,

Indahnya 7 Wisata Alam di Lombok Barat Ini Nggak Boleh Ketinggalan Kamu Kunjungi!

Sobat tiket pasti setuju dong kalau Lombok jadi salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia?Beragam objek wisata di Lombok memiliki pesona yang mengagumkan, cocok banget buat destinasi liburan sobat tiket. Nggak heran kalau pulau ini selalu dipadati wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Lombok sendiri menyimpan banyak sekali potensi wisata di hampir setiap sudut wilayahnya. Nah, kalau kamu sedang mencari tempat wisata yang menawan, Lombok Barat jadi bagian yang nggak boleh terlewat.

Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Lombok Barat

Lombok Barat jadi kabupaten kedua terluas setelah kabupaten Lombok Timur. Dari luasnya tersebut, ada banyak banget wisata yang bisa dijelajah di sini. Mulai dari dataran tinggi seperti bukit hingga dataran rendah seperti pantai. Nah, buat sobat tiket yang penasaran dengan tempat-tempat wisata yang wajib dikunjungi, yuk simak rekomendasinya berikut ini!

1. Keindahan Pantai Senggigi yang Melegenda

wisata alam di lombok
Sumber: shutterstock.com

Wisata alam yang jadi magnet utama di Lombok Barat adalah Pantai Senggigi yang tersohor. Kepopuleran pantai ini sudah mampir di telinga para wisatawan mancanegara, lho. Nggak heran deh pantai ini selalu dipadati oleh para wisatawan.

Garis pantainya membentang hingga 10 km, dengan pasir pantai yang bersih berpadu air laut dengan warna kebiruan. Jernih dan birunya air laut di sini menjadi daya tarik utama nih, sobat tiket. Kamu juga bisa menikmati keindahan pantai ini dari sisi berbeda, yakni menyelam di bawah laut.

Sembari diving atau snorkeling, kamu bisa menikmati keindahan surga terumbu karang yang semarak di bawahnya. Selain itu, keindahan ekosistem disertai biota laut di dalamnya juga akan memanjakan mata. Kamu juga bisa surfing, naik perahu, dan main kano lho di pantai ini.

Buat kamu yang tertarik ke sini, pantai ini terletak di sebelah barat Lombok ya, sobat tiket. Bisa ditempuh sekitar 40 menit hingga 1 jam dari kota Mataram. Kamu bisa berkendara menggunakan motor atau mobil kok ke kawasan pantai ini. Jika kamu berangkat dari Bali, kamu bisa menaiki Feri selama 3 jam setengah ke Pelabuhan Bai. Kemudian lanjut ke Kota Mataram dari Pelabuhan Lembar.

2. Nikmati Kesegaran 40 Mata Air di Dalam Hutan Lindung Sesaot

Nggak hanya pantai yang jadi destinasi wisata alam menarik di Lombok. Kamu juga bisa mengunjungi hutan, lho, sobat tiket. Salah satu destinasi hutan yang bisa dikunjungi di Lombok Barat adalah Hutan Lindung Sesaot.

Kondisi hutan ini masih sangat alami, dan terdapat sumber mata air yang berasal dari Gunung Rinjani di dalamnya. Rindang dan keasriannya juga cocok bagi kamu yang ingin melepas penat. Selain hutan wisata, tempat ini juga berfungsi sebagai hutan lindung.

Menariknya, terdapat lebih dari 40 mata air yang mengalir ke beberapa sungai di Mataram di dalam hutan ini. Saat sedang dimanjakan oleh hamparan hijau yang begitu menenangkan, kamu bisa mencari kesegaran di sungai Kokok Aiq Nyet yang berair jernih.

3. Melihat Sunset dari Spot Terbaik di Bukit Malimbu

wisata alam di lombok
Sumber: shutterstock.com

Setelah mengunjungi pantai dan hutan, kali ini kamu bisa mengunjungi salah satu bukit yang populer di Lombok. Bukit ini terkenal dengan pemandangan senja dan matahari terbenamnya yang begitu mengagumkan, lho. Bukit Malimbu bisa jadi pilihan terbaik buat kamu yang mau menikmati sunset di Lombok.

Dari sini, matamu akan dimanjakan oleh sebuah pemandangan sunset Dengan sudut pandang berbeda. Selain melihat senja, kamu juga bisa menikmati keindahan dua pulau paling terkenal di Lombok dari kejauhan, yakni Gili Air dan Gili Meno. 

Bukit Malimbu terletak sekitar 24 kilometer dari pusat Kota Mataram, hampir 10 kilometer di sebelah utara Pantai Senggigi. Oh iya, jalan menuju bukit tersebut sedikit sulit dilalui, jadi kamu akan membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit jika menempuhnya dengan mobil.

4. Pura Batu Bolong, Pura Unik yang Dibangun di Atas Batu Hitam

wisata alam di lombok
Sumber: shutterstock.com

Destinasi selanjutnya merupakan tempat yang unik nih, sobat tiket. Pura Ratu Bolong jadi salah satu wisata yang berada di pesisir pantai Lombok dengan keunikannya yang dibangun di atas batu hitam. Nama pura ini diambil dari batu hitam tempat pura ini dibangun.

Batu besar tersebut berbentuk seperti bukit, dengan lubang di bagian pesisirnya. Jika air sedang surut, kamu bisa melewati lubang dalam batu tersebut lho, sobat tiket. Panjangnya hanya 5 meter dan akan mengantarkanmu langsung menuju Pantai Duduk. Lokasi ini juga jadi tempat favorit untuk menikmati matahari terbenam.

Lokasi pura ini sangatlah strategis, terletak di Dusun Batu Bolong, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat. Kamu bisa menempuhnya sekitar 5 menit dari kawasan Pantai Senggigi. Jika ditempuh dari kota Mataram jaraknya hanya 20 menit saja, lho.

5. Menjejaki Masa Lalu Kerajaan Lombok di Taman Narmada

wisata alam di lombok
Sumber: shutterstock.com

Taman Narmada jadi destinasi selanjutnya yang menarik banget buat dikunjungi. Selain dibuat terpesona oleh alamnya, kamu juga bakal mengenal masa lalu Lombok di sini. Dalam taman ini terdapat peninggalan kerajaan Lombok di masa lalu.

Kamu bisa mengunjungi salah satu peninggalan yang dikenal sebagai kolam pemandian raja. Di bagian bawah Taman Narmada terdapat tiga kolam dengan air jernih yang berwujud seperti danau indah. Selain itu, terdapat pula Pura Kalasa yang berada di bagian paling atas.

Nggak hanya peninggalan sejarah, ada pula fasilitas seru seperti sampan dan flying fox yang melintas di atas air kolam Taman Narmada. Kerennya, taman ini akan difungsikan sebagai pusat ibadah pada November dan Desember. Penduduk asli Lombok penganut agama Hindu, pada bulan tersebut merayakan Hari Pujawali.

Jika kamu tertarik untuk datang ke sini, Taman Narmada ini terletak di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Letaknya sekitar 10 kilometer sebelah timur Kota Mataram, sobat tiket.

6. Jelejahi Pulau-Pulau Eksotis Gili Kedis, Gili Nanggu dan Gili Sudak

wisata alam di lombok
Sumber: shutterstock.com

Gili dalam bahasa lokal memiliki pengertian ‘pulau kecil’. Beberapa gili terkenal di Lombok adalah Gili Trawangan. Namun, nggak hanya Gili Trawangan yang menjadi pilihan destinasi saat ke Lombok ya, sobat tiket. Ada juga Gili Kedis yang bakal menawarkan pesona alam nggak kalah mengagumkannya.

Gili Kedis ini berjejeran dengan Gili Nanggu dan Gili Sudak. Jadi, kamu bisa mengunjungi tiga gili ini sekaligus dalam satu waktu. Sama seperti gili di Lombok lainnya, Gili Kedis menawarkan keindahan pantai berair jernih dan hamparan pasir putih.

Jika kamu menyukai ketenangan untuk menikmati keindahan alam, Gili Kedis ini bisa jadi pilihan yang tepat. Salah satu alasannya adalah karena belum banyak wisatawan yang berkunjung ke sini. Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini kok, sobat tiket. Mulai dari snorkeling, kayaking, camping, diving, Fish feeding, memancing, dan lain-lain.

Jika kamu sedang mencari ketenangan di tengah hiruk pikuknya wisata Lombok, gili ini bisa jadi pilihan sempurna. Lokasinya ada di Desa Sekotong Barat, Sekotong, Lombok Barat.

7. Menyusuri Bangunan Tua Peninggalan Sejarah di Kota Ampenan

Jika kamu penggemar tempat wisata yang mengandung sejarah dan budaya, terdapat Kota Ampenan Lombok yang bisa dikunjungi. Di Kota Mataram terdapat sebuah kecamatan bernama Ampenan. Kawasan ini memang identik dengan bangunan kunonya, nih, sobat tiket.

Menariknya, hampir seluruh bangunan di kawasan ini adalah bangunan tua. Bangunan tersebut merupakan peninggalan zaman Belanda kisaran tahun 1800-an. Oleh karena itu, kota dengan arsitektur kuno ini memiliki daya tarik sendiri bagi wisatawan.

Di Kota Ampenan ini terdapat banyak bangunan bersejarah sejak zaman kolonial Belanda lho, sobat tiket. Selain itu, ada pula kehidupan multi etnik yang jadi ciri khas lain kota tua ini. Kamu bisa menaiki Cidomo yakni kereta kuda tradisional Lombok untuk mengelilingi kota ini.

Jadikan Lombok Barat Sebagai Destinasi Liburan Kamu Berikutnya!

Mulai dari tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan hingga yang tersembunyi dari keramaian, semuanya wajib banget dikunjungi. Lombok Barat punya beragam tempat wisata yang menarik. Oh iya, kunjungi juga lokasi Kuta Mandalika yang terkenal berikut ini ya. Kamu sudah dapat hotel nyaman dan sesuai budget di Lombok Barat belum nih? Kalau belum, pesan hotel di Lombok lewat tiket.com aja!