Arti Bunga Sakura

,

Filosofi Bunga Sakura, Fakta Menarik dari Simbol Negara Jepang

Ketika bunga sakura yang ada di Jepang sedang bermekaran, kecantikannya memikat banyak orang untuk datang memandangnya dari dekat. Bukan hanya warga Jepang saja, melainkan juga wisatawan dari banyak negara lain pun ingin melihat langsung keindahannya.

Oleh karena itu di Jepang terdapat sebuah tradisi yang sudah ada sejak berabad-abad yang lalu bernama hanami. Tradisi ini berupa kegiatan seperti piknik dengan menggelar tikar di bawah pohon sakura sambil menikmati pemandangan kelopak bunganya yang berwarna merah muda.

Tapi tahukah sobat tiket bahwa ada filosofi yang mulia di balik tampilan cantik dari bunga sakura itu? Untuk tahu lebih banyak, kuy simak dulu ulasan mengenai bunga yang menjadi ikon dari Negeri Matahari Terbit ini.

Informasi Mengenai Bunga Sakura

Sakura adalah bunga berwarna merah muda yang cantik dan berukuran kecil. Bunga yang tumbuh di pohon sakura ini menjadi tontonan yang mewah karena periode mekarnya terbilang sangat singkat, hanya sekitar 1-2 minggu saja.

Setelah itu, bunga-bunga sakura akan layu dan mulai berguguran dari pohonnya. Momen bunga sakura yang berguguran itu pun tak kalah cantik karena memunculkan suasana yang romantis seperti salju berwarna merah muda.

Apa Arti Bunga Sakura bagi Masyarakat Jepang?

Makna Bunga Sakura

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa setiap kali pohon sakura ini sedang berbunga, ada sebuah tradisi yang dilakukan bernama hanami. Tapi kenapa tradisi ini bisa ada? Apa yang melatarbelakangi tradisi itu sejak berabad-abad lalu hingga sekarang?

Meskipun pohon sakura tidak menghasilkan buah yang bisa dikonsumsi atau diambil manfaatnya, tapi nyatanya pohon ini tetap menjadi ikon yang sangat kuat dan sangat mewakili negara Jepang.

Jika dilihat dari sisi spiritual, bunga sakura ini mengingatkan setiap orang bahwa hidup ini singkat namun sangat indah. Hal ini erat kaitannya dengan kepercayaan Buddha di Jepang karena sering sekali digunakan untuk melambangkan kefanaan di segala bentuk karya seni.

Nah, meskipun begitu, bunga sakura pernah punya masa lalu yang kelam. Bunga ini digunakan sebagai simbol nasionalis dalam propaganda selama Perang Dunia Kedua berlangsung. Namun reputasinya sudah membaik hingga sekarang.

Itulah kenapa bunga sakura menjadi sangat spesial terutama bagi masyarakat Jepang. Nah, bagi kamu yang ingin melihat kecantikan bunga ini, kamu bisa langsung pesan tiket pesawat ke Jepang di tiket.com. Jangan sampai kelewatan ya, karena hanya mekar setahun sekali, lho!

 

Baca Juga:

Jadwal Mekar Bunga Sakura Jepang

Fakta Menarik Tradisi Hanami di Jepang

Budaya Jepang, Wajib Tahu Sebelum Pergi ke Negeri Sakura