Keliling Singapura Naik Transportasi Umum? Kamu Butuh STP Biar Kantong Nggak Jebol!

,

Keliling Singapura Naik Transportasi Umum? Kamu Butuh STP Biar Kantong Nggak Jebol!

Wah, sobat tiket sudah sampai Singapura? Selamat, ya, akhirnya kamu merealisasikan rencana dan nggak cuma jadi wacana. Lepas Bandara Changi, istirahat dulu, lalu ini saatnya keliling Negeri Singa!

Keliling Singapura Naik Transportasi Umum Lebih Seru

Selain alasan hemat, naik transportasi umum buat keliling Singapura pun pasti lebih seru. Bebas eksplor, yeay! Sebelum itu, siapkan dulu beberapa hal, karena kamu sedang di negeri orang, nih. Jangan sampai nyasar!

Keliling Singapura Naik Transportasi Umum, Harus Banget Pakai STP

Modal utama main ke Singapura adalah, GPS, sedikit Bahasa Inggris untuk bertanya di jalan, dan Singapore Tourist Pass (STP) khusus sobat tiket yang niat jalan-jalan naik transportasi umum. Sebelum kamu makin penasaran, kuy, kita kenalan sama STP ini!

Apa sih Singapore Tourist Pass (STP) Ini?

Di Singapura kamu nggak perlu takut dibatasi naik transportasi umum. Di sini banyak banget pilihan transportasi umum, paling banyak digunakan adalah MRT, LRT dan Bus. Nah, STP ini tiket dari ketiga transportasi tersebut.

Harus banget pakai STP? Bisa sih, pakai uang cash, atau beli tiket sekali jalan, tapi jangan kaget kalau kamu nggak dapat kembalian seandainya masih ada sisa. Sebab, bus nggak menerima kembalian dan pakai STP tentu akan lebih hemat.

Keliling Singapura Naik Transportasi Umum? Kamu Butuh STP Biar Kantong Nggak Jebol!
Shutterstock

Terus gimana kalau keliling Singapura nggak pernah dapat kembalian? Ya, rugi, dong 😀 Maka dari itu, kamu harus banget tau dan pakai STP agar bujet jalan-jalan kamu nggak habis cuma buat transportasi.

Seperti tadi dibahas, STP ini adalah tiket elektronik. Kamu tinggal tap di gerbang masuk stasiun MRT, LRT, atau tap di dalam bus. Jadi nggak perlu lagi tuh, merasa rugi karena bayar lebih tanpa kembalian.

STP ini nggak seperti tiket sekali jalan yang tiap stasiun harus ngantri beli. Nggak juga kayak tiket elektronik lainnya  yang mesti was-was hitung-hitung tarif transportasi karena takut saldo kurang. STP nggak ngomongin soal saldo, di sini dihitung harian, lebih praktis!

Jadi nih, ya, kalau sobat tiket berencana keliling Singapura ke mana saja, kapan saja dan naik apa saja cuma seharian, belilah STP untuk satu hari. Seterusnya, jika berencana berkeliling selama dua atau tiga hari, beli STP yang untuk jumlah hari tersebut. Tapi ingat, di atas tiga hari, tidak disarankan pakai kartu ini.

Cara Beli dan Harga Tiket

STP beli di mana? Paling mudah, biar keluar bandara sudah bisa langsung dipakai, beli deh STP ini di Changi MRT Station yang ada di Bandara Changi. Sesuai namanya, tiket yang diperuntukkan untuk turis, kamu wajib menyertakan paspor saat membeli STP, ya.

Selain di Changi, kamu juga bisa beli di stasiun MRT berikut ini:

Ang Mo Kio, Bayfront, Bugis, City Hall, Changi Airport, Chinatown, Farrer Park, Harbourfront, Lavender, Orchard, Raffles Place, Somerset dan Woodlands MRT Station.

Untuk harga STP satu hari yaitu SGD20. Dua hari SGD26 dan tiga hari SGD30. Asyiknya, harga ini sudah termasuk deposit 10 SGD yang bisa kamu tukar atau refund saat kamu mengembalikan kartu. Batas penukaran ini adalah 6 hari setelah beli, ya.

FYI, STP ini tidak berlaku untuk beberapa bus, di antaranya, Express Services (bus khusus yang skip beberapa halte bus), Fast Forward (mirip seperti express services), Night Owl (bus malam, jam 12 keatas), Night Rider (bus malam, jam 12 keatas) dan Chinatown Direct.

STP Bisa Digunakan Untuk Transportasi Apa Saja?

Seperti tadi dibahas, STP bisa digunakan sebagai tiket elektronik atau cashless untuk tiga transportasi paling banyak digunakan oleh turis maupun warga lokal, yakni, MRT, LRT dan Bus.

Singapore Tourist Pass
Shutterstock

Mass Rapid Transit (MRT)

MRT atau kereta bawah tanah ini adalah transportasi paling mudah dan cepat untuk kamu yang ingin berkeliling Singapura. Ada tiga jalur MRT yang populer, yaitu, East West Line (Garis Hijau), North East Line (Garis Ungu), dan Downtown Line (Garis Biru).

Beberapa tempat populer yang berada di jalur hijau MRT Singapura adalah, Changi Airport, Bugis dan City Hall. Sementara jalur ungu menuju Little India, Chinatown, Outram Park dan Harbourfront. Lalu, jalur biru untuk menuju ke Changi Airport, Clarke Quay, Bugis, Fort Canning, Chinatown, Bayfront dan Botanic Garden.

Light Rapid Transit (LRT)

Transportasi ini melintasi daerah pinggiran Singapura seperti Punggol dan Bukit Panjang. Gerbong pun hanya 1 atau 2, dengan kapasitas penumpang yang lebih sedikit. Sama seperti MRT, LRT juga menerima pembayaran STP.

Bus

SMRT dan SBS transit adalah jenis bus paling dominan di Singapura. Bus adalah transportasi paling banyak dan rutenya nyaris menjangkau semua tempat di Singapura. Jangan lupa unduh Google Maps agar kamu bisa dengan mudah mencari bus stop terdekat. 

Kemudian, lihat bus nomor berapa saja yang lewat di bus stop tersebut, dan cari bus nomor berapa saja yang bisa mengantarmu ke tempat tujuan. Sama seperti kedua transportasi sebelumnya, bus juga menerima pembayaran menggunakan STP.

Tiket Elektronik Lainnya

Selain Singapore Tourist Pass yang populer di kalangan turis, ada juga nih, kartu sejenis lainnya yang merupakan tiket elektronik atau cashless yang memungkinkan kamu naik transportasi umum di Singapura tanpa ribet!

Singapore Tourist Pass
Shutterstock

EZ-Link

Kartu pembayaran satu ini mirip e-Toll Card yang ada di Indonesia. Tinggal tap di gerbang masuk MRT dan LRT atau di dalam Bus, lalu kamu tinggal duduk manis menunggu sampai di tujuan. Bedanya dengan STP adalah, tarif akan dihitung per jarak. 

Harga EZ-Link mulai dari SGD12, SGD7 untuk saldo dan SGD5 untuk pembelian kartu. Tidak ada refund, cuma, kalau mau tukar sisa saldo dari SGD7 itu, bisa banget. Oh, ya, EZ-Link ini juga bisa kamu gunakan untuk pembayaran taksi, lho!

STP Plus

Kartu STP ini tidak beda jauh dengan STP biasa, tarif dihitung per hari. Bedanya, STP Plus digunakan untuk mendapat fasilitas tambahan seperti untuk membayar kuliner khas Singapura atau membayar tiket masuk di tempat-tempat tertentu. 

Harga STP Plus satu hari adalah 28 SGD dan 38 SGD untuk 3 hari, termasuk deposit 10 SGD yang bisa kamu refund.

Transportasi Umum Singapura, Nyaman dan Ramah Turis!

Mudahnya pembayaran alat transportasi umum menggunakan STP, hingga jelasnya rute-rute perjalan MRT, LRT dan Bus, merupakan fakta bahwa keliling Singapura naik transportasi umum itu mungkin banget.

Dapat hotel strategis yang dekat dengan stasiun dan bus stop juga bisa banget, selama kamu pesan hotelnya di tiket.com. Biar makin keren dan cerdas buat liburan hemat, cek juga tempat wisata gratis di Singapura! Terbukti liburan berkualitas nggak harus mahal, kan?