,

Ini Nih 5 Wisata Budaya Jepang Paling Unik, dari Sumo sampai Cosplay!

Jepang merupakan salah satu negara yang terkenal di dunia karena budayanya yang unik dan beda. Didukung dengan banyaknya bangunan bersejarah yang masih dirawat dengan baik, wisata budaya di Jepang bisa berkesan banget. Banyak wisatawan yang datang kesana untuk melihat dan merasakan sendiri keunikan budaya Jepang. 

Walaupun Jepang merupakan negara dengan teknologi yang sangat maju, bangunan-bangunan bersejarah seperti kuil masih banyak dan sebagian besar terawat dengan baik. Pertunjukan seni dan hotel tradisional juga masih banyak disini. 

Jadi, saat kamu di Jepang, suasana modern bisa kamu lihat dan rasakan tetapi kalau mau ngerasain travelling back in time juga bisa banget. Bakal bikin betah dan makin jatuh cinta sama Jepang! 

Top 5 Wisata Budaya Jepang yang Tidak Boleh Dilewatkan

Kamu bisa ke berbagai kuil yang tersebar di seantero Jepang. Kamu lagi di Tokyo, Osaka, Kyoto nggak masalah karena memang kuil ada dimana-mana. Pengen ngerasain hospitality khas Jepang? Coba nginap di ryokan atau penginapan tradisional Jepang trus lanjut nonton sumo. Seru banget!

tiket.com sudah merangkum 5 wisata budaya Jepang buat kamu dibawah ini. Selamat membaca!

1.Nonton Sumo

Sumo adalah olahraga semacam gulat asli Jepang yang udah dipertandingkan sejak ratusan tahun yang lalu. Semua pegulat sumo berbadan super gemuk dan makin gemuk makin oke, sobat tiket. Unik ya. Kerennya, orang Jepang sendiri masih sangat antusias menonton pertandingan sumo. 

Sebenarnya sumo merupakan pertunjukan untuk menghibur dewa-dewa di agama Shinto pas zaman dulu jadi gulat ini bukan sekedar olahraga bisa. Aspek budaya dan keagamaannya sungguh kental!

Aturan gulat sumo nggak ribet. Pegulat manapun yang keluar dari ring atau bagian tubuhnya menyentuh tanah selain kakinya dinyatakan kalah. 

Pertandingan sumo digelar 6 kali setahun, 3 diantaranya merupakan kejuaraan nasional yang diadakan di Sumo Hall atau Ryogoku Kokugikan di Tokyo pada bulan Januari, Mei, dan September. Tiga pertandingan yang lain diadakan pada bulan Maret, Juli, dan November. 

Kalau kamu mau nonton turnamen sumo, disarankan untuk datang siang hari karena kalau pagi biasanya pertandingannya belum seru karena pegulatnya masih junior. Datanglah sekitar jam 3 sore waktu setempat untuk menyaksikan pertarungan top yang seru abiss! 

Untuk mengetahui jadwal pertandingan sumo beserta harga tiket yang sesuai sama kantongmu, bisa cek disini 

Harga Tiket               : mulai dari 4.000 yen/orang

Akses ke Ryogoku  : Naik JR Sobu Line dari Stasiun Shinjuku ke Stasiun Ryogoku (200 yen)

*Harga berlaku saat tulisan ini dibuat

2. Menginap di Ryokan

Summer: Shutterstock.com

Saat melancong ke Jepang, ayo cobain nginap di penginapan tradisional Jepang yang disebut Ryokan. Yakin deh kamu pengen coba kan? Lantai ryokan tidak berkeramik tapi beralaskan tatami atau tikar Jepang. Saat nginap, kamu juga akan dipinjamkan yukata atau kimono tipis dan tidurnya di futon kayak Doraemon. Udah keliatan Jepang banget, kan?

Memang sih harga nginap di ryokan itu lumayan mahal bisa sampai belasan ribu yen per malam. Tetapi kamu bisa mendapat fasilitas onsen pribadi serta sarapan dan makan malam ala Jepang yang endeus banget. Kamu bisa menginap semalam untuk merasakan pengalaman yang fantastis ini sebagai kenang-kenangan berharga selama di Jepang!

Kalau budget kamu masih belum memungkinkan untuk mewujudkan keinginanmu itu, kamu bisa mencoba nginap di ryokan yang menawarkan harga murah, ryokan budget gitu. Kamu bisa menemukan cukup banyak ryokan dengan harga miring ini di Kyoto, kota bersejarah di Jepang yang budaya lokalnya masih kuat. 

Oh ya, kalau nginap di ryokan yang versi murah, kamu nggak dapat sarapan atau makan malam ya, sobat tiket. Salah satu ryokan di Kyoto yang terjangkau adalah Hanakiya yang lokasinya cukup strategis dekat dengan Kiyomizu-dera. 

Lokasi Hanakiya      : 83-101, Higashirokucyome, Gojobashi, Higashiyama, Kyoto 605-0846

Harga                        : mulai dari Rp 1.000.000/per malam

Telepon                     : 81-75-551-1397

Check-in/Check-out : 16.00-21.00/10.00

*Harga berlaku saat tulisan ini dibuat

3. Nonton Cosplay

Apa kamu tau bahwa cosplay sebenarnya bukan berasal dari Jepang? Jadi, cosplay itu sebenarnya budaya barat, sobat tiket cuma bisa dibilang Jepang lah yang cukup mempopulerkan budaya ini. 

Summer: Shutterstock.com

Begitu banyak tokoh anime Jepang yang unik dan memakai kostum yang menarik membuat banyak pecinta anime dari seluruh dunia mencoba berdandan dan berpakaian seperti mereka. Mereka disebut sebagai cosplayer

Salah satu event cosplay terbesar di Jepang adalah Comic Market atau Comiket yang dibuat dan dipersembahkan buat para penggemar anime dan manga. Acara ini diadakan dua tahun sekali di bulan Agustus dan Desember di Tokyo Big Sight. Kamu akan menemukan banyak cosplayer dari seluruh dunia di acara ini dan bisa foto bareng mereka! 

Di Comic Market ini, banyak juga pengunjung yang datang untuk belanja komik dan merchandise serial komik favorit mereka. Acara ini berlangsung selama tiga hari. Kalau kamu pecinta anime dan manga, jangan sampe kelewatan ya acara ini. 

Lokasi Tokyo Big Sight  : 3 Chome-11-1 Ariake, Koto City, Tokyo 135-0063, Japan

Tiket Masuk                     : 500 yen/hari

Akses                               : kereta dari Stasiun Shinbashi, turun di Stasiun Tokyo Big Station

*Harga berlaku saat tulisan ini dibuat

4. Keliling Kuil

Kamu harus mengunjungi kuil saat ke Jepang dimanapun kamu berada soalnya kuil tuh identik banget sama Jepang. Setiap kuil juga memiliki keunikan masing-masing jadi kamu nggak akan menemukan pemandangan yang terlalu monoton. 

Summer: Shutterstock.com

Kalau lagi di Tokyo, coba deh ke kuil Senso-ji yang merupakan kuil tertua di kota tersebut. Pengen escape sebentar dari hiruk pikuk Tokyo? Capcus ke kuil ini! Kamu bisa menikmati suasana Edo alias Jepang zaman dulu disini. Kamu bisa melihat lentera sebesar 700 kg di depan kuil. Spot ini sangat terkenal di kalangan wisatawan buat foto-foto lho. 

Sobat tiket lagi di Hiroshima? Wajib mampir ke kuil itsukushima! Kuil ini berhadapan langsung dengan lautan dan pas air laut pasang, gerbang kuilnya terlihat seperti mengapung. Kamu pasti akan terkagum-kagum melihat keindahannya. Kuil ini termasuk warisan budaya dunia lho!

Di Osaka juga ada kuil bersejarah banget yaitu Shitennoji. Kuil ini merupakan kuil pertama dan tertua di Jepang! Suasana disini nyaman dan damai banget, susah dijelasin pakai kata-kata. Kuil ini memiliki pagoda tingkat lima yang menjadi ikon Shitennoji ini. Kelilingi area kuil ini dan nikmati arsitektur bangunan-bangunan di dalamnya yang Jepang banget. Kamu juga bisa lihat artefak asli Buddha disini. 

5. Noh

Kalau kamu suka sama seni pertunjukan dan ingin membiarkan imajinasimu berputar, nonton Noh. Noh merupakan kesenian tradisional dari Jepang dan juga seni teater musikal yang paling tua. Jadi, untuk menyampaikan ceritanya tidak hanya dengan dialog, tapi juga ada nyanyian, musik, dan tarian. 

Kebanyakan aktor-aktor dalam teater noh mengenakan topeng untuk menggambarkan tokoh yang dibawakan. Tokohnya nggak spesifik, biasanya hanya orang tua, wanita muda, hantu, anak laki-laki sampai dewa! Para aktornya juga mengenakan kostum berwarna-warni yang terbuat dari sutera. Semua pemain teater Noh adalah laki-laki! Jadi peran perempuan pun akan diperankan oleh laki-laki, sobat tiket. 

Kebanyakan Noh ditampilkan menggunakan bahasa Jepang, tapi disinilah imajinasimu akan bekerja! Pasti berkesan banget deh. Noh bisa dinikmati di beberapa tempat seperti Teater Noh Nasional di Tokyo, Teater Noh Kanze di Ginza, Teater Noh Otsuki di Osaka, dan Teater Noh Nagoya di Nagoya. 

Harga Tiket      : mulai dari 3.000 yen

*Harga berlaku saat tulisan ini dibuat

Siapkan kopermu dan eksplor Negeri Sakura! Biar nggak ribet, kamu bisa baca Contoh Itinerary Jepang 5 Hari 4 Malam buat referensi. Kalau sudah mantap, segera pesan tiket pesawatmu di tiket.com! Rasakan liburan yang sangat berkesan selama di Jepang!