8 Cara Unik dan Asyik Menikmati Pantai Losari
Shutterstock

,

8 Cara Unik dan Asyik Menikmati Pantai Losari

Sobat tiket tau nggak sih? Ternyata, zaman dahulu itu Pantai Losari Makassar dijadikan sebagai sebuah pasar ikan pada pagi hari, lho. Sedangkan saat malam hari, pantai ini dijadikan sebagai tempat dijajakannya beraneka makanan. Namun kini, pantai yang terletak di pusat kota Makassar ini telah menjadi pantai yang lebih rapi untuk menarik minat wisatawan.

Meski Dilarang Berenang, Ada Banyak Hal Lain Bisa Kamu Lakukan Di Sini

Nggak seperti pantai lain, di Pantai Losari kamu nggak bisa basah-basahan apalagi berenang ya, sobat tiket. Sebab, pantai ikonik Makassar ini memiliki perairan yang sangat dalam. Meski begitu, sobat tiket tetap bisa melakukan hal seru lainnya, kok! Bahkan hal-hal unik yang nggak bisa kamu temui di pantai-pantai lain.

1. Liburan Sehat, Ikut CFD di Pantai Losari

Jika sobat tiket liburan ke Makassar bertepatan di hari Minggu, coba deh ikut acara CFD a.k.a Car Free Day yang tidak biasa, yakni olahraga di Pantai Losari. Area bebas kendaraan bermotor bisa kamu temui mulai dari Jalan Penghibur hingga Pantai Losari. Anak-anak bermain di jalan raya, para Ibu menari zumba atau sekadar berjalan kaki.

8 Cara Unik dan Asyik Menikmati Pantai Losari
Sumber: Shutterstock.com

Hawa pantai yang sejuk dan berangin menawarkan sensasi CFD yang tidak biasa. Duduk-duduk di tepi pantai sambil menikmati suara deburan ombak menjadi ciri khas yang mungkin tidak bisa kamu jumpai di tempat lain. Jangan lewatkan agenda mingguan warga Makassar ini saat kamu liburan ke sana, ya!

Oh ya, seperti  CFD lainnya, di Pantai Losari banyak juga pedagang makanan dan minuman. Jika sobat tiket mencari 7 Makanan Khas Makassar Terpopuler dan Paling Enak, di sinilah surganya. Tapi, jangan sampai kebablasan dan lupa niat olahraga, ya, sobat tiket.

2. Nongkrong Seru di Pantai Losari

Pantai selalu menjadi tempat yang nyaman untuk bercengkrama dengan orang-orang terdekat. Jika sobat tiket liburan bersama teman-teman atau keluarga, ajak mereka ke sini untuk sekadar duduk-duduk menikmati nuansa pantai yang hangat dan intim. Di sini memang tempat nongkrongnya anak muda hingga beragam komunitas lho, sobat tiket.

8 Cara Unik dan Asyik Menikmati Pantai Losari
Sumber: Shutterstock.com

Bahkan, kamu bisa bergabung bersama mereka, bertemu orang-orang baru, dan jugamenikmati fasilitas yang ada. Di sini juga tersedia free wifi, lho, sobat tiket! Jika bosan, kamu pun bisa bergeser sedikit ke kafe-kafe di sekitaran Pantai Losari. 

3. Melihat Masjid Terapung Pertama di Indonesia, Amirul Mukminin

Terletak di Timur Pantai Losari, Masjid Amirul Mukminin wajib sobat tiket datangi saat berkunjung ke sana. Tempat ibadah umat muslim kebanggaan Makassar ini tampak mengapung di atas air terutama saat air laut pasang. Bergaya arsitektur unik, didominasi warna putih dan abu-abu serta dua kubah bermotif mozaik menjadikan masjid ini makin indah.

8 Cara Unik dan Asyik Menikmati Pantai Losari
Sumber: Shutterstock.com

Di dalam, sobat tiket bisa melihat pemandangan asri yang tampak dari jendela-jendela besar yang menghadap ke laut. Meski tidak terlalu besar, masjid ini punya konsep ibadah yang menarik. Dengan adanya tiga lantai, Masjid Amirul Mukminin mendukung dua jenis shalat, yakni shalat jamaah yang bisa dilakukan di lantai satu dan dua, serta lantai tiga untuk shalat individu, seperti shalat istikharah atau tahajud.

Sebagai masjid yang berada di tempat wisata, orang-orang yang shalat di sini bukan hanya warga pemukiman, tapi, juga para wisatawan. Semilir angin dan suasana ibadah yang luar biasa, bisa sobat tiket dapatkan di masjid terapung pertama di Indonesia ini.

4. Berfoto di Tulisan Ikonik Pantai Losari

Berlibur ke Makassar, rasanya belum lengkap jika belum berfoto di depan tulisan Pantai Losari. Huruf-huruf besar di sepanjang pantai nggak cuma satu, melainkan ada beberapa, selain tulisan Pantai Losari. Huruf-huruf merah, bertuliskan Makassar, Toraja, Mandar, City of Makassar, Bugis dan huruf putih khusus untuk tulisan Pantai Losari.

8 Cara Unik dan Asyik Menikmati Pantai Losari
Sumber: Shutterstock.com

Sobat tiket bisa berfoto dengan landscape pantai yang luas. Tapi, tiket.com nggak menyarankan sobat tiket datang untuk berfoto pada sore hari, ya. Sebab di sini bakal ramai banget dan bisa-bisa huruf yang mau kamu foto tidak terbaca karena harus tertutupi orang-orang.

5. Masjid 99 Kubah, Cantik Bergaya India

Satu lagi ikon kota Makassar di Pantai Losari yang nggak boleh sobat tiket lewatkan. Masjid 99 Kubah, namanya. Berdiri di lahan reklamasi Pantai Losari, terlihat India banget dari atas anjungan Pantai Losari.

8 Cara Unik dan Asyik Menikmati Pantai Losari
Sumber: Shutterstock.com

Desainnya yang sungguh menarik perhatian, ternyata merupakan ide arsitektur dari Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023, Bapak Ridwan Kamil lho, sobat tiket! Seperti yang kita tahu, Beliau memang memiliki jiwa arsitektur dalam mendesain masjid-masjid. Terbukti, Masjid 99 Kubah ini membuat masyarakat Makassar bangga.

Sesuai namanya, masjid dihiasi oleh 99 Kubah kecil. Makin istimewa karena kubah-kubah tersebut memiliki beragam warna seperti merah, jingga, dan kuning. Mereka berukuran kecil dan besar serta memiliki motif khas India yang membuatnya semakin unik.

6. Mengunjungi Pulau Samalona

Nggak cuma berkeliling di area pantai, berkunjung ke Pulau Samalona juga bisa menjadi hal seru yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Pantai Losari. Sobat tiket cuma perlu jalan kaki ke Dermaga Kayu Bangkoa untuk menaiki perahu kayu sewaan menuju pulau tersebut.

Setelah 30 menit, pulau berpasir putih yang bersih siap menyambutmu. Jika di Pantai Losari kamu dilarang basah-basahan, di Pulau Samalona ini kamu bahkan bisa menyelam, mengingat airnya yang jernih.

7. Naik Perahu Bebek Ketika Matahari Terbenam

Agak unik, sih. Biasanya perahu bebek cuma ada di danau, tapi, khusus di Pantai Losari, kamu bisa menaikinya untuk berlayar di laut lepas. Selain itu, Pantai Losari dikenal dengan pemandangan matahari terbenamnya yang cukup indah.

Jika ingin merasakan sensasi seolah berlayar mendekati matahari terbenam, cobalah naik perahu bebek saat senja. Langit oranye, matahari jingga, deburan ombak, siapa yang nggak mau? Sobat tiket harus tahu rasanya.

8. Makan Pisang Epe Khas Makassar

Nah, ini yang ditunggu-tunggu. Pisang Epe! Jajanan khas Makassar ini bisa kamu temui di area Pantai Losari, untuk menemani sore hari kamu di pantai yang ramai. Harus banget dicoba, karena pisang epe terkenal kelezatannya.

Pisang kepok dikukus, kemudian digepengkan sebelum dipanggang hingga renyah. Untuk menikmatinya, pedagang pisang epe di Pantai Losari menambahkan taburan meses, keju parut dan tak lupa, saus gula merah beraroma durian atau nangka. Yummy!

Pantai Milik Bersama, Harus Dijaga

Seperti pantai di pusat kota pada umumnya, kebersihan Pantai Losari kurang terjaga. Jika sobat tiket datang ke sini, ayo, jangan ragu untuk ikut memelihara lingkungan, mulai dari hal kecil, membuang sampah pada tempatnya. 

Karena, kewajiban menjaga Pantai Losari bukan oleh warga setempat saja, melainkan kita juga, sebab alam adalah milik bersama. Jangan lupa, untuk tiket pesawat ke Makassar, pesan di tiket.com aja!