,

Ini 5 Aktivitas Seru di Asakusa, Apa Saja?

Negara Jepang dengan Tokyo sebagai ibu kotanya terbagi menjadi beberapa distrik. Salah satu yang paling terkenal adalah Asakusa. Ada banyak sekali aktivitas di Asakusa yang bisa kamu lakukan sembari menikmati suasana Tokyo yang sebenarnya. Distrik ini bisa kamu tempuh dengan berjalan kaki dari Tokyo.

Mungkin, kamu juga ingin mencoba sensasi menumpang becak di Jepang. Ya, di Negeri Sakura ini, becak dioperasikan dengan ditarik. Tidak sama dengan di Indonesia, ketika becak sudah dikayuh, meski sama-sama menggunakan tenaga manusia. Namun, serunya itu, lho, nggak tergantikan deh pokoknya!

Aktivitas Seru di Asakusa, Waktunya Menjelajah!

Selama berabad-abad, Asakusa dahulu adalah distrik hiburan paling terkemuka di Tokyo. Selama Periode Edo antara tahun 1603 sampai 1867, Asakusa menjadi sentra teater kabuki yang besar. Menginjak tahun 1800 sampai awal 1900-an, jenis hiburan modern, termasuk bioskop hadir di Asakusa.

Sayangnya, sebagian besar Asakusa rata dengan tanah ketika pecah Perang Dunia ke II. Pembangunan kembali dilakukan di sekitar area Kuil Sensoji demi menarik wisatawan. Namun, tidak berhasil untuk area hiburannya. Oleh karenanya, dibangunlah Tokyo Skytree untuk meningkatkan kembali popularitas Asakusa. Kuy, mulai jalan-jalannya!

1. Mengunjungi Kuil di Asakusa

Aktivitas di Asakusa paling pertama sesampainya kamu di sini adalah mengunjungi kuil-kuil. Kuil Sensoji adalah kuil paling populer sekaligus paling besar di distrik ini. Sejarah mencatat, di tahun 628, dua bersaudara mengambil sebuah patung Kannon dari Sungai Sumida. Anehnya, meski telah dikembalikan ke tempatnya semula, patung itu selalu kembali pada mereka.

Pada akhirnya, dibangunlah Kuil Sensoji di sekitar area patung Kannon ini sebagai bentuk penghormatan terhadapnya. Kuil ini sendiri selesai dibangun sekitar tahun 645, sehingga menjadi kuil yang paling tua di Tokyo.

Selain Kuil Sensoji, Distrik Asakusa masih memiliki banyak kuil lain yang tidak kalah kerennya. Sebut saja Kuil Dempoin dan Kuil Asakusa. Dikenal sebagai Sanja-sama, Kuil Asakusa dibangun selama Periode Edo dan berhasil selamat dari parahnya Perang Dunia II.

Salah satu festival tahunan Kuil Asakusa adalah Sanja Matsuri. Festival ini disebut sebagai gelaran yang paling populer di Tokyo. Kalau kamu penasaran, kamu bisa mengunjunginya pada pertengahan Mei, festival ini digelar setiap hari Jumat hingga Minggu.

2. Berbelanja Makanan Hingga Aksesori Cantik dan Unik

Sumber: Shutterstock.com

Tidak hanya berjalan-jalan melihat kuil, kamu juga bisa berbelanja makanan dan pernak-pernik unik khas Jepang di Distrik Asakusa. Banyak banget lho, tujuan belanja di sekitaran distrik ini. Salah satu yang paling terkenal adalah Nakamise Shopping Street.

Jalan ini membentang sekitar 250 meter dari Kaminarimon ke halaman utama Kuil Sensoji. Setidaknya, ada lebih dari 50 toko berjejer di sepanjang jalan ini, menawarkan beragam produk yang menarik. Kamu bisa beli makanan sampai suvenir di sini.

Kalau belum puas, kamu bisa melanjutkan belanja di Shin-Nakamise. Area ini merupakan sentra belanja tertutup yang dikelilingi berbagai toko dan restoran, membentang tegak lurus dari Nakamise Shopping Street. Masih belum cukup? Coba ke Kappabashi, kawasan belanja yang menjual aneka peralatan yang berhubungan dengan makanan dan dapur.

Masih ada lagi, lho! Marugoto Nippon menjadi sentra belanja yang terbilang lengkap di Distrik Asakusa. Kamu bisa menemukan beragam makanan Jepang dari penjuru prefektur di sini. Lalu, Asakusa Underground Street yang merupakan salah satu shopping street paling tua yang dimiliki Jepang.

3. Mengambil Gambar Instagrammable

Sumber: Shutterstock.com

Pastinya, perjalananmu akan semakin sempurna kalau kamu mengabadikan berbagai momen menarik dan seru selama berkeliling Distrik Asakusa. Kamu akan sangat menyesal kalau nggak berfoto, karena banyak banget tempat Instagrammable di Asakusa.

Bangunan kuilnya punya nilai histori yang sangat mengagumkan. Setiap lekukan bangunannya wajib banget kamu abadikan. Lalu, taman-taman yang mengelilingi kuil, jalanan yang ramai oleh orang-orang. Belum lagi memotret segala makanannya yang unik, termasuk bagaimana para pedagang menawarkan atau menyajikannya.

Pun, pusat-pusat hiburan Distrik Asakusa yang tidak kalah indahnya. Ke mana mata memandang, hanya keindahan yang menyambut pandang. Sentra belanja yang ada di sana menawarkan berbagai produk khas Jepang yang pas banget buat dibawa pulang.

Jadi, jangan sampai kamu lupa membawa kamera atau bahkan mengisi daya baterainya ketika berkeliling Distrik Asakusa. Kamu mungkin akan menghabiskan waktu cukup lama saat menjelajahi distrik paling ramai di Tokyo ini, jadi pastikan semua peranti elektronik yang kamu pakai untuk berfoto memiliki daya penuh, ya!

4. Mencicipi Makanan Enak di Street Food Asakusa

Sumber: Shutterstock.com

Jalan-jalan itu nggak pernah lengkap kalau nggak makan. Ya, nggak? Nah, Distrik Asakusa ini juga punya sederetan makanan enak khas Jepang yang dijual di jalanan alias street food. Mau menjajal menu-menu berkelas di bar paling tua di Jepang? Kamiya Bar siap menyambutmu.

Kamiya Bar ini sudah dibuka pada era Meiji 13 atau sekitar 1880. Bar ini merupakan satu-satunya produsen minuman denki-bran (sejenis brendi) di Jepang. Kamiya Bar punya tiga lantai, lantai satu yang paling populer. Kamu juga bisa membeli suvenir denki-brand di sini.

Nah, sekarang bagi penggemar gelato. Ada Suzukien Nanaya Gelato yang merupakan perpaduan dari toko khusus teh hijau dan toko gelato. Katanya, toko ini memiliki gelato matcha paling enak dan paling kuat rasanya di dunia. Tidak hanya satu, kamu bisa menjajal tujuh rasa matcha dalam bentuk gelato dan beragam rasa lainnya di sini.

Masih muat perutnya? Oke, ayo lanjutkan berburu kulinernya. Kamu bisa menuju ke Asakusa Kagetsudo, tempat ini menjual roti melon. Bukan rasanya yang seperti buah melon, tetapi kulit luarnya yang dibuat seperti kulit buah melon. Kalau kamu menggemari tempura dan unagi, ada juga lho, di Asakusa.

5. Jelajah Pusat Hiburan

Menjelajahi pusat hiburan menjadi aktivitas di Asakusa paling menarik selain berkunjung ke kuil-kuil. Nih, beberapa tempat hiburan yang bisa kamu datangi di Distrik Asakusa. Ada Asakusa Culture Tourist Information Center dengan arsitektur yang luar biasa kerennya.

Tidak hanya itu, Distrik Asakusa juga punya kapal-kapal wisata yang akan berlayar setiap 30 sampai 60 menit atau disebut Tokyo Water Bus. Kamu akan dibawa berkeliling dari Dermaga Asakusa melalui Taman Hama Rikyu ke Dermaga Hinode di Odaiba.

Lalu, Taikokan atau Museum Drum yang memamerkan drum dari segala penjuru dunia. Tidak ketinggalan, drum taiko Jepang. Berikutnya, Taman Hiburan Hanayashiki, taman kecil yang memiliki berbagai atraksi seru. Ada pula Taman Sumida yang menawarkan keindahan Sungai Sumida, dan Distrik Hiburan Rokku.

Pilihan Akomodasi Super Nyaman di Tokyo

Seru kan, jalan-jalan keliling Asakusa-nya? Memang benar kalau Asakusa disebut sebagai distrik kece di Tokyo. Nah, kalau sudah puas melakukan semua aktivitas di Asakusa, saatnya beristirahat sejenak, ya!

Banyak banget kok pilihan akomodasi super mewah dan nyaman di Tokyo. Sekarang, kamu nggak perlu bingung lagi mencari. Cuma lewat aplikasi tiket.com, kamu bisa dapat hotel terbaik di Jepang dengan harga terjangkau. Nikmati juga beragam promonya, ya!