,

7 Benda yang Tidak Boleh Masuk ke Dalam Kabin Pesawat

Sering berkelana menggunakan pesawat terbang, tentu kamu sudah familiar dengan beberapa larangan dan ketentuan yang ditetapkan oleh masing-masing maskapai kan, sobat tiket? Namun, bagaimana dengan yang belum terbiasa menggunakan pesawat terbang sebagai transportasi menuju suatu kota atau negara, atau first timer?

Nah, untuk sobat tiket yang baru pertama kali ingin bepergian menggunakan pesawat terbang, kamu harus cari tahu dulu nih barang atau benda apa saja yang tidak boleh masuk ke dalam kabin pesawat.

Karena jika kamu bawa barang tersebut, tidak hanya akan merepotkan kamu, tetapi juga dapat membahayakan penumpang lainnya. Jadi, apa saja benda yang tidak boleh masuk kabin pesawat? Berikut ini listnya!

7 Benda yang Tidak Boleh Masuk Kabin Pesawat

Sebelum kamu pergi menggunakan pesawat, dan menyiapkan segala perlengkapan yang pastinya akan kamu bawa. Perhatikan dulu 7 benda yang tidak boleh masuk kabin pesawat ini ya, sobat tiket. Agar perjalanan kamu nyaman, dan tentunya tidak menimbulkan bahaya.

1. Senjata Api

Benda Tidak Boleh Masuk Kabin -  Senjata Api

Selain berbahaya, senjata api juga tidak dapat dibawa dengan bebas oleh penumpang yang berstatus warga sipil. Untuk dapat membawa senjata api ke dalam kabin pesawat, tentu akan ada serangkaian ketentuan khusus yang perlu dilengkapi. Seperti misalnya izin khusus serta ditangani oleh divisi khusus yang mengatur persoalan senjata api.

2. Benda-Benda Tajam

Selain senjata api, benda-benda tajam juga dilarang keras untuk masuk ke dalam kabin pesawat lho, sobat tiket. Tidak hanya berupa pisau atau silet saja, namun benda-benda tajam kecil lainnya seperti gunting kuku atau gunting kecil untuk menjahit juga akan dilarang masuk ke dalam kabin.

Benda Tidak Boleh Masuk Kabin - Benda Tajam

Karena, hal ini dapat berpotensi membahayakan keselamatan penumpang dan juga penerbangan secara keseluruhan. Jadi, lebih baik kamu tidak usah membawa barang-barang ini jika tidak mau disita oleh petugas bandara ya, sobat tiket.

3. Benda Tumpul yang Berbahaya

Tidak hanya benda-benda tajam saja lho yang berpotensi menimbulkan bahaya bagi penumpang pesawat. Namun juga benda-benda tumpul yang memiliki potensi dapat membahayakan. Misalnya saja seperti stik golf atau stik billiard.

Benda Tidak Boleh Masuk Kabin - Benda Tumpul

Untuk itu, kamu tidak diizinkan untuk membawanya ke dalam kabin pesawat. Daripada harus terhalang izin yang merepotkan kamu, lebih baik kamu simpan di bagasi pesawat saja, sobat tiket.

4. Benda dengan Kandungan Gas

Benda dengan kandungan gas seperti tabung aerosol atau cat semprot dilarang untuk masuk kabin karena dapat membahayakan penumpang dalam penerbangan. Karena, tabung yang memiliki kandungan gas dapat memicu ledakan pada tekanan-tekanan tertentu.

5. Zat Cair Lebih dari 100ml

Sobat tiket biasa membawa perlengkapan pribadi yang bersifat cair seperti parfum, lotion, atau dry shampoo? Perlu untuk kamu pertimbangkan nih, sobat tiket, jika benda-benda tersebut memiliki berat yang lebih dari 100 mililiter.

Namun, ada pengecualian kok untuk sobat tiket yang membawa makanan bayi atau obat-obatan dengan resep dokter.

6. PowerBank

Benda yang satu ini seringkali menimbulkan dilema bagi para penumpang pesawat. Powerbank memang menjadi benda penyelamat dikala kamu kehabisan daya handphone, tetapi sulit menemukan tempat untuk charging. Seringkali terjadi hal yang berbahaya, menjadikan pihak bandara dan maskapai semakin memperketat peraturan mengenai pembawaan PowerBank ini.

Bahkan, sempat terjadi ledakan dan terbakarnya powerbank yang tentunya membahayakan seluruh penumpan dan juga penerbangan. Untuk itu, bagi sobat tiket yang ingin tetap membawa powerbank ke dalam kabin dengan kapasitas yang melebihi peraturan, harus melalui persetujuan pihak bandara atau maskapai.

Untuk batas maksimal powerbank yang bisa kamu bawa ke dalam kabin pesawat adalah 32.000 mAh, namun dengan label kapasitas yang jelas untuk bisa masuk ke kabin. Jadi, pastikan powerbank yang akan kamu bawa sudah memenuhi persyaratan yang ditetapkan ya, sobat tiket.

7. Produk Hewani dan Beraroma Menyengat

Terakhir adalah produk-produk yang menimbulkan aroma menyengat dan juga terbuat dari produk hewani. Barang atau makanan dengan aroma menyengat tentunya akan mempengaruhi kenyamanan penumpang lainnya.

Sedangkan makanan yang terbuat dari olahan hewani, seperti keju dan susu menjadi makanan olahan yang juga dilarang untuk dibawa ke dalam kabin pesawat. Hal ini karena makanan olahan tersebut mengandung bakteri patogen yang dapat mengganggu kesehatan.

Nah, itu dia 7 benda yang tidak boleh masuk kabin pesawat, sobat tiket. Sekarang kamu sudah paham kan mengenai aturan tersebut? Jadi, pastikan kamu tidak membawanya ke dalam kabin pesawat ya, sobat tiket. Karena, selain akan merepotkan kamu karena harus menghadapi penyitaan barang, juga bisa berakibat fatal dan membahayakan penumpang lainnya.

Sudah siap untuk pergi ke tempat yang kamu impikan dengan pesawat terbang? Jangan lupa pesan tiket pesawat di tiket.com ya, sobat tiket! Masih takut naik pesawat? 6 tips naik pesawat ini bisa menjadi obat penghilang rasa takut kamu lho!