Transportasi di Pulau Lombok

,

Mau Keliling Lombok? Naik 4 Transportasi Ini Dijamin Nyaman!

Sobat tiket lagi bingung menyusun itinerary liburan di Lombok?

Salah satu faktor yang harus kamu perhatikan saat bikin rencana liburan adalah soal transportasi. Mulai dari jenis kendaraan yang ada, rute, kapasitas kendaraan, hingga tarif yang berlaku. Percuma capek-capek buat itinerary tapi ternyata kamu salah hitung jarak atau nggak tahu naik apa ke sana. Ayo, simak ulasan tentang transportasi di Lombok berikut ini dulu! 

Memilih Transportasi Selama Berlibur di Lombok

Selain tahu apa saja tempat wisata yang wajib sobat tiket kunjungi di Lombok, kamu harus tahu jenis transportasi apa saja yang ada di sana. Ini perlu supaya sobat tiket bisa leluasa menyusun itinerary selama di Lombok. Namun, ada beberapa hal yang perlu sobat tiket catat baik-baik terkait urusan transportasi.

Pertama, sesuaikan dengan bujet yang sudah kamu alokasikan. Kalau kamu mau liburan dengan irit budget, menggunakan transportasi lokal yang budget friendly, seperti ojek atau angkutan kota menjadi pilihan yang tepat. 

Kedua, jauh-jauh liburan ke suatu daerah, nggak seru dong kalau belum coba sarana transportasi lokalnya. Misalnya, pergi ke Jogja sobat tiket bisa coba naik andong. Jalan-jalan ke Medan, bisa coba naik becak motor. Ke Lombok, ya naik cidomo dong, sobat tiket. Pasti bikin liburanmu makin berkesan deh!

Ketiga, sobat tiket harus berani negosiasi tarif ya. Ini berlaku untuk opsi transportasi tertentu seperti ojek atau becak yang tarifnya tergantung jarak. Sepakati dulu tarif di awal, dan jangan ragu untuk menawar ya.

Keempat, sobat tiket bisa memilih akomodasi strategis di kota tujuan. Cari hotel melalui tiket.com membantu kamu menemukan penginapan yang dekat ke mana-mana. Jadi, kamu cukup berjalan kaki untuk menjangkau berbagai tempat. Lebih hemat ongkos transportasi kan?

4 Transportasi Andalan di Lombok

Sobat tiket ingin menjelajahi berbagai tempat wisata di Lombok? Kamu bisa, lho, mengandalkan 4 transportasi berikut ini. Dijamin bikin liburan kamu lebih irit bujet!

1. Cobain Serunya Naik Cidomo

Cikar, dokar, mobil. Itu sebenarnya arti nama cidomo, sobat tiket. Transportasi lokal ini memang jadi ciri khas Pulau Lombok. Cidomo berupa kereta penumpang yang bergerak di atas dua roda ban mobil dengan ditarik seekor kuda. 

Cidomo bisa sobat tiket temukan di sekitar lokasi wisata atau pelabuhan. Misalnya, dari Gerbang Gapura Bangsal, kamu bisa naik cidomo untuk tiba di Pelabuhan Bangsal sebelum menyeberang ke Gili Trawangan. 

Transportasi Pilihan Pulau Lombok-Cidomo
Sumber: Shutterstock.com

Nah, di Gili Trawangan kamu bisa menjumpai lebih banyak cidomo. Bahkan, kamu bisa menyewa cidomo untuk berkeliling pulau karena kendaraan bermotor dilarang beroperasi di sini. Menurut wisatawan, cidomo berfungsi seperti taksi di Gili Trawangan. 

Satu cidomo biasanya dapat mengangkut 3-5 orang penumpang. Sobat tiket dapat menyewa cidomo dari pelabuhan untuk menuju ke hotel juga lho. Tarif cidomo bervariasi, tergantung rute yang kamu pilih. Rata-rata, biayanya sekitar Rp40.000-Rp75.000. Sedangkan, untuk tarif keliling pulau dengan cidomo kisaran harganya mulai Rp125.000.

Oya, sebagai catatan, tarif cidomo yang berlaku di Gili Trawangan sudah fixed rate alias nggak  bisa ditawar ya, sobat tiket. Ini berlaku untuk semua jenis cidomo. Keuntungan buat sobat tiket jelas nggak usah pusing negosiasi harga. Meskipun begitu, bisa jadi harga sewanya relatif mahal untuk wisatawan domestik.

2. Naik Boat untuk Mencapai Spot Snorkeling Keren 

Ke Lombok nggak snorkeling? Wah, sayang banget! Padahal, sobat tiket tinggal sewa boat saja untuk menyusuri berbagai spot snorkeling keren di Pulau Lombok. Biasanya sih pemandu wisata bakal langsung mengarahkan kamu ke kawasan Gili Trawangan. 

Di sini terdapat beberapa spot keren yang wajib kamu datangi, seperti Coral Garden di utara Gili Trawangan, Meno Wall dan Point Coral Blue di Gili Meno, dan Bounty Wreck di Gili Air. 

Transportasi PIlihan Pulau Lombok-Boat
Sumber: Shutterstock.com

Sobat tiket perlu tahu, ada beberapa jenis sewa boat yang bisa dipilih. Untuk kegiatan snorkeling, sobat tiket bisa menyewa glass bottom boat. Jadi, kamu bisa menikmati keindahan alam bawah laut dari atas kapal sebelum melihatnya langsung. Harga yang ditawarkan juga sudah termasuk sewa peralatan snorkeling, rata-rata sekitar Rp1.200.000 per 2 orang.

Sementara, untuk sewa private speed boat menuju Gili Trawangan dari Teluk Kodek, kamu akan dikenakan tarif sekitar Rp350.000 – Rp500.000 per orang. Sewa boat kayu dengan kapasitas penumpang hingga 30 orang, kamu cukup membayar Rp600.000 untuk sekali jalan.

Supaya perjalanan sobat tiket aman, jangan lupa memastikan boat yang disewa sudah dilengkapi peralatan keselamatan seperti life jacket, alat pemadam api, dan pengemudi kapal profesional ya!

3. Naik Sepeda Keliling Pulau

Selain cidomo, sepeda juga jadi andalan wisatawan yang sedang liburan di Gili Trawangan. Cocok nih untuk sobat tiket yang lebih suka berpetualang sendiri dan mblusukan ke sudut-sudut pulau. Siapa tahu kamu bisa menemukan tempat tersembunyi dan menarik kan?

Hampir seluruh penginapan di Gili Trawangan menyediakan jasa sewa sepeda. Sobat tiket juga bisa menemukan jasa sewa sepeda ini di sekitar pusat keramaian Gili Trawangan. Kalau dibandingkan dengan cidomo, jelas harga sewa sepeda lebih murah. 

Transportasi Pilihan Pulau Lombok-Sepeda
Sumber: Shutterstock.com

Untuk biaya sewa per jam, sobat tiket cukup membayar Rp15.000 saja. Namun, untuk sewa harian, tarifnya bervariasi. Kamu perlu menyiapkan dana sebesar Rp50.000 hingga Rp100.000 jika ingin menyewa sepeda satu hari penuh.

Sobat tiket boleh banget menawar tarif sewa sepeda. Asal kamu tahu berapa pasaran harga sewa sepeda, proses negosiasi harga bisa diluncurkan sebelum menyewa sepeda. Tapi tawar harganya jangan terlalu sadis ya! Hehehe.

4. Naik Ojek, Penyelamat dari Kemacetan

Transportasi ojek bisa jadi andalan sobat tiket saat berkeliling kota di Mataram, Praya, atau Senggigi. Para wisatawan sering memakai ojek untuk berkendara pada malam hari karena angkutan umum di kota beroperasi hingga sore hari saja. 

Transportasi Pilihan Pulau Lombok-Ojek
Sumber: Shutterstock.com

Berapa tarif ojek? Jawabannya, tergantung jarak yang akan kamu tempuh ya, sobat tiket. Nggak ada tarif resmi kok untuk ojek di Lombok. Sobat tiket harus mengeluarkan kemampuan tawar menawar tarif ojek supaya nggak rugi ya!

Sewa Mobil Keliling Lombok, Pilihan Terbaik untuk Eksplor Pulau Ini

Sobat tiket, masih ada satu lagi transportasi andalan yang bisa kamu pakai untuk mengelilingi Lombok. Ya, bener banget: sewa mobil!

Sekarang, kamu bisa menikmati mudahnya sewa mobil di Lombok melalui tiket.com. Tinggal pilih tanggal dan durasi sewa, titik penjemputan, dan jenis mobil yang dibutuhkan. Sewa mobil menjadi alternatif paling tepat bagi sobat tiket yang datang berlibur dengan teman-teman atau keluarga.

Nggak ada lagi deh drama tertipu rental mobil karena jasa sewa mobil di tiket.com sudah pasti recommended dan terpercaya. Kamu juga bisa ambil paket sewa mobil lengkap dengan sopir dan BBM. Lebih praktis dan aman!

Oya, jangan lupa main ke pantai-pantai keren lainnya di Lombok, seperti Pantai Pink di Lombok Timur. Sekarang sobat tiket yakin kan bisa keliling Lombok dengan berbagai alat transportasi andalan tadi?