Getting Around South Korea

,

Sistem Transportasi di Korea Selatan, Ini Panduan Lengkapnya

Transportasi di Korea – Mau liburan ke Korea Selatan tapi bingung dengan cara wara-wiri saat kamu di sana nanti? Tak perlu bingung lagi sobat tiket. Karena nyatanya sistem transportasi umum di Korea Selatan sangatlah mudah untuk dipahami.

Bukan hanya karena supir taksi di sana yang sangat ramah, melainkan juga banyak transportasi umum yang memberikan informasi tertulis dalam bahasa Inggris. Kalau kamu masih kebingungan, masih ada banyak warga lokal yang siap membantu.

Pilihan Sarana Transportasi di Korea Selatan

Transportasi umum memang menjadi pilihan yang menarik ketika kamu sedang berlibur ke suatu tempat. Selain lebih murah dan mudah dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi, kamu juga bisa sambil melihat-lihat pemandangan sepanjang perjalanan.

Kalau kamu sudah penasaran dengan apa saja pilihan transportasi di Korea yang tersedia untuk publik, maka kamu bisa lanjutkan membaca artikel ini ya. Pasti akan sangat berguna kalau kamu mau liburan ke Korea Selatan.

1. Kereta Bawah Tanah (Subway)

Transportasi di Korea

Jaringan sistem kereta bawah tanah di Korea Selatan termasuk salah satu yang paling canggih di dunia. Ada lebih dari 400 pemberhentian dan juga banyak rute yang tersedia ke banyak tempat di hampir seluruh penjuru kota di Korea.

Sebagian besar informasi yang tersedia di setiap stasiun ditulis dalam bahasa Korea dan bahasa Inggris agar para pengunjung bisa lebih mudah memahami rute yang harus diambil jika ingin pergi ke suatu tempat.

Kalau kamu mau sering bepergian ke kota-kota besar menggunakan transportasi di Korea yang satu ini, maka ada baiknya kamu menggunakan kartu subway yang bisa didapatkan di stasiun atau di beberapa minimarket.

2. Taksi

Meskipun tak banyak supir taksi yang bisa berbahasa inggris, namun pilihan transportasi di Korea yang ini juga terbilang cukup aman dan terjangkau, selama kamu menggunakan layanan taksi yang tarifnya berdasarkan argo.

Selain itu taksi juga sangat mudah ditemukan tak hanya di kota-kota besar, namun juga tempat yang cukup jauh dari pusat kota di Korea Selatan. Kalau kamu kesulitan cari taksi, kamu bisa datang ke stasiun kereta atau subway terdekat yang menyediakan titik pemesanan taksi.

3. Bus

Kalau kamu ingin pergi dari satu kota ke kota lain di Korea Selatan dengan lebih terjangkau, atau kota yang ingin kamu tuju tidak menyediakan rute dengan pesawat atau kereta, maka kamu bisa menggunakan bus.

Jika kamu ingin pergi ke kota lain dari Seoul, kamu bisa datang ke Seoul Express Bus Terminal dan Central City Terminal yang menyediakan banyak sekali pilihan rute ke kota-kota lain di Korea Selatan.

Selain itu, bus ekspres di Korea Selatan juga menawarkan kenyamanan tinggi untuk semua penumpang. Kursinya bisa kamu miringkan ke belakang dan tak jarang dilengkapi juga dengan AC.

Kemudian, kota-kota di Korea Selatan juga menghadirkan bus dalam kota. Meskipun tidak senyaman bus ekspres, namun fasilitas dan kenyamanan bus tersebut sudah sangat cukup untuk mengantarmu ke sejumlah titik di dalam kota.

4. Kereta

Nah, kalau transportasi di Korea Selatan yang satu ini tak diragukan lagi adalah pilihan yang paling nyaman dan cepat. Sebelum naik kereta, sebaiknya kamu membeli Korail Pass terlebih dahulu untuk lebih memudahkan perjalanan kamu.

Kamu bisa naik KTX (Korea Train Express), kereta cepat yang sangat terkenal di Korea Selatan. Kereta tersebut menghubungkan Seoul dengan Busan. Perjalanan tersebut bisa kamu tempuh hanya dalam waktu kurang dari tiga jam saja.

Selain itu, kereta KTX juga terhubung dengan banyak kota besar yang ada di Korea Selatan sehingga kamu bisa wara-wiri dengan jauh lebih mudah. Belum lagi keretanya bersih, canggih, dan tidak berisik.

Tiket kereta KTX, Mugunghwa, dan Saemaeul bisa kamu beli online melalui situs KORAIL. Selain itu kamu bisa beli tiket kereta tersebut di stasiun. Namun sebaiknya kamu membelinya dari jauh hari, jika jadwal liburan kamu ke Korea Selatan jatuh pada musim libur yang padat.

5. Kapal Feri

Kapal feri juga menjadi salah satu transportasi di Korea yang sangat diandalkan untuk menyebrang ke sejumlah pulau. Kapal ini menghubungkan destinasi utama seperti Busan, Incheon, Jeju, dan Mokpo dengan pulau yang jauh seperti Ulleungdo.

6. Pesawat

Korean Air dan Asiana adalah pilihan maskapai yang sangat populer di Korea Selatan untuk tujuan domestik. Kedua maskapai tersebut menyediakan banyak sekali pilihan rute ke banyak bandara di kota-kota yang ada di Korea Selatan.

Tiket pesawat untuk transportasi di Korea Selatan biasanya bisa kamu dapatkan dengan harga yang lebih murah untuk penerbangan pada hari Senin hingga Kamis. Sedangkan di hari libur, biasanya harga akan lebih mahal dan bahkan sulit untuk mendapatkan kursi.

Kamu juga tak perlu khawatir untuk memilih maskapai, karena harga tiket pesawat domestik di Korea Selatan biasanya tersedia dalam harga yang tidak jauh berbeda antara satu maskapai dengan yang lainnya.

Bandara Internasional Gimpo menyediakan hampir semua penerbangan domestik dari dan ke Seoul. Sedangkan Bandara Internasional Incheon menyediakan penerbangan domestik ke Busan, Daegu, dan Jeju.

Keliling Korea Selatan Sangat Mudah

Korea Selatan menawarkan banyak sekali pilihan transportasi yang bisa kamu gunakan untuk berkeliling. Contohnya adalah 6 transportasi di Korea yang sudah disebutkan di atas. Kamu bisa pilih sendiri sarana mana yang paling cocok dengan kebutuhanmu. Sekarang saatnya untuk melihat contoh itinerary Korea Selatan 7 hari. Tertarik? Ayo langsung pesan pesawat ke Korea Selatan di tiket.com.