,

Cara ke Krabi dari Bangkok, Naik Bus Sampai Pesawat

Pernah mendengar tentang Krabi? Kalau belum, Krabi merupakan provinsi di Thailand yang jaraknya sekitar 800 kilometer dari Bangkok. Cukup jauh memang, tapi tenang ada banyak cara ke Krabi yang bisa disesuaikan sama waktu dan budget kamu.

Provinsi ini merupakan tempat yang paling tepat untuk menikmati pemandangan alam dan pantai yang indahnya bikin geleng-geleng kepala. Pasti bikin kamu mager buat pulang.

Kalau mau kesini, disarankan untuk datang antara bulan November dan April karena cuaca paling oke saat bulan-bulan tersebut. Kalau udah ada rencana ke Bangkok, pastikan destinasi selanjutnya adalah Krabi!

Cara Ke Krabi dari Bangkok, Mulai Dari Naik Bus Sampai Pesawat

Kalau mau hemat dan ambil perjalanan malam biar nggak bayar hotel, bisa nih kamu naik bus atau naik kereta dan pilih gerbong tidur! Mantap banget kan. Akan tetapi, kalau waktu kamu mepet, naik pesawat juga oke.

Berikut ulasan tiket.com mengenai transportasi ke Krabi dari Bangkok dan transportasi umum selama disana. Dibaca sampai habis ya.

1. Naik Bus

Sumber: Shutterstock.com

Ini adalah opsi paling murah kalau kamu mau ke Krabi dari Bangkok. Bus yang mengantarkan kamu ke Krabi bisa ditemukan di Southern Bus Terminal atau Sai Tai Mai dan Terminal Morchit. Tapi kebanyakan busnya di Sai Tai Mai yang bisa ditempuh dalam waktu 15 menit berkendara dari pusat kota Bangkok. 

Busnya ber AC kok, sobat tiket dan kursinya juga nyaman. Leg room sih standar ya. Busnya ada yang first class dan ada juga yang VIP. Busnya ada yang berangkat pagi dan ada juga yang sore hari. Kamu bisa milih turun di Ao Luk, Ao Nang atau Terminal Bus Krabi. 

Untuk harganya mulai dari 640 baht per orang sampai 1.000 baht tergantung tipe bus dan kapasitasnya. Yang lebih mahal biasanya juga menawarkan makanan dan busnya VIP. 

Perjalanan memakan waktu minimal 12 jam. Jadi kamu harus siap-siap cemilan, air mineral dan buat dirimu senyaman mungkin ya. 

2. Naik Kereta plus Bus

Sumber: Shutterstock.com

Kenapa kereta dan bus? Nggak bisa kereta aja? Sayangnya nggak ada kereta dari Bangkok ke Krabi, sobat tiket soalnya di Krabi nggak ada stasiun kereta api. 

Kalau mau naik kereta, kamu harus ke Stasiun Hua Lamphong dan beli tiket ke Stasiun Surat Thani. Stasiun Hua Lamphong lokasinya di pusat kota Bangkok sekitar 9 menit berkendara. 

Enaknya kalau naik kereta, kamu bisa pesan sleeper class jadi kamu bisa tidur dengan nyaman selama perjalanan. 

Waktu tempuh dari Bangkok ke Surat Thani yang tercepat adalah 9 jam. Harga tiketnya mulai dari 758 baht sampai 1200 baht per orang tergantung jenis gerbongnya. Oh ya, harga tiket tersebut biasanya udah termasuk makan.

Untuk memudahkan, kamu bisa juga beli tiket kereta plus busnya sekaligus. Jadi, pas sudah sampai kamu udah tinggal santai nggak pusing mikirin beli tiket bus. 

Setelah sampai di Stasiun Surat Thani, kamu naik shuttle untuk menuju terminal bus di kota tersebut. Perjalanan dari terminal bus Surat Thani ke Krabi membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam. Harga tiket busnya mulai dari 250 baht. 

Kamu juga bisa naik van atau minibus dengan harga yang sama mulai dari 250 baht dengan tujuan Terminal Van Krabi. 

3. Naik Pesawat

Sumber: Shutterstock.com

Kalau waktu liburan kamu nggak terlalu panjang, berarti kamu harus naik pesawat. Pesawat dari Bangkok berangkat dari Bandara Internasional Suvarnabhumi maupun Bandara Internasional Don Mueang menuju Bandara Internasional Krabi. 

Ada banyak pilihan maskapai dan waktu terbang karena ada lebih dari 30 penerbangan menuju Krabi setiap harinya. Maskapai yang melayani penerbangan dari Bangkok ke Krabi adalah Air Asia, Nok Air, Thai Airways, Bangkok Airways, Thai Lion Air, dan lain-lain. 

Harganya mulai dari 791 baht dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 15 menit. Pas sudah sampai di Bandara Krabi, kamu bisa naik shuttle bus sampai ke hotel kamu dengan harga mulai dari 100 baht. 

Transportasi Umum di Krabi

Ada cukup banyak pilihan transportasi umum di Krabi cuma memang nggak menjangkau seluruh destinasi wisata yang mungkin ingin kamu tuju. Berikut beberapa transportasi umum rangkuman tiket.com. 

1. Bus dalam kota

Naik bus di Krabi cukup murah cuma sayangnya mereka memiliki rute yang terbatas yaitu Bandara Internasional Krabi, Kota Krabi dan Pantai Ao Nang. Ada beberapa pemberhentian diantara rute-rute tersebut tapi rute utamanya ya ke tiga tempat itu saja. 

Harganya kalau untuk ke Ao Nang dari pusat kota Krabi sekitar 60 baht per orang sekali jalan 

2. Songthaews

Kendaraan ini modelnya kayak angkot tapi lebih terbuka. Aslinya songthaews adalah truk pick up cuma sudah dimodifikasi dengan kursi memanjang. 

Sama kayak angkot, rute mereka udah pasti yaitu di seputar kota Krabi dan Ao Nang. Kalau mau naik songthaews, lambaikan aja tanganmu dan kalau mau berhenti tinggal pencet tombol. Siapin uang kecil ya biar nggak ribet. 

3. Tuk Tuk

Tuk-tuk ini kendaraan kayak bajaj dan memang mirip sama bajaj di Jakarta, pengemudi tuk-tuk suka nawarin private tour. Kalau emang cocok harganya, lumayan tuh kamu nyewa tuk-tuk buat keliling Krabi dan sekitar. 

Pastikan udah deal harga di awal ya, sobat tiket. Destinasinya juga harus pasti, jangan berubah-ubah di tengah jalan dan pastikan bahwa si tuk-tuk akan kembali mengantarkanmu pulang ke hotel. 

4. Ojek

Yups, di Krabi juga banyak ojek dan tentu saja bisa mengantarkanmu kemana-mana dengan cepat. Cocok banget buat solo traveller. Oh ya, kadang ojek di sini nggak punya helm untuk penumpang. Jangan mau ya kalau gitu. Safety first!

Untuk harga, kamu juga harus tawar-menawar di awal dengan harga mulai dari 20 baht biasanya. Kalau udah sepakat baru deh berangkat. Mirip banget ya kayak di Indonesia. 

5. Samlor

Samlor ini modelnya seperti becak motor. Kamu bisa menemukan samlor di kota Krabi dan daerah pantai Ao Nang. Sama seperti ojek, kamu harus sepakat harga dulu di awal sebelum kendaraan ini mengantarkanmu ke tujuan. 

Kalau kamu rame-rame, harga tetap dihitung per orang ya. Cuma mungkin kamu pintar negosiasi, bisa dapat harga satu rombongan. Satu samlor bisa mengangkut sampai 4 penumpang. 

6. Taksi

Taksi di Krabi rata-rata cuma bisa ditemukan di Bandara Internasional Krabi yang akan mengantarkanmu ke Kota Krabi. Kalau kamu mau nyaman keliling Krabi tanpa kepanasan, bisa sih nyewa taksi dengan harga sekitar 2.500 baht per hari. 

Kamu bisa negosiasi dan harus menjelaskan destinasi yang mau kamu kunjungi ya dengan jelas. Harga juga harus sepakat di awal. 

Di daerah pantai Ao Nang juga ada taksi cuma mereka nggak mau ngantar kalau jaraknya dekat. 

7. Sewa Motor atau Mobil

Ini memang bukan pilihan transportasi umum tapi merupakan opsi yang bisa dipertimbangkan kalau kamu mau menjelajahi Krabi. Bisa juga sih kamu sewa sepeda, cuma nggak terlalu disarankan karena panas banget, sobat tiket. 

Untuk sepeda motor matic, harga sewanya sekitar 250 baht per hari. Oh ya, walaupun kamu sudah biasa naik motor di Indonesia, tetap harus dipikirkan baik-baik saat mau sewa motor soalnya jalanan di Krabi nggak mulus dan beberapa pengendara lokal berkendaranya sesuka hati. 

Siapkan fotokopi paspor dan jangan pernah mau ngasih paspor asli kamu ke tempat rentalnya. Cek kondisi motor dan baret-baretnya. Di foto kalau perlu supaya kamu nggak kena scam. 

Kalau mau lebih nyaman, kamu rental mobil aja. Memang lebih mahal cuma kalau pergi rame-rame ini opsi yang cukup oke. Harga mobil mulai dari 1.000 baht dengan kapasitas 4 orang. 

Kalau kamu solo traveller dan utamanya perempuan, hindari ya naik motor malam-malam sendirian di daerah yang sepi. 

Tuh, nggak susah dan ribet kan, sobat tiket? Kuy, ke Krabi buat tujuan liburan selanjutnya. Thailand juga punya wisata alam yang luar biasa keren lho. Coba baca 10 Wisata Alam Eksotis di Thailand. Habis itu, segera lihat-lihat harga tiket dan pesan di tiket.com ya. Jangan ditunda-tunda!