6 Budaya Jepang_blog

,

6 Budaya Jepang, Wajib Tahu Sebelum Pergi ke Negeri Sakura

Budaya Jepang – Negeri sakura ini sangat terkenal dengan kesopanannya, namun sering kali turis merasakan culture shock karena budaya dan tradisinya yang terlalu kaku bagi sebagian orang.

Sobat tiket perlu ingat bahwa Jepang adalah salah satu negara dengan budaya yang cukup kental. Nah, sebelum berkunjung ke Tokyo atau Osaka, ada baiknya kamu tahu dulu 6 kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat Jepang agar kamu tidak “tersesat” saat berlibur ke sana.

6 Budaya Jepang Yang Harus Kamu Ketahui

Jepang menawarkan kekayaan budaya dan tradisi yang menjadi daya tarik utama para turis internasional. Bagi kamu yang ingin berlibur ke negeri matahari terbit ini, sebaiknya catat 6 hal berikut supaya kamu tahu kebiasaan umum orang lokal.

1. Memberikan Salam

6 Budaya Jepang_blog_Orang Jepang Membungkuk

Membungkuk merupakan tanda salam dan maaf kepada lawan bicara bagi orang Jepang. Ini juga adalah salah satu gestur tubuh untuk mengungkapkan rasa hormat kepada orang yang lebih dewasa.

Jangan lupa untuk mengucap salam dan terima kasih saat diperlukan. Kamu bisa mengucap ohayo gozaimasu pada pagi hari, sayonara saat perpisahan, atau arigato gozaimasu saat berterima kasih.

2. Saat Makan

6 Budaya Jepang_blog_Orang Jepang Makan Pakai Sumpit

Orang Jepang pada umumnya makan menggunakan sumpit. Jika kamu ingin menggunakan sumpit layaknya orang Jepang, perlu diingat bahwa kamu tidak boleh menusuk makanan atau menunjuk sesuatu menggunakan sumpit.

Selain itu, menyeruput ramen beserta kuahnya dengan bersuara menandakan kamu menikmati makanannya. Sehingga orang yang menyajikan akan senang seperti diberi pujian. Makan sushi ala Jepang pun sebenarnya menggunakan tangan, lho.

Restoran atau bar di Jepang akan menyediakan handuk panas untuk mencuci tangan. Ingat, jangan dipakai untuk mengusap wajah, ya.

3. Mengunjungi Rumah di Jepang

Mirip dengan di Indonesia, di Jepang sebelum masuk rumah hendaknya kamu melepas sepatu terlebih dahulu, kemudian menggantinya dengan sandal rumah.

Namun, jika kamu memasuki ruangan dengan lantai tradisional atau disebut tatami, sandal rumah pun harus kamu lepas lho, sobat tiket. Hal ini bukan hanya berlaku ketika kamu mengunjungi rumah orang Jepang, tetapi juga beberapa restoran di Jepang.

Beberapa rumah di Jepang bahkan menyediakan sandal khusus untuk masuk toilet, jadi diperhatikan baik-baik ya!

4. Menuangkan Air

Jepang terkenal dengan budaya minum teh dan sake, baik itu bersama teman ataupun rekan bisnis. Orang Jepang suka menuangkan air teh ke dalam gelas orang lain, terutama jika yang mereka hadapi adalah orang yang lebih tua. Tradisi ini hampir mirip dengan tradisi di Korea Selatan.

Nah, kalau sobat tiket tidak begitu menyukai teh atau minuman lainnya, maka jangan biarkan gelas kamu kosong ya. Karena itu artinya kamu meminta untuk tambah isi minuman.

5. Bepergian dengan Taksi

Di Amerika Serikat memberi tip adalah sesuatu yang wajar dan disarankan, jangan melakukan ini di Jepang, ya. Memberikan tip kepada pelayan atau siapapun dianggap tidak sopan oleh orang Jepang.

Di samping itu, saat kamu akan mengendarai taksi di Jepang. Ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan contohnya bahwa pintu taksi menutup dan membuka dengan otomatis.

6. Pemandian Umum

6 Budaya Jepang_blog_ Pemandian Umum Jepang

Ada banyak spa dan pemandian umum tersebar di seluruh area-area di Jepang. Sento atau onsen ini merupakan tempat untuk melepas penat dan bersantai. Sebelum berendam, sobat tiket harus mencuci dulu bagian tubuh.

Kalau kamu merasa risih untuk mandi bersama orang lain dan tidak menggunakan pakaian, sebaiknya jangan pilih pemandian umum.

Liburan ke Jepang, Pesan Hotel di tiket.com

Itulah beberapa tradisi dan budaya Jepang yang harus kamu tahu sebelum pergi berlibur ke negeri sakura ini. Untuk kamu yang ingin liburan ke Jepang, kamu bisa nih dapetin promo terbang ke rute internasional hanya di tiket.com.

Selain itu, tentunya kamu harus menyiapkan visa. Cek cara lengkap membuat visa jepang 2019 dan syaratnya supaya kamu bisa menyiapkan dokumen-dokumennya dari sekarang. Jepang menunggumu tuh, sobat tiket!