,

Family Time! Ciptakan Momen Liburan Manis Bareng Keluarga di De Ranch Bandung

Di antara segudang wisata di Bandung, De Ranch menjadi salah satu objek wisata favorit para wisatawan. Lokasinya sejuk, tempat wisatanya juga unik karena bisa mengingatkanmu dengan suasana peternakan yang ada di pedesaan Amerika.

Bila akhir pekan nanti kamu berencana pergi ke Bandung bareng keluarga, De Ranch bisa menjadi pilihan yang tepat nih, sobat tiket. Biar makin tahu apa saja keunikan dan hal-hal yang bisa kamu lakukan di De Ranch, coba simak informasi berikut ini, ya!

De Ranch, Objek Wisata ala Koboi di Bandung

Sumber: Shutterstock

De Ranch pertama kali dibuka pada tahun 2007. Sebelum dikenal sebagai objek wisata hit seperti sekarang, lokasi ini awalnya berfungsi sebagai tempat memelihara kuda tunggang dan sapi perah.

Namun, setelah melihat pemandangan alam sekitar yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi tempat wisata, pihak pengelola kemudian mulai melengkapinya dengan fasilitas tambahan dan membuat kawasan wisata berkonsep wisata kuda ala koboi.

Berkat keunikannya ini, De Ranch kemudian menjadi salah satu tempat wisata favorit di kawasan Lembang. Bagi sobat tiket yang datang bersama keluarga, De Ranch bisa menjadi tempat yang menyenangkan untuk menciptakan momen liburan yang manis.

Liburan nggak melulu soal bermain-main, sambil belajar pun bisa. Inilah salah satu keunggulan yang ditawarkan De Ranch. Sesuai tagline-nya ‘Food, Leisure, and Knowledge’, di sini kamu bisa belajar mengenai banyak hal terutama yang berhubungan dengan kuda.

Merasakan sensasi berkeliling menunggangi kuda menjadi hal wajib yang perlu kamu coba saat main ke De Ranch. Tips buat kamu yang mau berkunjung di akhir pekan, sebisa mungkin datanglah lebih pagi untuk menghindari antrian naik kuda yang mengular.

Untuk menciptakan kenyamanan bagi pengunjung, De Ranch dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang seperti area istirahat, musala, dan jalur kursi roda. Bila perut terasa lapar, kamu bisa membeli makanan atau camilan di area kuliner.

Tersedia berbagai macam makanan khas Sunda seperti batagor dan siomay. Selain itu ada juga ayam bakar, ikan bakar, serta mi bakso yang nggak kalah nikmat.

De Ranch juga menyediakan factory outlet yang menyediakan berbagai macam atribut koboi dan aneka cindera mata serta kerajinan khas De Ranch untuk oleh-oleh. Fasilitas yang disediakan benar-benar lengkap, bukan?

Cara Menuju De Ranch

De Ranch beralamat di Jl. Maribaya No.17, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Kalau sobat tiket berangkat dari pusat Kota Bandung, arahkah kendaraan ke utara menuju Bandung Zoo, kemudian ikuti jalurnya hingga tiba di Jl. Pagermaneuh dan lanjutkan perjalanan sekitar 10 menit untuk tiba di lokasi.

Total waktu yang dibutuhkan untuk mencapai De Ranch dari pusat Kota Bandung yaitu kurang lebih 41 menit. Untuk mendapatkan perjalanan yang nyaman, menggunakan kendaraan pribadi merupakan pilihan terbaik. Apalagi kalau datang bersama keluarga.

Jam Operasional dan Tiket Masuk De Ranch

De Ranch buka setiap hari kecuali Senin. Untuk hari Selasa sampai Kamis buka mulai pukul 09.00-17.00 WIB, sedangkan akhir pekan atau hari libur buka sejak pukul 08.00-18.00 WIB. Lalu, berapa tiket masuknya?

Tiket masuk De Ranch dijual seharga Rp15.000* yang nantinya bisa kamu tukarkan dengan segelas susu. Bila ingin menikmati wahana bermain yang ada di De Ranch, ada biaya tambahan yang harus kamu bayar. Jadi, biaya di atas nggak termasuk biaya wahana bermain, ya.

Harga tiket wahana bermain di De Ranch dibanderol sekitar Rp15.000*-Rp40.000* tergantung permainan mana yang kamu pilih. 

5 Hal Asyik yang Bisa Kamu Lakukan di De Ranch

Sumber: Shutterstock

Penasaran hal menarik apa aja yang bisa kamu lakukan selama liburan di De Ranch? Coba simak rekomendasinya berikut ini.   

1. Serunya Berpetualang Naik Kuda

Pernah melihat film bertema koboi di mana para aktornya menunggangi kuda dengan gagah? Tampaknya seru banget, ya!

Nah, buat kamu yang ingin merasakan sensasi menunggangi kuda sambil menikmati udara Lembang yang sejuk, De Ranch adalah jawabannya. Menunggang kuda menjadi wahana paling populer di tempat ini.

Jadi, kalau ke sini wajib mencoba wahana yang satu ini. Nggak hanya itu, kamu pun bisa berdandan ala koboi dengan menyewa perlengkapan seperti topi dan rompi koboi. Menarik, kan?

Selama berkeliling naik kuda, kamu akan ditemani oleh guide yang berpengalaman. Dan lagi, kuda yang ada di sini cukup jinak serta aman untuk ditunggangi kok. Tertarik untuk mencoba?

2. Mau Kursus Menunggang Kuda Juga Bisa

Untuk kamu yang mau belajar menunggang kuda secara profesional, De Ranch juga menyediakan fasilitas kursus tunggang kuda yang digelar setiap harinya. Bila tertarik, kamu harus melakukan reservasi terlebih dahulu di nomor 0857-5950-0674 (WA).

Selama prosesnya kamu akan dikenalkan dengan dasar-dasar menunggang kuda. Mulai dari pengenalan alat-alat menunggang seperti pelana, alas saddle, sampai perlengkapan keamanan si penunggang. Kemudian kamu juga diajari bagaimana menunggang kuda secara aman dan belajar mengenali sifat serta kebiasaan kuda.

Bila kamu berpotensi untuk menekuni olahraga ketangkasan berkuda, nantinya sang instruktur akan memberikan latihan ekstra yang diarahkan untuk mengikuti kejuaraan.

3. Mencari Tahu Caranya Memerah Sapi

Puas menunggang kuda, kamu dan keluarga bisa melanjutkan petualangan melalui kegiatan lain yang nggak kalah seru, yaitu memerah sapi. Benar, selain peternakan kuda, De Ranch juga punya peternakan sapi, lho.

Sapi-sapi yang ada di sana ditempatkan di kandangan yang luas. Nggak sekadar mengamati tingkah laku sapi, kamu punya kesempatan untuk merasakan bagaimana menjadi seorang peternak sapi perah.

Kamu akan diajak untuk belajar pemeliharaan hewan ternak, merawat sapi perah, sampai pada atraksi utama yaitu memerah sapi yang biasa dilakukan pukul 14.30-16.00 WIB. Buat kamu yang berlibur bersama si kecil, ajak mereka memerah sapi untuk menciptakan momen liburan yang berkesan.

4. Menikmati Berbagai Wahana Permainan Seru

Anak-anak pasti senang bila diajak berlibur ke tempat wisata yang banyak permainan seru di dalamnya. Nah, selain menunggang kuda, De Ranch juga menyediakan beragam permainan yang sebagian besar diperuntukkan untuk anak-anak.

Beberapa di antaranya adalah flying fox, sepeda track, trampolin, dan panahan. Kalau mau lebih seru lagi, ajak anak berkeliling naik delman. Mereka pasti suka. Menariknya, di sini juga ada wahana air seperti kolam pancing, balon air, sampai perahu kayuh.

Bila si kecil dalam tahap belajar mengenal hewan-hewan, mengajak mereka bermain bersama kelinci yang ada di De Ranch juga bisa membantu proses belajar. Selain kelinci, kamu juga bisa mengenalkan kuda dan sapi.

5. Cocok untuk Hunting Foto Instagramable

Terakhir dan yang pasti nggak boleh dilewatkan tentu saja berfoto. Ketika menunggangi kuda lengkap dengan pakaian ala koboi, kamu bisa minta tolong ke teman atau keluargamu untuk memotret momen tersebut. Hasilnya tentu saja unik.

Kalau nggak tertarik naik kuda, kamu bisa foto-foto dengan latar belakang padang rumput yang hijau. Di sana ada kuda dan kambing yang berkeliaran bebas dan merumput. Wah, bisa jadi ornamen foto yang cantik nih. Berfoto saat bermain wahana air juga nggak kalah menarik kok. Jangan lupa dicoba, ya. 

Ciptakan Momen Liburan Seru di De Ranch

Makin penasaran bagaimana rasanya berlibur di De Ranch dan bergaya ala koboi? Coba atur jadwal ke sana mulai dari sekarang. Urusan tiket kereta api, kamu bisa memesannya secara praktis dengan harga terbaik lewat tiket.com.

Kalau butuh penginapan, deretan boutique hotel di Bandung bisa menjadi lokasi kamu dan keluarga untuk bermalam. Nuansanya yang unik bisa bikin kamu betah berlama-lama nginep di sana. Semoga harimu menyenangkan!