4 Cara Seru Menghabiskan Waktu di Chinatown, Kuala Lumpur
Shutterstock

,

4 Cara Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Chinatown Kuala Lumpur, Lengkap!

Chinatown yang berada di Petaling Street, Kuala Lumpur, Malaysia, selalu menjadi destinasi wisata yang disarankan oleh para pelancong. Baik itu untuk wisata belanja, kulineran, hingga tempat belajar kebudayaan Malaysia.

Chinatown adalah satu titik terbaik untuk melakukan semua dan tempat awal yang pas untuk eksplor Kuala Lumpur. Jadi, jika sobat tiket berencana untuk liburan ke Malaysia, jangan lupa tulis Chinatown di itinerary kamu, ya!

Berawal Dari Sebuah Pabrik Tapioka 

Adalah Yap Ah Loy, seorang pendatang Tiongkok, yang memulai kawasan Chinatown menjadi ramai dan menjadi tempat wisata belanja paling dikenal. Yap Ah Loy mendirikan sebuah pabrik tapioka di Jl. Petaling ini, setelah sebelumnya hanya merupakan pemukiman para pekerja pertambangan di Malaysia. 

Setelah Perang Sipil Selangor, pertambangan tersebut banjir kemudian banyak orang memilih untuk memulai usaha perdagangan mengikuti Yap Ah Loy, hingga kawasan Chinatown ramai seperti sekarang.

Kini, banyak hal yang bisa sobat tiket lakukan untuk mengisi waktu liburan di Chinatown. Apa saja ya kira-kira? Simak ulasan di bawah ini, kuy!

Ke Chinatown, Sudah Tentu Mau Belanja!

Chinatown Petaling Street adalah tempat terbaik untuk belanja oleh-oleh di Malaysia, selain Central Market. Di sini lengkap, mulai dari souvenir, aksesoris, mainan hingga kaos-kaos oblong. Ssst, di sini banyak dijual barang imitasi juga lho, sobat tiket!

Waktu terbaik untuk belanja di Chinatown adalah sore hingga malam hari, saat semua pedagang telah membuka lapaknya. Harga semua barang di sini relatif terjangkau, tapi tetap boleh banget kok tawar-menawar. Karena terkadang para pedagang suka menaikkan harga 15-35% kepada turis asing.

Belanja Sambil Explore Tempat Wisata

Liburan jauh-jauh ke Negeri Orang, pasti tempat wisata tujuannya. Tenang, di Chinatown nggak cuma bisa belanja, tapi, sekalian jalan-jalan ke tempat wisatanya juga. Ada apa saja, sih di jantung kota Kuala Lumpur ini?

4 Cara Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Chinatown Kuala Lumpur, Lengkap!
Shutterstock

1. Kuil Sri Mahamariamman

Salah satu wisata budaya yang terkenal di Chinatown Petaling Street adalah Sri Mahamariamman Temple. Kuil yang identik dengan gapura setinggi 7 meter dengan patung dewa dan dewi umat Hindu ini termasuk bangunan kuno tahun 1920.

Kuil ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Kuala Lumpur, yang dihiasi dengan ornamen dan pahatan paling rumit di Malaysia. Setiap pahatan dewa-dewi berhiaskan emas, permata hingga batu mulia.

Di dalam kuil, sobat tiket bisa menjumpai kereta perak yang biasa digunakan untuk membawa patung dewa keliling kota dalam rangka prosesi agama tertentu. Beberapa spot juga Instagrammable banget, lho!

2. Kuil Chan See Shu Yuen

Satu lagi kuil tertua di Chinatown Kuala Lumpur yang menarik untuk kamu sambangi. Meski tidak sepopuler Kuil Sri Mahamariamman, kuil Buddha yang terletak di ujung Petaling Street ini punya beberapa hal yang menarik untuk kamu lihat.

Kuil ini sarat akan nilai sejarah. Berada di sini, kamu akan melihat dan mendengarkan kisah kuno dan mitologi Cina. Bangunan yang didominasi warna merah dan kuning, dengan ukiran dan lukisan dinding yang memuat nilai sejarah.

Selain itu, atap halaman kuil ini adalah sekumpulan lampion yang merah dan eksotis. Wajib banget dikunjungi untuk sobat tiket yang suka fotografi, dijamin bikin kamu terpana!

Mengisi Perut Dengan Kuliner Malaysia di Chinatown

Puas belanja, sekarang waktunya memanjakan perut dengan kuliner khas Malaysia! Nggak perlu ke mana-mana, cukup di Chinatown saja, kamu bisa cicipi kuliner di bawah ini.

4 Cara Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Chinatown Kuala Lumpur, Lengkap!
Shutterstock

1.  Hainanese Chicken Rice

Kuliner khas Negeri Jiran ini merupakan perpaduan ayam dan nasi yang gurih. Ayam yang disajikan adalah ayam yang telah dikukus bersama tumisan jahe dan bawang, sedangkan rasa gurih dari nasinya berasal dari kaldu ayam yang kental.

Nasi Hainan versi original disajikan bersama saus jahe, namun, beberapa restoran menyesuaikan dengan lidah turis, yakni menyajikannya bersama sambal dan irisan timun segar. 

2. Char Kway Teow

Karena masih bersentuhan dengan budaya Tionghoa, beraneka ragam kuliner dengan bahan dasar mie ada di Chinatown ini. Salah satunya Char Kway Teow, sajian mie yang mirip dengan kwetiau goreng di Indonesia.

Ciri khas Char Kway Teow khas Malaysia ini adalah adanya penambahan udang dan tauge serta daun kucai. Sebagai tambahan, ada bakso ikan, sosis dan telur. Kuliner satu ini kemudian disajikan di atas piring yang dialasi daun pisang, lengkap dengan sumpit.

3. Ayam Percik

Satu lagi sajian ayam yang mesti kamu coba saat berada di Chinatown, ayam panggang dengan bumbu khas, ayam percik. Masakan satu ini berupa ayam panggang yang diungkep bersama segarnya asam gelugur dan aroma rempah yang kuat dari biji kelabat.

Setelah dipanggang, ayam disajikan bersama sisa bumbu yang kental dan gurih. Seporsi ayam percik biasa disantap bersama nasi putih hangat atau nasi kerabu, nasi berwarna biru khas Malaysia.

Ingin Menginap di Chinatown? Ini Rekomendasi Hotelnya

Puas belanja, kulineran, sampai menjelajahi tempat-tempat seru di Chinatown, kenapa nggak sekalian menginap di area Chinatown saja? Kuy, cari hotel! Berikut beberapa rekomendasi hotel murah di Chinatown untuk kamu.

4 Cara Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Chinatown Kuala Lumpur, Lengkap!

1. Sasana Hotel

Hotel satu ini merupakan hotel terdekat dari Petaling Street, tidak sampai 50 meter. Nuansa Pecinan dengan lampion-lampion serba merah masih terasa dong, ya. Letaknya juga nggak jauh dari kafe-kafe dan restoran, sudah gitu harganya pun terjangkau. Paket lengkap!

Alamat: Jalan Petaling No. 16, City Centre, 50000, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur

Rate: Mulai dari Rp. 155.000 hingga Rp. 282.000 / kamar / malam

Reservasi: Pesan Kamar di Sasana Hotel via tiket.com

2. Leo Leisure Hotel @ Central Market

Masih di area Chinatown Petaling Street, ada Leo Leisure Hotel yang nyaman dan ramah anak. Berjarak 10 menit dari Central Market, hotel ini memiliki fasilitas wifi gratis yang bisa kamu nikmati sepuasnya.

Alamat: Jalan Hang Kasturi no.6, City Centre, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur

Rate: Mulai dari Rp. 167.000 / kamar / malam

Reservasi: Pesan Kamar di Leo Leisure Hotel @ Central Market via tiket.com

Selain dua hotel di atas, masih banyak kok rekomendasi hotel di Chinatown Kuala Lumpur yang harganya terjangkau dan pastinya dengan lokasi yang strategis!

Paket Lengkap Liburan ke Chinatown, Bikin Kamu Puas!

Nah, itu dia 4 cara seru yang bisa sobat tiket lakukan untuk menghabiskan waktu. Belanja, sudah. Kulineran, sudah. Hotel murah pun ada. Rasa-rasanya nih ya, liburan ke Malaysia dimulai dari Chinatown itu adalah cara yang terbaik.

Masih ingin kunjungi tempat wisata lainnya di Malaysia? Boleh banget intip 6 tempat wisata budaya di Malaysia. Ayo buruan terbang ke Negeri Jiran dan bikin liburanmu tak terlupakan!