,

Ayo Berwisata ke Candi Gedong Songo, Asli Keren Banget!

Pencinta alam pasti tahu kalau kawasan Ungaran, Semarang, terkenal akan wisata alamnya. Kalau sedang berlibur di Ungaran, sobat tiket harus sempatkan waktu ke Candi Gedong Songo yang berada di lereng Gunung Ungaran.

Tempat ini jadi salah satu destinasi wisata favorit di Semarang. Di sini, kamu bisa berwisata sejarah sambil menikmati pemandangan alam dari ketinggian lho. Penasaran seperti apa? Simak terus ya ulasan berikut.

Seputar Candi Gedong Songo

Sumber: Shutterstock.com

Candi Gedong Songo terdiri dari sembilan buah candi dengan lokasi antar candi yang terpisah dan cukup berjauhan. Uniknya lagi, candi ini berada di ketinggian 1.200 – 1.400 meter di atas permukaan laut.

Jadi bisa dibayangkan seperti apa dinginnya kawasan candi ini. Tak hanya candi, terdapat beberapa objek wisata lain juga di sekitar kawasan candi. Mau tahu apa aja kegiatan yang bisa dilakukan saat berwisata ke candi Gedong Songo? Lanjut baca ya.

1. Menjelajahi Candi

Sumber: Shutterstock.com

Meski terdiri dari sembilan candi, pengunjung hanya bisa menjelajah candi I – V karena tinggal kelima candi ini yang masih utuh. Letak antar candi terpisah dengan candi I di paling bawah dan posisinya berderet sampai puncak perbukitan lereng Gunung Ungaran.

Sobat tiket harus siapkan fisik ya sebelum berangkat. Soalnya, jalanan bukit yang menanjak ditambah hawa yang dingin bisa bikin kamu kepayahan. Jangan lupa pakai jaket dan sepatu yang nyaman ya.

Sumber: Shutterstock.com

Kalau kelelahan, kamu bisa beristirahat sejenak sambil mengisi perut. Terdapat beberapa penjual makanan di sekitar candi. Kamu yang enggak kuat trekking atau liburan bersama keluarga bisa naik kuda.

Tersedia beberapa paket berkuda dengan harga mulai dari Rp100 ribu* Selama menjelajah candi, kamu akan menghirup udara yang segar dan memanjakan mata dengan panorama yang asri.

Tiket masuk: Rp10 ribu*

2. Berburu foto di Ayana Gedong Songo

Setelah memotret pemandangan alam, kamu bisa mengoleksi foto unik di Ayana. Tempat wisata yang baru buka tahun lalu ini punya banyak banget spot foto yang instagrammable. Lokasinya masih berada di dalam kawasan candi kok.

Total ada lebih dari 30 spot yang bisa jadi latar foto kamu. Beberapa spot yang pasti buat kamu ngebet ber-selfie adalah bubble house, sofa di atas kolam dan balon udara mini.

Siapkan uang lebih ya karena beberapa spot mengharuskan kamu membayar biaya tambahan untuk berfoto. Ada juga jasa fotografer yang bisa bantu kamu menciptakan hasil foto yang keren.

Sobat tiket yang mau berfoto, harus sabar menunggu giliran ya. Selalu ingat untuk gantian spot foto dengan pengunjung lain juga.

Tiket masuk: Rp20 ribu*

3. Bersantai di Vanaprastha Gedong Songo Park

Buat kamu yang masih ingin berlama – lama melihat pemandangan yang asri, silakan bersantai di taman Vanaprastha. Di beberapa tempat, tersebar kursi – kursi taman untuk duduk santai. Kamu bisa sekalian piknik di taman yang dipenuhi pohon pinus ini.

Bawa serta hammock ya. Kan enak bisa rebahan di atas hammock sambil memandangi pohon yang menjulang. Sobat tiket juga bisa mampir ke beberapa spot foto yang ada di taman seperti wahana rumah kayu dan spot foto di atas pohon.

Saking betahnya, beberapa pengunjung berkemah di sini. Taman Vanaprastha memang menyediakan area untuk berkemah. Jadi enggak heran kalau ada saja warna – warni tenda di tengah hijaunya taman.

Kamu yang liburan bareng keluarga, bisa juga menginap di vila yang ada. Pilihan pas untuk sobat tiket yang masih ingin bertualang di kawasan Gedong Songo keesokan harinya. Tapi harus siap sedia menghadapi suhu yang dingin terutama di malam hari.

Tiket masuk: Rp5 ribu*

4. Berendam di Pemandian Air Panas Gedong Songo

Di tengah hawa yang dingin, berendam dengan air panas pastinya sangat menyenangkan ya sobat tiket. Apalagi dengan air belerang. Di kawasan candi Gedong Songo, ada lho tempat pemandian belerang. Kamu bisa rehat sambil meresapi manfaat belerang untuk kesehatan kulit.

Tiket masuk: Rp5 ribu*

5. Mendatangi Taman Celosia

Sedikit bergeser dari kawasan Candi Gedong Songo, terdapat taman bunga Celosia yang berjarak sekitar 2 kilometer. Taman ini terbagi menjadi Celosia 1 – 3 dan enggak cuma hanya dipenuhi aneka bunga warna – warni.

Tapi juga banyak miniatur ikon ternama di negara – negara Eropa seperti kincir angin di Belanda dan menara Eiffel di Perancis. Seru kan bisa makin menambah koleksi fotomu.

Di kawasan taman ini, juga terdapat wahana Celosia Happy & Fun yang juga berisi berbagai spot yang instagenic. Salah satunya, spot foto Little Korea yang membuat kamu seolah sedang berada di Korea. Spot foto ini termasuk salah satu favorit pengunjung lho.

Biar fotomu terlihat lebih meyakinkan, kamu bisa menyewa hanbok atau busana tradisional Korea dan berpose dengan latar bunga sakura. Selain foto di luar ruangan dengan bunga, pengunjung juga bisa menepi ke berbagai spot foto di dalam ruangan. Sobat tiket yang membawa anak kecil, tak perlu khawatir. Karena ada pula wahana bermain untuk anak-anak.

Tiket masuk: Senin – Jumat Rp20 ribu dan Sabtu – Minggu Rp25 ribu*

Kapan Waktu Paling Tepat Mengunjungi Candi Gedong Songo?

Seperti destinasi wisata pada umumnya, Candi Gedong Songo ramai pada akhir pekan dan musim liburan. Tempat parkir yang tersedia juga terkadang tak cukup menampung banyaknya kendaraan. Untuk menghindari kemacetan, kamu bisa berangkat di pagi hari saat cuaca juga belum terlalu terik.

Maret lalu, pemerintah kabupaten Semarang mengadakan festival Candi Gedong Songo. Festival ini diwarnai dengan berbagai pertunjukan seni. Rencananya, festival ini akan diadakan tiap tahun. Sobat tiket yang mau ke sini, boleh tuh menandai kalender di bulan Maret.

Cara Menuju Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo berlokasi di Krajan, Banyukuning, kecamatan Bandungan, kabupaten Semarang. Posisi candi ini berjarak sekitar 45 kilometer dari stasiun Tawang dan sekitar 52 kilometer dari bandara Ahmad Yani. Sobat tiket yang mau ke sini dianjurkan untuk naik kendaraan pribadi. Soalnya tak tersedia transportasi umum yang langsung tiba di depan kawasan candi.

Kamu yang membawa kendaraan pribadi, wajib berhati-hati ya. Jalanan menuju kawasan ini cukup menanjak dan curam. Pastikan kendaraan yang kamu kendarai mampu melalui jalan tersebut. Pengemudinya juga harus yang berpengalaman melewati jalanan terjal.

Kamu pun bisa mengandalkan layanan sewa mobil di tiket.com. Tinggal klik dan tunggu supirnya datang aja. Sekalian kamu bisa mampir ke destinasi wisata lain di kawasan Ungaran dan sekitarnya. Belum kepikiran mau kemana lagi di Semarang? Baca dulu deh artikel 12 Tempat Wisata di Semarang Ungaran Terbaru, Paling Hits!

Tunggu apa lagi? Kuy langsung aja berangkat ke Semarang. Soal tiket kereta atau pesawat ke Semarang, langsung pesan aja di tiket.com. Kamu juga bisa sekalian cari hotel yang dekat kawasan wisata di tiket.com.

*Keterangan harga saat artikel dibuat