Cara Naik Busway

,

5 Cara Naik Busway Jakarta, Praktis Gak Pakai Ribet!

Sebagai Ibukota di Indonesia, Jakarta merupakan pusat kota bisnis dengan banyak lalu-lalang aktivitas masyakaratnya seperti bekerja dan kuliah. Fasilitas transportasi umum yang tersedia membantu para penduduk dari Jakarta maupun dari luar Jakarta untuk mencapai lokasi tujuan. Salah satu transportasi umum yang terkenal adalah Bus Transjakarta atau biasa disebut busway. Belum pernah naik Transjakarta dan ingin mencoba? Simak yuk langkah-langkah cara naik busway di sini!

5 Cara Naik Busway Jakarta

  1. Pergi Menuju Halte Busway Terdekat dari Rumah
Cara Naik Busway - Pergi Menuju Halte Busway Terdekat dari Rumah
Pergi Menuju Halte Busway Terdekat dari Rumah

Cara naik busway pertama yang harus Sobat Tiket lakukan adalah menuju halte busway yang tersebar di berbagai wilayah di Jakarta. Terdapat kurang lebih sebanyak 242 halte yang tersedia dan berguna sebagai tempat berhentian atau transit bus. Kamu bisa mencoba cari tahu halte busway terdekat dari rumah atau kantor jika berencana untuk naik busway.

Selain halte koridor busway, sekarang juga ada pool busway yang biasanya berada di kota-kota satelit Jakarta, seperti Tangerang, Bekasi hingga Depok. Pool ini merupakan tempat pemberhentian bus feeder Transjakarta, yaitu bus yang bisa menjangkau daerah-daerah yang tidak dilalui koridor busway. Biasanya pemberhentian bus ini terdapat pada sisi jalan yang terpasang tiang rambu berhenti bus feeder.

  1. Gunakan Kartu E-money
Cara Naik Busway -Gunakan Kartu E-money
Gunakan Kartu E-Money

Dulu untuk naik busway, Sobat Tiket harus membeli tiket karcis di halte untuk bisa naik bus transjakarta. Namun, sekarang pihak Transjakarta sudah tidak lagi menyediakan transaksi dalam bentuk tiket kertas. Cara naik busway zaman sekarang adalah masyarakat hanya perlu menggunakan kartu e-money.

Kartu ini adalah kartu elektronik berisi jumlah saldo tertentu yang bisa digunakan untuk melakukan kegiatan transaksi di berbagai tempat salah satunya halte busway. Meskipun menggunakan kartu e-money, tarif yang diberlakukan masih tidak berubah yaitu Rp3.500,00. Sobat Tiket bisa membeli kartu ini di halte busway yang menyediakan ataupun pergi ke bank untuk mendapatkannya.   

  1. Pelajari Rute Transjakarta
Cara Naik Busway - Pelajari Rute Transjakarta
Pelajari Rute Transjakarta

Banyaknya halte pemberhentian, rute-rute koridor hingga jenis-jenis bus yang berbeda akan membingungkan bagi yang belum pernah menggunakan busway. Sebelum naik busway, pastikan kamu sudah mengetahui lokasi tujuan yang ingin dituju. Tersedia peta jalur bus yang bisa di unggah ke dalam smartphone dengan mengunjungi situs resmi Transjakarta.

Selain itu, sudah banyak beragam aplikasi transportasi yang tersedia untuk membantu cara naik busway kamu menjadi lebih mudah. Aplikas-aplikasi ini memiliki beragam fitur tersendiri seperti mengetahui jadwal bus datang, menunjukkan koridor bus yang harus kamu lalui, hingga mendapatkan lokasi bus terdekat secara real time atau saat itu juga.

  1. Utamakan Kursi Untuk Lansia
Cara Naik Busway - Utamakan Kursi Untuk Lansia
Utamakan Kursi Untuk Lansia

Begitu naik busway, kamu bisa mencari tempat duduk selama di perjalanan. Eits tunggu dulu! Tahukah kamu bahwa di dalam bus Transjakarta terdapat area tempat duduk khusus. Cara naik busway berikutnya yang harus Sobat Tiket perhatikan adalah untuk tidak duduk sembarangan. Pada bagian setengah depan bus, merupakan area khusus penumpang wanita sehingga tidak boleh ada penumpang pria yang duduk atau berdiri di sana.

Terdapat juga area tempat duduk prioritas yang hanya bisa diduduki oleh para penumpang lansia, ibu hamil, penyandang cacat atau ibu membawa anak. Jika Sobat Tiket kebetulan sedang duduk di kursi tersebut, ada baiknya segera berdiri memberikan kursi kepada penumpang yang memang di prioritaskan. Biasanya petugas di dalam bus akan membantu mengingatkan para penumpang di dalam.

  1. Tap Kartu Untuk Keluar Halte
Cara Naik Busway - Tap Kartu Untuk Keluar Halte
Tap Kartu Untuk Keluar

Begitu kamu sudah sampai halte pemberhentian dekat lokasi tujuan, ada satu hal penting yang dilakukan. Kartu e-money yang sudah kamu gunakan saat berangkat berguna untuk bisa keluar dari halte busway. Cara naik busway terakhir ini penting untuk dilakukan, karena jika kamu kehilangan kartu maka tidak bisa keluar dari halte. Tidak usah khawatir, saldo kartu tidak akan terpotong ketika kamu tap di lokasi tujuan.

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa cara naik busway yang terakhir ini penting untuk dilakukan. Biasanya para penumpang yang kehilangan kartu atau terjadi error ketika proses tap out, akan dibantu oleh petugas halte. Jadi, Sobat Tiket jangan lupa untuk menjaga kartu e-money jika naik bus Transjakarta ataupun transportasi umum lainnya.

Itulah 5 cara naik busway yang bisa kamu terapkan saat berencana mencoba menggunakan transportasi umum kota Jakarta. Naik transportasi umum bisa menjadi menyenangkan, aman dan praktis apabila kamu sudah melakukan rencana yang matang dan mematuhi aturan yang berlaku. Bagi Sobat Tiket dari luar Jakarta yang ingin mencari hotel di Jakarta murah bisa mengunjungi situs atau aplikasi tiket

Selain Busway, transportasi umum lain yang menjadi primadona masyarakat Jakarta adalah commuter line atau kereta api listrik. Simak langkah-langkah cara naik krl bagi kamu yang belum pernah dan ingin mencobanya!