadirkan rasa yang khas, namun juga kabarnya sangat bermanfaat untuk menambah stamina, lho. Maka dari itu, nggak heran deh kalau makanan yang satu ini banyak banget peminatnya. Apalagi kamu bisa mendapatkannya hanya dengan 10ribu rupiah saja, lengkap dengan plecing.

ipau
Ipau via tribunnews.com

4. Ipau
Menyeberang ke Kalimantan, tepatnya di Banjarmasin, ada sebuah kuliner yang mungkin hanya bisa kamu temui saat bulan puasa tiba. Namanya adalah ipau. Ipau adalah kue berbahan dasar tepung yang berasal dari Arab. Bentuknya berlapis-lapis, sekilas mirip seperti lasagna. Setiap lapisan kue ipau biasanya berisi sayuran-sayuran seperti wortel dan beberapa sayuran hijau. Nah, yang membuatnya lebih enak adalah kuah santan yang dituang di atasnya. Dijamin deh menggugah nafsu makan kamu, Sobat Tiket.

timthumb
Es Timun Suri via breaktime.co.id

5. Es Buah Timun Suri
Ingin yang segar-segar untuk berbuka? Es buah timun suri bisa jadi jawaban yang pas. Minuman yang satu ini memang mudah kamu temui di mana saja. Hanya saja, minuman ini biasanya sulit ditemui di bulan lain dan hanya muncul saat bulan puasa. Ada berbagai variasi es timun suri, namun biasanya minuman ini disajikan dengan kolang-kaling, cincau, sirup, dan susu kental manis. Bagaimana? Sudah mulai haus, Sobat Tiket?