,

Terbius Cantiknya Air Terjun Kedung Pedut di Kulon Progo

Menjelajahi alam Yogyakarta enggak akan ada habisnya. Salah satunya, di kabupaten Kulon Progo. Sobat tiket mungkin sudah familier dengan destinasi wisata terkenal di Kulon Progo yaitu Kalibiru. Itu lho tempat wisata dengan pemandangan bukit yang asri nan cantik dari atas ketinggian.

Tak hanya Kalibiru, Kulon Progo juga punya destinasi wisata alam lain yang enggak kalah indah lho sobat tiket. Kamu dijamin puas banget main air di sini dan bisa berpose di dalam helikopter. Kok bisa? Penasaran? Simak terus ulasan berikut.

Indahnya Air Terjun Kedung Pedut

Sumber: Shutterstock.com

Kali ini, tiket.com akan mengajak kamu mengenal air terjun Kedung Pedut yang resmi dibuka sejak tahun 2015 lalu. Air terjun bertingkat setinggi 15 meter ini terletak di lereng Pegunungan Menoreh, Kulon Progo.

Jika diartikan, Kedung Pedut bermakna kolam kabut. Percikan air terjun sekilas memang terlihat seperti kabut terutama di pagi hari saat terpapar sinar matahari. Bila beruntung, sobat tiket juga bisa menyaksikan pelangi di sini. Wah!

Segudang Aktivitas Seru di Air Terjun Kedung Pedut

Kamu yang berlibur ke air terjun Kedung Pedut enggak cuma bisa berenang aja tapi juga bisa menjajal olahraga ekstrem. Spot foto di sini juga banyak dan unik. Makin pengen tahu kan aktivitas apa aja yang bisa dilakukan di Kedung Pedut? Ini ulasannya untuk kamu.

1. Berenang

Sumber: Shutterstock.com

Kurang afdol ya berwisata ke air terjun tapi enggak basah dari atas kepala sampai kaki? Apalagi air terjun Kedung Pedut sangat jernih dan airnya cukup dingin. Air yang segar pastinya bisa membuat tubuh rileks terutama kalau kamu berkunjung di siang hari. Serunya lagi, air terjun ini menghasilkan beberapa kedung dengan kedalaman yang bervariasi.

Misalnya Kedung Merak, Kedung Urang dan Kedung Pedut yang punya kedalaman 1 meter. Kamu bisa berendam santai di sini. Kolam-kolam ini juga cocok banget dan aman untuk anak-anak dan lansia.

Beda lagi dengan Kedung Utama yang memiliki kedalaman 4 meter dengan warna hijau tosca yang memanjakan mata. Foto Kedung Utama ini yang banyak memenuhi media sosial. Udah pasti instagrammable banget ya.

Di kedung ini juga, kamu bisa melompat dari ketinggian 6 meter lho. Keren ya? Sobat tiket yang masih ragu bisa memakai pelampung. Di sekitar lokasi, tersedia jasa penyewaan pelampung. Kamu yang membawa anak kecil, pastikan selalu waspada ya selama berwisata terutama saat akan berenang.

Tiket masuk Kedung Pedut: dewasa Rp10 ribu* dan anak – anak Rp5 ribu*

Sewa pelampung: Rp10 ribu*

2. Berburu Foto

Tiba di Kedung Pedut, kamu pasti sudah sibuk jepret sana-sini. Sobat tiket bisa mulai dengan menapaki jembatan bambu penghubung antar tebing. Dari atas jembatan, kamu bisa ber-selfie ria dengan air terjun dan kolam-kolam indah sebagai latarnya. Desain jembatan bambu juga membuat suasana terasa makin alami.

Selain birunya air kolam dan cantiknya penampakan air terjun yang bisa kamu abadikan, masih banyak spot cantik tersebar di sini. Salah satunya, kamu bisa berpose di wahana helikopter yang terdapat di sisi kolam. Ada juga spot dari ketinggian yang menghadap tanda tulisan Kedung Pedut. Pas untuk kamu yang mau langsung update di Instagram nih.

Biaya untuk spot foto: Rp10 ribu*

3. Menjajal Olahraga Ekstrem

Lompat ke kolam dari ketinggian kurang ekstrem buat kamu? Tenang, masih banyak pilihan olahraga ekstrem lain buat kamu. Ada flying fox dengan jalur sepanjang 40 meter. Kreasikan gayamu saat meluncur dengan flying fox ya sobat tiket. Belum puas meluncur dengan flying fox, kamu bisa mencoba sky bike atau berpose di atas sepeda terbang. Dijamin bikin nagih deh setelah melihat panorama indah dari ketinggian.

Untuk pengunjung yang tertarik dengan olahraga air yang ekstrem, bisa mencoba rappelling. Kegiatan menuruni tebing air terjun dengan tali ini menantang banget lho. Derasnya air mengalir yang mendorong tubuh pasti memacu adrenalin kamu.

Selain itu, ada juga sliding atau meluncur dari atas air terjun. Meskipun kelihatannya mudah, pastikan kamu meluncur didampingi pemandu dan menggunakan perlengkapan keselamatan ya.

Flying fox: Rp20 ribu*

Sepeda terbang: Rp30 ribu*

Sky bike: Rp50 ribu* untuk 2 orang.

4. Berbaring di Hammock

Kamu lebih suka bersantai sambil melihat pemandangan dan mendengar suara air? Silakan leyeh-leyeh di atas hammock. Waktu paling tepat untuk bersantai tentu di pagi atau sore hari ketika cuaca tak terlalu terik. Awas lupa waktu dan ketiduran ya sobat tiket. Udara yang sejuk rawan banget bikin kamu pulas ketiduran.

5. Bersantai di Gazebo

Selain berbaring di hammock, pengunjung juga bisa bersantai di gazebo. Bernama Gazebo Pulau Cilik, sobat tiket bisa melepas lelah sambil melihat pemandangan hijau asri di sekeliling. Tentunya ditemani juga dengan pemandangan kolam dan batu-batuan indah.

6. Berkemah

Setelah menjelajahi seluruh kawasan Kedung Pedut, kamu masih belum rela berpisah? Jangan khawatir. Kamu bisa kok bermalam dengan berkemah. Tersedia camping ground di sini. Fasilitasnya juga cukup memadai dengan adanya toilet dan warung makan.

Senangnya, kamu bisa langsung berburu kabut di keesokan paginya ketika belum banyak pengunjung yang datang. Serasa punya air terjun dan kolam pribadi ya.

Cara Menuju Air Terjun Kedung Pedut

Air terjun ini terletak di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Seperti destinasi wisata pada umumnya, Kedung Pedut juga ramai pengunjung di akhir pekan dan hari libur. Bukan cuma wisatawan lokal, air terjun ini termasuk salah satu destinasi favorit para wisatawan mancanegara di Jogja.

Untuk tiba di Kedung Pedut, sobat tiket harus menempuh jarak sekitar 35 kilometer ke arah barat Jogja atau sekitar 1 jam berkendara dari pusat kota Jogja. Sesampainya di kawasan wisata alam Kedung Pedut, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 15 menit untuk merasakan segarnya air terjun ini.

Tapi kamu enggak perlu khawatir. Jalanan setapak menuju Kedung Pedut sudah cukup baik. Ditambah lagi pemandangan asri sepanjang perjalanan dan beberapa spot foto yang tersebar pasti bikin rasa lelah tak terasa. 

Puasnya Menjelajahi Wisata Alam Kulon Progo

Gimana sobat tiket, sudah siap membuktikan langsung pesona air terjun Kedung Pedut? Masukkan air terjun ini dalam daftar tempat wisata yang harus kamu jelajahi pas di Jogja ya. Setelah membuat daftar tempat wisata, saatnya kamu mempersiapkan transportasi dan akomodasinya. Kamu bisa langsung pesan tiket kereta dan hotel di Kulon Progo lewat tiket.com nih.

Percaya deh, enggak cukup waktu sehari untuk berwisata di Kulon Progo. Soalnya, masih banyak banget wisata alam di Kulon Progo seperti Taman Sungai Mudal dan Hutan Pinus Kalilo yang sudah menantimu. Selamat menjelajah dan bawa pulang memori manis dari Jogja ya sobat tiket.

*Keterangan harga saat artikel dibuat