Tips liburan saat puasa

,

6 Tips Liburan Saat Puasa Tetap Menyenangkan!

Tips Liburan saat Puasa – Tidak terasa sudah mau bulan Ramadan lagi ya, sobat tiket? Momen yang datang selama setahun sekali ini selalu membawa berkah untuk kita semua. Nah, walaupun sedang berpuasa jangan malas-malasan dirumah, lho! Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan, salah satunya liburan.

Tips Liburan Saat sedang Puasa Ramadan

Biar kamu bisa liburan dan kegiatan puasa tetap lancar, ada tips nih liburan saat puasa yang bisa kamu lakukan. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Cari Destinasi Wisata Ramah Muslim

Tips Jalan-Jalan Tetap Asyik Selama Berpuasa - Cari Destinasi Wisata Ramah Muslim

Walaupun sedang puasa, liburan sobat tiket bisa tetap berjalan dengan lancar kok. Tips liburan saat puasa yang pertama ini penting untuk dilakukan. Kamu harus menentukan destinasi liburan yang ramah untuk wisatawan muslim, misalnya ada restoran yang menjual makanan halal hingga terdapat tempat untuk beribadah.

Beberapa negara di seluruh dunia sudah memiliki kawasan area muslim yang bisa kamu kunjungi. Contohnya jika sobat tiket berencana liburan ke Jepang, kamu bisa mengunjungi Prefektur Chiba, untuk yang ingin ke Korea Selatan bisa mengunjungi kawasan Itaewon yang memiliki Masjid terbesar di Korea Selatan dan merupakan kawasan muslim.

2. Konsumsi Makanan dan Minuman Bergizi

Ketika berpuasa, tubuh sobat tiket kurang memiliki asupan nutrisi yang cukup karena menahan lapar dan haus hingga lebih dari 12 jam. Maka dari itu, kamu harus menjaga asupan nutrisi dalam tubuh ketika puasa dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi. Tips liburan saat puasa ini penting untuk menjaga ibadah puasa kamu tetap lancar.

Ketika sahur, pastikan sobat tiket perbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Selain itu, coba minum vitamin atau madu yang berguna untuk memberikan stamina serta tenaga saat berpuasa. Supaya, saat sobat tiket bisa menjalani aktivitas tetap sehat dan segar bugar tanpa merasa lemas.

3. Jangan Lakukan Banyak Aktivitas

Tips Jalan-Jalan Tetap Asyik Selama Berpuasa - Jangan Lakukan Banyak Aktivitas

Ketika puasa memang sebaiknya sobat tiket dianjurkan untuk tidak melakukan banyak kegiatan yang melelahkan. Karena, kondisi badan kamu yang bisa cepat lelah saat berpuasa, maka kamu harus mengurangi beberapa kegiatan fisik. Tips liburan saat puasa kali ini harus direncanakan sebelum berangkat liburan ya!

Pastikan kamu membuat itinerary liburan yang tidak banyak membutuhkan aktivitas fisik. Cobalah mengunjungi destinasi wisata yang di dalam ruangan seperti perpustakaan atau museum. Selain tidak membuat sobat tiket kelelahan, kamu juga bisa menambah wawasan pengetahuan dan tetap menyenangkan.

4. Istirahat yang Cukup

Selain tidak melakukan aktivitas yang memakan banyak tenaga, kamu juga harus memiliki waktu istirahat yang cukup terlebih lagi ketika puasa. Tips liburan saat puasa kali ini, sobat tiket bisa memilih penerbangan saat malam hari ketika menuju destinasi liburan.

Hal ini dikarenakan, kamu bisa beristirahat sepanjang perjalanan di dalam pesawat, apalagi jika kamu menempuh penerbangan jauh. Sehingga, sobat tiket bisa sampai di destinasi tujuan dengan keadaan yang segar dan siap untuk jalan-jalan begitu sampai di tempat.

5. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Tips liburan saat puasa

Pada tips liburan saat puasa satu ini, sobat tiket harus lakukan demi kebugaran tubuh selama berpuasa 12 jam lamanya. Kurangnya cairan dalam tubuh saat puasa bisa membuat kamu lemas dan tidak bertenaga. Apalagi jika kamu sedang liburan di luar negeri dan pola makan minum sobat tiket tidak teratur.

Untuk mencegah hal itu, sobat tiket bisa mencoba aturan minum air putih yang benar ketika berpuasa yaitu 242. Apa itu? Jadi, kamu bisa mengikuti pola 2 gelas air putih saat berbuka puasa, 4 gelas air putih saat makan malam dan 2 gelas air putih saat sahur. Kamu bisa menerapkan pola minum ini saat liburan supaya kandungan air dalam tubuh tetap terjaga selama puasa nanti.

6. Bawa perlengkapan ibadah

Ketika liburan ke suatu tempat yang kamu belum kamu tahu kondisinya, banyak hal yang harus sobat tiket persiapkan. Pada bulan Ramadan seperti ini, jangan lupa meluangkan sebentar waktu kamu untuk beribadah. Tips liburan saat puasa terakhir, yang sobat tiket perlu lakukan adalah membawa perlengkapan ibadah sendiri.

Jika kamu tidak bisa menemukan tempat ibadah yang layak di suatu tempat, kamu bisa tetap beribadah di kamar hotel. Selain membawa sajadah, sarung atau mukena, untuk mengetahui arah kiblat, kini sudah banyak aplikasi yang menawarkan arah penunjuk kiblat. Jadi kamu tidak perlu bingung, walaupun sedang berada di negara antah-berantah.

Liburan Tetap Seru Sambil Beribadah

Bagaimana? Meskipun sedang bepuasa, itu bukan menjadi halangan sobat tiket untuk bisa beraktivitas apalagi liburan. Nah, jika memang sudah matang dengan rencana liburan, sobat tiket bisa cari tahu beberapa negara dengan waktu puasa tersingkat dan terlama sebagai rekomendasi destinasi liburan. Selamat berlibur dan tetap semangat puasanya, sobat tiket!