,

6 Tips Penting Buat Kamu yang Masih Takut Naik Pesawat

Beberapa dari sobat tiket mungkin masih ada yang takut naik pesawat sampai sekarang. Padahal keberadaan pesawat bisa membuat jarak jauh terasa dekat. Coba bayangin, kamu bisa pergi ke luar negeri yang jauh di sana hanya dalam hitungan jam saja.

Nah, biar kamu bisa juga menikmati kecanggihan teknologi transportasi ini, kamu harus tahu bahwa sebenarnya tidak ada yang perlu ditakutkan saat naik pesawat, karena faktanya prosedur keamanan jalur udara sangatlah tinggi.

Tips Mengatasi Takut Naik Pesawat

Lalu bagaimana cara untuk menghilangkan atau mengatasi rasa takut naik pesawat? Nah, berikut ini tiket.com mau kasih beberapa tips yang bisa kamu lakukan biar kamu merasa lebih tenang saat naik pesawat. Dengan begitu kamu bisa terbang ke destinasi yang sudah kamu impi-impikan selama ini.

1. Pemahaman Tentang Turbulensi yang Salah

Salah satu hal yang menjadi momok banyak orang ketika naik pesawat adalah makhluk bernama ‘turbulensi’. Padahal itu adalah suatu hal yang lumrah. Kamu tak perlu takut sama turbulensi, bahkan turbulensi adalah makanan sehari-hari bagi makhluk langit seperti burung.

Kemungkinan pesawat yang kamu naiki mengalami turbulensi sangatlah minim. Kemungkinan itu jauh lebih kecil dibandingkan dengan kekuatan pesawat. Semua pesawat dirancang dengan sangat kuat untuk bisa berurusan sama turbulensi.

Fakta yang harus kamu tahu adalah, pilot bukan menghindari turbulensi karena takut sayap pesawat patah atau menyebabkan kerusakan lainnya, melainkan karena turbulensi itu sesuatu yang mengganggu kenyamanan. Itu aja.

2. Pilih Penerbangan Pagi

Tips untuk mengatasi naik pesawat selanjutnya adalah dengan terbang pagi. Kalau sobat tiket termasuk salah satu orang yang masih grogi atau takut naik pesawat, maka kamu bisa pilih jadwal penerbangan pagi. 

Alasannya karena kondisi cuaca di pagi hari cenderung lebih tenang. Ketika hari mulai siang, maka landasan terbang akan semakin panas yang bisa menyebabkan udara menjadi lebih bergelombang. Semakin sore pun kondisi angin akan cenderung lebih kencang.

3. Pilih Posisi Duduk Dekat Sayap

Posisi duduk di dalam pesawat juga ternyata punya pengaruh loh. Sama seperti ketika kamu naik bis, posisi yang nyaman adalah di tengah. Nah, kalau di pesawat, kamu bisa pilih kursi yang dekat dengan sayap pesawat.

Konsepnya seperti jungkat-jungkit, kursi yang berada di bagian tengah akan lebih sedikit bergerak ketika posisi pesawat tengah bermanuver. Sedangkan posisi depan, apalagi belakang akan sangat berpengaruh dan mengurangi kenyamanan.

4. Upgrade Kelas Pesawat

Kalau kamu harus menempuh penerbangan yang panjang, selama belasan jam mungkin, maka ada baiknya jika kamu meng-upgrade tiket pesawat kamu dari kelas ekonomi, menjadi kelas bisnis, atau mungkin first class.

Semakin nyaman kamu berada di pesawat, maka kamu bisa tidur semakin pulas selama penerbangan. Itu artinya, kamu bisa lupa dengan rasa takutmu selama menempuh penerbangan yang panjang. Selain itu, posisi yang nyaman juga berpengaruh pada kondisi emosi kamu dan kamu bisa merasa lebih selow.

5. Mempelajari Tingkat Keamanan Pesawat

Mempelajari tentang prosedur dan standar keamanan yang ada di dalam pesawat bisa membuat kamu merasa lebih tenang juga. Semua pilot dan awak pesawat pun mempelajari hal yang sama sehingga mereka bisa tetap tenang ketika terjadi kondisi darurat.

Pelatihan mengenai prosedur dan standar keamanan yang dilakukan oleh pilot dan awak pesawat dilakukan secara berkala agar tidak pernah lupa. Kamu bisa cari tahu tentang betapa amannya pesawat terbang di internet.

6. Berangkat Aja Dulu

Apalagi yang bisa bikin kamu merasa harus terbang selain fakta bahwa di luar sana ada banyak sekali hal indah yang menantimu. Destinasi liburan yang sudah kamu impi-impikan selama ini sudah menunggu untuk kamu kunjungi.

Mungkin terdengar sedikit ekstrem, tapi kamu harus sedikit memaksa untuk memberanikan diri naik pesawat. Beli tiket pesawatnya aja dulu. Kamu ga perlu galau karena di tiket.com ada Tiket Anti Galau yang bisa kasih refund 100% kalau kamu ga jadi berangkat sekalipun.

Ga Perlu Takut Lagi

Gimana sobat tiket? Udah merasa mendingan? Udah berkurang rasa khawatir buat naik pesawat? Ga perlu takut, karena pesawat itu aman banget kok. Setelah kamu berhasil melawan rasa takutmu, sekarang saatnya baca tips agar kamu bisa pergi liburan tiap tahun. Ayo liburan ke destinasi impian!