Tempat Wisata di Riau

,

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Riau, Bikin Liburan Kamu Makin Berkesan!

Tempat Wisata di Riau – Riau adalah salah satu provinsi di Indonesia yang letaknya berada di bagian tengah Pulau Sumatera. Sama seperti kota atau provinsi lainnya yang berada di Pulau Sumatera, Riau menyimpan banyak keindahan yang menarik untuk dikunjungi saat liburan.

Kamu ingin mencari tempat wisata yang dapat menawarkan keindahan alam, ragam budaya, dan juga makanan khas yang menggoyang lidah? Riau bisa menjadi jawaban yang tepat untuk kamu, sobat tiket.

Jangan dulu pergi jauh-jauh ke luar negeri kalau ternyata di Indonesia pun banyak tempat cantik yang bisa kamu eksplor. Ayo, kosongkan jadwal kamu, cari tahu seputar Riau, siapkan itinerary, dan siap berangkat liburan ke Riau! Ini dia beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat berada di Riau, sobat tike.

5 Tempat Wisata di Riau, Siap untuk Eksplor?

Nggak perlu bingung untuk menentukan tempat wisata yang harus kamu kunjungi saat berlibur ke Riau. Karena berikut ini adalah 5 rekomendasi tempat wisata di Riau yang bisa menjadi tujuan kamu saat berada di Provinsi Riau ini.

1. Istana Siak Sri Indrapura

Tempat wisata di Riau pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Istana Siak. Istana ini merupakan peninggalan Hindia Belanda dan juga Kerajaan Melayu Islam. Istana yang menjadi tempat tinggal Sultan Siak sejak tahun 1732 ini memiliki gaya arsitektur Eropa, Arab, dan Melayu.

Tempat Wisata di Riau - Istana Siak

Berdiri di atas lahan seluas 32.000 meter persegi, kompleks istana ini memiliki sejumlah istana lainnya lho, sobat tiket. Diantaranya adalah Istana Lima, Istana Panjang, Istana Baroe, dan Istana Siak itu sendiri. Berdiri dengan bangunan 2 lantainya, kamu bisa melihat-lihat isi dari dalam istana ini yang terdiri dari 6 ruangan di lantai bawah, dan 9 ruangan di lantai atas.

Tidak hanya ruangan-ruangan saja, wisatawan juga bisa melihat 8 meriam di halaman Istana Siak ini, penjara bawah tanah, hingga beberapa koleksi Kesultanan Siak seperti duplikat mahkota kerajaan, patung perunggu, tombak, alat musik komet, dan lain sebagainya.

Lokasi: Sri Indrapura, Kp. Dalam, Siak, Kabupaten Siak, Riau 28773 (Berjarak 94 km dari Ibukota Provinsi Riau atau 2 jam – 2,5 jam)

Tiket Masuk: Dewasa Rp10.000, Anak-anak Rp5.000, Turis Mancanegara Rp.25.000 | Parkir Motor Rp2.000 dan Parkir Mobil Rp5.000*

2. Pulau Jemur

Mau wisata pantai saat di Riau? Pulau Jemur bisa kamu andalkan untuk mendapatkan pemandangan yang apik, dan jauh dari keramaian. Jadi, bisa menjadi destinasi yang tepat jika kamu ingin mendapatkan suasana yang sepi dan tersembunyi.

Pantai ini berlokasi di Selat Malaka dan berdekatan dengan perbatasan Malaysia. Bahkan, jarak dari perbatasan Malaysia ke Pulau Jemur ini lebih dekat lho, sobat tiket, dibandingkan dengan Riau. Itu sebabnya sempat ada klaim bahwa Pulau Jemur milik Malaysia.

Jika kamu ke pulau ini, maka kamu akan menemukan pos pangkalan TNI – AL yang bertugas untuk menjaga perbatasan agar tidak adanya klaim dari negara lain. Disamping itu, Pulau Jemur merupakan habitat asli penyu hijau lho, sobat tiket. Sebelumnya, Pulau Jemur merupakan pulau tak berpenghuni, namun kini sudah mulai dilirik oleh para wisatawan kok. Dengan begitu, mulai banyak fasilitas yang tersedia untuk menunjang kebutuhan wisatawan.

Sekarang, kamu bisa melakukan banyak aktivitas di Pulau Jemur yang memiliki air laut berwarna biru jernih ini. Salah satunya adalah snorkeling atau diving. Soal keindahan pemandangan, jangan sampai melewatkan momen sunset di pulau ini ya, sobat tiket, karena cantik banget!

Lokasi: Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau

Cara menuju: Jika kamu berangkat dari Pekanbaru, maka kamu harus pergi menuju Pelabuhan Bagan Siapi-Api. Dari pelabuhan tersebut, kamu harus menyewa speedboat untuk menuju Pulau Jemur dengan waktu tempuh 2 jam perjalanan.

Tiket Masuk: Gratis | Speedboat PP Rp350.000*

3. Candi Muara Takus

Liburan nggak hanya mengunjungi tempat-tempat keren dan instagramable aja kan, sobat tiket? Tetapi, kamu juga bisa lho mengunjungi situs-situs bersejarah di kota atau negara yang kamu kunjungi. Seperti misalnya Candi Muara Takus yang ada di Riau ini.

Selain memiliki bangunan candi yang unik, berlibur dan mengunjungi situs sejarah juga bisa menambah wawasan kamu kan, sobat tiket? Nah, Candi Muara Takus ini merupakan candi peninggalan agama Buddha di Riau.

Candi Muara Takus merupakan peninggalan terbesar dari Kerajaan Sriwijaya yang konon katanya pernah menjadi pusat peradaban dan ritual keagamaan. Sobat tiket yang datang ke Riau bersama keluarga, maka pergi mengunjungi candi ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Lokasi: Desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto, Kabupaten Kampar, Riau, Indonesia.

Tiket Masuk: Rp5.000*

4. Riau Fantasi

Pergi berlibur ke Riau bersama dengan keluarga dan anak-anak? Nggak perlu bingung menentukan tempat wisata dong, sobat tiket. Riau Fantasi bisa menjadi salah satu alternatif tempat wisata yang bisa kamu kunjungi kok.

Dengan luas wilayah yang mencapai 6,5 hektar, theme park ini memiliki banyak sekali wahana yang bisa dicoba. Tentunya akan membuat waktu kamu bersama dengan keluarga semakin menyenangkan.

Wahana permainan air yang bisa dicoba diantaranya adalah Adventure Pool, Adult Pool, Baby Pool, Crocodile Pool, dan Lazy Pool. Kolam renang ini sudah disesuaikan dengan usia para wisatawan yang datang ke sini kok, sobat tiket. Jadi, kamu tidak perlu cemas soal keselamatan. Terlebih lagi tersedianya pengamanan yang ketat baik untuk wisatawan maupun untuk kendaraan yang dibawa.

Lokasi: Jl. Labersa, Simpang Tiga, Kec. Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau 28284

Tiket Masuk: Rp60.000 untuk weekdays, dan Rp70.000 untuk weekend*

5 Ulu Kasok

Kamu mau jalan-jalan ke Raja Ampat, tapi berat di ongkos? Hem, gimana kalau kamu cobain sensasi bak di Raja Ampat di Riau nih, sobat tiket? Yup, Riau memiliki tempat wisata kekinian dan pastinya keren banget bernama Ulu Kasok.

Ulu Kasok merupakan tempat wisata yang memberikan pemandangan alam yang sangat indah dan memiliki kemiripan dengan Raja Ampat. Tidak heran jika tempat wisata ini seringkali disebut sebagai Raja Ampat dari Kampar.

Di sini, kamu nggak hanya bisa berfoto-foto dan juga memandangi keindahannya di satu titik saja, sobat tiket. Karena, Ulu Kasok juga menyediakan wisata pulau yang pastinya kece abis! Jadi, kamu bisa mengelilingi beberapa pulau kecil yang terdapat di kawasan ini dengan menggunakan speedboat yang disewakan oleh penduduk lokal.

Kamu juga bisa memandang keindahan alam di Ulu Kasok melalui gardu pandang yang berbentuk kekinian dan instagramable banget lho, sobat tiket. Nggak cuma itu, ada pula air terjun bernama Air Terjun Ulu Kasok yang berada di kawasan wisata ini.

Lokasi: Pulau Gadang, Tj. Alai, Kec. XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau 28554

Tiket Masuk: Rp10.000, jasa foto Rp20.000*

Dengan tiket.com, Perjalanan Makin Menyenangkan

Jadi, sobat tiket sudah fix mau liburan ke Riau dan mengunjungi beberapa tempat wisata di atas bersama keluarga? Kalau begitu, jangan lupa pesan tiket pesawat ke Riau di tiket.com sekarang juga.

Setelah puas liburan di Riau, kamu bisa juga lho langsung terbang ke Malaysia untuk mendapatkan pengalaman liburan yang semakin menyenangkan. Yuk, intip Tips Liburan Murah ke Negeri Jiran berikut ini. Supaya tetap irit bujet!

*Harga saat artikel ditulis