5 Tempat Wisata Gratis Singapura, Liburan Berkualitas Nggak Harus Mahal!
Shutterstock

,

5 Tempat Wisata Gratis Singapura, Liburan Berkualitas Nggak Harus Mahal!

Liburan adalah salah satu kegiatan yang semakin populer belakangan ini. Alasannya beragam, untuk memberi reward pada diri sendiri karena telah bekerja bagai kuda, hingga demi mendapatkan foto-foto keren untuk feed Instagram.

Apa pun alasannya, liburan itu tetap harus berkualitas ya, sobat tiket! Tapi, berkualitas nggak harus mahal juga, lho. Apalagi jika kamu mau ke Singapura, salah satu kota paling mahal di dunia. Pasti ada perasaan takut akan bujet yang meledak, kan?

Tempat Wisata Gratis di Singapura Mendukung Liburan Kamu

Nah, karena wajib banget liburan, beberapa hal ada yang bisa diakali. Bujet terbatas? Kan ada penawaran menarik dari tiket.com untuk hotel dan pesawatnya!

Mengunjungi tempat-tempat wisata yang nggak mengharuskan kamu keluar uang pun harus banget dijalani biar makin hemat. Jika kamu ingin liburan ke Singapura, di sini banyak tempat wisata gratis yang bisa mendukung liburan berkualitas kamu. Kuy, simak!

1. Jika Waktu Pun Terbatas, Ada Jewel Changi, Nih!

Liburan on budget, sudah gitu cuma punya waktu sedikit pula! Masih bisa liburan? Bisa! Terbang ke Singapura dan mampirlah ke Jewel Changi, destinasi baru di Changi Airport. Favorit semua turis yang berkunjung! 

Terletak di tepi Bandara Changi, jadi kamu nggak perlu jauh-jauh dan cocok untuk kamu yang sekadar menunggu transit atau memang cuma punya waktu terbatas. Konsep tempat wisata indoor ini populer berkat perpaduan alam dan gaya hidup urban yang amat terasa. Dirancang arsitektur dunia serta mengusung konsep alam buatan.

5 Tempat Wisata Gratis Singapura, Liburan Berkualitas Nggak Harus Mahal!
Shutterstock

Setidaknya ada ratusan toko dan restoran di Jewel Changi. Tersedia juga beberapa arena bermain seperti Manulife Walking Nets, Bouncing Nets, Hedge Maze, Mirror Maze, dan Discovery Slides.

Tak ketinggalan, ratusan pepohonan di hutan buatan dan air terjun buatan Rain Vortex yang merupakan daya tarik utama, yang menghubungkan tiga terminal bandara. Jika kamu transit di Singapura, bisa banget untuk mampir ke sini jalan-jalan!

Alamat: 78 Airport Boulevard, Singapore 819666

Jam Operasional: 24 Jam

Cara menuju ke sini: Dari Terminal 1, Jewel Changi terhubung langsung dengan Arrival Hall Terminal 1 Changi Lantai 1. Dari Terminal 2 dan 3, jalan kaki sekitar 5-10 menit menuju Departure Hall. Dari Terminal 4, naik shuttle bus gratis menuju Terminal 2 kemudian Departure Hall.

2. Fort Canning Park, Salah Satu Tempat Paling Instagrammable

Fort Canning Park adalah salah satu tempat wisata yang terkenal di Singapura dan tentunya beberapa spot akan bikin foto kamu makin keren! Pemandangan nan hijau memanjakan mata sekaligus cerita-cerita sejarah yang menarik untuk didengar. Tentunya, gratis!

5 Tempat Wisata Gratis Singapura, Liburan Berkualitas Nggak Harus Mahal!
Shutterstock

Father of Singapore, penemu negara Singapura, Sir Stamford Raffles membangun rumahnya di sini. Kamu masih bisa melihatnya jika berkunjung ke sini, sobat tiket. Rumah kuno dengan jendela-jendela besar yang dikelilingi semak-semak bunga. 

Ada pula sebuah bunker dari zaman perang dunia kedua. Dan Sally Port, pintu tersembunyi yang dulunya menjadi jalan untuk melarikan diri dari serangan musuh. Di sini pun ada Gothic Gates, sebuah gerbang tinggi bergaya gothic yang menghubungkan Fort Canning Park dengan kawasan pemakaman umat Kristen.

Alamat: River Valley Road, Singapore 179618

Jam Operasional: 24 Jam

Cara menuju ke sini: Bus 139, 195, 32, 502

3. Keliling Seru dan Berfoto di Mural Haji Lane

Haji Lane hanyalah sebuah gang kecil sebesar satu mobil yang kiri dan kanannya adalah rumah-rumah dan pertokoan dua lantai. Bahkan bangunan-bangunan kuno di sini, dulunya adalah perumahan orang-orang Melayu kurang mampu. Hingga pemerintah menyulap kawasan ini menjadi cantik dan instagrammable.

Toko-toko dicat ulang, namun, ada juga yang dibiarkan seperti bentuk aslinya. Mural-mural kreatif memenuhi setiap dinding, bahkan trotoar dan jalan pun jadi lahan gambar. Untuk mengambil foto tanpa harus berebut spot, kamu sebaiknya menghindari akhir pekan.

Shutterstock

Di sini terdapat banyak restoran, kafe, butik hingga salon. Sobat tiket bisa memilih, mau keliling berjalan kaki atau menyewa sepeda melalui aplikasi dari smartphone kamu. Sore hari adalah waktu yang paling tepat!

Ingin kulineran di sini? Bisa banget. Rasakan sensasi makanan khas Melayu di bangunan-bangunan kuno, ada nasi padang ala Indonesia juga, untuk kamu kangen masakan Nusantara.

Alamat: 21A Haji Lane, Singapore 189214

Jam Operasional: 24 Jam

Cara menuju ke sini: Naik MRT turun di Stasiun Bugis, keluar exit B belok kanan, jalan kaki hingga Raffles Hospital – menyeberang – belok kanan – lurus. Patokan: Masjid Sultan.

4. East Coast Park, Wisata Gratis Tepi Pantai

Bosan dengan bangunan perkotaan? Kali ini, ada wisata tepi pantai yang gratis dan fasilitasnya lengkap, yaitu East Coast Park. Kawasan pantai di timur Singapura ini terkenal di kalangan lokal sebagai destinasi akhir pekan.

Berbagai pilihan atraksi, olahraga, hiburan hingga kulineran lengkap di sini. Mulai dari bersepeda, bersepatu roda, dan wahana olahraga air atau sekadar piknik bersama keluarga di bawah nyiur pohon kelapa adalah aktivitas menyenangkan di sini.

5 Tempat Wisata Gratis Singapura, Liburan Berkualitas Nggak Harus Mahal!
Shutterstock

Lahan seluar 185 hektar yang ditumbuhi pepohonan rindang dan bunga-bunga hias yang cantik ini juga menyediakan fasilitas memancing. Mau barbeque-an? Boleh! Jangan lupa juga untuk kulineran di East Coast Food Lagon untuk menikmati makanan kaki lima khas Singapura yang lezat!

Alamat: East Coast Park Service Rd, Singapore

Jam Operasional: 07.00 – 19.00

Cara menuju ke sini: Naik MRT ke Stasiun Eunos – naik bus nomor 13 kemudian turun di 45 Marine Crescent – menyeberang ke East Coast Park

5. Marina Barrage, Nikmati Pemandangan Singapura dari Rooftop

Di Singapura, waduk yang berfungsi menyuplai air dan menanggulangi banjir juga bisa jadi tempat wisata lho, sobat tiket! Ada dua pilihan fasilitas yang bisa kamu lakukan di sini. Pertama, bermain air. Kedua, bermain dan menikmati kota dari rooftop bendungan.

Di air, sobat tiket bisa nih, balapan sama teman-teman naik perahu naga. Jika nggak mau basah-basahan, cobalah bermain layang-layang di atap gedung. Di Marina Barrage, atap gedungnya ditanami rumput hijau mirip lapangan bola, lho!

Shutterstock

Ada air mancur untuk anak-anak bermain dan bercahaya warna-warni di malam hari. Jika ke sini, jangan lupa mampir ke food court 24 jam, Satay The Bay. Pastinya, ada top 10 kuliner Singapura lainnya juga yang harus banget kamu coba!

Alamat: 8 Marina Gardens Dr, Singapore 018951

Jam Operasional: 24 Jam

Cara menuju ke sini: Naik MRT ke Marina Bay MRT, kemudian naik bus nomor 400 dari exit A, turun di depan Marina Barrage.

Liburan ke Singapura Nggak Perlu Bikin Pusing!

Gimana, sobat tiket? Nggak ada alasan untuk menunda liburan, kan? Jalan-jalan ke Singapura, tempat wisata gratis, bisa naik bus ke mana-mana, ditambah pesan tiket pesawat di tiket.com juga ada banyak promonya. Lengkap banget dan dijamin bisa liburan dengan puas!