,

5 Fakta Menarik Tradisi Hanami di Jepang, Kamu Sudah Tahu Belum?

Tradisi Hanami di Jepang – Bunga sakura memang menjadi salah satu ikon dari Jepang yang paling dinanti jadwal mekarnya. Tidak heran jika jumlah wisatawan akan membludak saat jadwal mekarnya bunga sakura tiba. Kamu sendiri, musim apa yang paling kamu gemari untuk berlibur ke Jepang, sobat tiket?

Berbicara soal bunga sakura, Jepang memiliki tradisi yang unik dan layak untuk kamu ketahui lho, sobat tiket. Hanami adalah tradisi yang biasa dilakukan oleh penduduk Jepang saat bunga sakura mulai bermekaran di seluruh titik Jepang. Tradisi ini akan membawa penduduk Jepang berpiknik di bawah bunga sakura yang sedang bermekaran.

Di balik itu, ada fakta-fakta unik yang harus banget kamu ketahui nih, sobat tiket. Yuk, simak langsung ulasannya berikut ini!

Tradisi Hanami di Jepang, Cari Tahu Fakta Uniknya

Saat bunga sakura mulai bermekaran, makan momen ini dijadikan oleh penduduk Jepang untuk berpiknik sekaligus menikmati keindahan bunga khas negara ini. Ini dia beberapa fakta unik yang ada di balik tradisi Hanami di Jepang.

1. Memiliki Arti Flower Viewing

Dalam bahasa inggris, Hanami memiliki arti Flower Viewing, atau yang juga berarti menikmati keindahan bunga sakura. Saat musim semi tiba, maka bunga sakura akan mulai bermekaran, dan menjadikan momen ini sebagai perayaan untuk tradisi Hanami. Biasanya, tempat-tempat yang menjadi venue dari tradisi Hanami ini akan dipenuhi oleh keluarga atau anak-anak muda.

Kamu juga bisa menikmati berbagai pilihan makanan atau minuman dengan campuran atau taste bunga sakura dari beberapa stall makanan dan minuman. Oiya, sobat tiket. Tradisi Hanami ini sudah ada sejak era Edo, yaitu pada tahun 1603-1867.

2. Tradisi Piknik di Bawah Pohon Bunga Sakura

Tradisi Hanami di Jepang dilakukan dengan cara berpiknik di bawah pohon sakura. Biasanya, banyak keluarga yang melakukan piknik ini sambil menyantap makanan atau berbincang-bincang.

Karena akan dipadati pengunjung, maka seluruh masyarakat yang ikut melaksanakan Hanami wajib menghargai dan mematuhi peraturan yang telah dibuat. Seperti tidak merusak batang atau pohon sakura, hingga memperkirakan luas karpet yang dibawa agar tidak mengganggu yang lainnya.

3. Waktu Terbaik untuk Melihat Bunga Sakura

Sobat tiket pasti bertanya-tanya kan mengenai kapan waktu yang tepat untuk menikmati bunga sakura ini? Waktu yang tepat untuk menyaksikan bunga sakura di Jepang adalah pada akhir bulan Maret hingga awal April, sobat tiket.

Karena pada bulan tersebut bunga sakura sedang mekar dengan sempurna. Tanggal 27 Maret menjadi tanggal yang paling tepat bagi masyarakat Jepang untuk menyaksikan bunga yang indah ini. Jadi, kalau kamu mau datang dan menyaksikan mekarnya bunga sakura dengan sempurna, datanglah di tanggal tersebut, sobat tiket!

4. Tempat Terbaik untuk Menikmati Bunga Sakura

Bukan hanya jadwal yang tepat saja yang perlu diperhatikan. Namun sama halnya dengan tempat yang tepat untuk bisa menyaksikan indahnya bunga sakura yang sedang bermekaran. Jika sobat tiket berada di Tokyo, maka tempat terbaik menyaksikan bunga sakura adalah di Tokyo SkyTree, Chiyoda, Taman Ueno, Taman Nara, atau Sungai Meguro.

Sedangkan jika kamu berada di Osaka, kamu bisa menuju beberapa tempat yang direkomendasikan. Seperti Kastil Osaka, Taman Kema Sakuranomiya, atau di Temmabashi.

5. Tradisi Menggantung Lampion

Bukan hanya piknik di bawah pohon sakura aja lho yang identik dengan tradisi Hanami. Namun juga ada tradisi menggantung lampion atau yang disebut Yozakura yang termasuk dalam perayaan tradisi Hanami di Jepang.

Lampion-lampion ini di gantung dekat dengan pohon sakura untuk memberikan pencahayaan bagi siapapun yang ingin menyaksikan keindahan bunga ini saat malam hari. Ternyata, menyaksikan bunga sakura yang mekar saat malam hari tidak kalah indahnya lho, sobat tiket.

Liburan ke Jepang, Beli Tiket Pesawat di tiket.com!

Berencana ingin liburan ke Jepang? Kamu bisa pesan tiket pesawat ke Jepang di tiket.com lho, sobat tiket. Instal aplikasi tiket.com di smartphone kamu, dan temukan beragam promo menarik yang bikin harga tiket lebih murah!

 

Baca juga:

Jadwal Mekar Bunga Sakura Musim Semi

Cara Apply Visa Jepang Lengkap!

Tips Liburan Musim Dingin di Jepang